DCSIMG

How To Be Healthy

Pelihara Hewan, Tingkatkan Kekebalan Tubuh Anak

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Hewan dan Kekebalan Tubuh Anak - ALT 1[4]Untuk sebagian orang, memiliki hewan peliharaan bisa memberi kebahagiaan tersendiri. Namun, bagi orang yang sensitif terhadap bulu hewan,tentu  akan berpikir ribuan kali untuk memiliki kucing, kelinci atau anjing di rumahnya. Terutama bagi mereka yang memiliki alergi.

Tetapi, tahukah Bright Friends bahwa memelihara hewan peliharaan di rumah ternyata dapat menjaga kesehatan Bright Friends terutama pada anak-anak? Berikut ulasannya!

1.    Mengurangi Resiko Alergi

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Wisconsin – Madison, memperlihatkan bahwa anak-anak yang tumbuh dengan memelihara anjing memiliki resiko kecil terkena alergi bahkan eksim (alergi pada kulit). Peneliti mencoba membandingkan hasil tes darah bayi yang baru lahir dan ketika dia berusia setahun. Hasilnya, hewan peliharaan tersebut malah memperkebal sistem imun tubuh si Anak. Hal ini disebabkan tubuh anak sudah terbiasa bersentuhan dengan alergen yang membuat tubuh memperkuat sistem imunnya.

2.    Mencegah Asma

Mungkin Anda bingung jika memiliki hewan peliharaan yang berbulu dapat mencegah terjadinya asma pada anak. Namun, penelitian yang diketuai oleh James E. Gern, MD, dokter spesialis alergi dan imunologi dari University of Winsconsin Amerika Serikat, menemukan bahwa memelihara kucing di rumah dapat menurunkan resiko memiliki asma. Anak yang dari kecil sudah memiliki kucing, kekebalan tubuhnya semakin kuat ketika dia besar dan resiko mengidap asma mengecil.

3.    Menurunkan Tekanan Darah

Siapa sih yang tidak kepincut dengan lucunya kucing kesayangan saat sedang manja, Bright Friends? Penelitian dari Universitas Wisconsin tersebut melanjutkan bahwa bermain dengan hewan peliharaan akan mengurangi tekanan darah tinggi Anda. Orang yang memiliki hewan peliharaan memiliki tekanan darah dan tekanan jantung yang rendah dibanding mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan. Tekanan darah anak-anak yang memiliki hipertensi pun menjadi rendah ketika mereka sedang bermain dengan peliharaan kesayangannya. Dengan tekanan darah tinggi yang menurun ini, tubuh Anda pun semakin terhindar dari berbagai penyakit seperti serangan jantung hingga stroke.

4.    Menghindari Demensia

Demensia adalah penyakit yang mudah menyerang anak dengan berat badan berlebih alias obesitas. Menurut penelitian yang dilakukan The Associated Press-NORC Public Affairs Research di Amerika, demensia sendiri merupakan penyakit yang menyebabkan penurunan suplai darah ke otak. Jika anak Anda memiliki kelebihan berat badan atau obesitas, cobalah pelihara hewan yang memiliki kemampuan aktif, seperti kelinci yang suka melompat atau anjing. Ajaklah si anak untuk bermain dengan mereka agar anak selalu bergerak tanpa harus Anda temani. Jika kegiatan tersebut rutin dilakukan, maka dengan sendirinya lemak dan kalori yang berlebih di dalam tubuh anak Anda akan terbakar.

Ternyata, memiliki hewan peliharaan di rumah puya banyak manfaat untuk kesehatannya bukan, Bright Friends? Namun, tentu saja sebelum memilih peliharaan, ada baiknya Anda memberi vaksinasi dan menjaganya untuk selalu bersih dan sehat.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life