DCSIMG

How To Be Wealthy

Menggelar Resepsi Pernikahan tanpa Hutang

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

How to plan a debt free weddingMenikah muda sering menjadi pertanyaan bagi orang-orang disekeliling. Selaian dirasa belum siap secara mental, mereka dirasa belum siap juga secara finansial. Apalagi di jaman sekarang, biaya untuk menggelar resepesi pernikahan sangat besar. Itulah yang dirasakan oleh Carolyn Dineen ketika memutuskan untuk menerima lamaran dari pacarnya semenjak SMA di usia 23 tahun.

Sebenarnya, usia tidak menjamin seseorang siap untuk menikah, yang terpenting adalah pintarnya setiap pasangan membuat wedding plan yang sesuai dengan kemampuan. Berikut ada beberapa tips untuk Bright Friends yang sedang merencakan pernikahan:

1. Yuk buat budget!
Sebelum Bright Friends dan pasangan membuat anggaran untuk acara pernikahan, ada baiknya Anda membuat anggaran perkawinan. Lupakan sejenak uang gedung, katering dan fokus pada tujuan Anda berdua dan berapa banyak yang dana yang harus ditabung. Contohnya Carolyn dan dirinya ingin pergi berlibur setelah selesai sekolah. Selanjutnya, Anda juga harus merencanakan kapan Anda ingin membeli rumah, mobil atau memiliki anak.

Barulah sekarang Bright Friends dapat membuat anggaran pesta pernikahan yang tentunya tidak mengganggu tujuan jangka panjang Anda berdua. Pastinya Anda harus mempertimbangkan pemasukan dari gaji bulanan dan dana bantuan dari keluarga. Jangan tergantung kepada pinjaman dan Anda harus menghitung semua biaya yang akan keluar terutama yang tidak terduga.

2. Prioritaskan pengeluaran Anda
Membuat prioritas adalah hal terpenting dalam membuat pesta pernikahan. Coba Anda dan pasangan pikirkan hal apakah yang harus dipriotitaskan agar anggaran lainnya dapat dipotong. Anda bisa mencotoh Carolyn kembali yang menginginkan katering dengan makanan yang lezat. Hasilnya, mereka berdua harus mengorbankan daftar tamu menjadi sedikit. Namun hal tersebut juga harus mempertimbangkan dengan kondisi keluarga. Jika Anda memiliki teman dan keluarga yang banyak, pilihan memilih katering mahal harus dibatalkan.

3. Potong biaya Anda
Ketika Bright dan pasangan sudah menentukan berapa anggaran yang tersedia dan membuat prioritas, Anda dapat memotong biaya lainnya. Caranya, dengan melihat kesempatan mendapatkan harga pesta pernikahan yang lebih murah dari biasanya. Anda bisa meminta bantuan dari teman dan keluarga. Berikut adalah contoh dari Carolyn dan suaminya yang dapat Anda tiru:

  • Mereka mengurangi biaya gedung dengan menggunakan halaman belakang rumah bibi dan paman mereka yang indah.
  • Mereka menghilangkan biaya katering. Pesta pernikahan adalah pesta seluruh keluarga, jika Anda meminta mereka tidak akan sungkan untuk membantu untuk menyiapkan hidangan. Bahkan Carolyn membuat kue pai pernikahannya sendiri. Anggaran kue pernikahan pun tidak jadi dipakai.
  • Mereka membatalkan untuk menyewa fotograder professional. Di jaman smartphone berkamera, pasti teman dan keluarga Anda tidak akan kehilangan momen berharga ini dengan memotret acara pernikahan Anda berdua. Anda bisa mencontek Carolyn untuk mengumpulkan foto-foto dari mereka dan buatlah menjadi kolase yang cantik.

Jika menurut Anda ide-ide diatas terlalu rumit, ada hal lain yang lebih mudah yang dapat dilakukan. Cobalah pengantin perempuan membuat carfting party atau pesta membuat kerajinan, ajak mereka untuk membantu membuat diy (do it yourself) wedding invitation atau mempercantik souvenir pernikahan Anda.

Inti dari semua ini adalah bersenang-senanglah dan berpikiran terbuka. Jangan terlalu terikat dengan tradisi yang biasanya memakan banyak dana dan tidak sesuai dengan gaya Anda berdua. Dengan membuat rencana anggaran pernikahan dengan matang, Bright Friends akan memiliki pesta pernikahan impian yang jauh dari hutang. Jika keluarga kurang setuju, coba Anda jelaskan bahwa ini untuk kebaikan resolusi jangkan panjang perkawinan Anda, karena itulah hal terpenting dari membangun rumah tangga.

Jika Anda dapat melakukan itu semua dengan baik, Anda bisa seperti Carolyn dan suaminya yang sudah dapat membeli sebuah apartemen idaman mereka. Happy wedding, Bright Friends!

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life