DCSIMG

How To Be Healthy

Bersepeda Termasuk Investasi Kesehatan Lho

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Bersepeda bukan sekedar kegiatan rekreasi yang Anda lakukan untuk bersantai. Olahraga low impact ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan Anda, di antaranya adalah menurunkan resiko jantung koroner, meredakan insomnia, serta menciptakan suasana hati positif. Selain itu, bersepeda juga membantu Anda berhemat sekaligus menjaga kelestarian lingkungan dengan cara mengurangi penggunaan bahan bakar minyak serta mengurangi polusi udara. Bersepeda juga bisa jadi pilihan bagi Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan, karena bersepeda sangat efektif membakar kalori. Bersepeda dengan kecepatan sedang atau sekitar 20-23 km/jam saja akan membakar sekitar 235 kalori setiap 30 menit!
Olahraga bersepeda

Kelebihan bersepeda lainnya adalah karena bersepeda juga merupakan sarana transportasi, sehingga Anda bisa meluangkan waktu untuk bersepeda sambil berangkat ke kantor ataupun lokasi lain. Anda tak perlu pusing lagi mencari waktu untuk berolahraga. Selain itu, penggunaan mobil dan BBM berkurang, tapi tubuh tetap sehat karena bersepeda! Itu sebabnya komunitas Bike to Work terus bertambah besar, seiring dengan semakin banyaknya orang yang memilih untuk bersepeda saat pulang-pergi kantor setiap hari.

Anda tertarik untuk mulai bersepeda setiap hari? Coba simak beberapa langkah berikut untuk mempersiapkan diri dengan kebiasaan sehat baru Anda:

  1. Memilih sepeda
    Sebelum mulai bersepeda, tentu saja Anda harus memiliki sepeda yang cocok untuk Anda. Pada dasarnya, sepeda yang cocok untuk Anda yang baru mulai bersepeda adalah hybrids, yaitu perpaduan antara mountain bike dan road bike, sehingga nyaman digunakan di jalan beraspal maupun berbatu. Kalau Anda mulai tertarik untuk bersepeda dalam jarak jauh, road bike adalah pilihan terbaik, sedangkan kalau Anda ingin mencoba bersepeda off road, mountain bike adalah sepeda yang lebih cocok.
  2. Menyesuaikan sepeda Anda
    Setting sepeda yang kurang tepat bisa mengakibatkan sakit otot dan justru membuat Anda malas bersepeda, lho. Hal ini disebabkan karena posisi duduk saat bersepeda harus diperhatikan dengan baik, misalnya:
    – Pastikan kaki Anda masih sedikit tertekuk saat pedal sepeda berada dalam posisi paling rendah. Perhatikan hal ini saat Anda menyesuaikan tinggi rendahnya sadel sepeda Anda.
    – Posisi setang sepeda harus tepat, sehingga tangan Anda masih sedikit tertekuk di bagian siku.
  3. Bersepeda dengan aman
    Jalanan di Indonesia memang masih meng-anak tiri-kan pengguna sepeda. Belum ada jalur khusus sepeda yang membuat bersepeda lebih nyaman dan aman. Karena itu, perlengkapan keamanan saat bersepeda harus semakin diperhatikan, di antaranya:
  4. Helm. Belilah helm yang tepat dan tidak terlalu ketat maupun terlalu longgar. Pelindung kepala ini investasi kesehatan yang penting, karena itu jangan asal membeli helm yang murah tapi mengorbankan keselamatan Anda.
    – Sarung tangan bersepeda membantu melindungi tangan Anda kalau Anda terjatuh.
    – Perlengkapan lain seperti keranjang atau tempat penyimpanan barang serta kunci sepeda juga bisa dipertimbangkan, terutama bila Anda benar-benar serius ingin mulai bersepeda setiap hari ke kantor.
    – Kalau pekerjaan Anda sering mengharuskan Anda untuk lembur dan pulang malam, perlengkapan seperti lampu sepeda, reflective jacket, dan sejenisnya juga perlu diperhatikan.
    – Pakaian bersepeda. Hal ini penting untuk kenyamanan Anda saat bersepeda. Sebaiknya pakaian yang dipakai saat bersepeda fleksibel dan tidak panas.

Sudah siap untuk mulai bersepeda demi menurunkan berat badan dan menjadi lebih sehat? Jangan lupa, Anda juga harus mengkonsumsi makanan sehat yang berenergi. Bukan berarti Anda jadi rela tidak makan demi turun berat badan, lho. Konsumsilah makanan yang mudah dicerna seperti gandum, buah, sayur, daging rendah lemak, serta produk susu. Makanan tersebut memberikan asupan karbohidrat yang cukup sebagai ‘bensin’ tubuh Anda sekaligus memberikan asupan protein untuk pembentukan otot.

Kalau dihitung-hitung, mungkin Anda merasa biaya yang Anda keluarkan untuk membeli sepeda dan perlengkapannya tidak sedikit. Tapi perhitungkan juga dengan biaya BBM yang Anda hemat ketika Anda menggunakan sepeda dan bukan mobil. Selain itu, tubuh sehat nan langsing yang Anda dapatkan dari bersepeda pastinya sebanding dengan biaya yang Anda keluarkan. Bisa jadi setelah bersepeda setiap hari Anda malah tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk keanggotaan di klub kebugaran alias gym. Investasi kesehatan yang sepadan, kan? Bersepeda, yuk!
Sumber:

http://brighterlife.co.id/2012/06/13/bersepeda-cara-baru-berinvestasi/?category-ref=how-to-be-healthy
http://www.everydayhealth.com/fitness/how-to-choose-the-best-bike-for-you.aspx
http://bicycling.about.com/od/cyclingforabetterbody/a/weightloss.htm
http://herbivoretriathlete.com/cycling-to-improve-your-health/
http://www.menshealth.com/techlust/bike-commuting

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life