DCSIMG

How To Be Healthy

5 Cara untuk Tetap Bugar

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (1)

Saat pekerjaan menumpuk, sering kali Anda jadi kelewat sibuk dan berujung pada stres. Kalau sudah begini pergi ke pusat kebugaran akan menjadi to-do-list paling akhir dalam agenda Anda. Betul begitu Bright Friends? Jangan sampai kesibukan membuat Anda “bolos” berolahraga di gym, ya!

cara untuk bugarSering kali karena sibuk bekerja, orang dewasa hanya melakukan olahraga hanya 30 menit dalam seminggu. Bahkan, dari 20 orang pekerja kira-kira hanya ada satu orang yang melakukan olahraga paling tidak 1 jam, 5 kali dalam seminggu.

“Menjadikan fitness sebagai kebiasaan adalah sebuah goal yang menantang untuk meningkatkan populasi masyarakat yang sehat,” kata Michelle Cederberg, ahli kesehatan, fisiologi olahraga bersertifikat dan penulis Got it! “Saya yakin, akan lebih banyak orang yang sulit menjadikan olahraga sebagai kebiasaan, daripada yang tidak.”

Tahukah Bright Friends, tidak menaruh aktivitas fisik sebagai salah satu pihak yang utama berbahaya bagi kesehatan Anda. Musim lalu, studi Yayasan Jantung dan Stroke di Kanada menyebutkan, sekelompok berusia 18 sampai 35 tahun yang terlihat sehat, ternyata banyak memiliki faktor risiko penyakit jantung. Namun, hal tersebut bisa dicegah lebih awal dengan mengikuti pola makan yang sehat, aktif secara fisik, dan menjaga kesehatan berat badan.

Bagi Samantha Speisman, seorang blogger dan penulis tentang kesehatan, mencari waktu yang pas untuk berolahraga adalah sebuah tantangan tersendiri. Tetapi pada saat yang sama, adalah penting untuk membuat prioritas kebugaran dalam to-do-list Anda. “Ketika datang urusan keluarga, pekerjaan, atau hal-hal lain seperti itu, seringkali fitness menjadi urutan terakhir dalam to-do-list Anda, dan seharusnya tidak seperti itu, karena hal-hal lain akan terancam apabila Anda tidak sehat”, ujarnya lagi.

Salah satu masalah lain, Dara Duff-Bergeron, trainer dan founder Fit Family mejelaskan, keyakinan seseorang bahwa olahraga adalah sesuatu yang harus dilakukan setiap hari selama satu atau dua jam, atau hal tersebut sama sekali tidak akan berhasil. Pada kenyataannya, konsistensi harus lebih dihargai daripada kuantitas. “Anda tidak perlu peralatan yang banyak dan mahal atau menghabiskan waktu untuk mencoba alat-alat yang mewah. Anda hanya perlu konsistensi”, ujarnya lagi.

Secara teratur, workout adalah ideal, maka dibawah ini terdapat lima cara untuk menyisipkan kegiatan olahraga kedalam gaya hidup Anda, ketika Anda sulit untuk fit in dalam rutiitas gym.

1. Exercise isn’t all or nothing
‘Tubuh merespon rangsangan yang konsisten,’ kata Duff-Bergeron. Bahkan jika Anda hanya memiliki 15 atau 20 menit, lima hari seminggu, daripada dua jam di gym dua kali seminggu. Jagalah metabolisme Anda dengan berolahraga secara teratur. “Pasti ada sesuatu yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh Anda tetap aktif, seperti bermain dengan anak-anak Anda, pergi ke taman, berjalan-jalan keluarga atau berjalan anjing Anda,” katanya. “Tidak harus dengan selalu menghabiskan waktu di gym.”

2. Look for opportuities to take small steps
Cobalah untuk berpikir lebih kreatif dengan melakukan extra movement didalam kegiatan sehari-hari. Anda dapat parkir mobil Anda sedikit lebih jauh dari biasanya agar Anda dapat berjalan kaki setelahnya.

3. Schedule your time at work wisely
Gunakan waktu istirahat Anda di kantor untuk sedikit berolahraga. Anda bisa naik atau turun tangga selama 5-10 menit, atau apabila mungkin, cobalah jalan kaki menuju taman kota terdekat. Lakukan juga sedikit stretching dengan menggunakan meja dan kursi Anda untuk tetap menjaga keseimbangan.

4. Find A Buddy
Cari dan ajaklah teman sekantor Anda untuk sama-sama melakukan rutinitas olahraga sederhana, misalnya jalan kaki sebelum makan siang, atau sama-sama melakukan stretch up di kantor. Anda tidak hanya merasa termotivasi, tapi Anda juga tidak ingin membuat orang tersebut kecewa kalau Anda tidak melakukannya.

5. Mix it up
Bright Friends bisa melakukan variasi kegiatan olahraga sederhana ini setiap harinya. Tetap jaga aktivitas ini agar tidak menjadi hal yang membosankan. Misalnya, seminggu dua kali Anda melakukan naik turun tangga selama 15 menit untuk melatih otot kaki Anda, sedangkan hari-hari lainnya Anda melakukan olahraga lain yang melatih otot tangan, lengan, maupun perut. Anda juga bisa mencoba kardio dan latihan ketahanan tubuh sebagai alternatif.

Anda mungkin tidak memiliki waktu untuk pergi ke gym, tetapi jika Anda mengikuti tips ini, Anda bisa menjadikan diri Anda lebih bugar dari biasanya. Selamat mencoba, Bright Friends!

vanduberpada

hahaa iya bener banget, untuk soal olahraga pasti kebanyakan orang yang sibuk hanya menyempatkan diri di akhir pekan 😀

Railing Tangga

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life