DCSIMG

How To Be Wealthy

5 Tips Dasar Financial Planning

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

6 Tips Dasar Financial PlanningTiap orang pasti memiliki tujuan dalam hidupnya, entah itu memiliki rumah sendiri, membeli mobil baru, atau mewujudkan liburan ke tempat impian. Tujuan hidup itu idealnya bisa tercapai tanpa melupakan kebutuhan primer seperti memenuhi kebutuhan sehari-hari, pendidikan anak, serta persiapan pensiun.

Untuk mencapai semua ini, tentu saja Anda harus pandai mengatur keuangan sehingga setiap Rupiah Anda dialokasikan ke pos yang tepat, mulai dari kebutuhan sehari-hari hingga tabungan dan investasi.

Jadi, bagaimana cara terbaik untuk mengatur keuangan Anda? Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa membantu Anda:

  1. Tentukan Target Anda
    Sebelum menentukan langkah yang akan Anda ambil, tentu saja Anda harus menentukan tujuan Anda. Prioritaskan tujuan Anda berdasarkan tingkat urgensi-nya, yaitu kebutuhan, keinginan, serta mimpi Anda. Cara ini membantu Anda membentuk rencana keuangan jangka pendek maupun jangka panjang.
  2. Membuat Anggaran Belanja
    Buat anggaran belanja bulanan yang mengatur alokasi uang Anda setiap bulan. Anda juga bisa mencatat pengeluaran secara rutin untuk melihat seperti apa cara Anda menghabiskan uang. Biasanya 60% dari uang Anda dialokasikan untuk kebutuhan sehari-hari. Untuk uang yang tersisa, alokasikan dengan baik antara tabungan serta investasi, dan untuk membayar hutang Anda. Yang perlu Anda ingat, membayar hutang lebih penting daripada menabung, karena biasanya bunga hutang lebih besar daripada bunga tabungan.
  3. Menabung Secara Otomatis
    Setelah memiliki anggaran belanja setiap bulan, Anda memiliki perkiraan jumlah uang yang bisa ditabung. Segera simpan uang tersebut ke dalam rekening terpisah. Anda bisa meminta bank untuk melakukan transfer otomatis setiap bulannya. Hal ini akan sangat membantu Anda untuk menabung dengan rutin setiap bulan.
  4. Disiplin Mengikuti Anggaran Yang Telah Ditetapkan
    Disiplin akan membantu Anda menjalani rencana keuangan yang telah Anda buat, sehingga target yang Anda tetapkan juga akan tercapai. Tapi tentu saja, rencana keuangan yang Anda buat harus realistis, sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.
  5. Analisa Rencana Keuangan Anda dan Sesuaikan Dengan Keadaan Anda
    Prioritas, target, serta keadaan keuangan keluarga Anda berubah-ubah sejalan dengan waktu. Jadi, jangan ragu untuk bersikap fleksibel dan menyesuaikan rencana keuangan Anda dengan berbagai perubahan yang mungkin terjadi.

Tips di atas bisa jadi dasar rencana keuangan Anda. Ibaratnya seperti langkah pertama bagi Anda yang ingin mulai membenahi keuangan keluarga demi mencapai target keluarga Anda maupun target Anda sendiri. Dengan perencanaan yang tepat dan realistis, target Anda baik itu kebutuhan, keinginan, ataupun mimpi Anda akan lebih mudah tercapai.

Sumber:
http://www.sunlife.ca/Canada/ataglance/Library/Life+Events/Five+simple+tips+can+help+you+reach+your+goals?vgnLocale=en_CA
https://portal.lifeworks.com/portal/Viewers/HPSArticle.aspx?HPSMaterialID=14440

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life