DCSIMG

How To Be Happy

10 Kebaikan Sehari Memperpanjang Usia Anda

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (4)

Kebaikan yang memperpanjang umurTahukah Bright Friends, bahwa perilaku positif yang Anda lakukan setiap hari berpengaruh pada kondisi kesehatan di masa depan? Bahkan bisa membuat Anda hidup lebih lama?

Sebuah riset yang dipublikasikan dalam jurnal Psychology and Aging yang diterbitkan oleh American Psychological Association (APA) menyatakan, perilaku yang positif dapat memperpanjang hidup seseorang lebih panjang dan lebih sehat. Melakukan hal positif yang berguna bagi orang lain, terbukti bisa membuat kondisi mental Anda lebih rileks. Tapi tidak perlu menjadi superhero untuk menjadi lebih sehat, Bright Friends. Lakukan hal-hal sederhana berikut ini dan temukan manfaatnya bagi diri Anda.

1. Ucapkan mantra kebaikan
Ada tiga mantra kebaikan yang kadang lupa kita ucapkan, yaitu “terima kasih”, “tolong” dan “maaf”. Jangan pernah lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada orang yang telah membantu Anda. Ucapkan tolong dengan sopan jika Anda membutuhkan bantuan orang lain. Terakhir, jangan sungkan untuk meminta maaf dan mengakui kesalahan yang Anda perbuat.

2. Berbagi cerita humor
Gemar membaca buku-buku humor? Atau Anda hobi menonton film komedi? Pada saat makan siang Anda bisa menghibur rekan-rekan kerja dengan menceritakan cerita-cerita humor yang seru tersebut. Tertawa dan humor dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan energi, mengurangi rasa sakit dan mengurangi efek stres.

3. Membuang sampah pada tempatnya
Terdengar klise mungkin, tapi ini adalah bentuk sederhana untuk memperhatikan bumi. Kurangi polusi dan sampah di jalan raya dengan membuang sampah pada tempatnya. Jika Anda melihat orang lain membuang sampah sembarangan, buanglah sampah tersebut pada tempat sampah. Kemudian ingatkan orang tersebut untuk menjaga kebersihan.

4.Berikan pujian dan senyuman tulus
Berikan pujian pada orang-orang terdekat dan rekan kerja Anda. Misalnya, puji suami atau istri Anda di pagi hari. Katakan betapa cantik atau gagahnya mereka hari itu, sembari tersenyum. Anda juga bisa memberikan sapaan tulus pada sekretaris, resepsionis, maupun petugas keamanan di kantor sebelum Anda pulang.

5. Melakukan donor darah
Diajak untuk mendonorkan darah oleh petugas PMI? Jangan sungkan untuk ikut serta. Selain dapat membantu orang lain yang membutuhkan sumbangan darah, kegiatan donor darah berguna juga untuk kesehatan Anda. Mendonorkan darah secara rutin bisa menurunkan resiko kanker dan tekanan darah Anda lebih terkontrol.

6. Berbagi payung di waktu hujan
Hujan sering kali membuat urusan penting menjadi tertunda. Apalagi jika tidak membawa payung. Jika kebetulan Anda membawa payung, tawarkan seseorang yang Anda temui diperjalanan untuk berbagi payung dengan Anda.

7. Memberi loper koran sarapan pagi
Bagi Anda yang berlangganan koran setiap bulan, sesekali ajaklah sang loper untuk menikmati sarapan bersama. Sajikan menu sarapan yang biasa Anda konsumsi setiap hari. Jika Anda sibuk, berikan si loper koran sedikit insentif untuk membeli sarapannya sendiri.

8. Mendonasikan baju lama
Lemari pakaian sudah penuh? Sebaiknya Anda mulai memisahkan mana baju yang masih ingin Anda gunakan, dan yang sudah tidak akan dipakai lagi. Di akhir pekan, sumbangkan pakaian-pakaian tersebut kepada mereka yang membutuhkan. Misalnya, ke panti asuhan, rumah singgah dan korban bencana alam.

9. Berbagi memori indah
Hobi memotret? Buatlah agar hobi Anda lebih bermanfaat bagi orang lain. Di waktu senggang kumpulkan foto lama Anda bersama sahabat. Cetak dan letakkan dalam frame yang indah. Kemudian kirimkan foto tersebut, agar mereka selalu ingat memori yang pernah Anda lalui bersama.

10.Mentraktir Office Boy Makan Siang
Sering meminta bantuan office boy di kantor? Kini saatnya Anda membalas kebaikan mereka. Sesekali traktirlah para office boy makan siang bersama Anda di restoran yang belum pernah mereka kunjungi sebelumnya. Anda bisa memberikan pengalaman baru yang tak terlupakan untuk mereka, bukan?

Punya ide-ide kebaikkan sederhana lainnya, Bright Friends? Yuk, share ide-ide Anda pada kotak komentar dibawah ini!

wulanpada

thx ya

MENGGAPAI MIMPIpada

[…] Kunci dalam meraih masa depan cerah ada saat kita bisa menghargai dan membahagiakan orang lain. Karena menghargai orang lain sama dengan menghargai diri sendiri, dimana pada akhirnya akan […]

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life