DCSIMG

How To Be Wealthy

Sikap Karyawan yang Menarik Perhatian Atasan

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (2)

Sikap Karyawan yang Menarik Perhatian AtasanTidak dapat dipungkiri, atasan Anda merupakan orang yang sangat berpengaruh terhadap dunia Anda di tempat kerja. Karena suka atau tidak, bos Anda memiliki andil dalam kemajuan karir Anda, jadi membuat bos Anda terkesan dan menyukai Anda jadi aspek yang cukup penting. Tapi bukan berarti Anda harus menjadi karyawan yang suka mencari muka dan menjilat atasan, ya.

Trik untuk menarik perhatian atasan adalah melakukannya dengan cara yang ‘halus’ sehingga Anda tidak tampak jadi karyawan yang suka mencari muka. Salah-salah bos serta rekan kerja Anda malah jadi membenci Anda. Ada cara lain yang lebih halus untuk bisa menarik perhatian atasan Anda, di antaranya:

  1. Beradaptasi dengan cara kerja atasan Anda
    Perhatikan kebiasaan bos Anda dalam bekerja. Misalnya, kalau atasan Anda lebih suka membahas pekerjaan melalui email, Anda tidak perlu repot-repot mendatangi dia secara langsung untuk membicarakan tentang suatu masalah dalam pekerjaan Anda. Tapi sebaliknya, kalau dia lebih suka bertatap muka secara langsung, jangan bahas pekerjaan melalui email yang panjang lebar. Sesuaikan kebiasaan kerja Anda dengan kebiasaan atasan Anda.
  2. Perlakukan atasan Anda seperti Anda memperlakukan orang lain
    Anda memang harus menghormati atasan Anda. Tapi jika Anda berada di luar lingkungan pekerjaan bersama atasan Anda, obrolan yang tidak berhubungan dengan pekerjaan seperti soal keluarga, hobi, atau hal lain akan menarik atasan Anda.
  3. Kenali sifat yang umumnya diinginkan atasan dari karyawannya.
    Menurut Gerald McGroarty dari Brandon Taylor Consulting, ada 7 sifat karyawan yang diharapkan dari atasannya, yaitu:

    • Menuntaskan pekerjaan
      Fokuslah pada pekerjaan Anda, sehingga Anda mencapai target kerja Anda dengan baik, seberapapun sibuknya Anda.
    • Bertanggung jawab
      Orang yang tidak bertanggung jawab adalah orang yang tidak menepati janji. Jangan memberikan sebuah target terlalu tinggi, kalau Anda sendiri bahkan ragu apakah Anda bisa mencapai target tersebut atau tidak. Buatlah janji dan target yang dapat Anda tepati, dan jadilah orang yang bertanggung jawab. Dan ketika Anda melakukan kesalahan, siaplah untuk menanggung resiko dari kesalahan Anda tersebut.
    • Bekerja Ekstra
      Bekerja ekstra akan membuat Anda tampak istimewa, asalkan pekerjaan yang Anda lakukan masih dalam batas kewajaran dan sesuai dengan jabatan Anda. Anda bisa melakukan pekerjaan ekstra dengan cara membantu rekan Anda menyelesaikan pekerjaannya. Jelas hal ini akan membuat nilai lebih di mata bos Anda.
    • Lupakan Harga Diri Anda
      Maksudnya, Anda harus bisa mampu bekerja secara tim dan mengesampingkan ego Anda. Terimalah bahwa kadang ada cara yang lebih baik dan efektif daripada cara Anda. Bila tim Anda sukses, Anda pun akan mendapatkan reputasi yang baik.
    • Jauhi gosip
      Gosip di lingkungan kantor memang menarik, selama bukan Anda yang jadi bahan pembicaraan. Tapi, atasan umumnya lebih suka bila Anda fokus pada kerjaan daripada asyik membicarakan tentang gosip seputar kantor. Ingat, atasan Anda tidak membayar Anda untuk mengetahui kabar terbaru di kantor atau bergosip! Hal ini berlaku juga untuk politik kantor, ya.
    • Berikan Solusi
      Tidak ada salahnya bertanya bila Anda mengalami hambatan atau masalah dalam melakukan tugas Anda. Tapi daripada sekedar mengeluh tanpa henti, berbicaralah dengan atasan Anda untuk mencari solusi terbaik.
    • Hormat
      Sikap hormat tidak hanya diberikan kepada atasan Anda saja, tapi juga rekan kerja. Bentuk hormat yang bisa Anda berikan adalah mengakui dan menyadari bahwa setiap orang memiliki pendapat yang perlu didengar. Sikap hormat yang Anda berikan niscaya akan Anda terima dari orang lain pula.

Sikap yang tepat serta cara kerja yang sesuai dengan atasan Anda akan membantu Anda mendapatkan perhatian dari atasan Anda. Kualitas kerja yang baik dan kepribadian yang positif dijamin akan membuat Anda mendapat poin ekstra dari atasan Anda. Selamat bekerja!

Sumber:

http://brighterlife.co.id/2012/03/28/334/?category-ref=how-to-be-wealthy
http://www.nicolewilliams.com/officehours/7-ways-to-get-your-boss-attention?page=0,1
http://www.career-success-for-newbies.com/how-to-make-your-boss-like-you.html
http://quickbase.intuit.com/blog/2012/05/07/12-ways-to-make-your-boss-love-you/

Johan ajapada

Mantaab,..

Rachmat Riadypada

Amezing…

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life