DCSIMG

How To Be Happy

Membuat Karyawan Bahagia di Kantor

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (1)

Membuat Karyawan Bahagia di KantorKaryawan yang bahagia adalah karyawan yang produktif. Sebaliknya, karyawan yang tidak bahagia tidak akan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan hasil kerja yang optimal. Akibatnya tentu saja buruk bagi perusahaan. Sikap karyawan ini akan merefleksikan perusahaan tempat mereka bekerja, terutama bagi karyawan yang harus berhadapan langsung dengan masyarakat, seperti customer service, public relation, dll.

Untuk meningkatkan kepuasan dan kebahagiaan karyawan tidak memerlukan hal-hal yang

  1. Berikan Ruang Untuk Berkembang Bagi Karyawan
    Karyawan dengan pekerjaan yang tidak memiliki ruang untuk berkembang tidak akan bahagia. Hal-hal seperti pelatihan untuk menambah skill karyawan tidak hanya akan meningkatkan produktivitas, tapi juga membuat karyawan bertahan di pekerjaannya.
  2. Berikan Bonus
    Melalui bonus, karyawan akan merasa bahwa pekerjaan mereka dihargai. Sebuah studi bahkan mengatakan, bonus justru dapat membuat para karyawan bekerja lebih keras.
  3. Berikan Kewenangan Dalam Bekerja
    Karyawan membutuhkan kebebasan untuk menjalankan caranya sendiri dalam melakukan tugasnya. Selama masih dalam batas yang wajar, kebebasan akan memberikan sesuatu yang positif pada perusahaan dan karyawan Anda.
  4. Buat Suasana Kerja Menyenangkan
    Karyawan akan senang bila mereka bekerja di tempat dan suasana yang mereka suka. Hal kecil seperti menyediakan makan siang untuk karyawan, memberikan pujian seperti ‘Karyawan Bulan Ini’ bagi mereka yang berprestasi, atau hal kecil lain bisa memberi kebahagiaan karyawan.
  5. Tawarkan Benefit Khusus Untuk Karyawan
    Benefit yang menarik bagi karyawan bukan hanya remunerasi ataupun asuransi kesehatan. Benefit lain yang unik seperti child care alias penitipan anak di kantor, membership di klub kebugaran agar karyawan bisa berolahraga dengan rutin sangat penting untuk meningkatkan kepuasan karyawan.
  6. Bantu Karyawan Hidup Lebih Sehat
    Karyawan yang sehat pasti akan lebih bahagia dan produktif dibandingkan karyawan yang sakit. Jadi, program-program yang berhubungan dengan kesehatan karyawan, seperti general check-up gratis, asuransi kesehatan akan membuat karyawan lebih bahagia.
  7. Berikan Waktu Istirahat Untuk Melihat Media Sosial
    Sebuah studi membuktikan bahwa istirahat singkat untuk memberi kesempatan bagi karyawan untuk membuka akun social media mereka sangat membantu meningkatkan suasana hati karyawan serta mengembalikan konsentrasi karyawan. Tapi jangan sampai waktu kerja malah jadi terpotong karena asyik mengakses akun social media.
  8. Membangun Kantor Yang Ramah Lingkungan
    Sebuah perusahaan di California memberikan pencahayaan alami dan sirkulasi udara yang baik di kantor mereka. Hasilnya, pemakaian energi berkurang 59%, absen karyawan berkurang 47%, dan produktivitas karyawan meningkat 5-7%. Tidak perlu kantor megah dengan segala fasilitas mewah, kok!
  9. Membantu Transportasi Karyawan
    Perusahaan bisa membantu karyawan saat berangkat atau pulang kerja dengan cara menyediakan program antar jemput untuk karyawan. Manfaatnya bukan hanya membantu karyawan datang lebih tepat waktu, tapi juga ramah lingkungan karena mengurangi kemacetan!
  10. Office Bonding
    Program seperti outing di mana karyawan diajak untuk mengenal kolega mereka lebih dekat akan meningkatkan kualitas komunikasi antar karyawan. Karyawan pun merasa lebih bahagia karena merasa memiliki teman atau sahabat di kantor.

Merasa karyawan Anda tidak bahagia di kantor? Beberapa program di atas mungkin bisa jadi daya tarik kantor Anda. Atau Anda merasa bahwa Anda dan kolega mulai merasa tidak puas dengan kebijakan perusahaan tempat Anda bekerja? Anda mungkin bisa mengusulkan beberapa program di atas untuk jadi kebijakan yang menguntungkan dari kantor Anda.

 

Sumber:
http://www.inc.com/guides/201105/7-ways-to-improve-employee-satisfaction.html/2
http://www.businessnewsdaily.com/3132-keep-employees-happy.html
http://www.nrdc.org/buildinggreen/bizcase/own_productivity.asp

sofacozypada

penting banget nih tipsnya!

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life