DCSIMG

How To Be Happy

5 Cara Seru Menggunakan Twitter

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (3)

Apakah Anda salah satu pengguna Twitter, Bright Friends? Jika ya, berarti Anda adalah salah satu dari 100 juta penggunanya. Ya! Setelah launching 5 tahun lalu, situs micro blogging ini semakin populer. Bukan hanya dikalangan masyarakat saja tapi juga artis hingga politisi.

Bagi Anda yang newbie atau orang baru dalam Twitterland (sebutan untuk dunia Twitter) , singkatnya situs micro blogging adalah sebuah jejaring sosial yang memungkin Anda untuk berkomunikasi dengan orang lain via pesan 140 karakter atau disebut Tweet. Selain itu, Anda juga bisa mengikuti atau follow tweet orang lain dimana nantinya akan muncul di lini masa atau timeline Twitter Anda.

Ternyata Twitter bukan hanya sekedar alat penyalur uneg-uneg dan alat komunikasi biasa. Situs yang dibuat oleh Jack Dorsey ini bahkan bisa berperan sebagai jembatan gerakan kemanusiaan hingga reformasi politik. Contohnya bisa adalah reformasi di Mesir, Tunisia dan Iran yang banyak menggunakan situs jejaring sosial untuk menggerakan reformasi. Selain itu, ada Presiden Amerika Serikat, Barack Obama yang melakukan kampanye pencalonan preseidennya di Twitter dan jejaring sosial lainnya.

Intinya, semua orang dapat saling bertukar pikiran dalam Twitter ini, seperti yang dikatakan oleh Erin Balser, seorang profesional publisher “Tidak penting Anda suka fashion, buku, media atau makanan karena di Twitter banyak orang membahas tentang itu semua”.

Namun menurut Basler, dalam men-tweet sesuatu, sebaiknya Anda fokus pada beberapa topik. Misalnya, fokus berbagi info seputar teknologi atau fashion saja di Twitter.

Dalam Twitter, Anda harus memperhatikan kata-kata penting dibawah ini:

  • Cari hashtag (#) pada topik-topik yang Anda senangi
  • Gunakanlah fitur “Who to Follow”
  • Rajinlah mengecek trending topic Twitter
  • Anda bisa mengkategorikan orang-orang yang Anda follow ke dalam ‘lists’
  • Pada “#Discover” carilah link untuk mencari kategori

1. Buat grup untuk meraih goal
Lara Wellmen dan Karen Wilson menemukan cara seru untuk menggunakan Twitter , yaitu membuat grup untuk meraih goal mereka. Mereka berdua sama-sama memiliki tujuan menurunkan berat badan, setelah bertemu di Twitter mereka saling berbagi tips diet sehat dan olahraga. Gerakan mereka pun berujung manis. Akhirnya, mereka membuat blog LosingItOttawa.com. Hmm…patut dicoba Bright Friends!

2. Tanya jawab
Cara selanjutnya adalah melemparkan pertanyaan dan followers Twitter Anda akan membantu menjawab, hal ini disebut juga dengan crowdsourcing. Anda bisa bertanya seputar apa saja, mulai dari rekomendasi restoran terbaik di kota hingga hal yang pribadi sekalipun.

Hal ini juga sering digunakan oleh perusahaan dan juga organisasi untuk mempromosikan produk mereka, lho! Tujuannya antara lain mencari feedback dari para pelanggan, menaikan awareness hingga mencari donasi.

3. Mencari kerja
Untuk Anda yang sedang membangun karier, Twitter adalah tempat yang pas untuk pencarian kerja. Banyak perusahaan dan jasa recruitment yang membuka lowongannya di Twitter. Tidak hanya mencari kerja, di Twitter Anda juga bisa melebarkan sayap networking untuk mengembangkan karier Anda.

4. Mengikuti diskusi
Sekarang, diskusi tidak harus bertemu muka, lewat Twitter diskusi pun bisa dilakukan. , Twitter dapat menjadi wadah Anda untuk berdiskusi secara digital dengan banyak orang. Sebagai contoh Anda para book lover bisa mengikuti diskusi sera tentang buku-buku yang sedang populer. Salah satu akun yang Anda bisa follow ada @1book140 yang dikelola oleh seorang editor majalah di Kanada.

Balser kembali menjelaskan bahwa manfaat Twitter adalah dapat memperkaya topik-topik baru bagi para pembaca. Selain itu dengan Twitter kita juga dapat berbagi hal-hal seru dengan orang-orang yang belum pernah Anda temui sebelumnya tanpa hambatan. “Lewat Twitter Anda dapat berdiskusi dan bertemu dengan orang baru-baru tanpa hambatan. Yang Anda butuhkan hanyalah komputer atau smartphone yang sudah terhubungan koneksi internet.”

5. Let’s tweetup!
Jika radio punya istilah kopi darat untuk bertemu face to face, Twitter punya tweetup. Jangan hanya akrab di dunia maya, ayo berkenalan lebih jauh denganteman-teman twitter Anda. Untuk Bright Friends yang ingin mendekatkan diri dengan teman-teman baru di Twitterland, lanjutkan saja dengan Tweetup! Caranya? Cukup berikan detail tempat dan tanggal bertemu di Twitter.

Jadi topik apa saja yang sering Anda bicarakan dalam Twitter? Jika Anda suka dengan senang dengan berbagi inspirasi mulai dari keuangan hingga cara hidup sehat, jangan lupa untuk follow @BrighterLifeID. Sampai bertemu di Twitterland, Bright Friends!

@anthywfpada

Beberapa tahun belakangan ini bangun tidur liat teitter dulu, lagi makan, dijalan, sela-sela kerja, mau tidur pun juga gitu. Walaupun ga setiap menit ngetwit, tapi lewat twitter bisa tau apapun (apabila mem-follow orang-orang yang tepat dan informatif) terutama buat orang yang jarang menonton televisi atau membaca majalah/ koran 🙂 berguna kalau pemakaiannya tepat.

    Brighter Life Indonesiapada

    setuju sekali, Anthy. Jika dipakai dengan baik dan positif maka Twitter pun sangat berguna bagi kita 🙂

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life