DCSIMG

How To Be Healthy

Tetap Bugar dan Sehat di Musim Hujan

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (4)

Tetap Bugar dan Sehat saat HujanMusim hujan telah tiba. Alangkah baiknya kesehatan tetap terjaga selama musim hujan berlangsung, di mana pada musim ini tubuh rentan terkena berbagai macam penyakit. Berikut beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk menjaga tubuh anda tetap bugar dan sehat selama musim hujan.

1. Konsumsi makanan bergizi dan secara seimbang

Karena proses pencernaan saat musim dingin melambat, makanlah hanya ketika lapar dan dengan takaran seperlunya. Makan ketika Anda tidak merasa lapar dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Daya tahan tubuh yang baik selain butuh makanan yang cukup jumlahnya, juga harus memenuhi semua unsur gizi yang dibutuhkan tubuh yaitu : karbohidrat, lemak,protein,vitamin,dan mineral. Disarankan juga agar Anda rajin makan sayuran, buah-buahan, dan hidangan dengan rempah-rempah. Hal ini membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan secara bersamaan membantu proses pencernaan, serta mencegah infeksi. Pilihlah makanan yang bersih dan segar.

Perbanyak minum air putih minimal 8 gelas sehari. Oleh karena itu disarankan untuk membawa sebotol air setiap harinya saat beraktivitas. Hindari pula minuman berkarbonasi. Sebagai gantinya disarankan minum minuman yang hangat, seperti jahe.

2. Konsumsi minuman suplemen yang tepat.
Sebagian besar dari kita sulit memenuhi kebutuhan gizi harian dengan diet yang seimbang, sehingga suplemen penambah stamina diperlukan. Pilih minumanpenambah stamina  yang benar-benar mengandung  vitamin B yang lengkap yang diperlukan untuk menjaga stamina tubuh seperti vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B8 dan B12..  Selain itu, makanan/minuman energi tersebut dalam kemasannya harus mencantumkan  kandungan zat, aturan pakai, masa kadaluarsa dan nomor registrasi badan pengawasan obat makanan (BPOM).

3. Cukup istirahat dan berolahraga

Tidur 6-8 jam sehari. Kurang istirahat dapat menurunkan daya tahan tubuh kita. Gerimis saat pagi dan malam mungkin mengganggu latihan rutin. Namun itu bisa diganti dengan latihan ringan di rumah. Anda bisa melakukan beberapa olahraga sederhana seperti sit-up, membungkukkan badan untuk meregangkan otot. Sempatkan berolahraga secara rutin minimal 3 kali seminggu selama 30 menit.

4. Kelola Stress dengan baik.

Hanya dengan belajar mengelolanya secara tepat, kita dapat terhindar dari dampak negatif stres seperti sulit tidur, nafsu makan berkurang yang pada akhirnya mempengaruhi daya tahan tubuh kita.

5. Jaga kebersihan dan jauhi sumber penyakit

Musim hujan selalu dikaitkan dengan musim demam berdarah, karena hujan dalam frekuensi lebih akan menyebabkan air menggenang sehingga menjadi sarang nyamuk DBD. Karenanya, hindari genangan air, dan basmi jentik nyamuk di lingkungan sekitar tempat tinggal. Selain itu, jaga pakaian tetap kering dan bersih sepanjang waktu untuk menghindari penyakit kulit.

Menjaga kebersihan makanan dan minuman, mencuci tangan dengan sabun sesudahbuang air dan menjelang makan serta menjaga kebersihan lingkungan, memberantas lalat, nyamuk, kecoa, semut.

6.  Bila terjadi keluhan yang serius, segera pergi ke dokter

Semoga dengan mengikuti dan menjalankan tips di atas kita semua tetap bugardan sehat di akhir tahun ini dan lebih bersemangat menyongsong tahun 2013!

 

Sumber: berbagai sumber

theopada

iya memang benar, kita makan ketika saat lapar saja. memang anjuran yang sangat baik itu.

ekapada

makasih infox sangat membantu sekali untuk bahan siaran saat ini

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life