DCSIMG

How To Be Healthy

Investasi Pertemanan untuk Kesehatan

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (1)

Investasi Pertemanan untuk KesehatanIngin menjaga kesehatan, jagalah hubungan Anda dengan teman-teman Anda. Lho? Memangnya ada hubungan antara kehidupan sosial seseorang dengan kesehatannya? Ternyata ada.

Ternyata menjalin pertemanan akan menyehatkan jiwa dan raga Anda, asalkan  orang-orang yang terlibat dalam pertemanan tersebut dapat berbagi kebahagiaan. Sebuah studi menemukan bahwa kebahagiaan seseorang sangat tergantung dengan kebahagiaan teman-teman di sekitarnya. Studi lain bahkan menemukan bahwa memiliki teman-teman yang suportif cenderung akan mengurangi risiko depresi dan kecemasan seseorang. Beberapa manfaat dari memiliki sahabat dan teman dekat adalah:

  1. Mengurangi resiko pikun
  2. Menjaga kebugaran tubuh
  3. Mempertajam kemampuan otak
  4. Meningkatkan rasa percaya diri
  5. Memperpanjang usia
  6. Mengurangi resiko depresi
  7. Menjaga pola tidur sehat dan membantu Anda tidur lebih nyenyak
  8. Menjaga daya tahan tubuh

Jadi, jangan terlalu sibuk dengan kehidupan Anda sendiri. Jaga agar hubungan Anda dengan sahabat dan teman dekat Anda tetap harmonis. Beberapa cara berikut ini bisa Anda coba untuk semakin mendekatkan hubungan Anda dengan sahabat Anda, yaitu:

  1. Beri ruang pribadi pada teman Anda. Anda tak perlu membanjiri email, handphone, ataupun akun sosial media teman Anda dengan pesan-pesan dari Anda. Teman Anda pun membutuhkan dan memiliki waktu dan dunianya sendiri.
  2. Hindari persaingan yang tidak sehat. Banyak hubungan pertemanan yang rusak akibat persaingan tidak sehat, misalnya mengenai uang, atau pekerjaan. Hilangkan rasa cemburu Anda, agar pertemanan yang Anda jalin tidak rusak begitu saja.
  3. Jangan terlalu banyak mengeluh. Sesekali curhat kepada teman Anda mungkin tidak masalah. Tapi teman Anda tidak perlu dibebani dengan keluhan dan curhatan Anda setiap hari.
  4. Tertawa bersama. Tawa akan membuat hubungan Anda semakin dekat dengan teman Anda. Apalagi tawa itu menular, jadi ketika Anda tertawa, dia pun akan tertawa bersama Anda.
  5. Jadi pendengar yang baik. Teman Anda pasti akan bosan bila Anda terus menerus membicarakan diri sendiri, tanpa peduli apa yang terjadi pada dirinya. Ketika teman Anda sedang bicara, dengarkanlah sepenuh hati dan hindari memberikan pendapat yang tidak ia inginkan. Bicaralah bila ia meminta pendapat Anda.
  6. Karena Nila setitik, rusak susu sebelanga. Pepatah ini tidak dapat kita gunakan dalam pertemanan. Anda tidak bisa membiarkan satu kesalahan kecil yang dilakukan teman Anda merusak seluruh hubungan yang selama ini sudah Anda jalin. Jadi, jangan mudah menghakimi teman Anda dengan pemikiran yang negatif. True friends dont judge each other. They judge other people, together.
  7. Hargai privasi teman Anda. Hormati teman Anda, dan jagalah rahasia miliknya. Lebih baik tidak usah menanyakan hal-hal privasi yang kira-kira hanya akan menyakiti hati teman Anda. Banyak sekali pertemanan hancur karena hal sepele seperti ini. Saat teman Anda sudah memberikan rahasianya, berarti ia sudah percaya pada Anda. Lebih baik hormati dirinya dengan tidak menyia-nyiakan kepercayaan tersebut.

Bila dijaga dengan baik, persahabatan biasanya tumbuh semakin kuat sejalan dengan waktu. Menyia-nyiakan persahabatan yang telah berkembang sekian lama tidak jauh berbeda dengan menyia-nyiakan hasil investasi Anda. Apalagi kalau Anda ingat bahwa investasi pertemanan Anda memiliki manfaat positif bagi kesehatan Anda.

Investasi teman sama saja dengan investasi kesehatan, karena pertemanan yang baik akan membawa sebuah hubungan menyehatkan di masa depan. Jadi, coba Anda ingat, kapan terakhir kali Anda menelfon atau berbicara dengan sahabat Anda?

Sumber:

http://www.health.com/health/gallery/0,,20553058,00.html
http://www.mayoclinic.com/health/friendships/MH00125/NSECTIONGROUP=2
http://www.huffingtonpost.com/2011/05/02/friends-healthy_n_856667.html#s273082&title=They_Can_Ease

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life