operasi plastik, bahaya operasi plastik

How To Be Happy

Operasi Plastik Bisa Membuat Bahagia?

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (1)

Operasi Plastik Bisa Membuat BahagiaSemua orang pasti memiliki bagian tubuh dan wajah yang tidak disukai. Mungkin Anda merasa hidung Anda kurang mancung? Atau payudara Anda kurang besar? Di zaman modern ini bentuk rahang Anda pun bisa diubah dengan operasi plastik!

Operasi plastik di Indonesia mungkin belum sepopuler di negara lain seperti Amerika Serikat atau Korea Selatan. Konon, tercatat ada ada 360.000 wanita di Korea Selatan yang melakukan operasi plastik pada tahun 2010. Seoul, ibu kota Korea Selatan juga menduduki peringkat pertama untuk kota dengan jumlah operasi plastik terbanyak di dunia. Perlahan pandangan orang Indonesia terhadap operasi plastik telah berubah, minat orang Indonesia untuk mempercantik diri dengan operasi plastik terus bertambah. Operasi plastik tidak lagi dianggap sebagai hal tabu di Indonesia.

Sejak tahun 2012, klinik kecantikan yang menawarkan bedah estetika semakin banyak dan mudah ditemukan di kota-kota besar di Indonesia. Usia pasien yang tertarik melakukan bedah plastik juga semakin muda. Tapi selain untuk mengubah fisik menjadi lebih cantik, sebenarnya kenapa begitu banyak orang tertarik pada operasi plastik?

Psikolog Jurgen Margraf meneliti dampak operasi plastik pada 506 orang. Hasilnya, dia menemukan bahwa orang yang melakukan operasi plastik merasa lebih bahagia, karena merasa lebih percaya diri dan lebih menarik. Bisa dibilang hal inilah yang menjadi tujuan sebagian besar orang yang menjalani operasi plastik: ingin lebih percaya diri, sehingga pada akhirnya merasa lebih bahagia akan dirinya sendiri.

Tapi kadang- kadang alasan seseorang untuk menjalani operasi plastik adalah masalah psikologis yang dia alami yang disebut Body Dismorphic Disorder (BDD). BDD mempengaruhi wanita ataupun pria dan mengakibatkan khawatir berlebihan pada suatu kekurangan fisik yang mereka miliki. Akibatnya, bahkan setelah melakukan operasi plastik, dia masih merasa tidak puas dengan penampilan fisiknya, sehingga dia akan terus menerus melakukan operasi plastik atau prosedur kosmetika lainnya untuk memperbaiki kondisi fisiknya. Bisa dibilang, orang yang mengalami BDD mengalami kecanduan operasi plastik.

Saat memikirkan kecanduan operasi plastik, mungkin selebriti pertama yang terlintas di pikiran Anda adalah Michael Jackson. Perbedaan wajah ‘King of Pop’ ini di tahun 70-an dengan tahun 2000-an atau beberapa saat sebelum dia meninggal terlihat jelas. Tidak pernah ada konfirmasi mengenai operasi plastik yang dijalani oleh Michael Jackson, tapi berdasarkan perbedaan wajahnya, ahli bedah plastik berspekulasi bahwa Michael menjalani operasi tulang pipi serta mengubah bentuk bibir dan dagunya. Sedangkan untuk warna kulitnya, Michael telah menjelaskan bahwa kulitnya yang kecoklatan menjadi sangat pucat akibat masalah kulit yang dia derita, yaitu vitiligo.

Contoh lainnya adalah Jenny Lee, wanita asal Amerika Serikat yang telah menjalani 59 prosedur kecantikan. Dia jadi dikenal setelah tampil di Oprah Winfrew Show pada tahun 2004. Saat itu, Jenny mengakui obsesinya dengan operasi plastik. Gawatnya, Juli 2013 lalu, Jenny kembali tampil di TV di acara Oprah: Where Are They Now. Ternyata sejak 2004, Jenny masih terus melakukan prosedur kecantikan sampai akhirnya dia mengalami fibromyalgia, penyakit yang menyebabkan rasa sakit di seluruh tubuhnya. Menurut Jenny, bahkan setelah menjalani semua prosedur kecantikan itu, dia masih tidak menyukai tampilan fisiknya.

Selain Michael Jackson serta Jenny Lee, masih banyak contoh kasus kecanduan operasi plastik lain. Mereka menjalani operasi demi operasi untuk memperbaiki tubuh mereka. Tapi akhirnya wajah mereka justru tak bisa dikenali lagi. Bukannya merasa bahagia dan lebih menarik, rasa tidak puas akan tetap merajalela.

Bukannya mau melarang Anda untuk melakukan operasi plastik, lho. Tapi coba tanyakan dulu pada diri Anda sendiri, apakah operasi plastik benar-benar akan membuat Anda lebih bahagia? Dan apakah rasa bahagia itu akan bertahan lama? Lagi pula, sebenarnya  apa yang Anda anggap sebagai kekurangan pun bisa jadi keunikan Anda yang membedakan Anda dengan orang lain. Ingat saja Cindy Crawford yang pada awal karirnya diminta untuk mengoperasi tahi lalat di dekat bibirnya. Tapi ketika dia menolak saran tersebut, justru tahi lalatnya-lah yang membuat dia berbeda dari model lainnya.

Self acceptance alias kemampuan Anda untuk menerima kelebihan dan kekurangan Anda adalah yang paling penting. Kalau Anda merasa operasi plastik atau prosedur kecantikan akan membuat perasaan dan penampilan Anda lebih baik, tak ada salahnya memperbaiki penampilan Anda. Tapi kalau pada dasarnya Anda tidak bahagia dengan diri Anda, hidup Anda, bahkan kepribadian Anda, operasi plastik sebanyak apapun tidak akan membuat Anda lebih bahagia.

Sumber:

http://www.vemale.com/body-and-mind/cantik/20910-operasi-plastik-membuat-wanita-lebih-bahagia.html
http://www.femina.co.id/isu.wanita/topik.hangat/operasi.plastik.menginvasi.dunia/005/007/293
http://www.dailymail.co.uk/femail/article-2378117/Plastic-surgery-addict-Jenny-Lee-forced-accept-looks-sudden-weight-gain.html
http://www.plasticsurgery.com/breast-augmentation/cosmetic-surgery-addiction-a763.aspx
http://log.viva.co.id/news/read/208260-10-alasan-tak-perlu-jalani-operasi-plastik
http://en.wikipedia.org/wiki/Michael_Jackson%27s_health_and_appearance

purwandaripada

banyak2 bersyukur malah dapat membuat kita jauh lebih bahagia…

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life