DCSIMG

Inspiring Story

Tahun Baru: Saatnya Menemukan Kembali

Oleh Dave Dineen, BrighterLife.Ca

Komentar (0)

Tahun BaruMengganti kalender lama dengan yang baru adalah momen paling spesial untuk saya di setiap hari pertama di tahun baru. Biasanya, saya terlebih dahulu melihat gambar-gambar yang terdapat di dalam kalender lama tersebut dengan sedih sebelum akhirnya membuka kalender baru.

Momen yang paling berkesan adalah pagi hari pada tanggal 1 Januari 1964.

Waktu itu saya masih kecil. Untuk saya, tahun 1963 adalah tahun yang berkesan. Di pagi pertama di tahun baru waktu itu, bukannya membuang kalender lama tersebut ke dalam tong sampah, saya malah menyimpannya ke dalam laci. Ibu saya pun bertanya kenapa saya menyimpannya.

“Aku akan menyimpannya hingga tahun 1963 datang lagi,” jawab saya.

Polos sekali ya! Sejak saat itu hingga sekarang, saya banyak belajar tentang waktu. Jelas sekali waktu tidak dapat didaur ulang. Waktu tidak dapat dipakai kembali. Waktu tidak juga dikunjungi kembali. Saya yang kini berusia 55 tahun tidak dapat menjadi anak kecil berusia 7 tahun.

Waktu dipercepat hingga tahun 2012, sebuah pencerahan tentang bagaimana manusia mengalami yang namanya waktu.

Setahun sudah saya pensiun, saya telah mendapatkan kesempatan untuk keluar dari hiruk pikuk pekerjaan, membesarkan anak, membayar cicilan rumah dan lainnya. Masa pensiun ini adalah masa untuk memperluas pandangan saya tentang hal lainnya, salah satunya adalah waktu.

Pencerahan kedua saya adalah ternyata saya tidak sepenuhnya salah tentang kejadian di pagi pertama di tahun 1963 lalu. Seberapa jauh Anda melewati waktu, Anda tetap bisa menemukan waktu itu kembali. Mungkin juga Anda bisa membangkitkan kembali  hal-hal apa saja yang sudah dipelajari dan hal yang membuat Anda bahagia pada saat itu. Sebuah hal yang jarang Anda lakukan karena tidak ada waktu.

Tentu Anda dapat mengenang kembali kemeriahan di ulang tahun Anda yang kedelapan Anda atau bahkan hari kelulusan SMA Anda. Tetapi tidaklah baik jika Anda terlalu lama mengenang waktu yang sudah lewat. Namun,  saya tahu caranya untuk mengulang kegembiraan masa-masa tersebut dengan cara berikut ini:

  • Curling*: Setelah pensiun, akhirnya saya kembali melakukan olahraga curling untuk pertama kalinya sejak tahun 1975. Sebenarnya kakak saya, Steve, selalu mengajak saya untuk melakukan ini di acara keluarga, tetapi saya tidak pernah punya waktu. Namun kali ini saya sangat senang merasakan kembali olahraga masa kecil ini.
  • Fotografi: Akhir-akhir ini saya kembali serius menekuni fotografi. 30 tahun lalu saya adalah pemenang kompetisi jurnalis foto. Seiring berjalannya waktu saya merasa capek dengan hobi saya yang satu ini. Namun, beberapa tahun belakan ini, saya menemukan kembali kesukaan saya terhadap seni cahaya ini. Apalagi di jaman sekarang fotografi digital sangat murah dan mudah dibanding jaman ketika saya menggunakan kamar gelap dulu.
  • Olahraga: Setelah sekian lama tidak memiliki waktu dan malas untuk membakar lemak di dalam tubuh, akhirnya saya menemukan kembali serunya berolahraga. Saya senang akan hasilnya!

Apapun pekerjaan Bright Friends, tahun-tahun Anda bekerja pasti sangatlah sibuk dan waktu menjadi hal yang amat berharga. Bekerja menjadikan Anda kekurangan jam tidur, banyak mengkonsumsi makanan cepat saji, melewati waktu berolahraga bahkan merasakan penyesalan melewatkan hal-hal penting dalam hidup Anda.

Namun begitu, pergantian tahun adalah waktu yang tepat untuk merefleksikan apa yang sudah Bright Friends lakukan selama ini. Jadi tidak ada salahnya bukan untuk melakukan beberapa hal di bawah ini:

  1. Meninjau kembali bagaimana Anda menghabiskan waktu selama ini. Berapa banyak waktu yang terbuang percuma? Berapa banyak waktu yang Anda gunakan dengan bijak?
  2. Menemukan kembali hal-hal yang selama ini Anda lupakan atau belum temukan karena tidak adanya waktu. Sisihkan waktu untuk memperbaharui diri Anda.
  3. Menemukan hal-hal yang Anda ingin lakukan. Banyak hal seru di luar sana yang Anda dapat lakukan!

Bright Friends punya momen seru yang selalu dikenang di tahun baru? Jangan lupa untuk share dengan yang lainnya di kotak komentar ya!

Selamat tahun baru 2013, Bright Friends! Semoga Anda dipenuhi banyak pembaharuan di tahun ini!

 

*curling adalah sebuah olahraga mirip dengan hoki, tetapi hanya dimainkan oleh 2 orang. Setiap pemainnya harus menggeser batu di atas lapisan atas ke target yang sudah ditentukan.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life