DCSIMG

How To Be Healthy

Serunya Masak Hot Pot di Rumah Sendiri

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Serunya Masak Hot Pot di Rumah SendiriHot pot? Shabu shabu? Steam boat? Atau Nabemono? Inti dari ke-4 sajian ini sebenarnya tidak jauh berbeda, yaitu berbagai macam daging dan sayuran yang dimasak dalam kuah lezat dan dinikmati beramai-ramai. Di awal musim hujan ini, hot pot adalah salah satu pilihan smart cooking yang lezat dan mudah dibuat.

Yup! Membuat hot pot memang sangat mudah. Yang perlu Anda siapkan sebelum membuat hot pot hanyalah:

  1. Bahan-bahan mentah seperti daging serta sayuran yang telah dibersihkan dan dipotong-potong. Serunya, Anda bisa menggunakan daging dan sayuran apa saja yang tersedia di kulkas Anda. Kalau menginginkan nutrisi yang lengkap, jangan lupa menyiapkan variasi bahan yang mengandung protein dan karbohidrat juga. Beberapa inspirasi bahan hot pot Anda di antaranya adalah tahu, jamur, bakso ikan, mie atau bihun, dll.
  2. Panci hot pot berukuran agak besar dan lebar untuk memasak daging dan sayuran. Lebih nikmat lagi kalau Anda memiliki panci khusus hot pot dengan sekat di dalamnya, sehingga Anda bisa memasak sayur dan daging dengan 2 jenis kuah kaldu yang berbeda. Kalau Anda tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan kuah kaldu sendiri, Anda bisa menggunakan kuah kaldu siap saji yang bisa Anda dapatkan di supermarket. Atau Anda bisa membuat kaldu sendiri dari rebusan tulang ayam atau ceker ayam beserta sayuran.
  3. Kompor ukuran kecil yang bisa diletakkan di tengah meja.

Sangat mudah, kan ? Setelah semua bahan dan perlengkapan siap, Anda tinggal mengajak sahabat dan keluarga untuk menikmati hot pot bersama. Cuaca hujan pun tak akan terasa dingin lagi! Tapi Anda juga harus waspada, lho. Penyajian dan pemilihan bahan yang salah bisa membuat hot pot Anda menjadi sajian yang kurang sehat akibat kandungan sodium dan lemaknya yang tinggi. Agar sajian hot pot Anda tetap sehat, perhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Kaldu siap pakai yang mudah didapat di supermarket biasanya mengandung kadar sodium yang tinggi. Karena itu usahakan untuk menggunakan kaldu buatan sendiri atau pilihlah kaldu siap pakai yang rendah sodium. Homemade stock biasanya tak hanya lebih lezat, tapi juga lebih sehat!
  2. Gantikan daging berlemak serta jeroan dengan daging ayam, daging ikan seperti salmon, ataupun seafood lainnya yang lebih rendah lemak.
  3. Hindari bahan hot pot seperti bakso ikan, bakso udang, dll yang biasanya mengandung kadar sodium tinggi dan berpengawet.
  4. Batasi penggunakan bahan berkarbohidrat seperti mie, bihun, atau kentang.
  5. Gunakan bahan hot pot yang kaya serat seperti wortel, bayam, jamur, kangkung, kembang kol, serta berbagai jenis sayuran lainnya. Bahan makanan kaya protein seperti tahu dan telur juga bisa jadi pilihan bahan sehat untuk hot pot Anda.
  6. Gunakan saus cocolan yang ringin, seperti kecap asin dengan potongan cabai, bawang putih cincang, dan cuka daripada saus seperti sambal, chilli oil, bawang putih goreng, ataupun saus berbahan dasar minyak lainnya.
  7. Jangan didihkan kaldu hot pot terlalu lama, karena kaldu yang dididihkan berulang kali selama lebih dari 90 menit akan meningkat kadar nitrite-nya.

Sudah siap dengan bahan-bahan hot pot yang sehat nan lezat? Ayo kita nikmati bersama sahabat dan keluarga! Tapi jangan lupa untuk menjaga porsi makan Anda, ya. Tahukah Anda bahwa otak Anda membutuhkan waktu 20 menit untuk menerima pesan bahwa Anda sudah kenyang? Karena itu, makanlah perlahan-lahan untuk memberi waktu bagi otak Anda untuk memproses pesan bahwa Anda sudah kenyang.

Mudah, sehat, dan bergizi. Apa lagi yang Anda butuhkan dari smart cooking ? Selamat menikmati hot pot hangat di hari hujan!

Sumber:

http://brighterlife.co.id/2012/07/19/hot-pot-cooking-a-delicious-way-to-smart-cooking-2/?category-ref=how-to-be-healthy
http://www.asiadish.com/how-to-make-hot-pot-in-3-easy-steps/
http://sg.news.yahoo.com/blogs/fit-to-post-health/8-tips-healthy-chinese-hot-pot-071522300.html
http://sampan.org/2012/12/6080/

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life