How To Be Wealthy

How To Be Wealthy | Tidak hanya tubuh yang butuh kesehatan, keuangan Andapun harus selalu dalam kondisi sehat. Temukan tips keuangan Anda di sini

Memilih Sistem Konvensional Atau Syariah Indonesia?

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (4)

Bright Friends, setelah Anda mengenal lebih dalam mengenai Prinsip Syariah, tentunya muncul ketertarikan lebih dalam mengenai syariah Indonesia  baik dari sisi hukum syariah, perbankan, hingga asuransi syariah Indonesia. Berbicara mengenai perbankan dan asuransi syariah, saat ini cukup banyak produk perbankan dan asuransi syariah Indonesia yang bisa anda manfaatkan untuk membantu mengatur keuangan Anda dengan berbagai keuntungan, seperti kenyamanan bertransaksi hingga kemungkinan kecil akan terjadinya praktek sistem riba.

Lalu, pertanyaan kecil mungkin muncul di diri Anda untuk memilih antara produk perbankan dan asuransi syariah Indonesia atau justru tetap menggunakan produk perbankan atau asuransi konvensional?

Apa itu syariah Indonesia?

syariah indonesiaSebagai Muslim yang taat beragama, Anda dapat memilih secara cermat prinsip seperti apa yang cocok dengan diri Anda? Tetapi sebelumnya, Anda dapat mengetahui secara lebih lanjut mengenai perbedaan antara sistem konvensional dan syariah Indonesia.

Seperti yang sudah diketahui, produk perbankan dan asuransi konvensional mengacu pada hal-hal seperti pemberian bunga dan penentuan kredit yang sudah ditentukan sebelumnya.

Berbeda dengan kedua produk tersebut, pada produk syariah, meski tetap menjadikan bank sebagai tempat membeli produk syariah Indonesia, dalam bertransaksi, nasabah lebih dianggap sebagai kreditur dan debitur. Dengan begitu, keabsahan dan kehalalan suatu transaksi bisa makin transparan antar dua pihak. Namun, bukan berarti sistem konvensional tidak transparan.

Berbeda dengan sistem perbankan dan asuransi konvensional, sesuai dengan prinsip syariah, sistem perbankan dan asuransi syariah Indonesia memperhatikan berbagai bentuk transaksi apakah sesuai dengan hukum islam atau tidak. Sebagai contoh yaitu melarang adanya suku bunga, perniagaan barang haram, perjudian, dan hal-hal manipulatif.

Untuk menghindari dari hal-hal tersebut, syariah Indonesia memiliki dewan pengawas yang akan selalu mengawasi segala bentuk transaksi yang terjadi antara bank atau perusahaan asuransi dan nasabahnya. Hal tersebut diambil agar bisa terciptanya hubungan yang damai dan harmonis. Apalagi, nasabah dianggap sebagai mitra sekaligus investor.

Dalam menjalankan kegiatan perbankan yang murni dan transparan, produk perbankan syariah Indonesia juga tidak mengacu pada keuntungan sebagai salah satu tujuan yang akan dicapai. Sistem bagi hasil yang diterapkan memberikan keuntungan di kedua belah pihak baik pihak nasabah maupun perusahaan.

Jadi, saat bank mendapatkan hasil investasi, nasabah sebagai investor juga akan mendapatkan sebagian dari hasil tersebut. Sistem ini menerapkan konsep muamalah yang menawarkan konsep keberasamaan, keadilan, dan transparansi.

Diresmikannya sistem Syariah Indonesia

Untuk membedakan antara sistem perbankan konvensional dan syariah Indonesia pun, Bright Friends tidak perlu bingung. Pada 2 Juli 2007, Islamic Banking (iB) atau perbankan syariah Indonesia diresmikan sebagai penanda identitas.

Penanda identitas ini bertujuan untuk mempermudah Anda dalam mengetahui ketersediaan jasa perbankan syariah Indonesia. Dengan banyaknya bank yang menggunakan logo iB, diharapkan Anda dapat mengenali dengan mudah bank mana yang menggunakan sistem tersebut semudah Anda mengenali logo visa, mastercard, dan sebagainya yang biasa tercantum pada perusahaan perbankan pada umumnya.

Begitu juga dengan asuransi, produk asuransi syariah Indonesia memiliki berbagai spesialisasi seperti risk sharing dimana setiap nasabah dapat saling membantu dalam penanggungan biaya saat nasabah lain mengalami kesulitan. Prinsip tolong menolong ini berbeda dengan asuransi konvensional menerapkan konsep jual beli kepada nasabahnya sehingga jaminan hanya akan diberikan secara personal.

Bagaimana, Bright Friends? Sudah mengerti perbedaan antara sistem konvensional dan syariah Indonesia? Tentukan pilihan Anda dan dapatkan berbagai keuntungan dalam mengatur keuangan Anda!


syariah indonesia | maria48voicepada

[…] Are you searching for much more specifics about that , check out my personal website today to discover more specifics below syariah indonesia […]

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 52 other followers