DCSIMG

How To Be Wealthy

Apa Yang Terjadi Bila Anda Tidak Dapat Bekerja?

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (1)

tidak bisa bekerjaPenulis lepas asal Toronto, Caroline Cakebread, masih di awal usia 30-nya ketika seorang yang ia kenal mengalami kecelakaan buruk saat hiking: Sebuah batu jatuh di kepalanya dan ia kehilangan kemampuan untuk berjalan dan berbicara. “Tak hanya harus masuk rumah sakit berbulan-bulan. Dia menderita cacat tetap dan tak mampu lagi bekerja,” kata Cakebread.

Hal tersebut membuat Cakebreak membayangkan apa yang terjadi bila hal serupa terjadi pada dirinya hingga ia tak dapat bekerja lagi. “Bagaimana saya bisa bertahan hidup – bagaimana saya membayar semua tagihan? Kejadian itu menjadi wakeup call yang memicu saya untuk memiliki Asuransi Cacat Tetap (disability insurance),” ujarnya.

Apa yang dimaksud Asuransi Cacat Tetap?

Jim Yih, pakar finansial dari blog Retire Happy, mengatakan, “Asuransi Cacat Tetap melindungi aset paling berharga Anda, yaitu kemampuan bekerja Anda”. Asuransi ini, menanggung pendapatan Anda dengan memberikan manfaat bulanan jika Anda tak mampu bekerja selama jangka waktu tertentu, akibat kecelakaan ataupun penyakit.

Terdapat dua jenis Asuransi Cacat Tetap, yaitu jangka pendek dan jangka panjang:

  • Asuransi Cacat Tetap Jangka Pendek diberikan oleh beberapa perusahaan untuk kepentingan para karyawannya. Jenis asuransi ini pada umumnya hanya menanggung 120 hari pertama masa cacat tetap.
  • Asuransi Cacat Tetap Jangka Panjang tersedia bagi perorangan atau perusahaan, yang pada umumnya menanggung Anda mulai dari hari ke-120 (atau jangka waktu lain yang ditentukan) sampai usia pensiun normal, yaitu 65 tahun.

Siapa saja yang membutuhkannya?

Asuransi Cacat Tetap bukan hanya ditujukan untuk pekerja lepas seperti Cakebread. Bahkan jika kantor Anda menanggung fasilitas ini bagi karyawan (biasa disebut LTD atau long-term disability), Anda harus berhati-hati mengenai bagaimana cacat tetap diartikan, kondisi apa saja yang ditanggung dan dalam berapa lama Anda akan menerima manfaatnya.

Selain itu, Kompensasi Karyawan hanya memproteksi tipe karyawan atau kecelakaan kerja tertentu. Jadi misalkan Anda jatuh dari sepeda weekend lalu dan tidak dapat bekerja dalam jangka waktu lama, biayanya mungkin tidak akan ditanggung. Plus, manfaat asuransi kesehatan saat Anda tidak bekerja hanya menanggung selama maksimal 15 minggu. Bagaimana jika Anda belum mampu bekerja setelah itu? Asuransi Cacat Tetap (bersama sumber pendapatan potensial lainnya) dapat memenuhi hal tersebut sewaktu-waktu dibutuhkan.

Apa Yang Membedakannya Dengan Jenis Asuransi Lain?

Asuransi Cacat Tetap sering disalahartikan dengan dua jenis asuransi lain: asuransi perawatan jangka panjang dan asuransi penyakit kritis. Perbedaannya, Asuransi Cacat Tetap menanggung pendapatan bagi mereka yang berusia di bawah 65 tahun, dimana Asuransi Perawatan Jangka Panjang dan Asuransi Penyakit Kritis dirancang untuk menanggung biaya pengobatan:

  • Asuransi Cacat Tetap membayarkan manfaat bulanan untuk menanggung kehilangan pendapatan bagi mereka yang berusia di bawah 65 tahun, yang tidak mampu bekerja akibat cedera atau sakit.
  • Asuransi Perawatan Jangka Panjang dapat mengganti biaya yang Anda keluarkan atau membayar manfaat berulang secara rutin untuk menanggung biaya perawatan yang Anda butuhkan, setelah Anda didiagnosa mengalami cacat secara fisik atau kognitif dan membutuhkan perawatan seperti rawat jalan atau fasilitas perawatan kronis.
  • Asuransi Penyakit Kritis melakukan pembayaran sekaligus terhadap semua biaya, jika Anda didiagnosa mengidap penyakit serius atau berbagai kondisi yang ditanggung oleh premi Anda dan Anda bertahan hidup dalam jangka waktu tertentu.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan kebutuhan khusus dan riwayat hidup Anda saat menentukan pilihan asuransi yang tepat bagi Anda.

Cakebread mengatakan bahwa, sejak ia memiliki polis Asuransi Cacat Tetap, ia merasa lebih tenang saat bersepeda keliling Toronto. Dan menyadari bahwa ia sekarang adalah ibu dari dua orang anak, ia mempertimbangkan untuk menambah asuransinya. Ia juga memastikan telah menyisihkan uang ekstra untuk dana darurat beberapa bulan sebelum polisnya terbit.

“Saya pastinya berharap saya tidak harus menggunakan asuransi saya – tapi bagaimanapun juga, saya merasa senang memilikinya.”

Sumber gambar: prweekawards.com

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life