DCSIMG

How To Be Wealthy

Langkah Tepat Mengawali Karir Baru

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

langkah awal di tempat baruSesaat setelah mendapatkan pekerjaan pertama Anda seusai kuliah, dunia baru pun terbuka bagi Anda. Masa-masa menjadi anak kost dan menggantungkan diri pada orangtua telah lewat. Sekarang Anda harus mengatur gaji bulanan untuk menutupi pengeluaran sendiri, seperti biaya transport, makan siang, melunasi kartu kredit atau mencoba menabung. Tapi bagaimana Anda tahu kalau Anda sudah melakukan semua itu dengan benar?

Berikut beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat Anda mulai memasuki dunia kerja:

Prioritaskan Gaji Anda

Baik ketika Anda sedang internship dengan gaji kecil untuk mendapatkan pengalaman berharga di tempat kerja impian Anda, atau langsung mencari posisi dengan gaji tinggi, pastikan Anda memprioritaskan segala hal yang berhubungan dengan gaji.

Sisihkan sebagian gaji untuk melunasi hutang dan sebagian lagi untuk menabung, sebelum memutuskan untuk membeli barang mahal atau memesan tiket liburan.

Hubungi Staf HRD Kantor

Pastikan pajak penghasilan yang dikurangi dari gaji Anda jumlahnya sesuai, sehingga Anda tidak terbebani saat waktunya melapor pajak tahunan. Kalau tidak yakin, berbicaralah dengan staf HRD.

Tanyakan apakah kantor Anda memberikan program atau benefit lain bagi karyawan. Beberapa perusahaan memberi insentif seperti kompensasi performa/kontribusi karyawan. Kalau ada, daftarkan diri segera untuk menambah penghasilan Anda.

Cari tahu mengenai tunjangan

Banyak perusahaan memberlakukan masa percobaan (probation) sebelum memberikan tunjangan. Pastikan Anda paham apa saja tunjangan yang diberikan kantor dan kapan Anda bisa menggunakannya.

Pengeluaran Anda bisa bertambah bila Anda tidak memahami sepenuhnya tentang tunjangan yang kantor berikan. Kesalahan umum yang biasanya terjadi adalah, salah paham tentang apa yang ditanggung, dalam jumlah berapa, atau lupa menyerahkan klaim. Cari tahu juga apakah tunjangan Anda menawarkan layanan online untuk mempercepat proses reimburse.

Minta Saran Soal Keuangan

Mungkin Anda canggung atau bingung untuk membahas masalah uang dengan teman atau keluarga. Tapi meminta saran orang lain sangatlah berguna, terutama sebelum Anda membuat keputusan penting. Konsultan keuangan bisa membantu mengatur gaji Anda dengan memastikan bahwa Anda menyisihkan cukup uang dalam tabungan juga untuk melunasi hutang dan masih punya uang cukup untuk melakukan hal-hal yang Anda inginkan.

sumber gambar: indrashare.com

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life