DCSIMG

How To Be Happy

Tetap Hemat Saat Liburan!

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (0)

Seperti apa liburan favorit Anda dan keluarga, Bright Friends?

Jawabannya pasti beragam. Namun, jawaban tersebut biasanya disesuaikan dengan pertimbangan budget dan waktu. Jika memang memiliki budget dan waktu yang cukup, maka road trip, berkemah, menginap di cottage sambil menikmati laut, hingga belanja bersama ke luar negeri bisa menjadi pilihan.

Lalu, bagaimana jika budget pas-pasan dan waktunya sedikit?

“Karena budget untuk liburan ke luar kota sangatlah besar, dan simpanan kami dianggarkan untuk merenovasi rumah, maka saya hanya bisa mengajak anak-anak liburan ke museum, taman, menghadiri festival-festival, hingga berkenalan dengan tetangga baru,” jawab seorang warga Kanada, Erika David.

Senada dengan Erika, Sheryl Walsh juga mengaku lebih senang untuk liburan di rumah, atau hanya berkeliling kota,
“Liburan di dalam kota itu lebih menyenangkan. Selain lebih aman, dan dekat dengan rumah, kita juga dapat mengontrol keuangan semaksimal mungkin,” lanjut Sheryl.

Namun, berbeda dengan Sheryl dan Erika, Lori Poon menganggap bahwa liburan di rumah bukanlah jenis liburan yang cocok. Menurutnya, liburan di rumah sama seperti akhir pekan pada umumnya. Pekerjaan rumah seperti mencuci pakaian, membereskan kamar, hingga telepon seputar pekerjaan masih sering menggusik esensi liburan yang seharusnya refreshing!

Lalu, seperti apa sebenarnya liburan itu sebaiknya?
Matt Nixon, penulis buku The Great American Staycation: How to Make a Vacation at Home Fun for the Whole Family (and Your Wallet!) sendiri berpendapat, bahwa bila memang tidak memungkinkan, maka Bright Friends bisa menjalankan liburan di rumah atau dalam kota dengan cara menyenangkan. Karena itu, Matt coba memberikan beberapa tips yang dapat dilakukan:

  • Katakan “TIDAK” pada kerja

Sebelum Anda cuti untuk berlibur, bersihkan semua ruangan rumah, mulai dari kamar tidur hingga garasi. Lalu, untuk menghindari datangnya email atau telepon pekerjaan dari kantor, tulisah email out-of-office agar klien dan kolega tahu bahwa anda sedang cuti.
Terakhir, jangan lupa untuk menulis kata “LIBURAN” pada tanggal-tanggal yang tertera pada kelender di meja kantor dan rumah agar pekerjaan tidak terlintas sedikit pun dipikiran Anda. Dengan begitu, liburan pun dapat dinikmati dengan sepenuh hati.

  • Mencari hiburan baru

Mungkin Anda dan keluarga sudah memiliki tempat-tempat favorit yang biasa dikunjungi saat waktu senggang. Seperti restoran, kafe, atau juga tempat piknik favorit anak-anak seperti taman bermain.
Nah, saat merencanakan liburan, coba kesampingkan sebentar tempat-tempat tersebut, dan menggantinya dengan tempat-tempat baru.
Tanyalah pada teman, saudara, atau tetangga mengenai tempat atau acara apa yang sedang happeningdi kota? Cek juga media seperti koran hingga twitter karena banyak orang akan merekomendasikan acara-acara seru. Urbanesia mungkin bisa menjadi salah satu sumber bagi, Bright Friends.

  • Berhematlah

Walaupun tujuan untuk berlibur di dalam kota adalah untuk menghemat uang, tetapi bukan berarti Anda jadi sulit untuk mengeluarkan uang demi kesenangan, seperti candle light dinner di restoran mewah atau perawatan spa.
Anda tetap bisa menikmati dua hal tersebut dengan hemat kok, Bright Friends. Caranya, belilah voucher diskon yang ditawarkan banyak website-website, atau gunakanlah point rewards dari kartu keanggotaan pusat perbelanjaan atau kartu kredit.
Jika Anda tertarik, promo-promo diskon dari restoran atau tempat spa murah seperti itu bisa Anda lihat di Livingsocial atau Adadiskon.

  • Membuat album kenangan

Jangan lupa membawa kamera dan abadikan kesenangan Anda dan keluarga selama liburan. Setelah itu, cetaklah foto-foto tersebut dan buatlah scrapbook atau album foto bertema liburan. Anak-anak pasti akan menyukai kegiatan menempel dan membuat prakarya. Anda sekeluarga pun bisa mengenang kembali liburan menyenangkan kemarin.
Last but not least, jika tetangga atau teman Bright Friends bertanya tentang bagaimana liburan kemarin, Anda tinggal menceritakannya lewat album atau scrapbook tersebut bukan?

That’s it! Jika Bright Friends memiliki tips lain untuk tetap hemat saat liburan, jangan lupa untuk berbagi dengan yang lain di dalam kotak komentar ya!

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life