DCSIMG

How To Be Wealthy

Berapa Banyak Asuransi Jiwa Yang Harus Anda Miliki?

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Asuransi jiwaSadarkah Anda, bahwa asuransi jiwa adalah sebuah produk yang dibeli bukan untuk diri sendiri, melainkan untuk orang tersayang Anda? Lalu, kapan saat yang tepat untuk memulai asuransi jiwa? Tentu saja jika Anda telah menikah atau memiliki anak. Pertanyaannya, berapa banyak asuransi jiwa yang Bright Friends butuhkan?

Agar lebih mudah menetapkan berapa asuransi jiwa yang harus kita miliki, mari belajar dari kasus pasangan Carly dan Jack yang tinggal di Kanada. Pada usia mereka yang menginjak 30-an, keduanya memutuskan untuk membeli sebuah kondominium dengan dua kamar tidur di pinggiran kota Toronto seharga $35.000. Setiap bulannya, Jack dan Carly menyisihkan $2.000 untuk membayar hipotek bulanan dan menyicil kondominium. Jika suatu waktu salah satu dari Jack dan Carly meninggal lebih dahulu, bagaimana dengan cicilan mereka?

Tentu Carly atau Jack bisa menjual kondominium terebut dan berhemat. Tapi keduanya ingin menghindari kerumitan itu. Maka mereka pun memutuskan ikut asuransi jiwa untuk melindungi rumah baru mereka. Dengan begitu, Carly atau Jack akan memiliki uang untuk melunasi hipotek jika sesuatu terjadi pada salah satu dari mereka.

Kebanyakan orang merasa jaminan asuransi jiwa yang diberikan oleh perusahaan tempat mereka bekerja sudah lebih dari cukup. Benarkah begitu? Mari kita hitung bersama! Perusahaan Anda paling banyak akan memberikan jaminan asuransi sebesar tiga kali gaji yang Anda terima. Misalnya, jika tiap tahun total gaji Anda sebesar $70.000, maka jaminan asuransi yang akan Anda terima adalah sebesar $210.000. Jika Anda memiliki suami atau istri dan dua anak yang mengandalkan pendapatan Anda untuk hidup sehari-hari, maka dengan waktu yang sebentar saja jaminan asuransi jiwa Anda akan habis terpakai.

Jadi berapa banyak asuransi jiwa yang Anda butuhkan? Jangan sungkan untuk bertanya pada insurance advisor. Mereka akan membantu Anda untuk mengisi kuesioner analisis kebutuhan untuk menentukan jumlah yang tepat, dengan mempertimbangkan penghasilan tahunan Anda, jumlah aset Anda, hutang dan asuransi jiwa yang ada.

Saran yang umum diberikan adalah, Anda harus bisa menutup paling tidak 10 kali pendapatan tahunan Anda dengan asuransi jiwa. Jadi jika pendapatan tahunan Anda $70.000, maka Anda harus menyiapkan $700.000. Ini adalah gambaran umum saja. Karena situasi setiap individu berbeda, maka sebaiknya harus dilakukan analisa lebih lanjut secara detail. Analisa yang diberikan oleh insurance advisor akan membantu untuk menentukan apa yang Anda butuhkan, berapa banyak yang dibutuhkan setiap bulan dan berapa lama Anda membutuhkannya untuk bertahan.

Seperti misalnya, Jackie, seorang Ibu dari dua anak yang berusia 39 tahun. Jackie memiliki tiga tujuan utama dalam hidupnya, sebagai berikut:

1. Membayar hipotek sebesar $300.000.
2. Menambah tabungan pendidikan kedua anaknya.
3. Menggantikan penghasilannya setiap bulan sebesar $600.000.

Singkatnya, Jackie membutuhkan $1juta untuk jaminan. Jika suatu saat ia meninggal, maka jaminan asuransi yang didapatkan oleh pemegang polis (tertanggung) akan digunakan, sebagai berikut:

$300.000 untuk membayar hipotek
$100.000 untuk tabungan pendidikan kedua anaknya
$600.000 (jumlah pendapatan per tahun Jackie dikali 10) untuk investasi dan menutupi biaya hidup suami Jackie dan anak-anaknya selama bertahun-tahun.
Bagaimana Asuransi Berjangka bekerja

Asuransi jiwa berjangka memberikan jaminan asuransi kepada pemegang polis asuransi dalam jangka waktu tertentu. Jadi sifatnya untuk memenuhi kebutuhan sementara waktu. Biasanya rentang waktunya mulai dari satu hingga 20 tahun. Jadi asuransi jiwa berjangka sebenarnya bisa menjadi pilihan yang terjangkau untuk orang tua yang memiliki anak kecil.

Sebagai contoh, asuransi dengan jangka waktu polis (term policy) senilai $1juta untuk perempuan yang berusia di akhir 30-an, harganya $77 per bulan. Sedangkan, untuk laki-laki dengan usia yang sama, harganya $111. Para insurance advisor biasanya menyarankan jangka waktu polis 20 tahun untuk pasangan muda yang baru membeli rumah pertama dengan cicilan yang besar. Bagi pasangan yang berusia 40-an dan sudah tidak lagi membayar cicilan rumah atau hampir melunasi hipotek mereka, biasanya dianjurkan untuk mengambil jangka waktu polis 10 tahun.

Selain memberikan perlindungan yang terjangkau, asuransi berjangka juga memberikan fleksibilitas untuk Anda di masa depan. Asuransi berjangka dapat dikonversi menjadi asuransi permanen tanpa harus menyulitkan Anda menjawab pertanyaan seputar kondisi kesehatan. Selama premi Anda dibayarkan setiap bulannya, asuransi perlindungan jiwa Anda selalu ada.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life