DCSIMG

How To Be Wealthy

Bukan Cuma Soal Uang

Oleh James Gwee,

Bukan Cuma Soal UangAdalah fakta bahwa hampir semua orang bekerja untuk mencari uang. Tidak bisa dipungkiri, gaji dan tunjangan adalah faktor penting ketika memilih pekerjaan, dan ketika memilih untuk tetap bekerja di tempat kerja yang lama atau pindah.

Tapi, UANG JUGA BUKAN SEGALANYA.

Apa yang memotivasi seorang pegawai dan apa yang tidak?

Faktor dasar

Gaji pokok yang memadai dan lingkungan kerja yang nyaman hanyalah faktor DASAR yang membuat orang ingin bekerja di perusahaan Anda. Tanpa adanya faktor-faktor tersebut, orang tidak akan mau bekerja untuk Anda! Jadi, apabila Anda seorang manager atau pemilik usaha, jangan salah mengasumsikan bahwa hanya karena Anda menggaji pegawai Anda dengan gaji yang memadai (UMR atau sedikit di atas UMR, atau sesuai pasar), Anda menganggap mereka telah termotivasi. Salah! Orang TIDAK TERMOTIVASI oleh gaji pokok! Gaji pokok yang memadai BUKAN faktor yang memotivasi. Itu hanyalah faktor dasar.

Faktor Motivasional

  • Jika Anda ingin karyawan Anda termotivasi, Anda harus memberikan hal-hal sebagai berikut:
  • Pekerjaan menantang yang membuat orang-orang dapat memperluas kemampuan mereka.
  • Lingkungan yang membuat mereka belajar
  • Lingkungan dimana mereka dapat menikmati interaksi antar rekan kerja.
  • Pengakuan atas kerja keras mereka
  • Lingkungan yang menjunjung rasa hormat

Faktor-faktor inilah yang dapat memotivasi pegawai. Jika tidak, mereka mengerjakan pekerjaan mereka hanya demi kelangsungan hidup, tidak lebih dari itu.

Oleh karenanya, seorang manager harus memahami perbedaan antara faktor dasar dan faktor motivasional.  Jadi, di tempat kerja Anda, apakah Anda hanya memberikan faktor dasar? Atau juga memberikan faktor motivasional?

Faktor motivasional yang penting adalah Pengakuan bagi kerja keras pegawai. Ini dapat berupa Hadiah atau Penghargaan. Ada 1001 cara untuk menunjukkan kepada pegawai Anda bahwa Anda menghargai kerja keras mereka. Berikut adalah beberapa ide:

  • Uang
  • Hadiah
  • Hari libur
  • Liburan yang dibayarkan oleh perusahaan
  • Kesempatan untuk parkir di tempat parkir atasan
  • Kesempatan untuk bekerja di ruangan atasan selama satu minggu
  • Makan siang dan diperkenalkan kepada CEO, dan sebagainya.

Bukan Hanya APA yang Anda Berikan, Tetapi Juga BAGAIMANA Anda Memberikannya!

Orang menyukai perayaan, upacara dan kemeriahan. Jadi, berikan perhatian pada BAGAIMANA Anda memberikan penghargaan tersebut. Jika tidak, seluruh kerja keras alan terbuang percuma dan pegawai Anda tidak merasa bahwa ia layak menerimanya, atau bahwa Anda sungguh menghargainya.Berikut adalah beberapa ide untuk memastikan pegawai Anda SUNGGUH MERASA dihargai dan diakui ketika menerima penghargaan.

1. Pilih orang yang tepat untuk menyerahkan penghargaan. Orang yang menyerahkan penghargaan kepada pegawai tidak harus selalu CEO perusahaan. Pilihlah seseorang yang bermakna. Idealnya, pilih orang yang mengenal pegawai tersebut secara pribadi. Salah satu idenya adalah meminta salah satu pelanggan yang ingin mengapresiasi pegawai tersebut untuk menyerahkan penghargaan, ditambah dengan pidato singkat mengenai mengapa ia secara pribadi merasa pegawai tersebut layak untuk diberikan penghargaan. Dapatkah Anda bayangkan seandainya ibu dari pegawai tersebut (atau bahkan kakeknya) diam-diam diundang untuk menyerahkan penghargaan di atas panggung? Sebuah pengalaman yang sangat menyentuh dan berkesan! Jadilah kreatif ketika memilih orang yang menyerahkan penghargaan. Seringkali, sedikit usaha ekstra dapat memberikan hasil yang luar biasa.

2. Orang yang menyerahkan penghargaan harus memahami arti dari penghargaan tersebut. Dia harus mengetahui nama penghargaannya. Dia juga harus tahu tujuan di balik pemberian penghargaan tersebut. Dia harus tahu kriteria penerima penghargaan sehingga pidato singkatnya dapat mencerminkan penghargaan dan kekaguman. Jadi apabila Anda adalah orang yang terkadang terpilih sebagai orang yang menyerahkan penghargaan, anggaplah ini sebagai hal yang serius. Mungkin hal itu tidak begitu berarti untuk Anda, tetapi itu dapat berarti segalanya bagi orang yang menerima penghargaan tersebut. Mungkin dia telah menunggu seumur hidupnya untuk momen di atas panggung! Momen kejayaannya! Anggap serius atau minta orang lain untuk melakukannya karena Anda tidak layak untuk menyerahkan penghargaan tersebut! Maaf saja.

3. Undang rekan kerjanya untuk berkomentar mengenai si penerima penghargaan. Suatu ide yang baik apabila ada orang lain yang mengatakan sesuatu yang baik mengenai si penerima penghargaan di atas panggung, di hadapan undangan yang hadir. Ini adalah bentuk lain dari pengakuan yang menunjukkan bahwa orang lain juga menghargai kerja kerasnya.

4. Berikan si penerima penghargaan kesempatan untuk berkomentar. Hal ini selalu menjadi momen yang paling menyentuh. Dia mungkin tidak ingin mengatakan apapun, namun sebaiknya tawarkan kesempatan ini kepadanya. Anda akan terkejut mengetahui perasaannya atas pengakuan yang baru ia terima. Meskipun demikian, waspadalah dengan orang-orang yang ingin berbicara terus menerus hingga ia diminta turun dari atas panggung oleh para hadirin! Pastikan si penerima penghargaan diberikan waktu maksimal 3 menit untuk berbicara.

Seringkali, bukanlah harga dari penghargaan yang berkesan. Hal yang membuat penghargaan itu penting, menyentuh, dan terkenang adalah CARA penghargaan itu diberikan. Jadi, berikanlah secara tulus. Pegawai Anda layak mendapatkannya!

Sumber gambar: kompas.com

 

 

ekopada

semoga para atasan membaca artikel ini…amin

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life