DCSIMG

How To Be Healthy

Tempat Kerja Sehat Untuk Anda Yang Lebih Sehat

Oleh BrighterLife.co.id

Portrait of a multi ethnic business team.Setiap perusahaan  selalu berusaha keras untuk membangun lingkungan kerja yang lebih sehat. Dari peningkatan keselamatan dan ergonomi, sampai menyediakan makanan sehat di kantin kantor. Berbagai inisiatif telah dirancang untuk meningkatkan kesejahteraan kita di tempat kerja.

Alasan untuk lebih fokus pada kesejahteraan kita adalah – sederhana – tenaga kerja yang sehat akan lebih produktif dan mengarah ke kinerja yang lebih baik. Perhatikan ini:  How we feel is how we perform. Semua perusahaan memahami hal tersebut. Dalam  sebuah jajak pendapat di tahun 2005, 66% dari CEO di sebuah negara menempatkan masalah kesehatan fisik atau mental sebagai ancaman bagi produktivitas dan daya saing perusahaan mereka, sehingga perusahaan tahu pasti nilai dan dampak dari suatu tenaga kerja yang sehat.

Program-program kesehatan sekarang merupakan bagian penting dari kompensasi yang ditawarkan kebanyakan organisasi di seluruh dunia. Selama bertahun-tahun, kita menyebut hal ini sebagai tunjangan. Namun sekarang para karyawan menuntut kultur perusahaan yang sejahtera sebagai bagian dari lingkungan kerja mereka. Perusahaan menyadari hal ini dan memang sudah sepatutnya, karena hal ini penting dalam berbisnis.

Mungkin saya terlalu menyederhanakan hal ini. Saya tidak mengatakan bahwa perusahaan hanya peduli terhadap hasil akhir. Namun jika Anda dapat mengurangi biaya yang berkaitan dengan absensi, kecelakaan, klaim cacat fisik atau mental dan biaya obat-obatan dan menggabungkan itu dengan tenaga kerja yang berenergi dan selalu bersemangat, maka hasil akhirnya haruslah memiliki karyawan-karyawan yang sehat dan bahagia, ditambah bisnis yang berkembang dan menguntungkan.

Everybody wins, right?

Berikut sebuah contoh. Menurut Indeks Kesehatan Sun Life Kanada, 8 dari 10 orang Kanada (81%) percaya bahwa penyakit umum sepenuhnya atau sebagian besar dapat dicegah. Namun hampir dua pertiga (63%) di antaranya telah mengadopsi pola perilaku yang tidak sehat.

Perilaku tidak sehat? Kami? Baiklah, saya akui: Saya salah satu dari 63% orang itu. Tapi ini saatnya untuk mengesampingkan harga diri saya dan mencoba mengubahnya. Apakah Anda mengikuti saya?

Tidak masalah jika perusahaan Anda memiliki program kesehatan terbaik di planet ini ataupun Anda  seorang wiraswasta dengan sumber daya terbatas, pada akhirnya kesuksesan Anda tergantung pada diri Anda sendiri. Berikut adalah lima cara kunci untuk menjaga rencana kesehatan pribadi Anda tetap berjalan:

1. Buat Komitmen

Buat keputusan berinvestasi untuk diri sendiri dan lihat kemana keputusan tersebut membawa Anda. Lihat berbagai pilihan kesejahteraan yang ditawarkan perusahaan. Apakah itu membership di pusat kebugaran atau program makan sehat, buat komitmen untuk mencobanya. Dan jangan biarkan status pengusaha menahan Anda untuk melakukannya. Lihat sekeliling dan Anda akan melihat banyak sekali pilihan tempat gym murah atau gratis di sekolah, pusat komunitas atau klub gym setempat.

2. Tentukan Tujuan

Kesuksesan Anda  berawal dari tujuan Anda, sehingga Anda harus duduk di kursi pengemudi dan jalankan kendaraan Anda.  Sebuah akronim pintar yang digunakan untuk menetapkan tujuan adalah SMART (Specific, Measurable, Attainable, Realistic and Timely). Jangan menentukan tujuan yang sekiranya di luar dari jangkauan Anda. Buatlah se-simple mungkin, terapkan SMART, sehingga kemajuan Anda akan lebih cepat.

3. Membangun Momentum

Jika Anda berkomitmen dan tetap pada rencana Anda, Anda akan mulai membangun momentum. Isi momentum tersebut dan biarkanlah hal itu membawa Anda maju. Ketika Anda membuat kemajuan, Anda akan mulai merasa senang dan positif; jika Anda dapat mempertahankan perasaan itu, Anda akan mencapai tujuan Anda tanpa disadari.

4. Jangan Pernah Menyerah

Ketekunan adalah sifat yang sering dianggap remeh. Mereka yang memilikinya tahu betapa kuatnya hal itu. Tetapi mereka yang tidak memilikinya, bisa mempelajarinya. Berjuanglah melewati rintangan-rintangan yang menghambat Anda dari menghilangkan kebiasaan buruk atau membangun kebiasaan baik.

5. Semuanya tentang ANDA!

Ini adalah salah satu hal yang saya anjurkan – egoisme.  Kesehatan Anda sangatlah penting dalam segala hal yang terjadi di sekitar Anda. Jadi entah itu pekerjaan, teman-teman atau keluarga, buatlah semuanya tentang diri Anda dan pada akhirnya Anda mempengaruhi segala hal dan semua orang dengan positif.

Perusahaan harus bertanggungjawab untuk masalah kesehatan dan keselamatan yang berhubungan dengan tempat kerja. Jika kesejahteraan Anda merupakan tanggung jawab bersama antara Anda dan perusahaan, Anda dapat melipatgandakan kesempatan Anda untuk sukses. Dan ketika Anda mengambil tanggungjawab penuh terhadap kesejahteraan Anda sendiri, tidak ada batasan dalam  keuntungan bagi pihak yang sebenarnya – yaitu ANDA.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life