keuntungan dan pertimbangan dalam memelihara hewan peliharaan di rumah

How To Be Happy

Apakah Pemilik Hewan Peliharaan Memiliki Ekspektasi Hidup Lebih Lama?

Oleh Helen Burnett-Nichols, BrighterLife.ca,

Komentar (22)

Banyak penelitian menunjukkan bahwa hewan peliharaan dapat meningkatkan ekspektasi hidup pemiliknya. Hal ini didukung oleh berbagai teori yang bisa Anda percaya atau tidak.

Apakah Pemilik Hewan Peliharaan Memiliki Ekspektasi Hidup Lebih Lama

Tetapi, Nancy Cressman, manajer pendidikan dari Kitchener-Waterloo Humane Society, sangat percaya bahwa memiliki hewan peliharaan itu sangat menguntungkan. “Tidak ada keraguan bahwa orang berusia lanjut memperoleh manfaat dari memiliki hewan peliharaan.”

Hewan Peliharaan memiliki banyak manfaat – mulai dari menemani keseharian Anda hingga membantu menjaga Anda agar tetap aktif – Namun, ada juga beberapa faktor yang harus diperhitungkan sebelum Anda mempertimbangkan untuk membawa pendamping setia pulang ke rumah Anda.

Keuntungan:

  1. Manfaat kesehatan
    manfaat kesehatan dari memiliki hewan peliharaan telah banyak dipelajari dan diakui. Pada April 2010, AARP mengadakan polling mengenai kepemilikan hewan pemeliharaan dan olahraga. Hasilnya, tiga dari sepuluh responden menyatakan bahwa mereka melakukan lebih banyak kegiatan fisik sejak memiliki hewan peliharaan dibandingkan sebelumnya. Enam dari sepuluh mengakui bahwa mereka melakukan kegiatan fisik dengan intensitas yang sama.
    Namun, keuntungan yang berhubungan dengan kesehatan tidak terbatas dengan kegiatan fisik yang dilakukan. Sebuah penelitian tahun 2002 dari Universitas Negeri New York di Buffalo menemukan bahwa orang dengan hewan peliharaan memiliki detak jantung dan tingkat tekanan darah yang secara signifikan lebih rendah dalam situasi stres dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan.Cressman menjelaskan bahwa orang lanjut usia yang miliki hewan peliharaan mendapatkan berbagai manfaat kesehatan, seperti pengurangan stres dan teman yang bisa membantu menghadapi kesedihan dan kehilangan.
  2. Menghilangkan Rasa Kesepian
    Kucing dan anjing merupakan hewan peliharaan yang dikenal dapat menawarkan kasih sayang dan cinta tak bersyarat. Hal ini dapat membantu Anda, terutama saat Anda merasa kesepian atau terisolasi.
    Kalau seseorang memiliki anjing, ada kemungkinan besar dia harus mengajaknya jalan-jalan keluar rumah setiap hari. Ini dapat membuka interaksi sosial dengan para tetangga. Akan tetapi, Cressman mengatakan hewan peliharaan apapun – entah itu anjing, kucing, ikan atau burung – akan memberikan manfaat yang baik dibandingkan dengan tidak memiliki hewan peliharaan sama sekali.
  3. Keamanan pribadi
    Memiliki hewan peliharaan (terutama anjing) di rumah dapat meningkatkan rasa aman dalam diri Anda. Ini dikarenakan hewan tersebut dapat bertindak sebagai ‘alarm’ atau tanda bahaya jika ada sesuatu yang mengancam keamanan Anda di sekitar lingkungan Anda.

Pertimbangan:

  1. Biaya
    Selain biaya yang dikeluarkan untuk membeli atau mengadopsi hewan peliharaan, biaya memelihara hewan tersebut juga bisa membeludak menjadi cukup besar. Tergantung hewan yang dipilih, biaya pemeliharaan sudah pasti mencakup hal-hal dasar seperti biaya makanan, peralatan, perawatan, dan kesehatan.
    Sebelum memutuskan untuk mengadopsi hewan, coba cari tahu biaya yang dibutuhkan untuk memelihara hewan tersebut di daerah tempat tinggal Anda. Sangat penting untuk mempertimbangkan apakah Anda mampu untuk menutup biaya ini ditambah dengan biaya tak terduga seperti biaya darurat dokter hewan kalau hewan peliharaan Anda jatuh sakit.
  2. Komitmen
    Apakah Anda ada waktu untuk memelihara hewan? Bayangkan, memilihara hewan seperti anjing dan kucing bisa dibilang seperti merawat anak. Anda perlu meluangkan waktu untuk mengurus hewan tersebut seperti mengajaknya bermain atau jalan-jalan, memandikannya, memberi dia makan dan minuman, belanja makanan dan vitamin, mengajaknya ke dokter hewan, melatih hewan tersebut, dan lain-lain.
    Cressman juga mengingatkan untuk mempertimbangkan pula jenis hubungan apa yang ingin Anda miliki dengan hewan peliharaan. Apakah Anda ingin hewan peliharaan yang manja dan membutuhkan banyak perhatian atau hewan yang cukup dengan interaksi minimal dan independen?
    Jangan lupa, hewan peliharaan itu juga makhluk hidup yang membutuhkan kasih sayang dan perhatian dari lingkungannya.
  3. Gaya hidup
    Menurut Cressman, mencari hewan peliharaan yang cocok dengan gaya hidup Anda dan dapat berinteraksi dengan orang-orang yang berada di sekitar Anda itu penting sekali. Misalnya, jika Anda tinggal bersama anak bayi, pastikan hewan tersebut aman berada di lingkungan anak-anak.
    Cari tahu pula mengenai keturunan, tempramen, dan perawatan hewan peliharaan yang berbeda-beda untuk memastikan bahwa mereka cocok dengan tingkat aktivitas dan ruang yang tersedia di rumah Anda. Sebagai contoh, beberapa ras anjing butuh aktivitas berjalan di luar lebih dibandingkan ras lainnya. Ini berarti mereka lebih cocok tinggal di rumah yang memiliki taman yang luas.
  4. Rencana Cadangan
    Cressman menekankan bahwa sebelum memilih hewan peliharaan, Anda harus mempertimbangkan siapa yang akan memberikan perawatan untuk hewan peliharaan Anda saat Anda bepergian atau sedang sakit.
  5. Usia hewan peliharaan
    Anak anjing atau kucing mungkin terlihat lucu, namun Anda dapat pula mempertimbangkan untuk mengadopsi hewan peliharaan yang sudah dewasa. Hewan peliharaan yang dewasa cenderung lebih tenang. Sifat dan perilaku sesungguhnya juga sudah terlihat. Ini dapat memudahkan Anda dalam memilih karena ini dapat menentukan apakah mereka cocok dengan gaya hidup Anda.
    Tetapi, memelihara hewan dari usia belia juga memiliki keuntungan tersendiri. Anda dapat melatih hewan tersebut dan lebih mudah untuk mengakrabkan diri dengan hewan yang usianya masih sangat muda.

Nah, menurut Bright Friends bagaimana? Apa kalian setuju orang yang memiliki hewan peliharaan cenderung hidup lebih lama? Ayo share di sini.

mega anggraini (@megaaheey)pada

ya, karena saya juga sebagai pemelihara binatang (kucing, burung, ikan, dan ular) memiliki rasa kebahagian saat bermain dengan peliharaan saya, dan selalu merasa rindu pulang kerumah untuk bertemu mereka, rasa stres akibat kegiatan diluar rumah seketika hilang saat melihat aksi mereka saat bermain🙂

San Liepada

kalo saya sih setuju, karena selama sy memelihara binatang bawaannya ingin cepat-2 pulang kerja untuk melihat binatang peliharaan saya dirumah, selain itu waktu lebih tidak terasa karena ada binatang peliharaan yg selalu menemani saya

Faizinpada

Saya setuju sekali dengan anggapan tersebut. Seseorang yang memiliki hewan peliharaan akan hidup lebih lama karena ia terbiasa berpikir positif, memiliki sifat afektif, sayang terhadap sesama makhluk hidup, dan memiliki kepedulian yang tinggi. Dengan ini semua, ia akan mampu menghadapi berbagai tekanan hidup yang akan membawanya berumur lebih lama. Terima kasih.

Gunawan Candrapada

lama tidaknya hidup seseorang sudah ditentukan oleh Tuhan Yang Maha Esa.
memelihara binatang bisa menjadi hiburan disaat sendirian, selain itu dapat menyehatkan badan kita juga karena secara tidak langsung kita berolah raga dengan cara membersihkan kandang binatang peliharaan setiap harinya,mengajak peliharaan kita jalan-2 sore setiap minggunya.intinya dengan adanya binatang peliharaan kita hidup menjadi lebih sehat.

yanliati sutantapada

yg pasti hidup lebih berwarna bila kita memelihara binatang, karena binatang peliharaan lebih setia menemani kita disaat kita sedang sedih,susah maupun senang.

rizky fadillahpada

tidak sepenuhnya setuju, krn dalam agama saya kematian, Rezeki, jodoh ada di tangan Tuhan. tapi sebagai faktor pendukung agar keberlangsungan hidup lebih lama krn manfaat-manfaat diatas saya setuju. tetapi pertimbangan-pertimbangan diatas juga dapat membuat hidup anda jadi lebih pendek. itu tergantung kondisi kesehatan dan finansial kita

Ivena Azariapada

TIdak setuju seluruhnya, kehidupan adalah misteri sang Pencipta, tapi kalau saya lebih memilih adopsi anak baby dari pada memelihara binatang.. lebih mengasyikan bisa membesarkan seorang yang berarti dibanding binatang..😀

CECILIA OCTAVIANIpada

Sangat setuju. Dengan memiliki hewan peliharaan, hidup pemilik akan menjadi lebih berwarna. Tapi memang hal tersebut tergantung dari kondisi keuangan, karena jika kita sudah mengikrarkan diri untuk memiliki hewan peliharaan, kita haruslah memiliki uang yg cukup untuk merawatnya.

maulanipada

setuju, karena mempunyai hewan peliharaan adalah salah satu menghilangkan stress, juga bisa membuat kita lebih senang dan bahagia karena ada teman yang bisa kita ajak bermain.

Fajar Rhenzy Elazapada

50-50. setuju karena memang itu berbuah baik, mempunyai teman dalam keseharian. namun, apabila harus “merawat”, lebih baik merawat bayi daripada binatang, karena dengan merawat bayi, efeknya lebih menyenangkan dan kelihatan perkembangannya daripada binatang. dan merawat bayi itu merupakan anugerah yang tiada tara dari tuhan😀

F. Budi Wibowopada

Jawaban:
Benar, karena hewan peliharaan merupakan salah satu sarana melepaskan lelah/stress dan meningkatkan kualitas hidup.

riestovarsopada

Setuju, karena secara Psikologis orang yang memiiliki hewan peliharaan cenderung jauh dari stress karena dia memiliki penyaluran kasih sayang, perhatian, rasa tenang dan bahagia, jadilah tingkat kualitas hidupnya juga lebih baik dan ekspektasi hidupnya juga lebih lama.

riestovarsopada

Setuju, karena orang yang memiliki hewan peliharaan cenderung jauh dari stress karena memiliki penyaluran kasih sayang, perhatian, rasa dicintai dan kebahagiaan. Sehingga memiliki kualitas hidup yang lebih baik dan ekspektasi hidup yang lebih lama.

agus martuapada

Sangat setuju selama kita menikmati kebersamaan dengan hewan peliharaan kita. Intinya adalah menikmati setiap detail kehidupan ini dan memelihara hewan kesayangan kita adalah sebagian kecil dari cara kita untuk menikmati hidup ini..

Rayi Estriyanipada

tergantung. jika hidup lebih lama karena terhindar dari penyakit2 yg timbul karena stress, saya setuju.
karena hewan pliharaan mampu mengurangi tingkat stress seseorang dengan pola tingkahnya yang lucu. yang mampu membuat kesenangan dan kegembiraan pribadi dari pemiliknya. seperti ketika pulang dari kantor dan stress karena bermacet-macet ria, pulang disambut dengan kelucuan si hewan pliharaan akan sngat menghibur.
hewan peliharaan juga mampu menjadi pendengar yg baik. sehingga sang pemilik dapat menjadikannya temn curhat untuk melepas seluruh unek-uneknya yg menyesakkan kepala. maka berkuranglah stress dan hidup lebih ceria. hidup pun terasa lebih ringan dan menyenangkan

Reta Rachmatyapada

Saya tidak sepenuhnya setuju karena yang memiliki ekspektasi hidup yang lebih lama bukan hanya pemilik hewan tapi juga orang-orang yang memiliki pola hidup sehat dan berpikir positif. Jadi menurut saya hal itulah yang menjadi salah satu faktor pemilik hewan peliharaan berekspetasi hidup yang lebih lama, karena mereka dapat hidup lebih teratur saat merawat peliharaannya, dan juga dapat lebih merasa bahagia dan berpikir positif saat merawat hewan peliharaannya.

Reni Susantipada

Saya setuju! Karena saya sendiri memelihara anjing di rumah, dan menemukan bahwa hal-hal yang dijelaskan di atas itu benar adanya! Karena hewan peliharaan itu, saya harus keluar rumah, sehingga saya bisa bersosialisai lebih sering dengan tetangga. dan juga hewan peliharaan menyebabkan saya berolahraga lebih teratur dan lebih sering karena kegiatan saya saat mengurusnya. Selain itu, bila saya sedang sendirian dan kesepian di rumah, tingkah laku peliharaan saya membuat saya tersenyum dan melupakan kesendirian saya.
Terlepas apakah umur saya akan lebih panjang atau tidak, saya merasakan hal-hal yang disebut di artikel ini.

Rio Pratamapada

saya setuju, untuk semua orang pecinta hewan. secara langsung hewan-hewan peliharaan itu membantu secara emosional si pemiliknya. mereka selalu berbagi kebahagiaan dgn hewan peliharaan dengan begitu, harapan hidup seseorang tsb menjadi panjang.. tetapi dengan catatan, si pemilik harus menjaga kebersihan hewan peliharaannya, jgn sampai hewan tsb malah membawa penyakit

Ozi Herliansyah Aminpada

tergantung bagaimana kita merawat hewan peliharaan tersebut, karena jika kita tidak merawatnya dengan baik maka ekspektasi hidup hewan tersebut juga semakin kecil padahal merawat hewan itu susah susah gampang, tinggal kita yang menjalaninya saja yang harus selalu have fun🙂

Ree Grahadhipada

Saya setuju dengan apa yang disebutkan dalam artikel ini karena saya juga memelihara hewan peliharaan (Golden Retrievers). Memelihara hewan peliharaan tidak bisa dibandingkan dengan merawat seorang bayi/anak, itu adalah dua hal yang berbeda. Kami sendiri (saya & suami) menjadikan hewan peliharaan kami adalah bagian dari keluarga kecil kami ini, kasih sayang kami untuk anjing kami adalah Unconditional Love, tidak pernah menuntut balas, karena kami sendiri sadar anjing kami memang hanya bisa menggonggong, bertingkah lucu dan jangan salah kadang disaat rewel anjing kami juga menyebalkan. Tapi ya itulah Unconditional Love, kami tetap mengasihi dia. Dengan memiliki hewan peliharaan kami juga bisa mendidik anak kami untuk menghargai makhluk hidup walaupun hanya seekor hewan, karena dari hal sederhana seperti ini kami juga bisa menanamkan kepada anak kami untuk menghargai perbedaan & mengasihi makhluk hidup meskipun setiap makhluk hidup itu berbeda adanya.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life