DCSIMG

How To Be Healthy

5 Tips untuk Mengatasi Susah Tidur

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (22)

“The best cure for insomnia is to get a lot of sleep” ~ W.C. Fields

Bright Friends, apakah Anda memiliki kesulitan untuk tidur lelap di malam hari? Sering terbangun di tengah malam dan tidak bisa lagi kembali tidur? Berapa lama Anda tidur dalam satu hari, apakah jika dijumlahkan lama tidur Anda hanya 3-4 jam? Jika ya, berarti Anda termasuk ke dalam 28 juta pengidap insomnia di Indonesia.

Mengatasi insomniaBanyak penyebab dari insomnia ini. Diantaranya ialah stres, terlalu banyak tidur di siang hari, perbedaan waktu, obat-obatan, ruangan tidak nyaman, sakit dan banyak lainnya. Begitu pula dampak yang ditimbulkan oleh kelainan tidur ini, seperti pusing kepala, mengantuk parah, kurang fokus hingga masalah sistem pencernaan. Walaupun bukan tergolong penyakit yang serius, tetapi jika insomnia dibiarkan, efek sampingnya bisa menurunkan kualitas hidup,lho! Mulai dari aktivitas sehari-hari yang tidak maksimal dijalankan hingga kecelakaan kendaraan akibat mengantuk.

Insomnia bukanlah penyakit yang sulit diobati. Langkah pertama ialah Bright Friends harus mencari tahu penyebab Anda susah tidur, dengan begitu insomnia akan dengan mudah diatasi.

Berikut adalah beberapa cara mengatasi susah tidur dengan cara alami yang dapat Anda lakukan sebelum tidur !

1. Mandi air hangat
Tips pertama agar Anda dapat memiliki kualitas tidur yang baik adalah mandi dengan air hangat sebelum tidur. Setelah seharian beraktivitas, janganlah langsung tidur terlebih dahulu, sempatkan 90 menit sebelum tidur untuk mandi atau berendam dengan air hangat. Tubuh kita membutuhkan suhu tubuh yang nyaman dan relaksasi agar tidur lebih nyenyak.

Berendamlah dengan air bersuhu 32-37 derajat Celsius selama 10-20 menit agar suhu tubuh kita stabil karena hangatnya air dapat melebarkan pembuluh darah. Air hangat pun dapat melemaskan otot-otot yang kaku akibat beraktivitas. Cobalah semprotkan air hangat dengan menggunakan shower ke bagian tubuh yang menurut Anda pegal, maka otot yang kaku akan meregang dengan bantuan tekanan dari semprotan dari shower tersebut.

Jika Anda rajin melakukan hal itu di malam hari sebelum tidur, maka Anda akan memiliki kualitas tidur yang baik.

2. Mendengarkan musik
Bright Friends penggemar musik? Anda juga menggunakan musik sebagai cara untuk menghilangkan insomnia. Musik yang Anda dengarkan dapat mengirimkan transmisi ke otak yang dapat membuat Anda tertidur. Namun, tidak semua jenis musik bisa seperti itu. Musik-musik lembut seperti klasik dan nuansa mellow yang dapat membantu Anda terlelap. Anda juga dapat mendengarkan suara-suara alam seperti desiran ombak, hembusan angin pegununan atau bunyi hutan yang membuat Anda merasa nyaman.

Jadi, sebelum setelah Anda berendam dengan air hangat, persiapkan juga daftar lagu pengantar tidur favorit Anda. Biarkan diri Anda hanyut dalam musik tersebut dan Anda akan segera terlelap ke dalam mimpi.

3. Mengkonsumsi makanan bernutrisi
Tinggalkan pil tidur untuk mendapatkan tidur nyenyak, Bright Friends! Mulailah mengkonsumsi makanan bernutrisi makanan yang dapat membuat Anda dapat bangun dengan ceria di pagi hari.

Pisang adalah salah satu makanan yang dapat Anda konsumsi untuk mengobati insomnia. Dengan kandungan vitamin B6 yang tinggi, pisang dapat menjaga jam tidur Anda dengan baik karena dapat menghasilkan hormon serotonin yang membuat tubuh menjadi rileks.

Makanan atau minuman yang kaya akan kalsium juga membantu Anda untuk dapat tidur nyenyak di malam hari. Nutrisi tersebut juga dapat mendorong meningkatnya produksi hormon serotonin. Segelas susu hangat memang sangat pas untuk memulai Anda untuk pergi ke pulau kapuk, Bright Friends!

4. Membersihkan kamar
Selain faktor dari dalam diri yang dapat menyebabkan Anda sulit tidur, faktor dari luar pun juga berpengaruh. Salah satunya adalah lingkungan yang membuat Anda kurang nyaman. Cobalah untuk rutin memberishkan kamar Anda, terutama mengganti sprei maksimal sekali dalam sebulan.

Buatlah kamar senyaman mungkin, seperti dengan mematikan lampu, membuat suhu ruangan menjadi nyamna, mematikan barang elektronik seperti televisi, smartphone dan komputer Anda. Berikan juga wewangian aromaterapi di kamar. Minyak dan bahan-bahan alami seperti bunga tropis dapat membuat Anda menjadi rileks dengan menciumnya. Dijamin Anda akan dengan mudah tertidur lelap hingga pagi.

5. Rutin berolahraga
Olahraga dengan rutin juga dapat menghilangkan penyakit insomnia Anda. Luangkan 30 menit untuk berolahraga di pagi hari dan bukannya di malam hari, ya! Dengan berolahraga, Anda dapat melepaskan hormon endorphin, jenis hormon yang dapat membuat Anda sulit untuk tidur.

Yoga adalah salah satu olahraga yang dapat Anda coba. Seni pernapasan ini dapat membantu Anda untuk mengatur nafas dan membuat tubuh menjadi rileks dan stress free. Asosiasi Yoga Amerika menyarankan untuk melakukan kombinasi pose peregangan dan penguatan dalam meditasi. Jika Anda terbangun di malam hari, cobalah lakukan latihan pernafasan untuk dapat kembali tidur dengan mudah.

Saatnya untuk ucapkan selamat tinggal dengan insomnia Bright Friends! Semoga Anda dapat memiliki kualitas tidur yang baik agar dapat beraktivitas dengan maksiml keesokan harinya.

Anda memiliki tips untuk lain untuk mengatasi insomnia dengan alami dan sehat? Ayo, berbagi di kotak komentar!

annida fauza salsabilapada

Wah ternyata seperti itu
Terimakasih infonya

ronnypada

saya klu mau tdr ngtuk sering buang air kecil terus. gimn solusinya?

    Brighter Life Indonesiapada

    Halo ronnypada,

    Terlalu sering buang air kecil saat kamu tidur bisa disebabkan adanya gangguan metabolisme pada penguraian gula di dalam darah kamu. Memang sebaiknya kamu mulai konsultasikan diri kamu ke dokter terpercayamu, untuk mengetahui apa yang terjadi pada tubuh kamu. Semoga tips ini membantu ya 🙂

Hendrikpada

Waduh,, semua uda ku lakuin,,tpi tetap aja susah tidur.. yang lebih ampuh lagi ada gak?

    Brighter Life Indonesiapada

    Halo Hendrikpada,

    Coba membiasakan untuk menurunkan intensitas cahaya pada kamar. Mematikan lampu kamar merupakan upaya memberikan sinyal kepada tubuh bahwa waktu tidur sudah tiba. Cara lainnya adalah mencari posisi bantal yang nyaman, meletakkan sebuah bantal kecil di antara kedua kaki. Tapi yang terpenting sebenarnya adalah, tenangkan pikiran kamu sebelum kamu tidur.

    Jika selama sebulan insomnia kamu masih saja tak kunjung sembuh, sudah saatnya untuk memeriksakan diri kamu dengan konsultasi ke Dokter terpercaya kamu ya, semoga tips ini membantu 🙂

ichsanpada

gan, saya iini menderita insomnia hampir 3tahun sampe sekarang blm Ada perubahan, tolong pencerahannya

    Brighter Life Indonesiapada

    Hai Pak Ichsan,

    sudah coba tips di atas seperti mandi dengan air hangat, minum susu, mengganti sprei kasur, olahraga? jika belum segera dicoba ya pak, jika sudah dan belum ada hasilnya, mungkin bisa dikonsultasikan dengan dokter 🙂

Arif Jeparapada

Mandi air hangat.perlu aku coba nih
Udah hampir 1 bulan ini waktu tidurku jadi kebalik

hasanudin basripada

Terimakasih y info nyA.
Moga brmanfaat bwt org bnyk……

Pena Daunpada

Yang nonton tv ini yang sulit ditinggalkan. Apalagi biasanya jam malam banyak acara yang seru.

rahma temutpada

makasihhh akan saya coba:)

shinta ameliapada

Udah dicoba,,, tapi tetep aja masih susah tidurrr 😦

    astridwibisonopada

    Wah mungkin kamu perlu konsultasi lebih lanjut ke ahlinya

nur yadipada

°♡•♏āåªĶ<3@ċii♓•♡°. Saran nya 🙂

praditya lamusupada

klaw aku sering tidur pagi susah tidur berikan solusinya dong by_praditya

bayu tirtapada

saya saat akan tdr mudah bgt tp tiap jam 1 mlm pasti kebangun tnpa sbab. dan stelah itu susah tdr lagi

jacqueline sharon lipanpada

Aku selalu gak bisa tidur karena selalu kepikiran lagu lagu pop

Hannahpada

Mau tanya dong, saya klo mlm hari pasti seger bgt gk ngantuk tp begitu siang hari gampang bgt tdr, pernah saya coba bablasin gk tdr sama sekali siangnya walaupun malamnya gk tidur.. Tp sama aja, palingan jd nya tidur abis subuh.. Sempet jg coba olah raga, hindarin kopi tp msh aja sama aja gk bisa tdr di mlm hari.. Klo coba matikan lampu kmr jg pernah.. Tp sama aja, jd mslh saya spt org kena jet lag.. Itu gmn yah ?

agusrina dwi pratiwipada

aku klu sore cepet tidur tp klu malam susah tidurwalaupun aku sorenya gk tidur aku tetep susah tidur.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life