DCSIMG

Inspiring Story

Aturan 80 / 20

Oleh Merry Riana,

Komentar (0)

Saya pernah membaca sebuah buku yang bagus, Think and Grow Rich, yang ditulis oleh Napoleon Hill. Dari buku itu saya mulai belajar bahwa segala sesuatu berawal dari sebuah ide. Semua dimulai dari pikiran, dan ketika di pikiran ide itu ada, ide itu dapat direalisasikan di dunia secara fisik.

Jadi, saya akan membagi gagasan-gagasan dan filosofi-filosofi saya tentang kewirausahaan kepada Anda dengan dimulai dari komponen yang paling penting dahulu.

The mindset. Cara berpikir.

Pada tahun 1906, ahli ekonomi Italia Vilfredo Pareto menciptakan rumus matematika untuk menjelaskan distribusi kekayaan yang tidak merata di negaranya. Beliau mengamati bahwa 20% populasi memiliki 80% kekayaan yang ada.

Sekarang, jika saya memberikan Anda sebuah pertanyaan, apakah Anda mau menjadi bagian dari 20% minoritas yang memiliki 80% kekayaan dunia atau Anda ingin menjadi bagian dari 80% mayoritas populasi yang memiliki hanya 20% dari kekayaan dunia, apa yang akan Anda jawab?

Dugaan saya adalah Anda mau menjadi bagian dari 20% minoritas yang memiliki sebagian besar kekayaan dunia, bukan?

Pertanyaan saya berikutnya adalah: Jika Anda ingin menjadi bagian dari 20% penduduk kaya dunia ini, apa yang telah Anda lakukan hari ini yang membuat Anda berada di jalur yang benar untuk menjadi bagian dari kelompok 20% itu?

Lihat pada diri Anda sendiri dan lingkungan di sekitar Anda. Apakah Anda melakukan hal yang sama seperti kebanyakan orang? Atau apakah Anda melakukan hal-hal yang berbeda dalam usaha Anda menuju ke 20% populasi yang kaya raya itu?

Jika Anda mendapatkan diri Anda berada di tempat yang sama dengan kebanyakan dari kelompok 80% itu, jika Anda masih melakukan hal-hal yang sama seperti yang dikerjakan mereka, bagaimana Anda berharap bisa menjadi kelompok 20% yang minoritas itu?

Untuk mencapai suatu posisi dalam 20% populasi yang memiliki mayoritas kekayaan dunia, Anda harus mengerjakan hal yang berbeda dari apa yang dilakukan oleh mayoritas.

Anda harus mencari tahu bagaimana orang-orang dari kelompok 20% tersebut berpikir, bagaimana mereka berbicara satu sama lain, tindakan apa yang mereka ambil, dan sebagainya.

Singkatnya, Anda harus bergaul dengan orang-orang yang sudah berada pada kelompok atas yang 20% itu.

Akan lebih baik lagi jika Anda dapat menemukan seorang mentor atau pembimbing yang sudah berada di dalam kelompok istimewa tersebut dan yang mau meluangkan waktunya untuk membimbing Anda menemukan jalan supaya Anda bisa bergerak dari kelompok 80% menjadi kelompok atas 20%.

Merry Riana adalah seorang Pengusaha Miliarder, Penulis Buku Terlaris dan Motivator Wanita No.1 di Indonesia dan Asia. Dapatkan bukunya ‘Dare to Dream Big’, secara GRATIS, di www.MerryRiana.com.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life