DCSIMG

How To Be Happy

4 Cara Agar Tetap Sehat dengan Cara yang Mudah dan Murah

Oleh BrighterLife.co.id

Mahalkah untuk hidup sehat itu, Bright Friends? Anda mungkin akan meng-IYA-kannya jika mengartikan bahwa untuk sehat itu harus olah raga di gym setiap minggu, membeli peralatan olahraga paling canggih, dan menggunakan jasa seorang ahli gizi untuk mengatur makanan Anda sehari-hari.

Namun kenyataannya, menjadi sehat itu murah lho! Bahkan Anda kadang tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk melakukan olahraga. Anda juga ternyata tidak perlu membeli makanan impor yang menurut banyak orang memiliki kandungan gizi lebih banyak!

Tapi bagaiman caranya untuk memulai dan melakukannya? Simak tips dari Brighter Life berikut ini:

1. Lakukan Olahraga yang Murah dan Meriah

Jogging, jalan cepat, skipping, dan bersepeda adalah olahraga murah meriah yang dapat Bright Friends lakukan. Lupakan tentang sepatu running terbaru atau sepeda ala Lance Amstrong untuk menaklukan track sepeda. Gunakanlah sepatu olahraga biasa yang nyaman di kaki Anda dan kayuh sepeda lama Anda.

Coret pergi ke gym dalam daftar Anda. Bersepeda bisa dilakukan di lapangan kompleks rumah atau di berbagai lokasi Car Free Day yang sudah ada di kota-kota besar pada setiap akhir pekan. Dengan begitu Anda akan hemat uang bensin dan membership gym setiap bulannya bukan?

Jika tidak punya banyak waktu untuk berolahraga, Anda tidak perlu menyewa personal trainer untuk membuatkan jadwal atau porsi khusus berolahraga, tapi cukup dengan menyisihkan waktu 15 menit setiap harinya. Menurut European Journal of Applied Physiology, olahraga intens selama 15 menit sama bermanfaatnya dengan olahraga selama 35 menit. Jadi, sebenarnya yang Anda butuhkan adalah disiplin untuk berolahraga dan bukan seberapa berat porsi olahraganya.

2. Rajin Membersihkan Rumah

Lingkungan di sekitar Anda juga menjadi salah satu faktor penting untuk menjaga kesehatan. Maka masukan membersihkan rumah secara teratur dalam to do list Anda agar bakteri seperi E. Coli dan salmonela yang dapat menyebabkan infeksi dan penyakit tidak berkembang biak dengan cepat di rumah.

Membersihkan rumah memang tugas berat namun Anda bisa membuatnya lebih menyenangkan dengan mengajak seluruh anggota keluarga. Bagilah tugas dengan pasangan dan anak-anak. Ajak anak-anak untuk membersihkan kamar dan ruang main mereka. Secara tidak langsung hal tersebut dapat mengajarkan mereka untuk hidup mandiri dan bertanggung jawab atas kesehatan diri mereka. Anda dan pasangan dapat melakukan tugas-tugas berat seperti membersihkan dapur dan kamar mandi atau merawat pekarangan rumah.

Jika kegiatan membersihkan rumah rutin dikerjakan, maka penyakit-penyakit yang mudah menyerang seperti alergi, flu, batuk, diare, dan pilek dapat dihindari. Uang dokter yang biasanya Anda pakai untuk membawa keluarga ke dokter karena penyakit tersebut, bisa Anda investasikan ke hal lainnya. Lagipula, memberishkan rumah ini juga dapat membakar kalori tubuh Anda secara tidak langsung bukan? Another free workout for your body, Bright Friends!

3. Konsumsi Makanan Bergizi

Untuk tetap sehat dan bugar tanpa harus mengeluarkan banyak uang sebenarnya mudah, Bright Friends. Salah satu caranya adalah dengan mulai menyeimbangkan makanan Anda. Jadi, pada menu makanan Anda harus ada protein, karbohidrat, sayuran, buah, dan mineral.

Membawa bekal makanan rumah atau buatan sendiri bisa menjadi pilihan Anda untuk tetap sehat. Selain tahu bahan-bahan seperti apa yang diolah di dapur sendiri, Anda pastinya juga percaya dengan orang yang membuatnya. Hal tersebut jadi membuat Anda menghindari membeli fast food atau makanan cepat saji yang penuh lemak ketika sedang di luar.

Untuk minuman, air putih masih menjadi pilihan terbaik. Minumlah air sesuai dengan anjuran dokter, yaitu 2 liter atau 8 gelas sehari. Apalagi air putih dapat menghindarkan dari berbagai penyakit, seperti jantung koroner. Menurut penelitian Loma Linda University di California; seseorang yang minum minimal lima gelas air perhari memiliki peluang untuk terhindar dari penyakit-penyakit yang ganas.

4. Rekreasi

Setelah kesehatan jasmani dijaga, jangan lupakan yang emotional atau rohani, karena hal tersebut harus bisa saling mendukung. Piknik, pergi ke pantai atau gunung ataupun menonton  film di bioskop bisa menjadi pilihan untuk menyegarkan kembali diri Anda. Apalagi jika dilakukannya bersama orang tercinta seperti pasangan dan anak-anak.

Namun, Anda tidak perlu kok mengeluarkan kocek banyak untuk liburan. Pilihlah tempat-tempat murah atau piknik gratis. Contohnya seperti taman-taman kota, atau museum. Selain mengembalikan lagi kesegaran diri, Anda atau anak-anak bisa belajar sejarah atau kebudayaan Indonesia.

Bagaimana, Bright Friends? Sudah siapkah menjawab pertanyaan Sehat  Itu Mahal dengan jawaban Tidak? Yuk mulai hidup sehat dengan cara-cara di atas mulai dari sekarang!

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life