DCSIMG

How To Be Happy

15 Menit Guilty Pleasure Dalam sehari

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (1)

Guilty PleasureSetiap orang sepertinya punya satu kegiatan favorit yang tak mau diakui. Istilahnya guilty pleasure. Entah karena kegiatan itu membuat Anda terlihat kekanakkan, aneh dan sebagainya yang membuat Anda enggan menunjukkannya di depan orang lain. Padahal menurut Norbert Schwarz, seorang psikolog dari University of Michigan, menyisihkan waktu 15 menit saja untuk hal tersebut bisa membuat mood Anda, atau bahkan mungkin hari Anda menjadi jauh lebih baik.

Yuk, intip lima guilty pleasure yang sebenarnya bermanfaat di hidup Anda:

1. Mendengarkan Lagu Boyband dan Girlband

Anda mungkin salah satu dari banyak orang yang menyukai lagu-lagu dari boyband dan girlband yang sedang booming. Jangan khawatir! Sebuah penelitian 2011 di Kanada, yang diterbitkan jurnal Nature Neuroscience mengatakan bahwa, 15 menit mendengarkan musik favorit Anda dapat mengurangi rasa khawatir dalam diri Anda. Less worry means you will feel happy, right?

Anda tinggal mencari tempat yang tepat untuk mendengarkannya. Seperti di perjalanan menuju kantor, atau menyanyikannya saat mandi pagi.

2. Makan Cokelat

Cokelat memang dianggap sebagai makanan yang bisa merusak diet. Akan tetapi, cokelat ternyata mengandung phenethylamine, yaitu zat yang mampu menghasil hormon endorphin. Hormon inilah yang bisa membuat Anda merasa bahagia. Sebuah studi di Swedia tahun 2011, membuktikan bahwa makan coklat 45 gram per hari  bisa menurunkan resiko stroke sebanyak 20 persen. Caranya, cukup selipkan sepotong kecil cokelat di menu sarapan Anda untuk bisa bahagia sepanjang hari.

3. Update Gosip Terbaru

Takut di-cap negatif karena tertarik dengan gosip? Mungkin kabar ini bisa membantu. Para peneliti di University of Michigan menyatakan, bergosip hal-hal yang baik selama 15-20 menit dengan teman-teman Anda bisa meningkatkan kadar hormon progesteron dan yang bisa mengurangi kecemasan dan stres. Bahkan Psikolog Dr.Collin Gill menambahkan, interaksi yang terjadi dalam bergosip pun memiliki efek yang menyehatkan dan tentunya membahagiakan. Tapi pastikan waktu bergosip itu tak lebih dari 15 menit, ya. Agar tak mengganggu kinerja kerja Anda.

4. Berkutat dengan Social Media

Mungkin banyak dari kita yang menghabiskan waktu untuk jejaring sosial setiap harinya dan merasa bersalah karena telah membuang waktu. Tapi tahukah Anda, penelitian dari Harvard Medical School and the University of California, San Diego mengatakan bahwa dengan mengakses sosial media selama 15 menit, Anda bisa merasa bahagia. Ditambah lagi Anda bisa mengetahui banyak informasi dari berbagai belahan dunia. Pilih akun sosial media yang bermanfaat, agar kencan 15 menit Anda dengan sosial media bisa memberi hasil positif.

5. Menonton Acara TV yang Cheesy

Suka menonton acara musik lokal sebelum berangkat kerja? Atau Anda penikmat variety show Korea? Mungkin bagi orang lain acara tersebut menunjukkan selera yang rendah. Tapi menurut jurnal Social Psychological and Personality Science, menonton siaran acara TV favorit Anda selama 15 menit akan membantu Anda ‘mengisi ulang’ persediaan motivasi Anda yang mulai berkurang. Apapun jenis tayangannya. Jadi, ayo mulai sisihkan sedikit waktu untuk menonton acara favorit Anda di pagi hari.

So what’s your guilty pleasure, Bright Friends?

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life