DCSIMG

How To Be Happy

Arisan: Sosialisasi Sekaligus Instant Financial Planning

Oleh BrighterLife.co.id

arisanSibuk bekerja membuat Bright Friends jarang bertemu dengan para sahabat? Agar silahturahmi dengan teman-teman tidak terputus, buat saja acara arisan rutin. Karena, arisan bisa menjadi salah satu solusi instant financial planning, lho!

Bersosialisasi tidak selalu membuat kita menjadi boros, Bright Friends. Asalkan Anda melakukannya dengan cara yang tepat. Arisan, selain sebagai ajang temu kangen dan bertukar kabar, juga bisa dijadikan “investasi” jangka pendek.

Sistem bekerja arisan sama saja seperti menabung, tapi kali ini “bank”-nya adalah teman-teman Anda sendiri. Dengan rutin ikut arisan, Anda jadi terlatih untuk mengalokasikan uang dengan tepat, baik untuk kebutuhan sehari-hari, bersosialisasi sampai menabung.

Agar arisan Anda bisa menjadi instant financial planning, perhatikan tips berikut ini:

1. Latihan menabung
Bagi Anda yang belum terbiasa menabung setiap bulan, anggap saja arisan sebagai ajang latihan untuk menabung. Hanya saja, berbeda dengan bank yang menawarkan bunga setiap bulan, tabungan Anda di arisan tidak akan mendapat bunga. Menabung di Arisan sebenarnya sama halnya seperti Anda menabung dalam celengan. Bedanya, Anda akan mendapat giliran untuk mengambil tabungan tersebut.

2. Arisan bukan ajang kredit
Jangan pernah ikut arisan karena termotivasi total hadiah yang akan Anda dapatkan. Misalnya, Anda termotivasi ikut arisan karena butuh uang sebesar total hadiah undian, yaitu Rp.10 juta. Ingat, arisan bukan ajang pinjam uang. Memang benar jika mendapatkan uang di awal-awal arisan, hal itu sama saja seperti Anda mendapatkan pinjaman tanpa bunga. Namun, jangan mengandalkan arisan untuk kebutuhan yang mendesak. Jika ingin pinjam uang, sebaiknya datangi tempat lain, seperti bank atau pegadaian bukan dengan cara ikut arisan.

3. Iuran yang rasional
Pastikan Anda sanggup membayar iuran yang disepakati kelompok arisan Anda. Jangan sampai gara-gara ingin bersosialisasi, Anda malah terjebak dengan jumlah iuran diluar anggaran bulanan. Bagi pemula, sebaiknya bergabung dengan kelompok arisan yang mayoritas anggotanya sudah Anda kenal sebelumnya. Misalnya, kelompok arisan teman SMA, atau kelompok arisan rekan-rekan di kantor.

3. Komitmen
Selayaknya menabung, arisan juga harus dijalani dengan komitmen penuh, Bright Friends! Jangan pernah “absen” dari iuran walaupun Anda sudah mendapatkan undian penarikan “tabungan” Anda. Tetap setorkan iuran arisan walaupun Anda tidak bisa hadir dalam acara arisan. Di sini reputasi Anda diuji. Jika Anda langsung kabur setelah mendapat undian, maka lain kali Anda tidak akan dipercaya untuk bergabung dalam kelompok arisan manapun juga.

4. Hindari bunga terselubung
Ada bermacam-macam jenis alat transaksi arisan, mulai dari barang hingga uang yang paling umum. Bagi Anda yang memang berniat belajar menabung dan menata keuangan, lebih baik ikuti saja arisan yang berhadiah uang. Hindari arisan dengan sistem lelang. Maksudnya, pada arisan jenis ini biasanya anggotanya ditawarkan untuk menang lebih dahulu, tapi dengan jumlah hadiah yang lebih sedikit. Misalnya, jika seharusnya Anda mendapat Rp. 10 Juta ketika menang, maka jika ingin lebih dahulu menang, jumlah yang akan Anda dapatkan hanya Rp. 7 Juta saja. Arisan dengan sistem lelang seperti ini sebenarnya menerapkan sistem bunga secara terselubung.

5. Cerdas memilih tempat
Jika Anda dan kelompok arisan menyelenggarakan acara arisan ini sebagai ajang silahturahmi, sebaiknya pilih tempat yang tepat. Tidak melulu harus di restoran. Anda juga bisa menghemat budget sosialisasi dengan mengadakan acara arisan di rumah. Agar tidak ada yang merasa terbebani dengan acara arisan ini, sebaiknya aturlah uang kas bulanan di luar iuran arisan. Nominal kas tidak perlu banyak, tergantung dengan komitmen bersama, apakah ingin selalu menyelenggarakan arisan di luar rumah, atau ingin di rumah saja. Jika di rumah, sebaiknya atur uang kas 10-15% dari iuran arisan. Namun jika Anda dan kelompok lebih senang mengadakan arisan diluar rumah, tentu uang kas yang Anda siapkan harus lebih banyak.

Nah, sudah siap untuk ikut arisan, Bright Friends?

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life