DCSIMG

How To Be Wealthy

Ayo Habiskan Gaji Bulanan Anda!

Oleh BrighterLife.co.id

habiskan gaji bulananTanggal gajian memang selalu ditunggu-tunggu. Biasanya, langsung terbayang berbagai tagihan yang sudah menunggu Bright Friends untuk dibayar. Alasan itulah yang biasanya membuat Anda jadi berpikir ulang untuk menghabiskan gaji bulanan.

Bagaimana mungkin kita bisa menghabiskan gaji bulanan, sementara kita takut uang tersebut tidak cukup bagi keluarga?

Tenang Bright Friends, Anda tidak akan diminta untuk menghabiskan gaji untuk hura-hura, melainkan untuk masa depan yang cerah. Ya, tentunya gaji Anda harus dihabiskan sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga.

Salah satu upayanya, dalam membagi gaji bulanan, Bright Friends harus cermat memilah kebutuhan. Seorang perencana keuangan Indonesia, Ahmad Gozali, mau berbagi pada Bright Friends untuk membuat budgeting gaji bulanan agar habis tanpa harus menyesal. Berikut pembagiannya:

1. Pos Sosial

Coba sisihkan gaji bulanan Anda minimal sebesar 2,5 % untuk zakat dan maksimal 10 % untuk amal dan kegiatan sosial lainnya. Pos sosial ini dapat digunakan untuk membantu orang di sekeliling Anda. Misalnya, ada kerabat yang sakit, atau Anda harus membeli kado pernikahan teman Anda.

Dengan membuat pos sosial, biaya untuk kegiatan tersebut tak akan mengganggu pengeluaran rutin Anda. Bayangkan jika dalam sebulan ada empat teman yang menikah? Pasti membutuhkan biaya besar, kan

2. Pos Hutang

Hutang adalah salah satu pengeluaran dengan skala prioritas tinggi. Sebelum Anda membelanjakan gaji untuk hiburan atau gaya hidup, ada baiknya bayarlah hutang Anda terlebih dahulu. Poskan 30 % gaji bulanan Anda pada pos hutang ini, agar nantinya tidak berbunga dan hutang Anda semakin bertambah.

Buatlah daftar tagihan yang biasa Anda terima setiap bulan. Mulai dari kartu kredit, cicilan rumah, mobil dan sebagainya. Lalu sesuaikan dengan 30% pendapatan Anda. Dari perhitungan tadi, Bright Friends akan mulai berpikir ulang sebelum membeli sesuatu dengan berhutang.

3. Pos Masa Depan

Berencana menyekolahkan anak hingga perguruan tinggi atau bebas dari beban finansial setelah Anda pensiun? Untuk itu poskan 20% dari gaji Anda untuk menabung, asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi pendidikan atau bentuk investasi lainnya. Dengan begitu Bright Friends akan lebih tenang karena masa depan Anda dan keluarga sudah disiapkan dari sekarang.

4. Pos Biaya Hidup

Setelah ketiga pos dengan skala prioritas utama sudah dialokasikan, barulah Bright Friends mengalokasikan gaji bulanan Anda kepada pos yang sifatnya fleksibel atau dapat diutak-atik sesuai dengan kebutuhan. Masukkan 40 % dari gaji bulanan Anda untuk belanja kebutuhan sehari-hari seperti makanan, listrik, internet, telepon, rumah, bayar sekolah anak, transportasi dan iuran lainnya.

5. Pos Gaya Hidup

Hiburan memang dibutuhkan untuk membuat pikiran Bright Friends fresh kembali setelah bekerja keras. Jadi, sebaiknya memang ada alokasi dana untuk menonton di bioskop, membeli buku baru, baju baru atau liburan bersama keluarga. Namun, pengalokasian dananya harus disesuaikan juga dengan kebutuhan lain yang lebih penting. Masukkan porsi gaji bulanan Anda sebesar 15% untuk pos energy boost ini.

Ketika tanggal gajian datang kembali, Bright Friends pun sudah siap menghabiskan gaji untuk masa depan yang lebih cerah.

 

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life