DCSIMG

How To Be Happy

9 Langkah Mudah Untuk Bahagia

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Sebenarnya hal paling sederhana pun bisa membuat Anda merasa lebih bahagia. Tapi tentu saja hal sederhana itu tidak bisa dilakukan sekali dua kali saja, tapi harus menjadi bagian dari pola pikir positif yang Anda jalani dalam kehidupan sehari-hari.

9 Langkah Mudah Untuk Bahagia

PADA HARI KERJA:

Pukul 7 pagi : Hindari road rage.

Perjalanan berangkat dan pulang kerja memang bisa jadi neraka dunia yang menanti setiap pagi dan sore hari. Jangan sampai stress saat berangkat kerja di pagi hari jadi merusak seluruh hari Anda. Ada pengendara motor yang menabrak kaca spion mobil Anda? Atau Anda sudah berdiri 1 jam di stasiun menunggu kereta yang tak kunjung datang? Daripada memendam amarah dan stres, hibur diri Anda dengan musik kesukaan, minuman favorit, atau hal lain yang bisa menenangkan Anda.

Pukul 10 pagi : Optimalkan kelebihan diri sendiri.

Saat meeting pagi tiba-tiba atasan Anda memuji hasil kerja rekan kantor Anda. Anda pasti jadi terpacu untuk terus memperbaiki kinerja Anda. Tapi daripada ngoyo mengejar prestasi di bidang yang tidak Anda kuasai, lebih baik Anda mengasah kelebihan yang memang Anda miliki. Terus memaksakan diri justru bisa membuat Anda depresi dan tidak berbahagia, lho.

Pukul 2 siang: Bersikap optimis.

Atasan Anda ‘menghadiahi’ Anda dengan tugas dadakan yang harus segera diselesaikan? Tetap optimis! Kedengarannya seperti jargon standar motivational speaker, ya? Tapi sikap optimis memang akan membantu Anda mengambil sikap positif dalam menghadapi suatu hambatan. Setelah hambatan itu berhasil Anda atasi, Anda pasti akan merasa bahagia dan lebih percaya diri dengan diri Anda sendiri.

Pukul 7 malam : Prioritaskan tugas & luangkan waktu untuk diri sendiri.

Waktu setelah jam kantor selesai adalah waktu bagi Anda untuk beristirahat dan melakukan hal yang Anda sukai. Tapi kadang ada hal-hal kecil yang bisa merusak rencana Anda beristirahat, misalnya rekan kerja yang meminta bantuan menyelesaikan pekerjaan untuk kesekian kalinya atau sahabat yang minta ditemani berbelanja saat Anda sudah sangat lelah. Terus menerus mendahulukan kepentingan orang lain pada akhirnya tidak akan membuat Anda menjadi seperti Bunda Theresa, tapi malah membuat Anda merasa tidak bahagia. Tolak baik-baik permintaan tolong rekan kerja Anda dan jadwalkan ulang rencana Anda untuk berbelanja bareng. Dengan memprioritaskan tugas Anda, Anda jadi bisa meluangkan waktu untuk melakukan hal yang Anda sukai.

Pukul 9 malam : Berkomunikasi dengan pasangan.

Masalah dalam pernikahan adalah salah satu sebab rasa tidak bahagia yang dialami banyak orang. Masalah ini bahkan bisa menimbulkan masalah lain dalam pekerjaan maupun kehidupan sosial. Bila hal ini terjadi, solusinya adalah komunikasi. Peneliti dari Northwestern University di Amerika menemukan bahwa pasangan yang mengevaluasi hubungannya dengan pasangannya secara rutin justru lebih jarang bertengkar dengan pasangannya. Jadi, luangkan waktu untuk mengevaluasi hubungan Anda dan berkomunikasi dengan pasangan Anda, dan bersiaplah untuk hubungan yang lebih baik dengan dia.

PADA AKHIR MINGGU:

1. Menghadiahi diri sendiri:

Bukannya mengajarkan boros, lho.. Sesekali membeli suatu barang atau membobok celengan memang bisa membuat Anda lebih bahagia. Tapi bukan berarti Anda langsung menghabiskan uang untuk membeli gadget ataupun pakaian. Menurut penelitian, inti dari terapi belanja yang membuat Anda merasa bahagia adalah pengalaman yang Anda dapatkan dari berbelanja. Saat Anda membeli gadget ataupun pakaian, rasa bahagia yang Anda rasakan dari produk tersebut tidak bertahan lama. Tapi kalau Anda membeli tiket konser, merencanakan liburan bersama keluarga, ataupun mengeluarkan uang untuk membayar biaya les dansa yang Anda sukai, perasaan bahagia yang Anda rasakan akan bertahan lebih lama. Jadi, jangan segan menghadiahi diri Anda sendiri. Anda patut mendapatkannya.

2. Menonton film

Menonton Life is Beautiful atau film sedih lainnya mungkin bukan pilihan pertama Anda saat Anda sedang stres atau galau. Tapi sebenarnya menurut penelitian dari Ohio State University, orang justru merasa lebih bahagia setelah menonton film sedih, karena mereka jadi lebih mensyukuri apa yang mereka miliki dalam hidupnya. Memang sulit untuk tidak mensyukuri anak-anak, pasangan, pekerjaan, atau hidup Anda secara keseluruhan setelah menonton film perang tentang seorang pria yang mengorbankan hidupnya untuk menyelamatkan anaknya.

3. Berbuat baik untuk orang terdekat

Beramal untuk membantu korban banjir di negara tetangga memang baik. Tapi jangan menutup mata pada orang-orang yang lebih dekat di sekitar Anda, lho. Mungkin Asisten Rumah Tangga Anda punya anak yang masih menunggak uang sekolah? Atau hansip di lingkungan rumah Anda sedang mencari pekerjaan untuk adiknya? Coba bantu mereka bila Anda rasa mereka berhak mendapatkannya. Reaksi positif mereka dari bantuan yang Anda berikan dijamin akan membuat Anda lebih bahagia.

And last but not least, ini dia 1 kebiasaan yang dijamin membuat Anda merasa lebih bahagia: tersenyum. Kalau lagi sedih kok malah disuruh tersenyum? Tapi kenyataannya penelitian menunjukkan bahwa tersenyum menurunkan detak jantung saat stress dan akan menenangkan Anda, bahkan ketika Anda sedang tidak mood untuk tersenyum.

Jadwal di atas pastinya hanya menggambarkan garis besar rutinitas Anda sehari-hari. Pastinya rutinitas harian Anda tidak akan sama persis seperti jadwal di atas. Tapi yang penting adalah sikap positif yang jadi kebiasaan Anda yang akan membuat Anda bahagia. Coba saja terapkan perlahan-lahan dalam kehidupan sehari-hari Anda. Semoga manfaatnya segera bisa Anda rasakan.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life