DCSIMG

How To Be Healthy

Koki Rumah yang Pintar

Oleh Bara Pattiradjawane,

Komentar (17)

Semua orang pasti ingin menjadi pintar. Pintar di kantor, supaya karir terus menanjak. Pintar bergaul, biar memiliki banyak teman. Pintar mengatur keuangan, agar masa depan terjamin. Tetapi, apakah pintar di dapur itu penting? Perlu atau tidak? Of course!
Koki Rumah yang Pintar
Jangan meremehkan keahlian di dalam dapur dan menganggap itu adalah pekerjaan ‘kolot’ yang hanya perlu dilakukan oleh ibu rumah tangga. Dapur adalah salah satu sumber kesehatan keluarga. Makanan rumah adalah salah satu hal yang membuat orang bernostalgia dan ingin pulang ke rumah.

Yang dimaksud dengan pintar di dapur adalah pintar dalam mengatur dan menyiapkan menu untuk di rumah. Memang, rata-rata keluarga di Indonesia memiliki ‘kemewahan’ dengan adanya asisten rumah tangga, alias pembantu, yang tugasnya bisa mencakup memasak di rumah. Alasannya memang sederhana. Suami dan istri di jaman sekarang ini biasanya memiliki double income. Jadi, pastinya susah untuk menunjuk salah satu sebagai ibu atau bapak rumah tangga.

Nah, apakah kita mau membiarkan mbak di rumah yang menentukan menu dan belanja? Kalau iya, coba bertanya pada diri sendiri. Is it a smart move? Jawabannya sederhana: definitely not!

Menjadi pintar di dapur bukan berarti Anda harus belajar menjadi koki bintang 5 atau ahli memasak seperti si jago kuliner Jamie Oliver. Yang dibutuhkan hanya kemampuan untuk mengatur cara menyiapkan hidangan di rumah. Berikut ada beberapa tips agar Anda bisa menjadi ratu atau raja yang handal di dapur Anda sendiri:

1. Rencanakan dengan Matang
Atur bahan makanan yang akan dikonsumsi, cara memasaknya, dan cara menyajikannya. Ingat, yang makan di rumah siang dan malam biasanya anak-anak Anda. Apakah kita akan memercayakan orang lain untuk menjamin apakah makanan yang mereka santap cukup sehat atau tidak? Lebih kita sendirilah yang mengatur, mulai dari belanja dan merencanakan menu sehari-hari.

Belanja dapat dilakukan seminggu sekali. Atur anggaran belanja bahan pangan dengan cermat. Siapkan bahan yang seimbang untuk seminggu, seperti jumlah daging merah, daging ayam dan ikan.

Rencanakan menu makanan untuk seminggu. Hal ini memastikan bahwa tidak akan terjadi ‘asal beli’ yang akhirnya hanya berakibat bahan yang sia-sia.

Kunci dari menjadi koki rumah yang pintar hanya satu: belanja menurut rencana dan anggaran yang sudah ditetapkan. Tanpa perencanaan yang baik, banyak bahan makanan bisa terbuang dan tanpa disadari, hal ini merupakan pemborosan.

2. Gunakan Freezer dengan Maksimal
Gunakan bagian freezer kulkas dengan maksimal. Kemas berbagai daging yang sudah dibeli dengan baik dalam wadah yang tahan beku di dalam lemari es. Beri label dengan tanggal pembelian.

Bahan segar lainnya yang tidak dapat disimpan dalam freezer, seperti sayuran, dapat dipilih yang bisa tahan beberapa lama, seperti wortel, kol, sawi hijau, kailan, dan lain-lain. Simpan sayuran dengan cara membungkusnya dalam kertas dan bukan dalam wadah yang kedap udara karena gas yang dikeluarkan sayuran dapat mempercepat proses pembusukan.

3. Cari Resep yang Tepat
Bagi yang merasa tidak memiliki kemapuan memasak atau membuat menu, sempatkan diri ke toko buku dan carilah buku resep yang pas untuk hidangan sehari-hari yang bahan-bahannya sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan.

Selain itu, hampir semua majalah wanita memiliki rubrik memasak. Ada lagi cara mendapatkan resep-resep favorit. Just google it. Ada jutaan resep yang siap diolah. Dan semuanya gratis! Ini adalah beberapa cara untuk menjadi smart di dapur.

Tapi, jangan sekedar menyodorkan resep-resep tersebut ke mbak di rumah. Coba luangkan waktu untuk masak bersama atau ajarkan terdahulu cara memasak makanan-makanan tersebut. Ini juga salah satu cara mengawasi makanan yang dihidangkan sesuai dengan standard yang diinginkan.

4. Do Something Fun!
Coba lakukan hal yang seru dan berbeda. Siapkan menu-menu yang kreatif. Misalnya, hari Senin menu Bali, sate lilit, ayam goreng sambal matah Bali, kangkung plecing. Keesokannya, menu dari Jepang, ikan teriyaki, shabu-shabu sederhana, ayam tonkatsu.

Jangan keburu takut dengan menu-menu baru. Ini bukan berarti Anda harus menciptakan menu yang asli dan persis seperti dari daerah asal hidangan tersebut. Jadikan sebagai inspirasi saja. Coba hidangan Thai, India, atau Minang dan Manado. Banyak sekali kuliner menarik yang bisa membuat hidangan rumah menjadi menyenangkan.

So, be smart, even in your own kitchen. Good Luck!

Bright Friends, apa Anda setuju dengan tulisan di atas? Bagaimana versi koki rumah yang pintar menurut Anda?

ILHAM BUCHORIpada

versi koki rumah yang pintar menurut saya:
1. bisa menghadirkan menu-menu sehat untuk anggota keluarganya.
2. mengetahui ukuran atau takaran bahan-bahan yang digunakan untuk membuat satu menu makanan
3. pintar memilih bahan yang baik untuk anggota keluarganya.
4. Tidak boros dalam membelanjakan bahan makanan
5. kreatif dan inovatif dalam mendekorasi dan menyajikan menu makanan. Mengapa? Karena dg cara ini, bisa merangsang nafsu makan sang anak.
6. Bisa membuat cita rasa yang beda dari kebanyakan menu-menu yg telah ada

Maria Nataliapada

Koki rumah yang pintar versi saya :
1. Bisa mengatur budget yang ada sehingga tidak kekurangan.
2. Memberikan masakan yang sehat, enak sehingga nafsu makan menjadi tinggi.
3. Tidak monoton, masak yang itu-itu saja
4. Menciptakan rasa yang khas

Arendziano Rpada

Koki rumah yang pintar menurut versi saya:
1. Selalu dapat meghadirkan menu2 yang lezat, tidak hanya lezat, tetapi juga tetap menjunjung tinggi nilai gizi yang terkandung pada makanan tersebut
2. Menghadirkan makanan yang sesuai dengan budget belanja sehari-hari, tetapi faktor gizi yang terkandung njuga tetap menjadi prioritas utama
3. Efisiensi didalam penggunaan bahan2 makanan, sehingga tidak terlalu berlebihan porsinya, tetapi juga tidak kurang sehingga porsi makanan menjadi pas, sehingga tidak boros didalam pembelanjaan bahan-bahan makanan
4. Bisa menghadirkan makanan dengan tampilan2 yang menarik. Percuma saja makanan tersebut mengandung gizi yang tinggi jika tampilannya kurang menarik, oleh karena itu dibutuhkan kemampuan menghadirkan sajian yang menarik dan menambah nafsu makan tiap anggota keluarga
5. Selalu mengahdirkan menu makanan yang berbeda tiap harinya adalah penting, agar tidak terjadi kebosanan didalam menyantap makanan tersebut.

Demikian versi koki pintar menurut saya, terima kasih🙂

Iyang Bahtiar (@iyangbahtiar)pada

Menurut saya koki rumah yang pintar adalah dia yang “kreatif dan efisien”. Kreatif dalam menyajikan menu yang unik, menarik dan tetap bergizi serta efisien dalam bahan-bahan dan harga yang minimalis. just that. Misalnya saja, dia masih ada tempe banyak dirumah tapi dia bisa mengolah tempe itu biar jadi menarik, tidak monoton dan mebosankan. mungkin dihari pertama bisa masak menu A, hari kedua B dll, tentu dengan tampilan menarik dan gizi yang cukup. Dia juga selalu memperhatikan gizi, minimal ada sayur atau buahnya juga untuk mengimbangi makanan lainnya. Mungkin cuma itu menurut saya, Terima Kasih🙂

Fathor Rasyidpada

KOKI RUMAH, sy anggap pintar apabila:
– kreatif dlm mengatur pengeluaran
– Selektif memilih bahan makanan
– Inovatif dlm membuat menu masakan
– Agresif & gesit di dapur

Yulia Sugihartipada

Koki Rumah Yang Pintar:
1. Pintar dalam mengelola budget belanja
2. Kreatif dalam membuat menu sehat dan bergizi, yang mahal belum tentu sehat.
3. Inovatif, mampu mengolah makanan enak dan bergizi walaupun dgn bahan yg terbatas/ sederhana
4. Lihai menggunakan peralatan dapur
5. Mencintai kebersihan

Ervina Setiantipada

Kalau bwt aq koki yg pintar d rumah adlh dia Mau Belajar, tdk harus Jago masak, tp mau belajar untk menghidangkn masakan yg tdk monoton stiap harinya,. Bs mengolah bahan masakan mjd hidangan yg bs dnikmati klrg dg nilai gizi yg cukup. Dan yg ptg adl bs mengatur keuangan dlm belanja..

suhartono kasnopada

koki rumah yang pintar adalah
yang dapat meramu bahan makanan yang ada menjadi makanan yang lezat dan bergizi
dan dapat membuat variasi makanan dari bahan makanan yang ada.

Eny Christiningsih (@EnyC_)pada

Koki yang pintar tentu saja koki yang bisa mengenal keluarganya dengan baik. Selain tahu kebiasaan makan dan taste masakan yang disuka oleh anggota keluarganya dia juga tahu bagaimana mengarahkan habit dan taste tersebut sehingga mereka suka makan masakan yang sehat. Thats smart. Nilai tambah lagi untuk koki yang bisa efisien mengatur keuangan thats smart and ok.

Reagy Sukmanapada

Koki rumah yang pintar adalah yang mampu membuat perecanaan untuk menyajikan makanan dengan baik seperti perencaan keuangan untuk makanan ( tidak boros dalam penggunaan budget dan bahan makanan ), mampu untuk menyajikan makanan-makanan yang lezat yang disukai oleh anggota keluarga terutama anak-anak , makanan pun harus bersih, sehat dan bergizi tinggi untuk keluarga, dan yang paling penting adalah mengerti apa selera makanan untuk masing-masing anggota keluarga. Faktor-faktor penting inilah yang menjadikan seorang koki rumah pintar untuk menyajikan makanan-makanan berkualitas untuk keluarga.

Rio Pratamapada

menurut saya, koki rumah yang pintar adalah:

– hal yang sangat utama, menghidangkan makanan yang sehat bagi keluarga.
– dapat membuat menu yang bervariasi dari senin hingga minggu, karena hal ini dapat menambah selera makan
– menghidangkan makanan yang enak, artinya bukan berarti makanan yang mahal
– menyajikan tampilan makanan dengan menarik untuk makin menambah selera makan
– dapat menghadirkan suasana yang hangat saat menghidangkan makanan dan menyantap bersama keluarga tercinta

rizky fadillahpada

koki rumah yang pintar adalah dia yang mengerti kondisi keluarganya, mengerti makanan kesukaan anggota keluarganya dan mengerti kondisi keuangan keluarganya dan pastinya terus belajar membuat masakan yang beda agar tidak monoton.

Andhika Adhidarmapada

Koki rumah yang pintar menurut saya adalah :

1. Memahami kondisi untuk apa dan siapa masakan dihidangkan , misal : saat cuaca sedang dingin atau hujan bisa memasak makanan yang berkuah supaya badan menjadi lebih hangat, atau misalkan harus menghidangkan masakan untuk anak anak bisa memasak hidangan yang tidak pedas karena perut anak anak terkadang lebih sensitif terhadap rasa pedas

2. Memahami jenis bahan makanan dan kualitas nya , misal : bisa memahami kualitas daging yang segar atau tidak

3. Mengetahui manfaat dan keburukan bahan makanan, misal : mengetahui nilai gizi suatu bahan makanan dan juga bisa mengetahui keburukan sebuah bahan makanan misalnya penyedap rasa atau msg

4. Bisa menyajikan suatu makanan dari bahan bahan seadanya namun bisa memberikan efek menarik untuk menyantapnya

Murnipada

bagi saya, koki yang pintar adalah :
1. memiliki Daya kreativitas dalam menghidangkan menu untuk keluarga
2. Inovatif dalam menciptakan menu-menu yang sehat dan baik yang belum ada di pasaran.
3. Efektif dalam memanfaatkan waktu memasak. Tidak bertele-tele dan cekatan
4. Selektif dalam memilih bahan makanan. Koki pintar pasti bisa memilih bahan makanan yang mengandung nutrisi tinggi untuk menu makanan yang akan dihadirkannya untuk keluarga. Selektif di sini juga bisa diartikan pintar membuat daftar belanja.
5. Tidak boros, baik dalam membelanjakan bahan2 makanan atau dalam menggunakannya

Santoso Wijayapada

Koki Rumah yang pintar menurut saya:
1. Mampu menyiapkan porsi makanan yang tepat dan sehat untuk dimakan
2. bisa menyeimbangkan kalori yang terkandung di dalam makanan itu sendiri
3. Mampu menjaga kehigienisan dari dapur dan alat-alat yang digunakan untuk memasak
4. Seimbangkan makanan agar mencapai 4 sehat 5 sempurna jadi dalam satu meja ada sayur,daging,susu dll
5.memahami kondisi orang yang akan mencicipi makanannya jadi harus ditanyakan apabila ada alergi akan makanan tertentu

ruby brinnapada

Koki yang pintar itu selalu membuat daftar belanja dengan menu menu makanan yang sehat bagi keluarga.
Tahu bagaimana agar belanjaan dpt bertahan lama dan ttp terjaga kehigienisan nya.
Tahu bagaimana menggunakan peralatan dapur yg baik sehingga keawetan alat terjaga.
Tahu hal hal kecil seperti bagaimana agar dapur ttp terjaga kebersihannya saat memasak.
Tahu bagaimana menggunakan gas elpiji dengan hemat.
Tahu bagaimana menata peralatan dapur sehingga mudah digunakan saat ingin memasak.

bagus adipada

Biar makin fun, ajak anak atau suami untuk ikut masak. Masak bareng-bareng trus makan bareng-bareng. Asik pasti🙂

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life