DCSIMG

How To Be Wealthy

Lima Produk Finansial yang Anda Wajib Miliki

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (20)

Usia muda ataupun tua tidak menjadi penghalang untuk mempersiapkan masa depan lebih baik dalam kualitas hidup ataupun keadaan finansial yang aman dan tenteram. Rajin menabung adalah sebuah prinsip paling jadul yang selalu diingatkan kembali oleh para orang tua kita sejak kecil.

Tetapi, jaman sekarang terdapat berbagai jasa keuangan yang menawarkan berbagai macam pula produk finansial. Ini bisa membuat kita bingung dan sulit menentukan yang mana yang sebaiknya menjadi prioritas.

Nah, untuk memudahkan pilihan Anda, berikut adalah lima produk keuangan yang wajib Anda miliki.

Lima Produk Finansial yang Anda Wajib Miliki

1. Asuransi Jiwa
Asuransi jiwa fungsinya agar Anda terjamin secara finansial jika pada suatu hari, Anda menemui ajal yang tak terduga. Tentunya kita tidak bisa menduga apa yang akan terjadi di masa depan dan ada baiknya bersiap-siap jika memang yang terburuk datang. Asuransi ini akan sangat membantu keluarga Anda dalam membayar sisa-sisa pinjaman seperti rumah dan lain-lain. Ini merupakan cara terbaik untuk menjamin masa depan orang-orang yang Anda sayang jika, suatu hari, Anda tidak bisa menjaga mereka lagi.

2. Asuransi Kesehatan
Banyak yang salah persepsi dengan pengertian asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Kebanyakan orang menganggap keduanya adalah hal yang sama. Padalah, asuransi kesehatan itu adalah sesuatu yang membantu meringankan biaya pergi ke dokter dan rawat inap. Kedua hal tersebut bergantung pada besarnya premi yang dibayarkan setiap bulannya.

Biaya kesehatan jaman sekarang bisa membeludak jika suatu hari anda sakit keras. Dengan asuransi kesehatan, biaya kesehatan yang bisa mencapai berpuluh-puluh juta rupiah dapat berkurang dengan sangat signifikan atau bahkan hilang sama sekali. Jangan remehkan yang satu ini karena asuransi kesehatan adalah salah satu bentuk investasi terbaik untuk diri sendiri.

3. Asuransi Pendidikan
Jika Anda sudah berkeluarga dan punya anak, maka Anda wajib mempertimbangkan hal ini. Dengan hitungan premi yang detail, maka Anda sudah mengambil satu langkah di depan dalam mengamankan masa depan pendidikan putra-putri tercinta. Cara ini sangat efektif apabila Anda ingin mereka menikmati pendidikan di luar negeri yang akan membutuhkan biaya yang sangat besar.

4. Dana Pensiun
Apakah Anda mau bekerja seumur hidup? Ya sudah pasti tidak mau. Dengan dana pensiun, Anda bisa menjamin kebutuhan finansial Anda di hari tua. Dana pensiun, atau lebih dikenal di dunia Barat dengan istilah ‘pension plan’,  adalah sebuah sarana bagi anda yang ingin menikmati hidup lebih tenang di hari tua.

Kita semua tentu lebih ingin hari tua yang tenang dan santai kan? Dana pensiun biasanya akan dimasukkan dalam kategori reksa dana sebagai sarana investasi Anda dalam hitungan 15 dan 20 tahun. Tertarik menghabiskan hari tua dengan berkeliling Eropa? Atau beli rumah baru di daerah yang tenang dan nyaman? Sekarang saatnya Anda menyiapkan kehidupan di hari tua.

5. Reksa Dana
Reksa dana sangat baik untuk segala umur karena biayanya rendah dan tidak ada persyaratan yang cukup merepotkan bagi Anda yang ingin menabung dan berinvestasi sekaligus. Dikelola oleh manajemen profesional, reksa dana dikelola oleh manajer investasi yang mempunyai keahlian khusus dalam pengelolaan dana.

Salah satu kelebihan reksa dana adalah sistemnya yang sangat transparan bagi Anda yang cenderung mudah khawatir dalam berinvestasi. Setiap bulannya akan ada laporan mengenai pengelolaan dana Anda secara menyeluruh. Selain itu, reksa dana juga memiliki sifat likuiditas yang tinggi sehingga bisa dicairkan kapan saja anda membutuhkan dengan waktu yang relatif lebih singkat.

Adelia Herminawatypada

Produk asuransi syariah Indonesia, yang memiliki berbagai spesialisasi seperti risk sharing dimana setiap nasabah dapat saling membantu dalam penanggungan biaya saat nasabah lain mengalami kesulitan. Prinsip tolong menolong ini berbeda dengan asuransi konvensional menerapkan konsep jual beli kepada nasabahnya sehingga jaminan hanya akan diberikan secara personal.

Nuki Suprayitnopada

menurut saya, ada beberapa produk finansial lainnya yang sangat penting, yaitu:
1. Tabungan, sebagai tempat untuk membantu dan mempermudah melaksanakan segala bentuk transaksi keseharian. Apalagi dengan adanya fitur ATM yang sangat mempermudah hidup, tanpa harus membawa uang tunai yang relatif lebih berisiko. Selain itu juga berguna sebagai rekening darurat.

2. Deposito berjangka, sebagai instrumen finansial yang memberikan return lebih tinggi dari tabungan dan keamanan berinvestasi yang ditawarkan, deposito menjadi penting terutama untuk menempatkan dana-dana darurat yang berdurasi kurang dari 1 tahun.

Nina Agustinapada

Investasi,,investasi berupa bisnis yang dapat diteruskan untuk anak dan cucu kita kelak. Dan tentunya investasi jangka panjang yang memiliki masa depan cerah.

Murnipada

Obligasi, Deposito, Rekening Giro, dan Tabungan

Dede Semiawanpada

Jawaban:
1. Tanah.
Salah satu investasi jangka panjang yang cukup diminati adalah tanah. Harga tanah dari tahun ke tahun sudah pasti mengalam peningkatan yang signifikan, apabila dapat dikelola dengan baik tanah dapat digunakan sebagai mesin pencetak uang dengan cara menyewakannya kepada siapapun yang membutuhkan dengan harga yang bersaing, apalagi jumlah tana tidak akan bertambah seiring bertambahnya jumlah penduduk.
2. Properti.
Properti merupakan salah satu investasi jangka panjang yang multi guna. Properti bisa digunakan sebagai tempat tinggal bagi kita dan keluarga di masa yang akan datang. Selain itu properti juga dapat digunakan sebagai mesin pencetak uang, sama seperti tanah, properti juga dapat disewakan dengan harga yang cukup tinggi karena siapapun pasti memerlukan properti sebagai tempat tinggal dan tempat usaha di masa yang akan datang.

    Ahmad Hakimpada

    TABUNGAN,karena tabungan bisa kita gunakan kapan saja jika kita memerlukan dlm keadaan mendadak.

Eme C A Rambepada

saya rasa emas juga boleh menjadi alternatif produk finansial yang kelak berguna untuk dijual kembali. tentunya dengan cermat kita mengenal emas tersebut adalah emas murni dan sering sering memantau harga emas dunia. dan jangan terlalu gegabah menjualnya kelak dengan harga murah atau akan menyesal nantinya. terkecuali memang kita punya kebutuhan amat mendesak/urgent.

Theresia Lerianapada

produk finansial penting lainnya selain yang diatas adalah:
1. Asuransi Cacat Tetap
risiko cacat tetap (total) lebih menakutkan daripada kematian. Kenapa? Karena ketika kita menderita cacat seperti ini maka artinya kita tidak lagi dapat melakukan hal-hal yang produktif dan hanya akan menjadi beban tanggungan bagi keluarga kita. Oleh karena itu, kita harus memastikan bahwa secara keuangan keluarga kita akan terlindungi dari risiko cacat tetap ini.

2. Asuransi Rumah Tinggal
Rumah adalah harta yang sangat mahal dan sudah sewajarnya dilindungi dari segala macam risiko. Besarnya plafon perlindungan ini sebaiknya dihitung berdasarkan luas bangunan dikalikan dengan biaya pembangunan rumah per meter persegi pada saat ini.

3. Asuransi Kendaraan Bermotor
Berkendara di kota besar, terutama di kota padat dan semerawut seperti Jakarta, memiliki risiko yang cukup tinggi meskipun kita termasuk dalam kategori pengendara yang sangat berhati-hati. Risiko tertabrak, risiko menabrak, risiko tuntutan pihak ketiga, sampai risiko kehilangan kendaraan harus kita hadapai di jalanan setiap hari. Karena itu perlindungan asuransi sangat dibutuhkan terutama untuk kasus kecurian dan rusak total.

Dianing Tri P.pada

Produk finansial penting lainnya selain yang disebutkan diatas adalah :
1. Investasi Harta Tidak Bergerak
Contohnya adalah dengan membeli tanah, rumah, perhiasan ataupun kendaraan bermotor. Tapi perlu diperhatikan juga dengan nilai jual di kemudian hari. Untuk tanah dan emas bisa lebih menguntungkan karena nilainya cenderung naik atau tetap. Untuk rumah dan kendaraan harus diperhitungkan mengenai penyusutan dan biaya pemeliharaannya.
2. Peternakan
Memelihara hewan ternak bisa menjadi salah satu alternatif produk finansial. Dengan memelihara dan membesarkan hewan ternak untuk dijual di kemudian hari bisa menjadi sumber pendapatan. Misalnya dengan memelihara sapi, kambing atau ayam.

Yanti Yunuspada

– Tanah, Emas karena harga tanah dan emas dari tahun ke tahun makin meningkat sehingga kita bisa berinvestasi dan kelak kita bisa mendapatkan keuntungan
– Asuransi Rumah karena rumah adalah harta yang tak ternilai harganya sehingga harus di jaga dan di lindungi dengan baik

WIWIN W KUSWINARTIpada

produk finansial penting lainnya adalah :
1. Asuransi Rumah Tinggal, agar tenang jika terjadi sesuatu pada rumah kita
2. Asuransi Kendaraan Bermotor, kondisi jalan yang semakin semrawut, maka asuransi kendaraan adalah suatu hal yang wajib.
3. Investasi Emas, emas adalah bentuk investasi yang paling aman dari pengaruh fluktuasi nilai tukar
4. Tanah dan Poperty, investasi ini terhindar dari penurunan nilai

Andhika Adhidarmapada

1. Asuransi kendaraan bermotor : mengingat semakin hari semakin rawan kejahatan dan kecelakaan

2. Emas : produk ini secara rasio masih menjanjikan dan menjanjikan keuntungan

3. Properti : tidak bisa dipungkiri bahwa harga tanah dan rumah semakin hari semakin tinggi

4. Tabungan ibadah : setiap manusia yang ber Tuhan pasti mempunyai impian untuk mencapai hal ini

5. Tabungan rekreasi : hal yang cukup penting mengingat semakin banyaknya orang menjadi stress dan ingin berlibur tapi terkendala biaya perjalanan dan akomodasi yang semakin mahal

Amelia Santosopada

Asuransi kehilangan, misalnya kehilangan kendaraan bermotor kita.
Kemudian, sebaiknya kita mempunyai tabungan dalam bentuk VALUTA ASING, karena di jaman globalisasi seperti ini, mempunya simpanan dalam bentuk valuta asing adalah salah satu investasi penting dan mempunyai nilai baik di kelak kemudian hari

Fathor Rasyidpada

DEPOSITO jg wajib dimiliki untk investasi jangka panjang

rizky fadillahpada

dana talangan ibadah haji, sangat membantu bagi yg ingin menunaikan ibadah haji

investasi emas, sekarang lagi trend investasi emas di bank syariah dan menjanjikan

perusahaan pembiayaan, bila ingin membuka usaha tapi tidak ada modal bisa memakai produk ini

Noviana Indah Mustikaningtyaspada

# Logam Mulia, yang nilainya dapat mengimbangi laju inflasi yang cukup tinggi di negara kita. Nilainya yang sudah mencapai kisaran 20 juta cukup baik untuk mencapai tujuan jangka menengah dan panjang
# Wirausaha, biaya hidup semakin meningkat, investasi yang paling sesuai adalah dengan menambah penghasilan lagi. Saatnya memulai berbisnis. Untuk modal yang minim, bisa membuka bisnis online dahulu.
# Tanah,Rumah, Property, harga tanah yang selalu naik sangat tepat kita pilih sebagai instrumen keuangan kita. Lagipula “papan” termasuk dalam kebutuhan primer manusia kan

Joni Pramanapada

>> Dana Pendidikan Anak. Ini merupakan tujuan keuangan yang sangat penting bagi keluarga yang sudah mempunyai anak. Sebagai orangtua, tentu saja kita menginginkan pendidikan yang terbaik untuk anak. Perlu perencanaan yang matang untuk mempersiapkan dana pendidikan ini. Sebab apabila tidak direncanakan, pendidikan anak kita kemungkinan besar tidak tercapai seperti yang kita harapkan.

>> Warisan, Warisan di sini bisa mempunyai dua tujuan. Yang pertama, sebagai distribusi kekayaan atau memberikan aset yang dimiliki kepada pihak yang diinginkan walaupun sang pewaris masih hidup, atau mewariskan kepada ahli waris setelah meninggal. Kedua, apabila kita tidak mempunyai aset atau kekayaan, atau justru memiliki utang, baik kepada bank atau pihak lain, jangan sampai utang tersebut diwariskan kepada ahli waris kita. Itulah sebabnya perencanaan warisan (estate planning) sangat diperlukan untuk kedua tujuan tersebut, baik untuk mendistribusikan kekayaan atau aset, ataupun menghindarkan diwariskannya utang bagi anak cucu kita.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life