DCSIMG

How To Be Wealthy

Asuransi Kesehatan: Fasilitas Kantor Paling Penting Bagi Karyawan

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Anda mungkin pernah membaca artikel atau mendengar cerita tentang fasilitas kantor Google yang unik. Kantor perusahaan ternama itu memiliki fasilitas lengkap, termasuk ruang rekreasi dengan video game console, gym, serta berbagai fasilitas lainnya yang bebas diakses dan digunakan oleh karyawannya. Saat membaca artikel tersebut, Anda mungkin berandai-andai memiliki kantor dengan fasilitas lengkap seperti itu.
Fasilitas Kantor Paling Penting Bagi Karyawan

Setiap pekerjaan di setiap perusahaan yang berbeda memang memberikan keuntungan dari fasilitas kantor masing-masing. Perusahaan A memberikan makan siang gratis setiap hari kepada karyawannya, sedangkan perusahaan B memberikan voucher taksi kepada karyawannya yang lembur. Malah ada juga perusahaan yang memberikan kemudahan dan rekomendasi kepada karyawannya yang ingin mengajukan permohonan KPR. Fasilitas kantor adalah salah satu daya tarik perusahaan yang diberikan untuk kesejahteraan karyawannya. Menurut survey yang dilakukan oleh Glassdoor Survey, 1 dari 5 karyawan menganggap fasilitas kantor seperti ini sebagai hal yang penting.

Tapi sebenarnya fasilitas kantor yang paling diinginkan karyawan bukanlah makan sepuasnya ataupun keanggotaan gym gratis. Yang paling diinginkan karyawan dari perusahaan adalah perlindungan kesehatan bagi dirinya dan keluarganya. Fasilitas kantor lain seperti rencana pensiun, diskon karyawan, koperasi, makan siang gratis, atau fasilitas lainnya memang menarik. Tapi semua fasilitas itu jadi tidak berarti kalau tidak dilengkapi dengan asuransi kesehatan.

Kenapa perusahaan perlu menyediakan asuransi kesehatan pada karyawannya? Tentu saja demi produktivitas karyawan dan kelangsungan perusahaan secara berkesinambungan. Logikanya, karyawan sakit yang tidak mendapatkan perawatan kesehatan yang memadai bisa bertambah sakit. Akibatnya dia akan semakin lama absen dan tidak bisa bekerja. Produktivitas karyawan menjadi terganggu dan pada akhirnya mengganggu jalannya perusahaan. Selain itu, asuransi kesehatan yang baik jelas menarik SDM yang bermutu untuk bergabung dengan perusahaan. Pada akhirnya, semua berujung pada keberlangsungan perusahaan.

Seperti perusahaan yang sangat disarankan untuk menyediakan asuransi kesehatan pada karyawannya, para karyawannya pun dianjurkan untuk mengerti haknya untuk mendapatkan asuransi kesehatan. Perhatikan perlindungan asuransi yang Anda dapatkan dari kantor Anda dan periksa beberapa hal berikut:

  1. Apakah asuransi kesehatan Anda hanya melindungi Anda sebagai karyawan, atau melindungi pasangan dan anak-anak Anda juga?
  2. Apakah asuransi kesehatan Anda membayarkan santunan dalam bentuk reimbursement atau dengan sistem kartu yang lebih mudah?
  3. Apakah besar penggantian dana yang diberikan melalui asuransi sudah cukup untuk Anda dan keluarga?

Bila Anda merasa asuransi kesehatan yang diberikan kantor Anda belum cukup, Anda bisa membeli asuransi tambahan untuk Anda dan keluarga. Atau bisa juga Anda mulai ‘berburu’ pekerjaan baru di perusahaan baru yang memberikan perlindungan kesehatan yang lebih baik. Perusahaan yang memberikan tambahan penggantian untuk biaya persalinan serta perawatan gigi selain biaya dokter dan rawat inap jelas lebih menarik daripada perusahaan yang hanya memberikan santunan untuk rawat inap saja, kan?

Jadi, kalau Anda adalah pemilik perusahaan yang mulai berkembang, mulailah mempertimbangkan untuk melindungi karyawan Anda dengan asuransi kesehatan yang baik. Sedangkan kalau Anda adalah karyawan perusahaan, pastikan Anda sudah puas dengan perlindungan yang diberikan kantor Anda. Kalau Anda tidak merasa mendapat perlindungan yang cukup, tidak ada salahnya mencari perlindungan yang lebih memadai, baik dari kantor baru ataupun dari asuransi kesehatan tambahan.

Sumber:
http://www.dailyfinance.com/2013/07/08/glassdoor-job-benefit-desired-health-care/
http://m.aktual.co/tatadana/125004proteksi-dalam-perencanaan-keuangan-pribadi
http://economy.okezone.com/read/2011/06/07/315/465271/redirect
http://blog.tempointeraktif.com/ekonomi-bisnis/memilih-asuransi-kesehatan/

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life