DCSIMG

How To Be Happy

Serunya Punya Oma Gaul!

Oleh Retno Sundari,

Wah wah.. si Oma mau ultah ke-75 bulan Desember ini. Anak cucunya sudah mulai heboh bikin run down of event acara ultahnya. Acaranya: cucu-cucu nyanyi dan melakukan pertunjukan sulap, slide show berisi foto-foto Oma beserta keluarga lengkap dengan musik dan kata-kata mutiara, dan tentu saja ada doa dan makan-makan. Berhubung ultah sang Oma bersamaan waktunya dengan libur akhir tahun, maka mulai deh kami browsing internet untuk mencari tempat pestanya dan lalu mulai check availability-nya.

Sementara itu, kesibukan acara ultah pun sudah dimulai seperti memindai koleksi foto Oma djaman doeloe sampai foto Oma dengan anak cucu untuk dijadikan bahan slide show nanti. Ada yang kebagian bikin videonya, semacam profil si Oma gitu. Juga sibuk cari fotografer karena akan bikin foto keluarga dengan dress code polo shirt warna warni dipadu dengan jeans. Yah, sudah dicatat di ‘tablet’ siapa mau pake warna apa. Untuk melengkapi video, akan direkam testimoni dari para cucu yang berjumlah setengah lusin itu.

Berikutnya para cucu mulai sibuk latihan olah vocal dan sulap setiap Sabtu atau Minggu. Acara latihan inipun didokumentasikan untuk ditayangkan pada saat acara. Yah, semacam ‘Behind The Scene’ persiapan ultah Oma.

Banyak kejadian lucu selama persiapan. Misalnya, saking semangatnya sang desainer kostum untuk acara tanpa ragu-ragu memampangkan desainnya di wall anaknya Oma lengkap dengan detail acara dan rencananya dia. Ya ampuunnn, si Oma kan rajin check status Friend-nya dia di FB. Si Oma gaul ini juga Friend dengan anak, cucu, menantu dan saudara-saudara di FB, juga dengan si desainer kostum, yang merupakan teman dari anak si Oma. Oma juga penggiat Black Berry messenger, jadi dia ngga pernah ketinggalan updates terbaru, serta kapan ada kumpul-kumpul. Semoga ngga ada anak cucunya yang menulis status di BBM-nya dalam bahasa 4L4Y: ‘l4g1 l47ih4n un7uk ul74h 0m4’.

‘Kecelakaan’ berikutnya: cucu-cucu setelah capai latihan, mereka browsing serta foto-foto pakai webcam, dan dengan santainya diunggah di FB. Ya ketahuan deh sama Oma kalau kita lagi kumpul-kumpul. Padahal berangkatnya ngga bilang mau ketemuan. Padahal ketika tadi ditelepon Oma, kita ngga ngaku kalau lagi ngumpul. Hebohlah kebingungan mencari cara bagaimana supaya si Oma ngga lihat foto itu. Saking panik dan rada gaptek, yang ada si ABG meng-Unfriend Omanya. Yah, bukannya di-filter aja fotonya. Entahlah bagaimana nasib sang cucu yang meng-Unfriend Omanya ini dan bagaimana dia menjawab pertanyaan Omanya yang dia kirim ulang ‘Friend Request’.

Perjalanan persiapan pesta masih panjang. Pasti masih banyak kejadian-kejadian lucu dan seru. Membuat acara ultah semacam itu memang sudah menjadi tradisi di keluarga Oma. Acara kurang lebih sama, tetapi media yang dipakai sudah banyak berubah. Kalau dulu sudah puas dengan bikin poster yang ditempel foto-foto suami, anak, menantu dan cucu, sekarang bentuknya video dan slide show. Dulu cari lirik dan chord lagu harus beli buku atau foto kopi partitur, sekarang bisa mengunduh menggunakan internet. Dulu kalau Oma kangen dengan cucu harus datang berkunjung atau menelepon sekarang bisa setiap saat contact via BBM atau FB atau social media yang lain. Oma emang gaul dan funky!

Teknologi ternyata memang dapat merekatkan kedekatan keluarga ya, Bright Friends! Buktinya keluarga Oma gaul ini. Namun, Anda harus berhati-hati menggunakan jejaring sosial seperti Facebook, Twitter atau Blackberry Messenger, apalagi ketika pasang status dan posting foto. Keluarga akan dengan mudah melihat Anda sedang apa, dimana dan bergaul dengan siapa saja. Untuk itu, ada baiknya Anda menggunakan fitur filter terhadap kegiatan digital Anda terutama di Facebook, agar tidak semua orang bisa melihat kesuruluhan aktivitas Anda.

Jika Bright Friends memiliki cerita seperi si Oma gaul ini, jangan sungkan untuk berbagi cerita di kolom komentar ya!

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life