DCSIMG

How To Be Healthy

Atasi Stres Dengan Makanan Sehat

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Atasi Stres Dengan Makanan SehatApa Anda termasuk orang-orang yang ‘melarikan diri’ ke makanan ketika bad mood menyerang atau saat sedang stres? If you are, then you’re not alone! Kenyataannya, penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hormon cortisol yang terjadi saat pada orang yang sedang mengalami stres memang membuat orang tersebut jadi ingin makan makanan manis dan asin. Hal inilah yang jadi satu penyebab orang jadi makan lebih banyak ketika sedang stres.

Tapi fakta ini bukan jadi pembenaran bagi Anda untuk makan junk food secara berlebihan saat sedang stres, lho. Jadi, jangan langsung menumpuk persediaan coklat dan keripik Anda. Makanan sehat justru lebih efektif jadi mood booster saat Anda sedang stres. Beberapa di antaranya adalah:

Makanan Kaya Vitamin B12 Dan Asam Folat
Kedua nutrisi ini membantu mencegah masalah di sistem syaraf pusat sekaligus masalah mood swing alias suasana hati berubah-ubah. Asam folat bisa ditemukan di kacang-kacangan dan sayuran hijau, sedangkan vitamin B12 bisa ditemukan pada daging ayam, ikan, daging merah, serta produk susu. Kombinasikan bahan-bahan makanan tersebut untuk mendapatkan kedua nutrisi tersebut dengan maksimal.

Makanan Mengandung Selenium
Hasil penelitian menunjukkan orang yang mengonsumsi makanan kaya selenium dan memiliki kadar selenium lebih tinggi dalam tubuh mereka memiliki gejala depresi yang lebih rendah dibandingkan orang yang tidak mendapat asupan selenium yang cukup. Asupan harian selenium yang disarankan adalah 55 mikrogram per hari. Sumber selenium yang baik di antaranya adalah kacang-kacangan, produk susu rendah lemak, dan seafood.

Buah Dan Sayuran
Sayuran dan buah-buahan kaya nutrisi penting serta antioksidan yang berkontribusi tidak cuma pada kesehatan Anda, tapi juga kualitas hidup Anda. Bahan makanan ini juga sangat cocok untuk jadi cemilan sehat yang mudah dinikmati.

Makanan Kaya Asam Lemak Omega 3
Asam lemak Omega 3, terutama yang berasal dari ikan, memiliki efek positif pada mood swing dan gejala depresi. Beberapa jenis ikan yang kaya asam lemak Omega 3 adalah salmon, sarden, dan tuna

Makanan Kaya Vitamin D
Banyak penelitian menunjukkan hubungan antara kurangnya asupan vitamin D dengan masalah mood seperti PMS, depresi, dll. Nutrisi ini bisa didapatkan dari ikan seperti salmon dan tuna, pada keju, kuning telur, serta hati sapi. Selain itu vitamin D juga bisa didapatkan dari suplemen, serta tentu saja sinar matahari.

Cokelat
Nah! Kalau cemilan yang ini pasti jadi favorit banyak orang. Tapi coklat yang disarankan bukan sembarang coklat, melainkan dark chocolate yang lebih rendah kandungan gula-nya. Jenis coklat ini membantu mendorong produksi endorfin alias zat kimia yang membuat Anda merasa senang. Dark chocolate juga dianggap lebih sehat pada jantung, karena membantu mencegah penyumbatan pembuluh darah.

Jadi, ketika stress melanda dan mood swing menggila, jangan asal makan, ya. Pilihlah makanan-makanan sehat seperti contoh di atas, dan hindari makanan yang tinggi kandungan lemak jenuhnya. Selain itu, batasi juga konsumsi kafein, karena kurang tidur akan membuat masalah depresi dan stres yang Anda alami malah jadi makin parah. Tetap menjaga pola makan sehat bahkan saat stress tidak hanya membantu Anda menjaga kesehatan, tapi juga membantu Anda menjaga suasana hati.

Sumber:
http://www.webmd.com/depression/features/foods-feel-better
http://www.prevention.com/food/healthy-eating-tips/food-and-mood-best-foods-make-you-feel-better

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life