DCSIMG

How To Be Healthy

Hemat 30% Gaji Dengan 1 Bungkus Rokok

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Berhemat dengan Berhenti MerokokApakah Anda seorang first jobber? Sudah mulai melakukan perencanaan keuangan, tapi masih saja merasa pendapatan Anda belum cukup? Mungkin ada satu kebiasaan yang harus Anda tinggalkan, yaitu merokok.

Salah satu pengeluaran rutin yang bisa Anda pangkas untuk lebih berhemat ialah budget untuk membeli rokok. Bagi Anda yang merupakan perokok aktif, seringkali tidak sadar bahwa merokok bisa dikategorikan sebagai pengeluaran utama. Padahal seharusnya pengeluaran untuk membeli rokok tidak bisa disamakan dengan membayar listrik ataupun membeli kebutuhan pokok. Mengapa begitu? Mari kita hitung bersama.

Misalnya saja pendapatan Anda setiap bulan sebesar Rp. 2,5 juta. Setiap hari Anda membeli 1 bungkus rokok dengan harga Rp.15.000. Pengeluaran untuk rokok jika rutin Anda lakukan setiap bulan sudah menguras 30% dari pendapatan Anda. Jika kebiasaan merokok terus berlanjut, dan jumlah tersebut diakumulasikan, maka budget Anda untuk rokok dalam kurun waktu satu tahun sekitar Rp. 5,4 juta. Jika harga rokok tidak naik dan jumlah rokok yang dibeli hanya 1 bungkus per hari, maka dalam 10 tahun total pengeluaran untuk merokok menjadi Rp. 54 juta.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa dipertimbangkan untuk menghemat 30% pendapatan Anda setiap bulan dengan berhenti merokok:

1. Kembalikan 30% pendapatan
Ingin membeli rumah atau mobil impian tahun depan? Kembalikan 30% pendapatan Anda dengan berhenti merokok. Dengan begitu, rumah atau mobil impian akan bisa Anda dapatkan lebih cepat. Sisihkan 30% pendapatan Anda yang biasanya digunakan membeli rokok untuk menabung down payment rumah atau mobil impian Anda.

2. Gaya hidup sehat, kantong pun hemat
Ketika pendapatan bulanan Anda bertambah, biasanya kebutuhan untuk merokok juga bertambah. Bagaimana bisa? Karena merokok adalah bagian dari gaya hidup. Pendapatan yang lebih besar apalagi jika dibarengi dengan kenaikan pangkat, turut mengubah gaya hidup seseorang.
Misalnya, ketika pendapatan dan status sosial seseorang belum meningkat, menghabiskan rokok di kantin kantor sembari berbincang dengan rekan kerja merupakan hal yang nyaman. Namun, ketika pendapatan dan status sosial Anda meningkat, biasanya Anda akan mencari kenyamanan yang lebih dengan berkunjung ke coffee shop ternama.

3. Lebih untung 30% saat menjual mobil
Berniat menjual mobil kesayangan dan menggantinya dengan yang baru? Mulailah berhenti merokok sekarang! Kebiasaan merokok yang sering Anda lakukan di mobil turut mempengaruhi penilaian calon pembeli mobil Anda. Sebab secara psikologis pembeli mobil lebih suka dengan aroma mobil baru, atau paling tidak mobil yang terawat.
4. Menambah 30% dana kesehatan
WHO (World Health Organization) menyatakan, rokok adalah penyebab naiknya angka kematian di dunia setiap tahun. Dalam sebungkus rokok mengandung 4.000 zat kimia yang dapat merusak sel dan sistem dalam tubuh. Itulah sebabnya rokok menjadi sumber berbagai penyakit, seperti kanker dan paru-paru. Berhenti merokok dapat membantu Anda menambah investasi kesehatan di masa depan.

5. Ganti budget merokok dengan premi asuransi
Membeli asuransi berjangka atau asuransi kesehatan adalah salah satu rencana keuangan yang baik. Hanya saja, bila Anda perokok aktif, manfaat yang didapat dari membeli produk asuransi tidak maksimal. Beberapa perusahaan asuransi memiliki aturan yang ketat mengenai kondisi ini. Anda yang tidak merokok akan mendapatkan premi 50% lebih besar dibandingkan perokok. Mulailah berhenti merokok dan investasikan 30% pendapatan anda untuk membeli premi asuransi berjangka.

Bright Friends, punya cara lain untuk menghemat 30% pendapatan Anda? Share alasan-alasan Anda comment box berikut ini ya.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life