How To Be Healthy

How To Be Healthy | Kesehatan adalah hal terpenting untuk saat ini dan masa depan Anda. Kesehatan itu mahal tapi bisa kita jaga dengan cara yang murah.

Tips Sukses Finish Marathon

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Tips Sukses Finish MarathonTren olahraga yang sedang ‘panas’ belakangan ini adalah olahraga lari. Semakin banyak event lari 5K dan 10K yang digelar hampir setiap akhir minggu dengan peserta yang tidak sedikit. Mereka yang tidak biasa berolahraga ataupun lebih memilih jenis olahraga lain pun jadi tertarik untuk berpartisipasi dalam event lari ini. Entah demi hidup lebih sehat atau sekedar tak mau ketinggalan tren. Apapun alasannya, yang penting hidup jadi lebih sehat kan.

Tapi sebelum mengikuti event lari, Anda tentu harus melakukan persiapan fisik yang cukup. Apalagi kalau Anda termasuk mereka yang sudah lama tidak berolahraga. Berikut ini adalah beberapa tips dan trik yang bisa membantu Anda menyelesaikan event lari, terutama bagi Anda yang baru pertama kali mengikuti event lari:

Persiapan Sebelum Lomba

  1. Fisik
    • Mulailah berlatih setidaknya 3 bulan sebelum event, sehingga tubuh Anda siap menghadapi tekanan saat event.
    • Berlatihlah secara rutin. Ajak sahabat, keluarga, atau pasangan untuk berlatih bersama Anda. Hal ini sangat membantu bila rasa malas mulai menyerang.
    • Saat berlari, tingkatkan jarak tempuh lari Anda sedikit demi sedikit. Variasikan juga lingkungan tempat Anda berlari, misalnya jalanan berbatu, jalanan menanjak, dll.
    • Istirahat cukup selama 24-48 jam sebelum event, termasuk tidur yang cukup.
  2. Nutrisi
    • Selama 3 hari sebelum event, konsumsi makanan kaya karbohidrat seperti pasta, kentang, susu rendah lemak, roti, buah-buahan, dll. Karbohidrat akan memberikan tenaga yang Anda butuhkan saat berlari. Sebaliknya, hindari makanan kaya lemak

Saat Lomba Berlangsung

  1. Fisik
    • Jangan terlalu bersemangat. Saat baru mulai berlari, Anda akan tergoda untuk berlari lebih cepat. Tapi jaga kecepatan Anda agar tetap stabil demi menyimpan tenaga Anda untuk menyelesaikan event. Anda bisa menambah kecepatan Anda setelah Anda semakin mendekati garis finish.
  2. Nutrisi
    • Sarapan 2-3 jam sebelum event dimulai dengan makanan kaya karbohidrat, seperti roti bakar, pisang.
    • Jaga asupan cairan saat berlari. Bila mungkin, minum sekitar 180-240 ml air setiap 10-15 menit. Jangan tunggu sampai Anda benar-benar haus sebelum mengkonsumsi cairan.
  3. Pakaian
    • Saat berlari, kaki Anda menghentak ke tanah sekaligus menahan berat sekitar 2-3 kali berat badan Anda sebanyak sekitar 1.500 kali per mil. Karena itu, sepatu lari yang baik sangat penting untuk mencegah cedera.
    • Kenakan pakaian yang menyerap keringat dan menjaga kulit Anda tetap kering

Tips terakhir dan tidak kalah penting sebenarnya sangat sederhana adalah keep it fun! Kalau Anda memaksakan diri, lari pun akan terasa semakin berat dan jarak tempuh terasa semakin jauh.

Untuk Anda yang baru pertama kali mengikuti event lari, menyelesaikan jarak tempuh sesuai target saja sudah merupakan kepuasan tersendiri, lho. Sudah siapkah Anda untuk ikut berlari?

Sumber:
http://www.acefitness.org/updateable/update_display.aspx?pageID=615
http://www.rundreamachieve.com/10-tips-run-finish-marathon/
http://www.runnersworld.com/race-training/26-tips-running-your-best-262
http://beta.active.com/running/Articles/4-Tips-To-Running-Your-First-Marathon

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 35 other followers