DCSIMG

How To Be Wealthy

Bahasa Tubuh untuk Kesuksesan

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

gestureKomunikasi berperan penting dalam kehidupan sehari – hari kita. Namun tahukah Anda bahwa komunikasi non – verbal atau lebih dikenal dengan bahasa tubuh memegang peranan yang jauh lebih besar dari komunikasi verbal ?

Komunikasi verbal berperan 7% dalam proses penyampaian pesan, sisanya 55% adalah visual (bahasa tubuh atau kontak mata), dan 33% berupa vocal (titik nada, kecepatan, volume dan nada). Dari bahasa tubuh, orang-orang memang dapat melihat apakah Anda percaya diri, pintar, bersemangat, atau justru sebaliknya tanpa Anda harus berbicara banyak.

Banyak tubuh memang memberikan banyak pesan lebih dari kata kata yang Anda ucapkan. Bahasa tubuh yang salah akan mengakibatkan nilai yan salah juga bagi diri Anda. Misalnya saat Anda berbicara dengan seseorang sambil menyandarkan punggung pada kursi karena lelah, namun lawan bicara Anda menanggapi bahwa Anda malas berbicara dengannya atau pembicaraan tersebu tidak menarik bagi Anda.

Namun sebaliknya, bila bahasa tubuh Anda kuat dan efektif, maka akan tercipta hubungan yang baik dengan lawan bicara. Karena itu penting sekali untuk memperhatikan bahasa tubuh Anda, entah itu sedang berbicara dengan rekan kerja atau dalam momen penting seperti wawancara atau presentasi.

Pandangan Mata

  1. Buatlah kontak mata dengan lawan bicara Anda untuk menunjukkan bahwa lawan bicara Anda penting dan istimewa. Hal akan menciptakan hubungan yang baik saat penyampaian pesan. Bila Anda mengalihkan kontak mata, maka pembicaraan akan terputus
  2. Bagi tiga. Saat Anda berbicara didepan orang banyak, misalnya presentasi, maka bagilah pandangan Andamenjadi tiga sudut. Saat Anda berbicara, pandanglah ke salah satu sisi, kemudian ke sisi tengah, lalu terakhir ke sisi lainnya. Pilih salah satu di tiap sisi dan arahkan pandagan ke sekitarnya sehingga setiap orang dalam ruangan tersebut merasa mendapat perhatian Anda.
  3. Persiapan. Melakukan kontak mata tentu saja jangan sampai membuat Anda lupa akan materi yang akan Anda sampaikan. Oleh karena itu persiapkan materi Anda secara matang sehingga Anda tetap dapat menyampaikan materi tanpa harus terus melihat bahan.
  4. Konsisten. Apapun yang terjadi saat berbicara atau menyampaikan presentasi, jangan sampai terpengaruh. Konsisten dengan sikap Anda, tunjukkan sikap Anda secara positif

Gerakan Diri

  1. Tangan. Pembicara yang hebat tangannya tak pernah diam apalagi tersimpan di saku. Gunakan tangan Anda untuk berekspresi, meyakinkan apa yang Anda sampaikan.
  2. Contoh. Anda ragu menggerakkan tangan? Lihatlah contoh para pembicara dunia yang hebat. Mereka menggerakkan tangannya dengan keyakinan dan semangat. Tanpa terlihat berlebihan namun mampu menyampaikan pesan dengan kuat. Pembicara yang hebat berjalan diruangan, menguasai materi, atau menyentuh bahu seseorang bukannya terpaku pada materi slide.
  3. Posisi. Biasakan untuk menegakkan posisi tubuh Anda. Posisi tubuh yang terkesan “jatuh” atau loyo tidak akan memberikan kesan positif. Mulai sekarang rubah cara duduk dan berdiri Anda agar lebih tegak!
  4. Jangan silangkan tangan. Jangan silangkan tangan Anda, hal ini akan menunjukkan Anda tidak terbuka. Jadilah pembicara yang ramah dan menerima segala masukan agar komunikasi pun berjalan 2 arah.
  5. Beri respon. Ada kalanya Anda menjadi pendengar saat lawan bicara Anda bertanya atau mengemukakan pendapat. Berilah respon positif saat Anda menjadi pendengar, misalnya dengan menganggukan kepala sebagai tanda Anda mendengarkan.

Yuk mulai kembangkan bahasa tubuh Bright Friends untuk masa depan yang lebih cemerlang!

sumber foto: pyscology.about.com

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life