DCSIMG

How To Be Wealthy

Kenapa Anda Disarankan untuk Berinvestasi

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Kenapa Anda Disarankan untuk BerinvestasiCara yang paling lumrah untuk mendapatkan keuntungan atau pendapatan adalah bekerja. Masalahnya, kalau ingin mendapatkan pendapatan yang lebih tinggi, otomatis berarti Anda harus menambah jam kerja Anda. Padahal tiap orang pastinya tidak mungkin bekerja nonstop sepanjang hari, kan? Padahal Anda mungkin memiliki rencana masa depan, seperti pendidikan anak, dan pensiun. Kalau hanya mengandalkan gaji atau pendapatan bulanan, tentu sangat sulit.

Dalam bidang keuangan dan investasi, ada istilah ‘make your money work for you’. Artinya adalah membuat agar uang Anda berkembang sendiri untuk memberikan keuntungan pada Anda. Hal inilah yang menjadi inti dari investasi.

Anda mungkin menganggap bahwa menyimpan tabungan Anda di bank serta mendapatkan bunga dari tabungan tersebut sudah cukup. Tapi kenyataannya bunga yang Anda dapatkan dari tabungan Anda tidak sebanding dengan inflasi serta kenaikan harga barang yang menyebabkan perubahan nilai uang. Misalnya, uang 10 juta mungkin terasa banyak pada 20 tahun lalu, tapi saat ini banyak orang yang bahkan memiliki gaji bulanan di atas nilai tersebut. Nilai uang saat ini pun tentu tidak akan sebanding dengan nilai uang di masa depan.

Karena itulah investasi sangat diperlukan dan merupakan bagian dari jaminan kondisi keuangan Anda di masa depan. Beberapa alasan yang mungkin akan mendorong Anda untuk mulai berinvestasi di antaranya adalah:

Investasi Membantu Anda Mencapai Kebutuhan Di Masa Depan
Berhubungan dengan kemampuan investasi untuk mengembangkan uang dengan kecepatan inflasi, maka investasi sangat membantu bila Anda ingin memiliki barang-barang tertentu di masa depan.

Investasi Membantu Melindungi Nilai Aset Anda
Bila tidak dijaga, aset yang Anda miliki akan menurun nilainya. Investasi akan membantu Anda melindungi nilai aset Anda tersebut.

Investasi Menambah Nilai Aset Anda
Investasi tak cuma melindungi nilai aset Anda, tapi juga menambah nilainya.

Investasi Membantu Anda Mengatasi Inflasi
Uang yang Anda miliki mungkin tampak besar pada masa sekarang, tapi nilai uang tersebut akan semakin turun sebagai dampak dari inflasi. Kalau Anda menyimpan uang di bank dengan bunga 3% per tahun dan tingkat inflasi mencapai 11% per tahun, maka Anda bisa dibilang merugi, karena Anda tekor 8% dalam setahun.

Anda mungkin mengira bahwa deposito yang Anda miliki di bank termasuk sebagai bentuk investasi. Tapi sebenarnya menurut para pakar keuangan, deposito bank tidak termasuk kategori investasi, karena bunga deposito setelah dipotong pajak belum mampu menutup inflasi.

Jenis investasi yang disarankan adalah saham, obligasi, reksadana, atau properti, karena produk-produk tersebut bisa mengatasi menurunnya nilai uang akibat inflasi. Sudah siap berinvestasi?

Sumber:
http://www.onlinestocktrading.org/stocks/how-does-investing-benefit/
http://www.readersdigest.co.id/uang/investasi.dan.bisnis/mengapa.anda.perlu.investasi/004/001/134
http://personalfinance.kontan.co.id/main/investasi_pemula/read/5/Mengapa-Perlu-Investasi
http://brighterlife.co.id/2012/05/16/asuransi-jiwa-dan-manfaat-jangka-panjang-2/?category-ref=how-to-be-wealthy
http://www.investopedia.com/university/beginner/beginner1.asp

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life