DCSIMG

How To Be Healthy

Tips Hidup Sehat dan Seimbang

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

“Life is like walking on a tightrope.”

Kutipan di atas memang ada benarnya. Menjalani kehidupan sehari-hari bisa diibaratkan berjalan di atas tali keseimbangan. Anda harus menjaga keseimbangan antara kesehatan jiwa dan raga, antara kehidupan pribadi dengan pekerjaan, dll. Dan seperti berjalan di atas tali keseimbangan, hal ini tidak mudah dilakukan.Tips Hidup Sehat dan Seimbang

Menyeimbangkan kesehatan jiwa dan raga

Untuk menjaga kesehatan tubuh Anda, gaya hidup sehat dengan olahraga teratur serta pola makan sehat adalah kuncinya. Luangkan waktu untuk berolahraga dengan rutin. Olahraga sederhana seperti jogging atau sekedar peregangan saja sudah jadi langkah awal yang baik. Kalau Anda benar-benar kesulitan meluangkan waktu untuk berolahraga, selipkan aktivitas fisik dalam rutinitas Anda sehari-hari, misalnya bersepeda ke kantor. Anda juga bisa memilih untuk menaiki tangga daripada elevator atau eskalator.

Olahraga rutin tidak akan bermanfaat kalau tidak dilengkapi dengan pola makan sehat. Hal ini bukan berarti Anda harus menjadi vegetarian atau vegan, kok. Perlahan-lahan gantikan beberapa bahan makanan dengan bahan makanan lain yang lebih sehat. Misalnya:

  • Gantikan produk susu biasa dengan produk susu rendah lemak, misalnya menggantikan susu full cream dengan susu rendah lemak atau susu kedelai
  •  Kurangi konsumsi daging merah yang berlemak dan gantikan dengan ikan ataupun ayam
  •  Kurangi konsumsi garam dan gunakan garam rendah sodium
  •  Gunakan sayuran organik yang bebas pestisida
  •  Kurangi konsumsi gula, terutama gula buatan

Makanan sehat bukan berarti tidak enak, lho. Anda hanya harus lebih kreatif menyajikan makanan sehat untuk Anda dan keluarga. Selain itu, pastikan asupan nutrisi dari makanan Anda seimbang, yaitu mengandung karbohidrat, protein, lemak sehat, serat, vitamin, serta mineral sesuai dengan kebutuhan Anda.

Setelah kesehatan tubuh terjaga, bagaimana dengan kesehatan jiwa Anda? Salah satu ‘penyakit’ yang sering dialami masyarakat modern adalah stres. Stres dalam kadar yang secukupnya memang bisa jadi motivasi Anda. Tapi stres yang menumpuk bisa menimbulkan depresi! Karena itu, Anda perlu siap dengan manajemen stres yang baik. Cari hal atau hobi yang membuat Anda merasa lebih berbahagia, dan jadikan hal tersebut sebagai senjata Anda untuk melawan stres. Sebisa mungkin luangkan waktu Anda untuk melakukan hobi tersebut. Berkebun di akhir minggu? Menulis jurnal setiap malam? Atau mendengarkan musik kesukaan? Pilihlah senjata Anda, dan lawan stres yang Anda alami.

Menyeimbangkan kehidupan pribadi serta keluarga dengan pekerjaan

Jangan sampai rutinitas sehari-hari dan pekerjaan menyita waktu Anda dengan keluarga. Luangkan waktu dengan keluarga dengan beberapa cara berikut:

  1. Jadwalkan waktu luang bersama keluarga.
    Jangan hanya waktu rapat atau presentasi saja yang Anda jadwalkan dalam kegiatan harian Anda. Jadwalkan pula waktu luang bersama keluarga tiap beberapa hari sekali. Usahakan agar jadwal ini tidak diganggu gugat oleh rutinitas lain Anda.
  2. Pastikan waktu luang bersama keluarga menjadi waktu yang berkualitas
    Kualitas waktu luang Anda sama pentingnya dengan kuantitasnya. Jangan sampai Anda masih sibuk membalas e-mail atau mengurus urusan pekerjaan saat sedang bersama keluarga Anda. Saat Anda bersama keluarga Anda, fokuskan perhatian Anda pada keluarga Anda saja.
  3. Delegasikan pekerjaan
    Prioritaskan pekerjaan Anda. Pekerjaan atau tugas yang bisa ditunda dan/atau didelegasikan kepada orang lain tidak perlu Anda kerjakan sendiri. Hal ini tidak hanya membantu Anda meluangkan waktu untuk keluarga, tapi juga membuat Anda lebih fokus mengerjakan pekerjaan yang benar-benar penting.

Menyeimbangkan berbagai aspek dalam kehidupan Anda memang tidak mudah. Tapi sama seperti menjaga keseimbangan saat berjalan di atas tali ataupun menaiki sepeda, Anda hanya perlu terus berusaha menjaga rasa percaya diri, lalu terus berjalan dan memandang ke depan. Apa Anda punya tips untuk menyeimbangkan kehidupan Anda? Silakan berbagi di kolom komentar di bawah ini, ya.

Sumber:

http://brighterlife.co.id/2012/05/11/kehidupan-sehat-yang-seimbang-3/?category-ref=how-to-be-healthy
http://o5.com/how-to-find-work-life-balance-on-really-busy-days/#more-7322
http://o5.com/how-to-take-charge-of-everyday-stress/

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life