DCSIMG

How To Be Wealthy

Usia Pensiun Itu Usia yang Menyenangkan

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (1)

Apa yang akan Anda lakukan ketika sudah pensiun? Pertanyaan ini adalah salah satu hal yang harus Anda tanyakan pada diri Anda sendiri sejak masih muda. Menentukan apa yang akan Anda lakukan saat sudah pensiun mungkin merupakan hal yang mudah, namun sulit untuk direalisasikan.  Yang jelas, Anda pasti tidak ingin menghabiskan waktu pensiun Anda di kursi goyang seharian ‘kan?Usia Pensiun Itu Usia yang Menyenangkan

Yang termasuk dalam rencana pensiun Anda adalah rencana tentang kapan Anda akan mulai pensiun. Setiap orang memiliki rencana umur pensiun yang berbeda-beda, misalnya antara umur 50-59 tahun, umur 60-65 tahun, bahkan antara umur 66-70 tahun. Hal lain yang berpengaruh dalam merencanakan pensiun adalah hutang Anda. Idealnya, semua hutang Anda sudah lunas ketika Anda memasuki masa pensiun. Tapi kalau ternyata Anda belum bisa melunasi hutang Anda ketika Anda pensiun, Anda harus mempertimbangkan berbagai hal lain untuk mengatasi masalah ini.

Memang ada pertimbangan tertentu yang bisa membuat Anda berpikir dua kali sebelum memutuskan untuk pensiun. Mengapa? Pensiun tanpa uang akan terdengar sangat tidak enak! Itu sebabnya ada beberapa hal yang harus Anda siapkan sebelum menginjak hari-hari pensiun Anda. Diluar dari masalah uang tersebut, hal-hal berikut ini mungkin bisa menjadi motivasi Anda untuk menjalani masa-masa pensiun di kemudian hari dan menjadi motivasi untuk mempersiapkan usia emas Anda.

  1. Tetap Jalin Hubungan Pertemanan
    Pensiun bukanlah saat dimana Anda harus berpisah dari rekan-rekan Anda. Selain pendamping hidup dan keluarga, Anda pasti membutuhkan teman sekedar untuk diajak berbicara. Pastikan Anda tetap memiliki teman selain keluarga untuk menghabiskan waktu, agar masa pensiun Anda lebih menyenangkan.
  2. Kesehatan
    Tidak ada orang manapun yang mau menghabiskan masa pensiun mereka dengan terbaring di atas tempat tidur tanpa bisa melakukan apa-apa. Kesehatan menjadi nomor satu! Bagaimana mungkin Anda bisa menikmati masa pensiun Anda bila Anda memiliki kompilasi penyakit parah. Langkah paling dasar yang harus dilakukan ketika pensiun adalah sehat. Karena itu, jagalah kesehatan Anda semasa muda agar pada usia pensiun nanti, Anda dapat menuai hasilnya.
  3. Memilih Tempat Tinggal
    Selama hampir lima puluh tahun Anda bekerja, Anda mungkin sumpek dengan kehidupan kota atau tempat yang ramai. Karena itu, mungkin pernah terpikir di benak Anda, ‘Kalau sudah pensiun nanti, saya ingin tinggal di desa.’ Pilihan itu bukanlah pilihan yang salah. Ini hidup Anda! Anda bebas menentukan dimana Anda akan tinggal bersama pendamping hidup Anda.
  4. Melakukan Hobi
    Bangun tidur, berangkat kerja, bekerja, pulang, lalu tertidur. Rutinitas seperti itu mungkin terasa berulang selama Anda bekerja. Akibatnya, bukan tidak mungkin Anda tidak pernah memiliki banyak waktu untuk melakukan hobi yang Anda gemari. Saat pensiun adalah saat yang tepat untuk menikmati hobi Anda! Anda jelas memiliki banyak sekali waktu luang untuk melakukan hobi seperti memelihara binatang, berkebun, melukis, membaca, dan lain sebagainya. Nikmati saja hobi Anda,  karena saat pensiun tidak ada lagi deadline yang menunggu Anda.
  5. Menjadi Relawan, Membuka Usaha, atau Kerja Part-Time
    Bisa jadi Anda merupakan orang yang gemar sekali bekerja, dan tidak bisa diam. Mungkin satu-satunya alasan Anda tidak dapat bekerja lagi adalah karena sudah tidak diperbolehkan, atau sudah bosan dengan pekerjaan itu. Atau mungkin Anda masih ingin bekerja walaupun sudah tidak membutuhkan uang dalam jumlah besar. Bila hal ini yang mungkin terjadi pada Anda, menjadi relawan/membuat usaha/menjadi part-timer bisa jadi keputusan yang tepat. Setidaknya melalui pekerjaan ini, Anda dapat menemukan rekan-rekan baru dan tetap terhubung dengan dunia luar tanpa harus merasa kesepian.

Masa pensiun bukan berarti tak lagi aktif. Banyak hal yang bisa Anda lakukan saat pensiun, dan yang perlu Anda lakukan hanya menentukan, dan bersiap-siap untuk merealisasikannya.

Sumber:

http://brighterlife.co.id/2012/03/30/umur-berapa-anda-berencana-pensiun/?category-ref=how-to-be-wealthy
http://retireplan.about.com/od/planningbythedecade/a/ideal_retirement.htm
http://retireplan.about.com/od/howtobegin/a/topstep4.htm

jumakka.kasimpada

setuju bagus sekali dapat meninspirasi orang banyak untuk dapat mempersiapkan diri sebelum memasuki usia pensiun baik berupa tabungan & investasi

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life