DCSIMG

How To Be Healthy

Makin Sehat dengan Yoga Tertawa

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Makin Sehat dengan Yoga TertawaTertawa itu sehat. Atau kalau dalam bahasa Inggris: “Laughter is the best medicine.” Pepatah tersebut mungkin pernah Anda dengar tanpa pernah Anda benar-benar pikirkan artinya. Lagipula, memangnya ada bukti ilmiah kalau tertawa itu menyehatkan? Ternyata ada!

Penelitian di Oxford University pada 2011 menemukan bahwa tawa meningkatkan ambang rasa sakit Anda. Penelitian lain di University of Arizona menemukan bahwa tawa meningkatkan kesehatan jantung, sedangkan penelitian di University of Maryland menunjukkan bahwa aliran darah meningkat sebesar 22% ketika Anda sedang tertawa.

Dengan berbagai manfaat ini, tawa pun dijadikan sebagai terapi kesehatan sekaligus gaya hidup sehat. Tawa mulai populer sebagai ‘olahraga’ rutin dalam bentuk laughter yoga alias yoga tertawa oleh Madan Kataria, terapis India, sejak 2002. Tapi sebenarnya klub tertawa pertama di India sudah terbentuk sejak tahun 1995. Sejak saat itu, popularitas terapi ini terus berkembang, sehingga pada 2011 sudah ada 8.000 klub tertawa di 65 negara di seluruh dunia.

Yoga tertawa bekerja dengan cara menerapkan teknik khusus yang mudah. Terapi ini mengkombinasikan latihan pernafasan dari yoga serta latihan tertawa yang memberi oksigen pada tubuh dan otak, sehingga peserta terapi merasa lebih sehat dan berenergi. Peserta terapi tidak perlu mengandalkan komedi atau humor untuk bisa tertawa, tapi manfaatnya sudah bisa didapatkan sejak terapi pertama. Terapi dilakukan dalam kelompok, dengan anggapan bahwa tertawa itu menular, sehingga intensitas tawa bisa terjaga.

Tapi apakah tawa ‘palsu’ yang dipaksakan seperti dalam yoga tertawa ini memiliki manfaat sama seperti tawa yang asli? Ternyata fakta ilmiah menunjukkan bahwa tubuh tidak bisa membedakan antara tawa asli maupun palsu, sehingga manfaat yang didapatkan pun sama. Jadi, beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari yoga tertawa adalah:

  1. Menjaga Suasana Hati Positif
    Tawa melepaskan endorfin dalam otak, sehingga suasana hati positif terjaga. Akibatnya, Anda justru akan tertawa lebih banyak.
  2. Membuat Anda Merasa Lebih Santai
    Tawa membantu membawa lebih banyak oksigen ke dalam tubuh dan otak, sehingga Anda merasa lebih rileks dan berenergi.
  3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
    Tawa membantu mengatasi stres dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga Anda jadi lebih tak mudah sakit. Anda pun lebih cepat sembuh bila sedang sakit.
  4. Menjaga Cara Pandang Positif
    Tawa membantu membentuk cara pandang positif dan sikap optimis, bahkan saat Anda menghadapi suatu masalah pelik.

Walau belum terlalu populer di Indonesia, tapi Anda sudah bisa menemukan klub tertawa yang mengajarkan terapi tawa. Tapi sebagai langkah awal, Anda bisa juga mulai menambah frekuensi tertawa Anda.

Menonton film komedi atau meluangkan waktu bersama keluarga dan teman dekat adalah kesempatan paling tepat untuk memancing tawa Anda. Seperti kata-kata terkenal Warkop DKI,
“Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang!”

Sumber:
http://www.telegraph.co.uk/health/alternativemedicine/10149577/Now-theres-proof-laughter-really-is-the-best-medicine.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Laughter_Yoga
http://www.laughteryoga.org/english/laughteryoga

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life