DCSIMG

How To Be Healthy

Ingin Kurus? Bisa Contoh 3 Metode Diet Ini

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Ingin Kurus Bisa Contoh 3 Metode Diet IniBerat badan berlebih tidak hanya membuat Anda tidak nyaman atau mengganggu penampilan. Bahaya utama dari berat badan berlebih adalah masalah kesehatan yang bisa ditimbulkannya. Tidak heran kalau saat ini semakin banyak orang yang memilih untuk menjalani diet, baik demi menjaga kesehatan ataupun untuk menurunkan berat badan.

Saat ini Anda bisa menemukan berbagai macam metode diet yang bisa Anda terapkan. Tapi metode mana ya yang paling tepat untuk Anda? Berikut ini adalah 3 metode diet populer yang mungkin bisa Anda coba:

  1. Atkins Diet
    Metode diet ini bertujuan mengontrol tingkat kadar gula dalam tubuh yang dipengaruhi oleh karbohidrat. Karena itu, metode ini menyarankan Anda untuk mengkonsumsi protein rendah lemak dan sayuran rendah zat tepung, serta menghindari karbohidrat seperti tepung dan gula. Kekurangan metode ini adalah banyaknya makanan yang perlu dihindari, sehingga kebanyakan orang mudah bosan dengan menu yang sesuai dengan diet. Selain itu, peningkatan asupan protein serta berkurangnya asupan serat bisa menyebabkan efek samping seperti insomnia, konstipasi, dan pusing.
  2. Mediterranian Diet
    Diet ini menganjurkan konsumsi sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Sumber lemak sehat berasal dari keju dan yoghurt, dan konsumsi ikan, daging merah, dan ayam secukupnya masih diperbolehkan. Dalam studi klinis, metode diet ini membantu menurunkan lebih banyak berat badan, serta menurunkan resiko penyakit jantung, kanker, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan berbagai penyakit kronis lain.
  3. The Zone Diet
    Metode diet ini menyarankan pola makan dengan rasio 40% karbohidrat berupa whole grain dan kacang-kacangan, 30% protein, dan 30% lemak sehat dari olive oil, kacang-kacangan, dan alpukat. Protein rendah lemak dalam jumlah kecil disarankan untuk dikonsumsi 5 kali per hari, yaitu dalam 3 waktu makan dan pada 2 waktu ngemil. Rasio ini dianggap sebagai rasio optimal bagi metabolisme tubuh manusia. Olahraga rutin setidaknya 30 menit per hari selama 6 hari per minggu juga jadi bagian dari metode diet ini.

Setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda. Karena itu, tidak ada 1 metode diet tertentu yang akan berhasil pada semua orang. Anda harus memilih metode yang paling cocok dengan Anda dan bisa Anda jalankan tanpa beban. Selain itu, kebiasaan olahraga serta pola makan sehat rendah lemak dan gula serta kaya serat dan protein juga akan membantu Anda menjaga berat badan sehat.

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan saat memilih metode diet yang paling tepat adalah kondisi kesehatan Anda. Jadi, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum menjalankan metode diet tertentu, terutama kalau Anda memiliki masalah kesehatan tertentu. Jangan sampai kesehatan Anda malah terganggu demi target turunnya berat badan Anda.

Sudah menemukan diet yang paling cocok dengan Anda? Semoga Anda tak hanya bisa menurunkan berat badan Anda sesuai target, tapi juga menjaga berat badan sehat Anda.

Sumber:
medicalnewstoday.com
healthline.com

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life