DCSIMG

How To Be Wealthy

Tips Menyelesaikan Pekerjaan dengan Efektif

Oleh Gerald McGroarty,

Komentar (1)

Bright Friends, satu hal yang pasti, ketika masuk ke ranah pekerjaan, semua orang menjadi sibuk.

Beberapa tahun lalu mungkin Anda tidak merasa sesibuk hari ini. Namun sekarang,  jika Anda sadari, kata “sibuk” hampir memasuki semua ranah kehidupan. Jawaban “lagi sibuk nih” mungkin juga sudah menjadi jawaban template untuk setiap orang yang bertanya tentang kabar Anda.

Apalagi setelah, hari libur berakhir, tandanya kesibukan Anda akan kembali menerpa. Akun sosial media Anda mungkin akan banyak berisi seputar kesibukan Anda ketika bekerja seperti, “Need 25 hours a day and 8 days a week to get my works done 😦 ”, atau mungkin “Pagi nganterin anak, siang meeting, sore presentasi, malem belanjabulan, kapan istirahatnya nih?”

Nah, biasanya ketika Anda sibuk, Anda menjadi sangat frustasi dan pekerjaan atau tugas yang dilakukan tidak maksimal. Karena yang Anda tuju adalah bagaimana pekerjaan Anda selesai dan Anda bisa santai. Anda tidak mau kan hal tersebut terjadi terus menerus?

Bagaimana caranya agar pekerjaan tetap maksimal walaupun dilanda kesibukan? Berikut beberapa startegi yang dapat Bright Friends ikuti!

Strategi 1: Membuat prioritas

Mulailah dengan pekerjaan Bright Friends yang sangat penting. Pilihlah pekerjaan yang seharusnya dilakukan secepatnya dan pekerjaan yang dapat menunggu.

Caranya: Buatlah tingkatan dari satu hingga selesai, pekerjaan yang paling urgent dan mana yang biasa saja. Gunakan 80% waktu untuk mengerjakan tugas dan pekerjaan pada peringkat atas prioritas Anda.

Strategi 2: Alihkan gangguan

Gangguan mungkin menjadi halangan terbesar Anda dalam mengerjakan tugas. Biasanya datang dari hal-hal yang Anda senangi, seperti televisi, mengobrol dengan teman di jejaring sosial atau bermain game. Mulai sekarang, coba hindarilah gangguan-gangguan tersebut, ketika Anda sedang bekerja.

Caranya: Hindarilah orang-orang yang sering melakukan keributan di kantor. Orang-orang ini biasanya hanya bisa membuat Anda makin sibuk, karena pekerjaan Anda tertunda untuk membantu mereka menimbulkan kekacauan di kantor.

Jika ada seseorang  yang meminta bantuan Anda, jangan sungkan untuk menolaknya Bright Friends. Apalagi jika tugas-tugas penting Anda belum selesai. Coba saja untuk mendelegasikan atau meminta bantuan orang lain untuk melakukannya.

Strategi 3: Membuat daftar

Ketika Bright Friends, sudah membuat prioritas pekerjaan, maka Anda juga perlu mencari sejauh mana kemajuan yang Anda buat untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut.

Caranya: Buatlah checklist atau daftar pekerjaan yang harus Anda selesaikan! Tulislah pada sebuah kertas atau note di smartphone Anda, pekerjaan apa saja yang sudah Anda lakukan hari itu. Kedua tulis juga tugas-tugas apa saja yang harus Anda lakukan esok hari. Tentunya daftar tersebut harus disesuaikan dengan prioritas tugas Anda.

Lihatlah daftar tersebut sesering mungkin, seperti di pagi hari, makan siang dan ketika sebuah pekerjaan selesai. Pada akhirnya, Anda tidak akan terasa bahwa status “sangat sibuk sekali” berubah menjadi “santai”.

Penulis buku The 7 Habits of Highly Effective People, Steven Covey, berkata: the main thing is to keep the main thing the main thing.”

Ya! Jika Anda bisa berpegang pada kata-kata tersebut Anda akan melewati kesibukan dengan mudah. Selamat mencoba, Bright Friends!

Faris Abdul Jabarpada

Kata sibuk udah terlalu main stream. Sekarang waktunya kita ngendaliin kesibukan kita agar tidak membuat kita frustasi. Nah ini nih strategi yang keren buat ngilangin/meminimalisir kesibukan kita. Kita harus buat daftar To Do List dengan kotak centang dipinggirnya. Jadi setiap kita selesai mengerjakan itu kita bisa langsung cek list dan bisa liat mana yang belum dikerjakan. Juga beri warna merah untuk yang harus diprioritaskan. Aku udah coba trik ini dan sangat membantu sekali loh Bright Friends :)) Serius deh ^^

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life