DCSIMG

How To Be Healthy

Cara Menyenangkan untuk Membuat Keluarga Tetap Sehat

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

keluarga sehatOlahraga tidak hanya baik untuk kesehatan orang dewasa, tetapi juga baik untuk menstimulasi pertumbuhan otot si Kecil. Apakah Bright Friends termasuk orangtua yang susah memotivasi anak untuk berolahraga? Jika iya, simak tips seru untuk membuat keluarga Anda tetap sehat berikut ini!

Banyak orang yang tahu manfaat olahraga untuk kebugaran tubuh. Sayangnya, tidak banyak orang yang gemar menerapkan kebiasaan berolahraga secara rutin. Alasannya bermacam-macam, mulai dari sibuk bekerja hingga tidak memiliki olahraga favorit yang menyenangkan. Hal yang sama juga terjadi pada anak-anak. Jika si Kecil belum menemukan kegiatan olahraga yang ia gemari, si Kecil akan cenderung malas untuk beraktivitas.

Tahukah Bright Friends, aktivitas fisik seperti bermain sebenarnya bisa menggantikan porsi olahraga yang dibutuhkan tubuh? Gunakan imajinasi Anda untuk menciptakan aktivitas seru yang melibatkan fisik bersama keluarga Anda. Sebagai inspirasi, cobalah beberapa permainan berikut ini.

1. Bermain geocaching
Sebenarnya ini adalah sebuah permainan petak umpet yang melibatkan teknologi terkini. Ide ini berasal dari Rebecca Brown, seorang Ibu dari Toronto yang bekerja sebagai creative director di Bunch Family. “Di era visual seperti sekarang ini, kreativitas merupakan kunci utama untuk membuat anak-anak tertarik melakukan aktivitas fisik,” ujar Brown. “Dengan geocaching, Anda berarti membawa budaya visual itu menjadi aktivitas fisik yang menyenangkan,” sambung Brown.

Bagaimana cara bermain geocaching? Sebenarnya geocaching ialah permainan “berburu harta karun” versi modern. Anda membutuhkan dua perangkat GPS (global positioning system) untuk bermain geocaching. “Gunakan GPS Anda untuk mencatat koordinat tempat Anda menyembunyikan harta karun. Kemudian, biarkan si Kecil untuk mencari harta karun Anda dengan bantuan GPS receiver,” jelas Brown.

Tidak punya GPS? Anda bisa menggunakan cara tradisional, yaitu dengan menggambar peta harta karun Anda.

2. Menjadi keluarga arsitek
Seorang Ibu yang tinggal di Saskatoon, bernama Liv Marken, telah menciptakan sebuah aktivitas yang menjadi favorit anak-anak perempuannya. Nama permainan itu adalah “membangun rumah peri”. Permainan luar ruang yang bisa dilakukan di halaman rumah atau taman ini, melibatkan seluruh anggota keluarga. Setiap anggota keluarga bekerja sama mengumpulkan barang-barang untuk membangun rumah peri. Misalnya, ranting, dedaunan atau bunga yang berguguran. Kemudian material tadi disusun menjadi sebuah rumah mungil untuk peri. “Permainan ini tidak hanya bisa dilakukan oleh anak perempuan,” ujar Marken. “Anak laki-laki saya pun senang melakukan permainan ini”.

3. Menari bersama
Bagi Mary Russel, seorang Ibu yang tinggal di Toronto, cara terbaik untuk mengajak anak-anaknya melakukan aktivitas fisik ialah dengan memutar album Thriller dari Michael Jackson. Russel kemudian menyingkirkan sofa dan meja, agar ruang keluarga lebih leluasa untuk digunakan berdansa. “Ini adalah cara yang menyenangkan untuk mengenalkan musik populer kepada anak-anak. Tanpa disadari kami sekeluarga sudah mengeluarkan banyak keringat, sama seperti berolahraga di gym”, ujar Russel.

4. Menjelajah bersama arkeolog cilik
Bukan hanya arkeolog saja yang bisa menjelajah dunia mencari fosil-fosil purbakala. Tepian pantai juga bisa menjadi tempat jelajah yang seru untuk para calon arkeolog. Shona Hall, seorang Ibu yang tinggal di Toronto memiliki pengalaman masa kecil tak terlupakan. Ia sering diajak oleh kedua orang tuanya “berburu fosil” di tepi Danau Ontario. Tentu saja fosil yang dimaksud bukanlah tulang-tulang hewan purbakala, tapi bermacam-macam rumah kerang laut yang mereka temukan disepanjang tepi Danau.

Kini hobi berburu fosilnya pun ia tularkan kepada dua anaknya. Mencari rumah kerang laut pun menjadi kegiatan rutin yang dilakukan keluarga kecilnya setiap musim panas. “Kami bahkan menyiapkan hadiah bagi hasil temuan fosil yang paling cantik,” ujar Hall. “Kegiatan ini membuat anak-anak aktif bergerak selama berjam-jam. Siapa tahu kelak mereka terinspirasi untuk menjadi arkeolog”.

5. Motion tracking video games
Elaine Vera, seorang Ibu yang tinggal di Montreal berkata, “Jika Anda tidak bisa mengalihkan anak-anak dari video game, maka bergabunglah dengan mereka!”. Karena lelah mengawasi kedua anaknya bermain video game sepanjang waktu, Vera pun berinisiatif membeli game tennis yang interaktif. Game ini mengharuskan pemainnya untuk bergerak mengikuti arah bola dari lawan, permainan ini bisa dimainkan oleh siapa saja. Bahkan bisa dilakukan oleh Sang Nenek sekalipun. Ketika Ibu Vera berkunjung ke rumahnya, kedua anak laki-lakinya mengajak Neneknya untuk ikut bermain game ini. “Game tenis ini walaupun tidak seberat berlari di lapangan tennis secara nyata, tapi membuat Ibu saya cukup banyak berolahraga,” ujar Vera.

Nah, terbukti kan, tidak perlu aktivitas fisik yang terstruktur untuk membuat keluarga Anda bergerak. Berkreasilah dengan kebiasaan-kebiasaan kecil yang sering dilakukan anggota keluarga. Dengan begitu Anda sudah memulai langkah pertama yang baik untuk hidup sehat.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life