DCSIMG

How To Be Wealthy

Cara Mendapatkan Beasiswa

Oleh BrighterLife.co.id

beasiswaBeasiswa tidak terbuka untuk mereka dengan prestasi akademik gemilang saja, Bright Friends. Banyak cara untuk meraih kesempatan beasiswa sesuai dengan kualifikasi yang Anda miliki. Bagaimana caranya?

Pendidikan yang tinggi dipercaya dapat mengubah masa depan seseorang menjadi lebih baik. Hanya saja, mendapatkan akses pendidikan tinggi yang baik tidaklah murah. Selain biaya masuk, seorang mahasiswa baik itu mahasiswa jenjang S1, S2 maupun Doktoral mau tidak mau mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk membeli buku dan melakukan penelitian.

Beasiswa adalah salah satu solusi tepat untuk mengatasi masalah finansial para mahasiswa. Selain meringankan beban finansial, jika berhasil mendapatkan beasiswa tentu akan memberi nilai tambah bagi resume Anda. Siapa sajakah lembaga yang mau memberikan bantuan beasiswa? Simak tips berikut ini sebelum Anda “hunting”!

Beasiswa dari universitas
Biasanya banyak universitas baik di dalam maupun luar negeri yang menyediakan beasiswa untuk mahasiswa baru. Jadi, sebelum mendaftarkan diri di universitas yang Anda tuju, ada baiknya untuk bertanya apakah universitas tersebut memberikan beasiswa untuk mahasiswa baru.

Ada beberapa pertimbangan yang diajukan pihak universitas sebelum menerima Anda sebagai peserta beasiswa. Masing-masing universitas, fakultas dan jurusan biasanya memiliki syarat yang berbeda-beda. Ada yang mengutamakan prestasi akademik dengan batas nilai minimum, ada juga yang pertimbangannya berdasarkan status ekonomi pelamar beasiswa.

Tapi ada juga universitas yang mempertimbangkan pemberian beasiswa karena prestasi non-akademik seperti ekstrakulikuler yang Anda ikuti. Misalnya, secara akademik prestasi Anda tidak begitu baik, tapi Anda handal dalam cabang olahraga basket.

Setiap tahunnya, peraturan mengenai hibah beasiswa dari universitas biasanya berbeda-beda. Beberapa univeritas menawarkan beasiswa sejak awal kuliah, tapi beberapa menawarkan beasiswa hanya pada mahasiswa tingkat tertentu. Namun tak jarang juga universitas yang menawarkan beasiswa penuh (full time) untuk program atau jurusan tertentu setiap tahunnya. Sebaiknya berkonsultasilah dengan academic advisor agar Anda mendapat keterangan yang lebih jelas mengenai syarat dan ketentuan beasiswa.

Artikel terkait : Tips Menembus Beasiswa Luar Negeri

Beasiswa dari pemerintah
Jika pihak universitas tidak menyediakan program beasiswa, Anda bisa beralih pada program beasiswa yang dicanangkan oleh pemerintah, baik dalam negeri maupun luar negeri. Biasanya beasiswa dari pemerintah lebih spesifik jenisnya, berdasarkan prestasi ataupun kebutuhan penerima beasiswa.

Banyak beasiswa dari pemerintah yang ditujukan untuk mereka yang tidak mampu, misalnya untuk mereka yang tinggal di daerah terpencil, perempuan, mahasiswa yang menderita cacat fisik, atau memang benar-benar tidak mampu secara finansial.

Beasiswa untuk program master dan doktoral juga banyak diberikan oleh pemerintah. Hanya saja persaingannya sangat ketat. Namun begitu beasiswa ini patut dicoba, sebab dana yang diberikan seringkali mencakup semua total biaya kuliah hingga Anda lulus. Konsultasi dengan academic advisor untuk mencari tahu apakah Anda memenuhi syarat untuk ikut serta dalam program beasiswa yang ditawarkan pemerintah.

Beasiswa dari perusahaan swasta
Jika Anda baru lulus sekolah menengah atas dan ingin mencari beasiswa untuk melanjutkan jenjang S1, tanyakan pada orang tua apakah perusahaan tempat mereka bekerja menawarkan program beasiswa untuk anak pegawainya.

Begitu juga dengan Anda yang sudah bekerja, tanyakan kepada HRD apakah ada kemungkinan untuk mendapatkan beasiswa untuk karyawan.

Beasiswa dari yayasan
Universitas dan perusahaan swasta bukanlah satu-satunya sumber beasiswa. Anda bisa juga mencoba beberapa charitable foundation dan beasiswa dari perorangan. Biasanya beasiswa ini tidak hanya berlaku untuk tujuan belajar di dalam negeri, tapi juga luar negeri.

Seperti halnya beasiswa dari pemerintah, beasiswa yang diberikan oleh charitable foundation ditujukan untuk mereka yang kurang beruntung atau specific target. Terkadang beasiswa jenis ini hanya menawarkan beasiswa program pendidikan tertentu untuk calon mahasiswa dari daerah yang belum dianggap maju. Tapi, beasiswa dari charitable foundation ini juga tidak menutup kemungkinan untuk mereka yang aktif berorganisasi atau aktif dalam melakukan kerja sosial.

Jangan ragu-ragu : segera daftar!
Seperti halnya sekolah, sertiap beasiswa juga memiliki gengsi tersendiri. Jangan ragu untuk mendaftar beasiswa yang peminatnya sedikit, atau hanya menawarkan biaya pendidikan yang tidak banyak. Untuk mengatasinya, daftarlah beberapa beasiswa sekaligus, agar dana pendidikan yang terkumpul mencukupi seluruh biaya yang Anda butuhkan untuk melanjutkan studi.

Lakukan riset, baca syarat dan ketentuan beasiswa dengan jelas sebelum mulai mendaftar. Jangan berkecil hati sebelum mencoba, karena beasiswa tidak melulu ditujukan untuk mereka yang memiliki prestasi akademis sempurna. Talenta dan bakat Anda pun bisa saja menjadi modal utama untuk meraih beasiswa impian. Selamat berburu beasiswa, Bright Friends!

Gina Levani Soesilopada

Mohon info beasiswa tahun 2013 untuk saya Gina Levani Soesilo baru lulus dari SMA santa angela Bandung jurusan IPS dengan prestasi yang memuaskan dr semester 3 s/d 5 mendapat ranking 1 di kelas dan ranking 1/2 di kelas Paralel .
terimakasih

    Brighter Life Indonesiapada

    Halo Gina,

    selamat atas kelulusan dan prestasinya ya.

    Mengenai info beasiswa, kamu bisa follow akun Twitter @BeasiswaIndo @BeasiswaGratis atau @BeasiswaS1

    Semoga membantu🙂

    Brighter Life Indonesiapada

    Halo James, untuk tahu apakah sebuah perusahaan menyediakan program beasiswa, sebaiknya saat kamu wawancara di perusahaan tersebut langsung tanyakan kepada HRD atau staff perusahaan yang terkait mengenai apa saja fasilitas yang mereka tawarkan, termasuk beasiswa. Biasanya beasiswa yang ditawarkan oleh beberapa perusahaan atau instansi pemerintah memiliki ikatan atau aturan yang mengikat penerima beasiswanya. Semoga tips ini membantu ya🙂

Kemas subhanpada

Bgmana dg siswa yg kurang mampu utk dptkan bea siswa diperguruan tinggi?

    Brighter Life Indonesiapada

    Halo Pak Kemas,

    sekarang sudah banyak beasiswa untuk anak yang kurang mampu, biasanya mereka melihat dari prestasinya. Beasiswa tersebut juga akan meminta surat keterangan dari RT/RW setempat. Untuk keterangan tentang beasiswa, bapak dapat melihatnya di situs http://www.dikti.go.id/

    semoga membantu ya, Pak!🙂

mia ayuningpada

ass admin.. saya baru mau kelas 3 SMK. sejak SMP alhamdulillah saya selalu masuk peringkat 3 besar tetapi saya tidak mempunyai kelebihan dlm bidang ekstrakulikuler. dan saya ingin mencari beasiswa untuk kuliah nanti, kira2 bisa tidak min? mohon bantuannya, terimakasih

    Brighter Life Indonesiapada

    Hai Mia, selamat yang atas prestasinya di sekolah. Kamu tetap bisa mendapatkan beasiswa tanpa kelebihan dalam bidang seni ataupun olahraga. Beberapa beasiswa banyak juga yang mementingkan nilai yang kamu capai di sekolah. Untuk melihat daftar jenis beasiswa pilihan kamu, bisa cek di sini ya http://www.dikti.go.id/
    semoga berhasil!🙂

iir ameliapada

sblm.a mhom maaf
saya 0rang sderhana tapi saya ingin sklah tnggi..krna sya bercta2 sebagai pengajar.
minta tips atau saranya sya berprestasi d sklah tpi d smA ini sya ingin mendpat beasiswa bgtu juga kuliah nanti.
terkdang sedih knpa jalan kesuksesan begitu sempit hnya karna uang
terimakasih

Khairanpada

Nama sya khairan, kuliah d STIA Amuntai. gimana Caranya mendapatkan beasiswa kalau kita sdah memasuki semester 3. Biasanya kan Awal kta msuk beasiswa Sdah Ada, tpe utk smster 3 Apkah msih ada. Kalau prestasi dari SMA Selalu msuk 3 besar,.

Majuinapada

saya ingin seali melanjutkan pendidikan s2 ke luarnegeri info saya kalau ada email jajuli(at)gmail.com

Meldi Ariantopada

Assalamualaikum
saya Meldi arianto,
saya sangat mengharapkan beasiswa kuliah

apa yg hrus sy lakukan agar dapat beasiswa

sustrin limbudupada

bgmna caranya agar saya bisa masuk beasiswa trsebut…

lina wulandari jayapada

gmN crax dpetin beasiswa .sy mahasiswa uT kraksaan sudh smestr 8 blum dpt ap2

Nur Fajriyahpada

saya fajry,,,,kuliah di IAII SUKOREJO, IP saya lumayan tinggi
smstr 1: 4,00
smstr 2: 3.56
smstr 3: 3,89
terus gmn saya agar mndapatkan beasiswa gratis

Pransisco Caperius Simatupangpada

saya smk Swasta, baru selesai UAN, apakah saya dapat peluang untuk mendapatkan beasiswa untuk masuk perguruan tinggi Negri ?

milapada

biasanya beasiswa sebagian besar hanya untuk PTN saja ,sedangkan PTS terabaikan. Itu nyatanya.

Lizpada

Tolong la beri info utk beasiswa di FKK UNPRI. ????? Makasi

aisyahpada

assalamuallaikum. . Saya Siti Aisyah Saya baru duduk di bangku kls 2 SMA dan saya bercita cita ingin melanjutkan skolah setinggi tinggihnya dg mendapatkan biayaya siswa dan saya memang tdk begitu pandai krn setiap ulangan sy selalu mendapat pringkat 2/3 tp sy slalu aktiv dlm kegiatan sekolah spt pramuka
dan apa pramuka itu dpt membantu sy utk mendapatkan biayayasiswa.

Putri Nian Agustipada

Saya Putri Nian Agusti duduk di kelas 3 SMA, saya ingin tau apakah ada beasiswa di universitas khusus fashion design di dalam maupun luar negeri?

Jomianpada

Kl ada beasiswa S-2 y

y. wisnu kpada

mohon informasi dimana mencari beasiswa untuk ku?????. wisnu kelas x sma yayasan katolik, adik 3 orang orang tua buruh harian lepas. saya mahu pandai dan cerdik biar kehidupan/masadepan lebih baik

Raesa Krisna Supriyadipada

Assalamu alaikum saya Raesa saya Alhamdulillah sudah bekerja tapi di hati saya ada rasa ingin melanjutkan kuliah sampai ke s2 dst nah yang ingin saya tanyakan apakah ada beasiswa untuk mahasiswa yang nanti nya mengambil kelas karyawan? kalau ada saya bisa dapatkan info tentang beasiswa itu dimana min?
mohon dijawab min

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life