DCSIMG

Event

Kuis Brighter Life 2: GRAND PRIZE

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (120)

Sebelum menjawab pertanyaan berhadiah Blackberry, bacalah mekanisme pertanyaan Grand Prize di sini.

Pertanyaan: Bright Friends, apa sih arti Hari Raya Idul Fitri bagi Anda?

Jawablah pertanyaan diatas pada kotak komentar dengan jawaban pribadi dan orisinil Anda, sertakan juga Email, URL Facebook dan Twitter Anda. Jangan lupa untuk membaca syarat dan ketentuan pada link berikut. Semoga beruntung dan tunggu kuis seru lainnya dari Brighter Life Indonesia. Good luck, Bright Friends!

Yanliatipada

Hari Raya Idul Fitri menurut saya adalah waktu dimana hari kemenangan setelah 1 bulan penuh berpuasa menahan hawa nafsu, hari ber silahturami dan saling memaafkan dengan kerabat dan kolega (keluarga, saudara, teman, rekan kerja dan tetangga). Waktunya berbagi kepada orang tua, sesama (fitrah) dan salam tempel kepada anak2 kecil, yang sudah menjadi tradisi turun temurun bagi orang2 yang sudah mempunyai penghasilan. Senangnya bisa berbagi dan melihat mereka bahagia, membelikan baju baru, sepatu baru buat orang2 yang kita cintai. INDAHNYA BERBAGI di moment yang suci ini.

    Wiwipada

    Hari Raya Idul Fitri merupakan hari raya yang dirayakan oleh umat Islam sebagai hari kemenangan melawan hawa nafsu dan rasa lapar selama sebulan penuh. Hari Raya Idul Fitri dijadikan sarana oleh umat muslim untuk mempererat hubungan (silahturahmi) antar sesama umat muslim maupun non muslim untuk saling maaf memaafkan, memberikan uang raya antara orang tua dan anak2nya dan biasanya masyarakat berkunjung ke rumah-rumah tetangga ataupun saudaranya untuk bersilaturahmi, yang dikenal dengan “halal bi-halal”, memohon maaf dan keampunan kepada mereka.

    Arti dan makna dari Idul Fitri yang sebenarnya menurut saya adalah kembali kepada naluri kemanusiaan yang murni, kembali kepada keberagamaan yang lurus, dan kembali dari segala kepentingan duniawi yang tidak Islami, Inilah makna Idul Fitri yang asli. Idul Fitri seharusnya dimaknai sebagai ‘Kepulangan seseorang kepada fitrah asalnya yang suci‘ sebagaimana ia baru saja dilahirkan dari rahim ibu. Secara metafor, kelahiran kembali ini berarti seorang muslim selama sebulan melewati Ramadhan dengan puasa, qiyam, dan segala ragam ibadahnya harus mampu kembali berislam, tanpa benci, iri, dengki, serta bersih dari segala dosa dan kemaksiatan.

    Jadi kesimpulannya, dengan membina hubungan yang baik dengan sesama berati umat Muslim sudah membangun hubungan yang baik juga dengan ALLAH SWT lewat Hari Raya Idul Fitri ini dengah kembali ke fitrah yang suci, yang bebas dari benci, iri, dengki, serta bersih dari segala dosa dan kemaksiatan.

Iwan Tauruspada

Arti Hari Raya Idul Fitri adalah hari kemenangan dimana semua orang berbagi kegembiraan dan bersukacita karena telah berhasil melawan/mengendalikan segala hawa nafsu duniawi. Dan merupakan awal perjalanan baru untuk senantiasa konsisten menjaga kesucian hati dan menerapkan prilaku mulia didalam kehidupan sehari-hari sebagaimana layaknya menjalankan ibadah pada bulan puasa.

Yanliepada

Hari raya idul fitri menurut saya adalah hari kemenangan setelah 1 bulan penuh kita puasa menahan hawa nafsu, lapar, haus dan emosi. Hari dimana kita merayakan kemenangan dengan mgucap syukur kepada ALLAH SWT karena telah diberikan kekuatan menjalankan ibadah ramadhan dengan BERBAGI KASIH & KEBAHAGIAAN BERSAMA, membagi2kan fitrah kepada orang2 yang kurang mampu, berbagi dengan orang2 yang kita kasihi, seperti orang tua yang telah membesarkan kita, saudara2 dan tetangga. Saatnya keluarga besar berkumpul saling silahturami dan saling maaf memaafkan serta tidak lupa tradisi salam tempel kepada anak2 kecil saudara maupun tetangga. INDAHNYA SALING BERBAGI DI HARI YANG FITRI.

Rio Wijayapada

Hari Raya Idul Fitri bagi saya adalah kebahagiaan dan kemenangan.
Kebahagiaan karena di kita bisa berkumpul bersama keluarga dan kerabat jauh, saling maaf-maafan bahkan bisa menyambung tali silaturahmi yang sempat terputus.
Kemenangan karena kita berhasil melaksanakan Ibadah Puasa satu bulan penuh dengan harapan dosa-dosa kita terhapus dan menjadi pribadi yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Rudy Tanpada

Saatnya kita merenungkan apa yang telah kita buat selama ini, baik kesalahan yang disengaja maupun tidak, menikmati keindahan berkumpul dalam silahturahmi. Menghargai kebersamaan ini dengan tidak mengutak atik gadget masing-masing, karena kesempatan berkumpul bersama itu begitu berharga.

Andre Budimanpada

Idul Fitri dimaknai sebagai `kepulangan seseorang kepada fitrah asalnya yang suci` sebagaimana ia baru saja dilahirkan dari rahim ibu. Secara metafor, kelahiran kembali ini berarti seorang Muslim yang selama sebulan melewati Ramadhan dengan puasa, qiyam, dan segala ragam ibadahnya harus mampu kembali berislam, tanpa benci, iri, dengki, serta bersih dari segala dosa dan kemaksiatan.
Idul Fitri berarti kembali pada naluri kemanusian yang murni, kembali pada keberagamaan yang lurus, dan kembali dari seluruh praktik busuk yang bertentangan dengan jiwa manusia yang masih suci. Kembali dari segala kepentingan duniawi yang tidak islami. Inilah makna Idul Fitri yang asli.
Adalah kesalahan besar apabila Idul Fitri dimaknai dengan `perayaan kembalinya kebebasan makan dan minum` sehingga yang tadinya dilarang makan siang, setelah hadirnya Idul Fitri akan balas dendam., atau dimaknai sebagai kembalinya kebebasan berbuat maksiat yang tadinya dilarang dan ditinggalkan. Kemudian, karena Ramadhan sudah usai maka kemaksiatan kembali ramai-ramai digalakkan. Ringkasnya, kesalahan itu pada akhirnya menimbulkan sebuah fenomena umat yang saleh musiman, bukan umat yang berupaya mempertahankan kefitrian dan nilai ketakwaan.

https://www.facebook.com/ichsan.sugiarto4pada

Arti Hari Raya Idul Fitri menurut saya adalah kembali ke Fitrah. Makna Fitrah sendiri ialah kembalinya kita ke jalan yang lurus. Hari Raya Idul Fitri tak lepas dari bulan Ramadhan yang pada bulan tersebut kita diajarkan untuk puasa. Dengan berpuasa, kita dapat mengembalikan kehidupan yang sebenarnya sesuai dengan ajaran Islam. Selain hubungan manusia dengan Allah SWT, Fitrah sendiri juga akan mengajarkan saling memaafkan kepada sesama manusia. Dengan adanya saling memaafkan, hubungan manusia dengan manusia akan saling terjaga sehingga akan tercipta suasana yang mendamaikan.

ANDIRIKASORAYApada

Hari Raya Idul Fitri itu menjadikan kita suci kembali dengan menzakat kan harta yang kita miliki selama kita bekerja buat orang- orang yang membutuhkan ,berkumpul dengan keluarga yang selama ini mungkin sibuk dengan pekerjaan masing-masing ,bermaaf-maafan dengan kedua orangtua,keluarga,tetangga,sahabat,kerabat jadi yang sebelumnya musuhan bisa kembali damai, dan biasanya juga ada acara open house jadi buat makanan daerah kebetulan saya dari sulawesi selatan tapi menetap di palembang jadi pas lebaran buat namanya langkak dan dibagi-bagikan ke tetangga dan sebaliknya juga tetangga membagikan pempek dan dari daerah lain dengan masakan nya membagikan jadi biar semuanya ngerasain indahnya perbedaan dari suku,.bertakbir (Allahu Akbar) dari malam takbiran sampai pagi sebelum sholat Ied dan berkunjung ke makam keluarga yang telah mendahului kita. pokoknya bulan yang paling indah hanya bulan Ramadhan dan Idul fitri 😀

Fathor Rasyidpada

Idul Fitri merupakan moment penting yg selalu dinanti semua orang termasuk sy.
Idul Fitri menjadi media untuk merekatkan tali persaudaraan melalui silaturrahim.
Persaudaraan yg terhalang jarak, waktu, problem, salah paham, semua terurai dg Idul Fitri.

Lukas Parlinggomanpada

Arti Hari Raya Idul Fitri adalah kesempatan untuk kebersamaan. Mengapa? Di Hari Idul Fitri saya bisa bertemu saudara-saudara yang sudah lama tidak bertemu karena kesibukan masing-masing dengan tujuan untuk mempererat kebersamaan dengan makan bersama, bercengkrama, dan saling memaafkan.

nataliapada

Hari raya idul fitri adalah momen kemenangan setelah berlapar-lapar puasa,menahan godaan baik fisik maupun batin& dihadapkan banyak cobaan. Ketakwaan dan ketabahan dalam menjalankan puasa,dan bagaimana kita memaknainya menjadi moment kesempurnaan yang disambut dengan kemenangan. Karena itu “MUDIK” selalu disambut dengan ledakan kebahagiaan termasuk saya, karena saat-saat berkumpul bersama keluarga tercinta adalah moment yang tidak dapat diganti’kan oleh apapun jua. Terima kasih Allah

Adelia Herminawatypada

Ketika merayakan Idul Fitri setidaknya ada tiga sikap yang harus kita punyai, yaitu:
1. Rasa penuh harap kepada Allah SWT (Raja’). Harap akan diampuni dosa-dosa yang berlalu. Janji Allah SWT akan ampunan itu sebagai buah dari “kerja keras” sebulan lamanya menahan hawa nafsu dengan berpuasa.
2. Melakukan evaluasi diri pada ibadah puasa yang telah dikerjakan. Apakah puasa yang kita lakukan telah sarat dengan makna, atau hanya puasa menahan lapar dan dahaga saja. Di siang bulan Ramadhan kita berpuasa, tetapi hati kita, lidah kita tidak bisa ditahan dari perbuatan atau perkataan yang menyakitkan orang lain.
3. Mempertahankan nilai kesucian yang baru saja diraih. Tidak kehilangan semangat dalam ibadah karena lewatnya bulan Ramadhan, karena predikat taqwa seharusnya berkelanjutan hingga akhir hayat.

Nina Agustinapada

Hari raya idul fitri adalah suatu kemenangan besar bagi umat Islam karena telah brhasil melewati ujian selama menjalankan satu bulan penuh ibadah puasa. Selain itu, idul fitri juga menjadi gerbang seseorang untuk menjadi pribadi yang lebih baik dengan tetap menjaga kesucian hati dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah. Hari raya idul fitri juga merupakan momentum berharga untuk kita agar dapat berkumpul bersama keluarga dan sanak saudara.

Rangga Ary Pratamapada

idul fitri itu kembali ke fitrah. setelah sebulan penuh berpuasa, beribadah, lebih bertaqwa kepadaNya, serta membayar zakat mensucikan harta. kita kembali bagai bayi yang baru lahir, tanpa dosa. amiiiinn

Evelyn Octaviannipada

Hari raya Idul Fitri adalah saat dimana kita merayakan kemenangan setelah sebulan penuh melewati ujian dan puasa. Idul Fitri juga membuat para umatnya lebih dekat dan terbuka kepada sang Pencipta dan lebih menjaga silaturahmi dengan sanak saudara

nataliapada

Hari raya idul fitri adalah momen kemenangan setelah berlapar-lapar puasa,menahan godaan baik fisik maupun batin& dihadapkan banyak cobaan. Ketakwaan dan ketabahan dalam menjalankan puasa,dan bagaimana kita memaknainya menjadi moment kesempurnaan yang disambut dengan kemenangan. Karena itu “MUDIK” selalu disambut dengan ledakan kebahagiaan,layaknya saya. karena saat-saat berkumpul bersama keluarga tercinta adalah moment kebersamaan yang tidak dapat terganti’kan oleh apapun jua. Thanks to Allah

Yessika Budihendratapada

Ketika mendengar kata Idul Fitri, tentu dalam benak setiap orang yang ada adalah kebahagiaan dan kemenangan. Dimana pada hari itu, semua manusia merasa gembira dan senang karena telah melaksanakan ibadah puasa sebulan penuh.
Dalam Idul Fitri juga ditandai dengan adanya ”mudik (pulang kampung)” yang notabene hanya ada di Indonesia. Selain itu, hari raya Idul Fitri juga kerap ditandai dengan hampir 90% mereka memakai sesuatu yang baru, mulai dari pakaian baru, sepatu baru, sepeda baru, mobil baru, atau bahkan istri baru (bagi yang baru menikah tentunya…). Maklum saja karena perputaran uang terbesar ada pada saat Lebaran. Kalau sudah demikian, bagaimana sebenarnya makna dari Idul Fitri itu sendiri. Apakah Idul Fitri cukup ditandai dengan sesuatu yang baru, atau dengan mudik untuk bersilaturrahim kepada sanak saudara dan kerabat?
Idul Fitri, ya suatu hari raya yang dirayakan setelah umat Islam melaksanakan ibadah puasa Ramadhan satu bulan penuh. Dinamakan Idul Fitri karena manusia pada hari itu laksana seorang bayi yang baru keluar dari dalam kandungan yang tidak mempunyai dosa dan salah.
Idul Fitri juga diartikan dengan kembali ke fitrah (awal kejadian). Dalam arti mulai hari itu dan seterusnya, diharapkan kita semua kembali pada fitrah. Di mana pada awal kejadian, semua manusia dalam keadaan mengakui bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan.
Seiring dengan perkembangan itu sendiri, banyak di antara manusia dalam perjalanan hidupnya yang melupakan Allah serta telah melakukan dosa dan salah kepada Allah dan kepada sesama manusia. Untuk itu, memahami kembali makna Idul Fitri (kembali ke fitrah) dengan membangun kembali pengabdian hanya kepada Allah adalah sebuah keharusan sehingga kita semua dapat menjadi hamba-hamba muttaqin dan hamba yang tidak mempunyai dosa. Dosa kepada Allah terhapus dengan jalan bertaubat dan dosa kepada sesama manusia dapat terhapus dengan silaturrahim.
Idul Fitri atau kembali ke fitrah akan sempurna tatkala terhapusnya dosa kita kepada Allah diikuti dengan terhapusnya dosa kita kepada sesama manusia. Terhapusnya dosa kepada sesama manusia dengan jalan kita memohon maaf dan memaafkan orang lain.

Derry Ryandapada

Hari Raya Idul Fitri menurut saya adalah dimana kita kembali kepada naluri kemanusiaan yang murni, kembali kepada keberagamaan yang lurus, dan kembali dari segala kepentingan duniawi yang tidak Islami, Inilah makna hari Raya Idul Fitri yang asli.

F. Budiwibowopada

Pada hakikatnya Hari Raya Idul Fitri bukan hanya sekadar mengenakan sesuatu yang baru, pakaian misalnya. Karena Nabi SAW bersabda bahwa Idul Fitri bukan dengan pakaian yang serba baru, tetapi bagaimana ketakwaan dan keimanan kita bertambah. Saya memaknai pakaian baru tersebut hanya sebagai simbol suatu inovasi untuk kembali kepada semangat kemajuan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT.

Ayu Noorma Dianapada

titik 0, yaitu bagai bayi lagi, dimana lembaran kertas kembali putih bersih, kembali lg pada kita mau menuliskan apa pada lembaran kertas tersebut.

Ayu Noorma Dianapada

Titik balik 0, dimana kita akan seperti bayi lagi, tanpa noda tercela. bagai kertas yg masih putih bersih, yang terserah kita mau menuliskan apa di kertas tersebut

achmad arbainpada

Hari Raya Idul Fitri memiliki makna sangat besar bagi kita kaum muslim serta orang Islam seluruh dunia, dimana kemenangan setelah berjuang sebulan penuh melawan musuh begitu besar yaitu “Hawa Nafsu” dimana kita mampu melewati semua rintangan, cobaan meredam semuanya dengan Hari Raya Idul Fitri kita Keluar sebagai pemenang Yang bersih Hati, Jiwa, Raga, hilang semua penyakit hati, menjadi seorang muslim yang benar-benar fitrah kembali ke jalan Allah SWT, seperti Bayi yang baru dilahirkan dari rahim seorang ibunya, serta berharap dan terus berjuang setelah Hari Raya Idul fitri mampu dan bisa Menjadi manusia yang ber perangai juga bertabiat baik, baek sesama makhluk Allah maupun kepada sang Khalik Allah SWT.

Andhika Adhidarmapada

Idul fitri adalah sebuah perayaan kemenangan yang fitri, dan sebuah titik dimana kita kembali ke nadir. Semua kembali menjadi putih dan bersih. Tempat dimana orang bisa saling ikhlas memaafkan satu dengan yang lain nya, dan juga bersilaturahmi dengan keluarga maupun sesama umat manusia baik muslim atau non-muslim.

R'lieta prabawatipada

idul fitri menurutnya merupakan hri kemenangan dmna manusia kembali k fitroh kmbali suci,hari dmna manusia melebur dosa,mempererat silaturahmi.

Annisa F (@nisha_nova)pada

Makna Idul Fitri bagi saya adalah kembali ke fitrah,layaknya seorang bayi yang baru dilahirkan,putih tanpa dosa sehingga dalam Idul Fitri harapan terbesar adalah pengampunan dosa-dosa yang telah berlalu oleh Allah swt,dan peningkatan ibadah dari tahun-tahun sebelumnya.Dalam Idul Fitri pula,kesempatan kita untuk saling memaafkan atas kesalahan masa lalu sehingga persaudaaran dan silaturahmi tetap terjalin erat.

Ria Puspita Wijayantipada

Arti Hari Raya Idul Fitri bagiku adalah Hari dimana tidak ada lagi kata marah, tidak ada lagi kata benci, tidak ada lagi kata emosi, yang ada adalah kata rindu, yang ada ialah kata cinta, dan yang terpenting ialah kata maaf. Hari dimana kita sebagai umat muslim yang berbudaya bisa berbagi kebahagiaan dan rejeki yang kita miliki kepada setiap manusia agar bisa sama sama merasakan keberkahan di hari kemenangan ini.

Ahmad Hakimpada

Makna Hari Raya Idul Fitri buat Saya adalah kembali ke fitrah semula dimana dosa-dosa yang lalu di ampuni oleh Allah SWT.Dan manusia kembali suci seperti bayi baru lahir.
Bisa juga diartikan sebagai hari kemenangan setelah sebulan berpuasa yang penuh dengan cobaan dan ujian,oleh karena itu saat hari raya idul fitri bagi yang menjalankannya puasa sebulan penuh patut untuk merayakan kemenangan tsb.
Hari raya idul fitri bisa juga dijadikan momentyang tepat untuk bermaaf-maafan,kepada handai taulan dan sanak saudara serta tetangga,karena manusia tidak luput oleh khilaf dan dosa.Dan bisa juga dijadikan ajang untuk berkumpul bareng sanak famili sambil makan makanan khas lebaran seperti ketupat,opor ayam,dan semur daging dll.

Dimas Aryo perdhanapada

Arti Hari Raya Idul Fitri menurutku:
– waktu kecil sebagai hari kesenangan karena bisa senang2 dengan pakaian baru, makanan enak, dan angpao dari orang2
– setelah baligh merupakan hari kemenangan, karena mulai wajib berpuasa sebulan penuh, dan saya akan merasa menang bila berhasil melaksanakannya
– dan ketika berfikir dewasa maka Idul Fitri berarti hari pensucian, dimana kita kembali suci/fitri setelah menebus dosa2 dengan rangkaian ibadah dan membayar zakat di bulan Ramadhan, dan juga bermaaf-maafan di hari Lebaran. Karena itu sangat sayang sekali bila kita kembali melakukan dosa2 setelah hari raya Idul Fitri.

Minal ‘Aidin wal Faizin ~ Mohon Maaf Lahir dan Batin.

gogiek sugiyonopada

Arti Idul Fitri bagi saya ? Sangat berarti, bahkan teramat sangat berarti, hari dimana aku dapat kembali ketempat asalku, melepas rindu berhari hari dengan orang tua dan keluarga tercinta. Hari dimana aku bisa menghapus semua kesalahanku selama setahun dengan orang orang yang telah aku sakiti selama ini, baik aku sengaja maupun tidak. Hari dimana semua bergembira dan bersuka cita menyambut hari kemenangan setelah sebulan berpuasa. Dan hari dimana aku bisa kembali merasakan masakan istimewa ibuku, masakan yang tidak bisa aku rasakan tiap hari, karena jarak dan waktu yang memisahkan aku dengan orang tuaku.

Gunawan Candrapada

Hari yang ditunggu – tunggu oleh umat muslim sedunia, moment kemenangan setelah menjalani ibadah ramadhan 1 bulan penuh, kembali menjadi suci dan lahir baru. Ajang ber silahturami dengan sanak keluarga, kerabat dan kolega. Masa2 kebersamaan dengan keluarga menikmati sajian makanan khas lebaran, berkunjung dari satu rumah ke rumah lainnya, serta jalan-jalan bersama sanak keluarga. Menikmati masa-masa kebersamaan yang langka, karena rutinitas hidup yang begitu padat dari masing2 orang. Serta tidak lupa berbagi kebahagiaan dengan orang2 yang kurang mampu. Nikmatnya kebersamaan dan berbagi kebahagiaan dibulan penuh kemenangan ini.

Wati Bagaspada

Hari Raya Idul Fitri adalah hari kebahagiaan dan hari kemenangan, dimana kita telah melaksanakan ibadah shaum atau puasa selama sebulan penuh. Idul Fitri juga identik dengan suatu hal yang baru, dari baju baru, sepatu baru, sandal baru, mobil baru, atau mungkin Istri/Suami baru (bagi yang baru menikah). Idul Fitri adalah saat untuk kita saling memaafkan, setelah kita bertaubat dan berikhtiar di bulan ramadhan sebelumnya.

Viky Arifiansyahpada

Makna Idul Fitri merupakan sebuah puncak atau klimaks bagi umat Islam dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Pada hari ini umat muslim mendapatkan kemenangan dalam menggapai kesucian atau perwujudan dari kembali dalam keadaan fitrah (suci).

Dan juga hari Raya Idul Fitri juga bermakna hari bersuka cita, hari besar dimana semua orang harus terbebas dari kesedihan, kesusahan dan jangan sampai ada orang yang meminta-minta. Maka diwajibkan bagi umat muslim yang mampu untuk membayar zakat yang berupa zakat fitrah kepada fakir miskin sebagai bentuk dari berbagi kebahagiaan dari mereka yang tidak berpunya agar bisa merasakan suka cita pada hari tersebut.

Aris Rismantopada

Idul Fitri adalah hari dimana dibebaskannya kita dari dosa yang telah lalu karena telah menjalankan puasa dengan sempurna. Idul Fitri adalah hari raya kemenangan terbesar karena kita telah menaklukkan perang terbesar yaitu melawan hawa nafsu kita sendiri ketika melawan godaan yang ada sewaktu berpuasa. Juga waktu terbaik bersilaturahmi dengan keluarga yang jarang kita temui dalam keseharian.

ekodoklompatpada

Hari Raya Idul Fitri bagi saya adalah hari kemenangan. Menang karena telah berpuasa selama 1 bulan penuh melawan segala hawa nafsu. Pada hari itu, kita kembali kepada fitrah. Ibarat terlahir kembali ke dunia dalam keadaan suci. Dan semuanya harus berawal dari 0 lagi.

Dinda ♥ D@nd@ (@aimbjm85)pada

Hari Raya Idul Fitri memiliki makna sangat besar bagi kaum muslim seluruh dunia, dimana kemenangan setelah berjuang sebulan penuh melawan musuh begitu besar yaitu “Hawa Nafsu” dimana kita mampu melewati semua rintangan, cobaan meredam semuanya dengan Hari Raya Idul Fitri kita Keluar sebagai pemenang Yang bersih Hati, Jiwa, Raga, hilang semua penyakit hati, menjadi seorang muslim yang kembali fitrah ke jalan Allah SWT, seperti Bayi yang baru dilahirkan dari rahim seorang ibu, serta berharap dan berjuang setelah Hari Raya Idul fitri mampu dan menjadi manusia yang berperangai juga bertabiat baik, baek sesama makhluk Allah maupun kepada Allah SWT.

Dendypada

Idul Fitri itu diartikan dengan kembali ke fitrah . Dalam arti mulai hari itu dan seterusnya, diharapkan kita semua kembali pada fitrah. Di mana pada awal kejadian, semua manusia dalam keadaan mengakui bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan. Idul Fitri bisa juga diartikan sebagai hari berbuka secara massal kaum muslimin setelah sebulan lamanya menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Dendy Surachmanpada

Idul Fitri itu diartikan dengan kembali ke fitrah . Dalam arti mulai hari itu dan seterusnya, diharapkan kita semua kembali pada fitrah. Di mana pada awal kejadian, semua manusia dalam keadaan mengakui bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan. Idul Fitri bisa juga diartikan sebagai hari berbuka secara massal kaum muslimin setelah sebulan lamanya menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Raden Laksmithapada

Idul Fitri adalah satu- satunya hari dimana saya bisa mengakui, meminta maaf dan memaafkan atas segala kesalahan dibandingkan hari hari lainnya, dan setelah itu saya harus berpikir, belajar dan berubah. Idul Fitri juga yang sering mengingatkan saya, tentang Idul Fitri selanjutnya, bersama siapa saya melewatinya, masihkah dengan orang orang yang sama? Dan itu yang membuat saya jauh lebih menghargai, menyayangi dan menjaga mereka. Jauh diartikan sebagai hari kemenangan, Idul Fitri bagi saya adalah hari dimana saya harus bisa berjanji u/ menjadi lebih baik lagi.

ruby brinnapada

menurutku hari raya idul fitri itu adlh makna sebuah kemenangan stelah sebulan manahan diri dr makan, minum, amarah, dan emosi, dan saat utk kita bersilaturrahmi kpd org tua, kerabat dan teman2 yg mgkn sudah jarang kita temui, untuk meminta maaf dan kembali menyucikan diri kita.

Yayan Heryanapada

Hari Raya Idul Fitri adalah kembali ke Fitrah, dimana kita seperti seorang bayi yang terlahir kembali. Mensucikan hati dengan saling memaafkan, silaturahmi dengan sanak saudara, kerabat, teman, dan melupakan semua dendam yang ada. Hari Raya Idul Fitri identik dengan baju baru, sepatu baru, ketupat dan opor ayam. Tapi semua itu hanyalah sebuah perayaan belaka yang tidak wajib, dan jika kita tidak mampu untuk merayakan nya jangan bersedih. Karena sesungguhnya Hari Raya Idul Fitri adalah Hari Kemenangan untuk semua umat muslim yang telah berpuasa selama sebulan penuh dan yang terpenting dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri adalah dengan hati yang baru, hati yang bersih, dan kebersamaan bersama dengan keluarga untuk salam-salaman saling memaafkan.

Inneke Octavianipada

Arti Hari Raya Idul Fitri buat saya adalah LUAR BIASA. Kenapa?? :
1. Melihat saudara2 saya kaum Muslim yang berjuang dlm menjalankan ibadah puasanya ditengah berbagai kondisi yang ada, (tekanan pekerjaan, stress, panas, emosi, dll) namun tetap bersemangat.
2. Waktunya berbagi dengan sesama.
3. Saling memaafkan tanpa memandang status, jabatan dan apapun itu.
4. Kemenangan setelah 1 bulan menjalankan ujian
5. Kembali hidup baru, memulai lembaran baru untuk mencapai masa depan yang lebih baik
6. Dan yang terpenting adalah saat yang terindah untuk di maknai bersama dengan keluarga terkasih.

Tegar Wahyupada

menurutku hari raya Idul fitri itu dimana kita berkumpul dengan sanak saudara saling meminta maaf dan sekaligus jadi tempat temu kangen saudara yang jauh walaupun cuma setahun sekali tapi ada makna tersendiri

@mamatchimakopada

Bagi saya Idul Fitri merupakan hari yang sangat spesial. Hari dimana kita menjadi suci kembali dan memulai lembaran baru dalam kehidupan. Momen menjalankan shalat ied dan sungkem kepada kedua orang tua merupakan hal yang sangat mengharukan dan menjadi bagian favorit dalam kegiatan di hari Idul Fitri saya setiap tahunnya. Bagi saya Idul Fitri bukan sekedar makan ketupat dan opor ayam, memakai baju baru dan berkunjung ke rumah saudara, tetapi lebih kepada bagaimana kita bisa tetap melaksanakan hal-hal positif yang telah kita lakukan selama bulan Ramadhan seperti beribadah, bersedekah, hidup lebih teratur, menjaga lisan dan perbuatan serta mampu mengontrol diri dari keinginan duniawi dan syahwati.

    Syaulina Azmipada

    Bagi saya Idul Fitri merupakan hari yang sangat spesial. Hari dimana kita menjadi suci kembali dan memulai lembaran baru dalam kehidupan. Momen menjalankan shalat ied dan sungkem kepada kedua orang tua merupakan hal yang sangat mengharukan dan menjadi bagian favorit dalam kegiatan di hari Idul Fitri saya setiap tahunnya. Bagi saya Idul Fitri bukan sekedar makan ketupat dan opor ayam, memakai baju baru dan berkunjung ke rumah saudara, tetapi lebih kepada bagaimana kita bisa tetap melaksanakan hal-hal positif yang telah kita lakukan selama bulan Ramadhan seperti beribadah, bersedekah, hidup lebih teratur, menjaga lisan dan perbuatan serta mampu mengontrol diri dari keinginan duniawi dan syahwati.

Ramadan Siagianpada

Hari raya Idul FItri saya artikan sebagai awal dari perjuangan untuk bertempur pada 11 bulan ke depan hingga akhirnya kita berjumpa lagi untuk Ramadhan selanjutnya. Rasa kegembiraan di Idul fitri akan terasa nikmat jika kita merayakan bersama keluarga dan sanak family lainnya.

Reagy Gie Sukmanapada

Bagi saya hari dimana terjadinya pembersihan diri dari dosa-dosa yang diperbuat selama ini (Dengan Ibadah dan Taubat selama puasa ramadhan), dan dapat bersilaturahmi saling memaafkan dengan anggota keluarga maupun orang-orang sekitar. Sehingga dapat merasakan hubungan keimanan yang baik antara saya kepada Tuhan (Habluminallah), dan hubungan terjalin sosial yang baik dengan sesama manusia (Habluminannas). Itulah makna idul fitri bagi saya, semoga kita dapat kembali menjadi manusia yang fitrah (bersih dan suci). Terima Kasih Mohon Maaf Lahir dan Bathin.

Iwan Tauruspada

Hari Raya Idul Fitri adalah Hari kemenangan dan Kegembiraan dimana kita telah berhasil menggembleng batin dan jiwa menjadi sosok yang lebih tangguh, lebih tahan godaan serta lebih kuat menjaga prinsip dan keyakinan sehingga tercapai tujuan menjadi manusia yang Unggul dan Utama dimata Tuhan dan sesama Manusia.

R'lieta (@Erlita_tatha)pada

Hari idul fitri adalah hari kemenangan, hari dimana kita kembali ke fitroh,kita menjadi suci lagi layaknya seorang bayi yg baru dilahirkan. Selain itu hari idul fitri merupakan hari yg ditunggu umat islam setelah satu bulan menjalan kan puasa.hari dimana orang2 saling bermaaf2an n mempererat tali silatuhmi.

achmad Arbainpada

Hari Raya Idul Fitri memiliki makna sangat besar bagi kita kaum muslim serta orang Islam seluruh dunia, dimana kemenangan setelah berjuang sebulan penuh melawan musuh begitu besar yaitu “Hawa Nafsu” dimana kita mampu melewati semua rintangan, cobaan meredam semuanya dengan Hari Raya Idul Fitri kita Keluar sebagai pemenang Yang bersih Hati, Jiwa, Raga, hilang semua penyakit hati, menjadi seorang muslim yang benar-benar fitrah kembali ke jalan Allah SWT, seperti Bayi yang baru dilahirkan dari rahim seorang ibunya, serta berharap dan terus berjuang setelah Hari Raya Idul fitri mampu dan bisa Menjadi manusia yang ber perangai juga bertabiat baik, baek sesama makhluk Allah maupun kepada sang Khalik Allah SWT.

pebriani manurungpada

bagi saya Hari Raya Idul Fitri itu adalah hari dimana kita kahir kembali menjadi seorang manusia yang telah menang melawan godaan godaan iblis. maka dari itu kita harus meninggalkan segala kejahatan2 yg telah kita perbuat dan berjanji memulai sesuatu dengan sikap dan tindakan sebagai seoorang pemenang

Iyang Bahtiar (@iyangbahtiar)pada

Hari Raya Idul Fitri ? menurut saya adalah hari kemenangan dan kebahagiaan karena kita telah melakukan ibadah puasa satu bulan secara penuh. Namun sesungguhnya arti idul fitri bagi saya adalah fitrahnya. Idul fitri berarti suci atau baru, tapi bukan baru dalam baju, sepatu atau pun barang lainnya melainkan baru dalam pribadi kita. Kita harus bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya dalam semua aspek, semua hal buruk harus menjadi lebih baik di hari Raya Idul Fitri dan hari-hari selanjutnya. Selain itu, ada satu hal yang sangat berarti bagi saya karena di hari Raya Idul Fitri saya bisa berkumpul secara utuh dengan semua anggota keluarga besar, dimana kita bisa saling bertemu sapa dengan semua anggota keluarga dan saling berbagi serta bemaaf-maafan. Hal yang paling indah dari sana adalah rasa kebersamaan yang tidak bisa saya rasakan di hari-hari lainnya 🙂

Syaulina Azmipada

Idul Fitri merupakan hari yang sangat spesial. Hari dimana kita menjadi suci kembali dan memulai lembaran baru dalam kehidupan. Momen menjalankan shalat ied dan sungkem kepada kedua orang tua merupakan hal yang sangat mengharukan dan menjadi bagian favorit dalam hari Idul Fitri saya setiap tahunnya. Bagi saya Idul Fitri bukan sekedar makan ketupat dan opor ayam, memakai baju baru dan berkunjung ke rumah saudara, tetapi lebih kepada bagaimana kita bisa tetap melaksanakan hal positif yang telah kita lakukan selama bulan Ramadhan seperti beribadah, bersedekah, hidup lebih teratur, menjaga lisan dan perbuatan serta mampu mengontrol diri dari keinginan duniawi dan syahwati.

Afifatun Nafisahpada

Idul Fitri adalah hari kemenangan umat muslim di seluruh penjuru dunia. Hari dimana kita kembali ke fitrah, setelah 30 hari berlomba melaksanakan ibadah pada bulan Ramadhan. Kita kembali menjadi kertas kosong, dan untuk selanjutnya tergantung dari pribadi masing-masing mau diisi apa kertas tersebut. Hari dimana kita berkumpul dengan keluarga, teman dan tetangga untuk saling memaafkan dan bersilaturahmi. Dan yang paling penting adalah kita menjadi pribadi yang baru, pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

Hari mardionopada

Hari raya adalah hari dimana semua kembali pada pribadi yang baru dan fitrah. penuh dengan senyum sesama umat muslim yang telah memperoleh sebuah arti kemenangan setelah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan. seperti seorang bayi yang dilahirkan ke bumi dengan keadaan bersih dan suci. Dan Hari raya sendiri adalah sebuah simbol untuk saling berkumpul dengan sanak saudara untuk saling memafkan satu sama lainnya yg tidak luput oleh khilaf dan dosa. Dimana pada hari raya tersebut sajian berupa makanan yg istimewa tersaji untuk menjamu sanak family yg ada saat berkumpul. jadi dapat disimpulkan bahwa hari raya sendiri adalah sebuah moment berkumpulnya sanak family tuk saling memaafkan dan menikmati kemenangannya di bulan yang fitrah dan penuh dengan rakhmatNya.

Selamat Hari Raya Idul Fitri.
Semoga amal ibadah kita selalu dirakhmatiNya selalu.

annisa aidatul fitriapada

Hari Raya Idul Fitri adalah Hari dimana kemenangan suatu umat manusia Islam di dunia, dimana semua umat berusaha untuk membersihkan diri dari segala perbuatan keji, dengki, sombong dan perbuatan tercela lainnya. untuk menuju kenikmatan dan kesempurnaan dirinya di mata Tuhan Pencipta Semesta Alam di Hari yang penuh berkah dan nikmat. Serta dimana Hari Raya Idul Fitri , mengikatkan tali persaudaraan di antara para umat.

dwiartantipada

Arti Hari Raya Idul Fitri bagi saya adalah suatu pencapaian di hari kemenangan, manusia kembali fitri (bersih), dimana sebelumnya kita telah melaksanakan ibadah wajib bagi umat muslim untuk berpuasa selama 1 bulan penuh dengam baik.

Ida Sayyidatul Mufidahpada

Hari Raya Idul Fitri adalah hari kemenangan, merupakan finish dari kegiatan yg telah kita lakukan di bulan Ramadhan. Hari suci yg tepat untuk merenungi, apa yg perlu ditingkatkan n dirubah agar jadi lebih baik. Menjadi suci seperti bayi baru lahir harus jadi penyemangat untuk jadi pribadi yg lebih baik. Setetes air mata tag ada apa2nya jika tak ada niat. Niat jadi lebih dan lebih. Itulah kemenangan yg sebenarnya di hari yg suci ini ^.^)/

annisaaidatulpada

Hari Raya Idul Fitri adalah Hari dimana kemenangan suatu umat manusia Islam di dunia, dimana semua umat berusaha untuk membersihkan diri dari segala perbuatan keji, dengki, sombong dan perbuatan tercela lainnya. untuk menuju kenikmatan dan kesempurnaan dirinya di mata Tuhan Pencipta Semesta Alam di Hari yang penuh berkah dan nikmat. Serta dimana Hari Raya Idul Fitri , mengikatkan tali persaudaraan di antara para umat.

Giswara Darusman Salehpada

Hari Raya Idul Fitri itu Kembali ke kehidupan yang lebih berkualitas , kembali menjadi seorang muslim yang taat , hari dimana seorang muslim kembali menjadi suci diibaratkan secarik kertas putih , dan tugas kita setelah Hari Raya Idul Fitri , yaitu menjaga kesucian kertas putih tadi dengan perbuatan , amal dan ahlak yang lebih baik dari sebelumnya .

Rizqapada

arti hari raya idul fitri adalah waktu dimana kita menjadi suci kembali, setelah mensucikan diri selama sebulan penuh, dan juga menjadi waktu dimana kita akan merasa lebih siap untuk menjalani kehidupan 11bulan ke depan.
Hari raya idul fitri juga merupakan waktu dimana hampir seluruh manusia di dunia saling memaafkan, menjadi ikhlas, dan membangun lagi silaturahmi. Hari dimana kita bisa merasakan kehangatan keluarga yang utuh. Hal mahal yang tidak kita dapatkan di hari hari lainnya.
Hari dimana seorang anak tidak malu meminta maaf pada orang tuanya, saudara, dan temannya. Hari dimana kita semua merasa seperti makhluk yang disayang Allah

Silvia Faradilapada

Kembali ke fitri dan kembali menjadi suci, dengan mempunyai impian baru untuk ke depan serta menjadi lebih baik lagi untuk menjadi umatNYA. Dapat bonus berlipat atas pahala sebulan kemarin serta bonus tambahan berkumpul dengan sanak keluarga untuk merayakan kemenangan ini.

    Silvia Faradila @ipimaripipada

    Menjadi fitri, artinya menjadi kembali bersih, jernih dan suci seperti air mengalir atau seperti kain putih yg bersih serta menjadi lebih baik lagi untuk ke depan sebagai umatNYA. Mendapat bonus dengan pahal berlipat dari bulan Ramadhan dan mendapatkan bonus lagi dapat berkumpul dengan sanak keluarga.

Hendra Eka Putrapada

Hari Raya Idul Fitri bagi saya adalah menjadi pribadi yang baru/new of me..tentunya pribadi yang jauh lebih baik dari sebelumnya,di hari tersebut saya merasa dilahirkan kembali dan mampu memancarkan sinar positif ke lingkungan sekitar dan kesucian ini akan terus dipelihara.

Fajar Rhenzy Elazapada

Idul Fitri adalah hari dimana seluruh umat muslim diseluruh dunia merayakan kemenangan atas hawa nafsunya. Idul Fitri merupakan sebuah gerbang besar yang membuat umat muslim merasa suci dan bersih kembali. untuk itulah Idul Fitri selalu ditunggu-tunggu dan dinanti-nantikan kehadirannya kembali setiap tahunnya. Hari dimana seluruh keluarga besar berkumpul kembali dan saling memaafkan, walaupun bahkan hanya setahun sekali itu bertemunya, namun kehangatan dari keluarga besar akan selalu terasa.

⤳ MuƗƗᗩmmᗩᗪ zuƗƗƦi (@zuhriccho)pada

Hari idul Fitri bagiku adalah Special Moment, dimana kita semua saling “Asking and giving apologize” Kepada orangtua, saudara, kakak,adik,tetangga,guru,dll. Salam-salam, alunan kata “Minal Aidzin” serta senyumanpun mewarnai indahnya hari spesial itu. Hati kita berasa seperti bayi yang baru lahir, putih dan bersih dari dosa. Dan berkumpulnya sanak famili, merupakan kebahagian yang indah dan damai, semua bersukacita menikmati sajian khas lebaran, seperti masakan ketupat.

@HekmatyarOssapada

Idul fitri adalah puncak dari bulan Ramadhan. Selalu identik dengan hari Kemenangan setelah sebulan penuh kita bergejolak melawan hawa nafsu. Momen yang tepat bagi kita yang telah melakukan ibadah-ibadah selama bulan Ramadhan karena iman dan hati untuk kembali ke fitrahnya sebagai makhluk yang suci dan terampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT. Setelah dosa kita kepada Allah SWT diampuni, dosa kepada sesama manusia juga bisa terampuni dengan acara silaturahmi atau bahasa Jawanya “Sungkeman” dengan cara meminta maaf dan saling memaafkan. Setelah Idul Fitri terlewati semoga kita bisa menjadi makhluk Allah yang lebih baik dan bisa menjaga jalan yang benar menuju kebahagiaan akhirat.

    Verry Vernonpada

    Artinya “KEBERSAMAAN YANG FITRI” dimomen yang fitri ini menjadi suatu kesempatan untuk kembali mengingatkan setiap pribadi meluangkan waktu untuk saling berbagi n memaafkan dimulai dari yang terkecil hgg yang terbesar secara bergiliran didalam kebersamaan yang fitri

Nurji Afwanpada

Hari Raya Idul Fitri adalah suatu tanda bahwa telah berakhirnya Puasa / Bulan Ramadhan. dan kita akan kembali dari segala kepentingan duniawi yang tidak Islami.
sedangkan bagi orang-orang tertentu Hari Raya Idul Fitri adalah awal / lahirnya jiwa yang baru dengan perilaku yang lebih baik dari sebelumnya.

Davinapada

Hari raya Idul Fitri adalah hari kemenangan yg sudah ditunggu2, dimaknai sebagai kepulangan kepada fitrah asalnya yg suci seperti baru dilahirkan dari rahim ibu. Kembali kepada naluri kemanusiaan yg murni, diharapkan agar dari sekarang sampai seterusnya kembali ke fitrah.

agus budiartopada

suatu momen dimana manusia (umat muslim) berubah menjadi manusia baru dengan hati dan kelakuan baru, yang tentu lebih baik

Sri Lestaripada

Hari dimana kita kembali ke fitrah, senyum selalu dan saling memaafkan dengan tulus membuat hati kembali bersih dan hari dimana saya berdoa agar tidak pernah mengulangi kesalahan dan semoga tidak membuat kesalahan baru dimasa yang akan datang tentunya semoga bertemu kembali Ramadhan dan Idul Fitri berikutnya

andi suwandipada

Hari Raya Idul Fitri memiliki makna kembali kepada fitrah. Kembali yang dimaksud adalah kembali pada kehidupan yang lurus. makna fitrah ada tiga, yakni fitrah kepada kebenaran yang menghasilkan ilmu, fitrah kepada kebaikan yang menghasilkan etika, dan fitrah kepada keindahan yang menghasilkan seni. Perpaduan antara ilmu, etika, dan seni itulah yang membuat hidup kita menjadi utuh, damai, dan tertib.

Tri Budianto (@antnprakarsa)pada

Hari Raya Idul Fitri adalah hari yang penuh dengan kebahagiaan dan kemenangan.
Dimana semua manusia merasa gembira dan senang karena telah melaksanakan ibadah sebulan penuh di bulan ramadhan. Hari Raya Idul Fitri juga mengembalikan kita kepada sosok manusia yang Fitri, Suci. dan Bersih. Hari Raya Idul Fitri juga sebagai tolak ukur kita untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi dari Tahun-tahun sebelumnya.
Di Hari Raya Idul Fitri juga berkumpulnya Keluarga, teman, sahabat dan tetangga. dimana kita semua saling meminta maaf satu dengan yang lainnya.

-Selamat Hari Raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan Batin.

laviolaadvertisingpada

‘Kepulangan seseorang kepada fitrah asalnya yang suci‘ sebagaimana ia baru saja dilahirkan dari rahim ibu, kelahiran kembali ini berarti seorang muslim selama sebulan melewati Ramadhan dengan puasa, qiyam, dan segala ragam ibadahnya harus mampu kembali berislam, tanpa benci, iri, dengki, serta bersih dari segala dosa dan kemaksiatan.

Yonapada

Keajaban dari ALLAH SWT, krn di hari raya idul fitri ini stiap umat untuk dapat melakukan keajaiban yang luar biasa, seperti jika kita punya kesalahan inilah moment yang tepat untk meminta maaf terlebih dahulu kpd siapa kita berbuat salah. Jika kita terpisah lama dg keluarga inilah saatnya kt memberi keajaiban moment yg fitra ini dg kehadiran kita berkumpul bersama,dan msh bnyk keajaiban2 yg dpt kita lakukan.

Syaulina Azmipada

Bagi saya Idul Fitri merupakan hari yang sangat spesial. Hari dimana kita menjadi suci kembali dan memulai lembaran baru dalam kehidupan. Momen menjalankan shalat ied dan sungkem kepada kedua orang tua merupakan hal yang mengharukan & menjadi favorit dalam kegiatan Idul Fitri saya setiap tahunnya. Idul Fitri bukan sekedar makan ketupat&opor ayam, memakai baju baru dan berkunjung ke rumah saudara, tetapi lebih kepada bagaimana kita bisa tetap melaksanakan hal-hal positif yang telah kita lakukan selama bulan Ramadhan seperti beribadah, bersedekah, hidup lebih teratur, menjaga lisan & perbuatan serta mampu mengontrol diri dari keinginan duniawi dan syahwati.

Marwan Saiful Rokhmanpada

Hari Raya Idul Fitri adalah hari dimana segala penyakit hati dihilangkan dan juga hari dimana keluarga besar dapat berkumpul dengan lengkap.

Triastuti Oktavianti (@triasheart)pada

Hari raya Idul Fitri bagi saya dan keluarga adalah suatu kemenangan dalam pencapaian hidup yang fitri baik secara lahir dan batin; moment silahturahmi dalam bentuk persaudaraan untuk kebahagiaan, berbagi dengan sesama untuk kekayaan dan manfaat dari berpuasa untuk kesehatan.
Seperti Brighter life yang mengajarkan how to be wealthy,healthy and happy begitupula dengan makna hari raya idul fitri bagi saya dan keluarga adalah menjadi individu yang wealthy,healthy and happy.
Selamat Hari Raya Idul Fitri
Mohon Maaf Lahir Batin

Resty Dian Safitri (@rezzdee)pada

Arti Hari Raya Idul Fitri bagi saya, adalah Hari Kemenangan. Kemenangan karena telah berhasil menjalani ibadah puasa selama 1 bulan. Kemenangan karena telah berhasil mengalahkan hawa nafsu selama 1 bulan. Kemenangan karena telah berhasil mencapai kampung halaman dengan selamat demi merayakan Idul Fitri bersama keluarga. Kemenangan tidak harus dirayakan dengan pesta pora, tp dengan berkomitmen utk memperbaiki diri menjadi lebih baik ke depannya.

Esvandiaripada

Idul Fitri berarti harapan agar lembar hitam saya bs sedikit memudar dan jarak antara saya dan surga-Nya smkn dekat walau cuma berkurang sebesar biji zarah.

Nuki Suprayitnopada

Eidul Fitri lebih seperti sebuah penemuan kembali. Penemuan kembali makna hidup, sebagai sebuah perjalanan ibadah yang tiada lain hanyalah untuk Yang Maha Hidup, sebagaimana pelajaran yg diperoleh selama Ramadhan. Pula menemukan kembali kehangatan keluarga dan nikmatnya berbagi, mengingatkan bahwa kita tidak hanya hidup sendiri.

Damas Elwan Zulmaypada

Arti Hari Raya Idul Fitri bagi saya adalah sebuah momen dimana sebuah penghargaan atas kejernihan hati seseorang yang telah melaksanakan ujian selama satu bulan penuh mengontrol hawa nafsu,penghargaan disini diartikan sebagai kegiatan saling memaafkan karena pada momen ini juga tepat untuk melakukan silaturahmi ke semua kerabat dan orang sekitar.

Iman Sulaemanpada

Makna Idul Fitri berarti kembalinya kita kepada naluri kemanusiaan yang suci dan murni, kembali kepada keberagamaan yang lurus, dan kembali dari segala kepentingan duniawi yang tidak Islami.

danii22pada

Arti dari idul fitri itu sendiri adalah kembali fitrah tapi menurut saya sendiri jika mendengar idul fitri berarti harus packing mudik,memakai sesuatu yang baru, mulai dari pakaian baru, sepatu baru, sepeda baru, kalo bisa si motor baru. Tapi yang paling bermakna dari idul fitri adalah kita bisa bersiraturahmi dengan keluarga,saudara,tetangga,teman dan kita tidak canggung untuk meminta maaf dan memberi maaf.

Benny Perdanapada

Bagi saya, Hari Raya Idul Fitri adalah “Reminder”. Pengingat hal-hal yang sudah saya lakukan sebelumnya agar bisa meningkatkan yang baik dan meninggalkan yang buruk. Karena, Hari Raya Idul Fitri bukan hanya tentang kemenangan dan maaf tapi juga tentang meningkatkan iman agar hubungan secara vertikal (tuhan) atau horizontal (manusia) lebih baik lagi dan intens. Saya percaya dengan tingkat iman yang baik maka akan menghasilkan hal-hal yang baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Dan Hari Raya Idul Fitri selalu mengingatkanku hal tersebut.

elvina dyah avantypada

Kebanyakan orang brpendapat bahwa idul fitri adalah sebuah bulan dmn kita dapat menyucikan diri kita dari dosa-dosa.Namun bagi saya makna menyucikan diri itu bisa dilakukan kapanpun. Idul fitri bagi saya bisa di artikan sebagai sebuah hari dimana kita dapat merasakan sebuah hari sukacita yang penuh pahala dan berkat yabg melimpah. Hari dimana kita bisa mengoreksi diri kita selama ini dan mencoba membuka lembaran baru di hari yg fitri ini. selain itu jg bisa di artikan sebagai hari ketupat dan opor ayan sedunia. Selamatt idu fitri mohon maaf lahir dan batin ya 🙂

gusti roozanipada

hari raya idul fitri menurut saya adalah sebuah hari kemenangan bagi umat muslim diseluruh dunia karena telah bberhasil menahan hawa nafsu selama 30 hari dan pada saat hari raya tersebut umat muslim sal

Esvandiaripada

Idul Fitri berarti harapan lembar hitam dlm kehidupan sy warnanya memudar. Semoga jarak sy dan surganya berkurang walau hanya sebesar biji zarah

ANI SITI HANIFAHpada

Hari raya idul fitri buat aku itu hari special yg selalu dinanti-nanti tiap tahunny, hari dimana hanya saat momen itulah dapat bertemu dengan keluarga besar dari kedua orangtuaku, termasuk nenek,kakek,sepupu-sepupu jauh serta keponakan-keponakankun, dan juga memanjangkan tali silaturahmi kita tentunya.

Izahpada

Idul Fitri adl hari raya umat Islam yang diwujudkan dengan saling bermaafan antar muslim dan identik dg mudik ^^

Marco Reeinerpada

Hari raya Idul Fitri menurut saya adalah hari dimana kita memulai lagi sesuatu yang baru, menjadikan masa lalu suatu batu lompatan untuk memulai awal baru. Kebersamaan dengan orang lain dan saling memaafkan merupakan salah satu kunci memaknai Hari Idul Fitri menjadi lebih berarti bagi kita semua.

Iman Sulaemanpada

makna Idul Fitri yaitu kembali pada kefitrahan, dalam artian kembali ke perjanjian awal kita bahwa kehadiran kita di dunia memiliki misi-misi suci yang diamanatkan oleh Allah kepada kita yakni sebagai khalifah di bumi , yakni menjalankan perintah-perintah-Nya dan menjauhi larangan-larangan-Nya

nataliapada

Hari raya idul fitri adalah momen kemenangan setelah berlapar-lapar puasa,menahan godaan baik fisik maupun batin& dihadapkan banyak cobaan. Ketakwaan dan ketabahan dalam menjalankan puasa,dan bagaimana kita memaknainya menjadi moment kesempurnaan yang disambut dengan kemenangan. Karena itu “MUDIK” selalu disambut dengan ledakan kebahagiaan,layaknya saya. karena saat-saat berkumpul bersama keluarga tercinta adalah moment kebers
amaan yang tidak dapat terganti’kan oleh apapun jua. Thanks to Allah

siti nur s mahfiahpada

Hari raya idul fitri menurut saya adalah seharian penuh qta bisa berkumpul bersama sling memaafkan antar keluarga,menghilangkan rasa dengking dn sombong yang terdahulu dn saling menghormati antara tua dn muda. Hari raya ad momen yg sangat indah untuk memintaa maaf pada orang atas perbuatan qta slama ini untuk menghapus dosa” qta yg kemarin” agar di hari itu hati qta lebih bersih dengan ad suka cita bersama setelah qta berpuasaa slama 1 bulan dengan menahan nafsu dri sgala godaan tdk hnya makan dn mnum sja tp juga sikap .dimana di hari rya qta seperti dilahirkan kembali seorang bayi yg sudah dinanti” slama 9 bulan untuk membawa kecerian dn kemenangan bagi sang ibu. Dan Idul fitri tak lupa juga THR untuk smuanyaa ..itu juga momen yg asyik saat qta menunggu berapa yah yang bakal di dapet untuk thun ini pasti deg”.an dn suka buka” amplon.na menebak” isi berapaa yahh wkwk.. Dan saat itu jugaa pasti ngantriii buat dapetin kalau di keluarga.q mulaii dari bayi sampai udh kerja tapi belon nikahh disuruhh barii panjangg banget kayag antri smbakoo wiiieeeeeewww gk bakal terlupakan sperti itu.

rinni sabannipada

hari raya idul fitri bagi saya adalah allah memberikan kesempatan pda saya sebagai manusia baru. Idul fitri juga mempererat tali silaturahmi
memdkat kan keluarga
dan sesama manusia

DENY AFRIYANTOpada

Al-Wa’ily menyebutkan bahwa terdapat empat jenis
arti dari kata “Ied”:
1. Ied bermakna kembali dalam arti rutinitas
tahunan.
2. Ied bermakna rahmat. Allah Swt kembali
memberikan rahmat, ampunan, rezeki, dan
berkah-Nya kepada manusia lebih banyak di hari
Ied.
3. Ied bermakna saling kembalinya (mengunjungi)
kepada sesama manusia dengan saling memberi
satu sama lain.
4. Ied bermakna majazi sebagai hari paling mulia.

Kata ‘ied dalam konteks ayat di atas diartikan sebagai hari raya, hari yang berbeda dari hari-hari biasa. Arti ‘Ied yang lebih jelas dapat dilihat dari perkataan Ali ibn Abi Thalib ra yang diucapkan juga oleh Hasan al-Bishri

Idul Fitri dalam hadis lain dimaknai sebagai hari
“kembali pada kesucian”, bahkan disebut kembali suci sebagaimana pada saat bayi dikeluarkan dari rahim ibunya:

“Sesungguhnya Allah ‘Azza wa Jalla telah mewajibkan bagi kalian berpuasa di bulan Ramadhan, dan mensunatkan shalat malam, maka barangsiapa yang berpuasa dengan penuh keimanan dan berserah diri, akan terbebas dosa-dosanya bagaikan bayi yang dilahirkan dari rahim ibunya” (Diriwayatkan oleh Thabrani)

Segala dosa yang menjadi kotoran jiwa dan badan akan menjadi suci kembali. Inilah keistimewaan utama puasa sebagai zakat badan, sebagai pembersih jasad/badan yang bersifat bukan fisik. Melainkan badan yang terdiri dari daging, lemak, dan lain-lain yang tumbuh dari hasil usaha manusia yang boleh jadi syubhat atau dari barang haram.

Dede Semiawanpada

Jawaban:
Seperti arti harfiah dari nama Idul Fitri, bagi saya Idul Fitri adalah hari dimana kembalinya seorang muslim kepada kesucian dalam dirinya baik kepada Allah SWT maupun kepada sesama manusia yang hidup berdampingan dengannya setelah menjalankan ibadah puasa Ramadhan yang merupakan medan ujian yang diberikan dan dinilai langsung oleh Allah SWT kepada orang-orang yang beriman. Meskipun demikian, bagi seorang muslim yang sejati setiap hari adalah laksana Idul Fitri. Setelah kembali kepada kesucian tersebut, umat muslin wajib menjaga dirinya dari hal-hal yang dapat membuatnya kembali tidak suci. Sejatinya iman sesorang memang pasang dan surut laksana ombak di tepi pantai, namun bukan berarti hal tersebut dapat dijadikan suatu pengesahan bahwa tidak mungkin untuk menjaga keimanan tetap dalam batas selalu pasang agar kesucian tetap terjaga. Keteguhan hati, semangat kembali ke fitrah (kesucian), dan rasa cinta terhadap Allah SWT dan Rasul-Nya lah yang dapat dijadikan pendorong semangat agar keimanan seorang muslim tetap dalam kondisi yang pasang sehingga dengan begitu setiap hari laksana Idul Fitri.

Raden Bambang Widya Permadipada

Saya mengartikan idul fitri sebagai sebuah momen ajaib. Momen ajaib dimana keegoisan untuk “minta maaf terlebih dahulu” sejenak terhapuskan, keangkuhan untuk “menyapa terlebih dahulu” seketika cair, dan kesombongan untuk “menjalin silaturahmi-yang-telah-lama-putus- terlebih dahulu” berangsur pudar.

Sederhana, namun sarat akan makna.

Karena semua orang bisa dengan mudah memohon ampun kepada penciptanya, namun seringkali begitu sulit meminta dan menerima maaf dari sesamanya. Dan idul fitri, merubah itu 🙂

evafitri yanahpada

Idul Fitri adalah hari raya
umat islam setelah berpuasa dibulan ramadan
setiap tanggal 1 Syawal, yang
menandai puasa telah selesai
dan kembali diperbolehkan
makan minum di siang hari. Artinya kata fitri di sini
diartikan “berbuka” atau
“berhenti puasa” yang identik
dengan makan minum. Maka
tidak salah apabila Idul Fitri
disambut dengan makan- makan dan minum-minum
yang tak jarang terkesan
diada-adakan oleh sebagian
keluarga.

Edison Hutapeapada

Bismillah

Yang kita cari adalah ridho Allah SWT .karena semua hal-hal yang kita lakuin di dunia ini tujuannya adalah mencari ridho Allah untuk tunjangan kita nanti di hari akhir.

Inti dari idul fitri itu kemenangan (bagi yang berpuasa) karena selama 1 bulan penuh kita berusaha untuk melawan, bukan melawan orang lain tapi melawan hawa nafsu kita sendiri.

wish me luck. amin Ya Allah

Abdul latif syaifullahpada

Hari dmn Allah SWT menganugerahkan kembalinya ke fitri semua hati dan jiwa orang muslim. krn itu kita harus ikhlas meminta dan menerima maaf dr org lain.

Asep Ruswandipada

Menurut saya Hari Raya Idul Fitri yaitu hari kemenangan umat Islam dimana akan kembali bersih seperti bayi yang beru lahir ke dunia dan ajang tasyakur serta merefleksikan diri untuk kembali mendekatkan diri kepada Allah SWT. Maka dari itu hari raya tersebut bukan untuk hura-hura ataupun pamer kemewahan,haruslah menyadari bahwa Tuhan sangat tidak suka dengan kaumnya yang melampaui batas, segeralah memohon ampun dan berhari rayalah dgn penuh kerendahan hati agar kita mendapat kemenangan secara lahir maupun batin.

Sayidatul Muhsinatinpada

Menjawab
Bagi saya arti lebaran Hari Raya Iedul Fitri adalah momentum merayakan sebuah kemenangan.Kemenangan yg dirayakan karena berhasil menang atas nafsu dan ego diri.Bagaimana bisa demikian?Kita semua tahu puasa Ramadlan yg berlangsung selama sebulan penuh itu dilakukan para muslim yg beriman dengan menahan diri dari makan,minum,nafsu seksual,amarah dll.Makan,minum,nafsu seksual,amarah bila tidak dikendalikan akan memiliki dampak yg merusak bagi kehidupan orang lain,sesama manusia maupun alam sekitarnya.Makan akan sangat merusak bila dilakukan dengan kerakusan.Bermula dari perut keserakahan itu muncul,semula hanya butuh untuk makan hari ini dan esok tapi kemudian muncul ego utk mengumpulkan makanan utk jangka waktu yg lebih lama:sampai tujuh keturunan demikian juga sandang dan papan.Pada akhirnya tak cukup dg menanam sendiri tapi kemudian juga merampas milik orang lain(diantaranya dg korupsi),tidak hny manusia yg jadi korban juga alam menjadi rusak.Demikian juga dg nafsu seksual akhirnya punya 2 istri atau lebih bahkan selingkuh.Amarah,iri dll menyebabkan terjadinya fitnah sampai pembunuhan. Puasa diharapkan akan menumbuhkan empati(bisa merasakan lapar,dahaga,penderitaan orang lain) bagi sesama manusia dan alam sekitarnya.
Bila empati telah tumbuh dan berkembang dalam diri muslim yg beriman maka hidup harmoni manusia dan alam lingkungannyapun terwujud lestari.Untuk maksud itulah berakhirnya puasa Ramadlan dirayakan dg lahirnya sosok insan baru nan fitri.
Selamat Merayakan Iedul Fitri 1433 H:Maaf Lahir Batin!

Ervina Setiantipada

Arti Idul Fitri untuk saya adalah sebuah Kesempatan kita untuk kembali ke fitri (fitrah). Moment dimana kita bisa berkumpul dengan sanak saudara dan orang – orang terkasih. Bukan hanya bisa sekedar berkumpul atau berjabat tangan tetapi juga dengan rendah hati meminta maaf kepada sesama dan dengan ikhlas pula saling memaafkan. Moment yang sangat berharga yang dihiasi banyak tawa, di lengkapi dengan bersama – sama menyantap hidangan khas Idul Fitri seperti ketupat, opor ayam dan aneka makanan lainnya.. Selamat Hari Raya Idul Fitri Bright Friends..

Helmi Maulanapada

Idul Fitri berarti kembali kepada naluri kemanusiaan yang murni, kembali kepada keberagamaan yang lurus, dan kembali dari segala kepentingan duniawi yang tidak Islami, Inilah makna Idul Fitri yang asli dan Idul Fitri seharusnya dimaknai sebagai Kepulangan seseorang kepada fitrah asalnya yang suci sebagaimana ia baru saja dilahirkan dari rahim ibu. Secara metafor, kelahiran kembali ini berarti seorang muslim selama sebulan melewati Ramadhan dengan puasa, qiyam, shala tarawih dan segala ragam ibadahnya harus mampu kembali berislam seutuhnya, tanpa benci, iri, dengki, serta bersih dari segala dosa dan kemaksiatan.

helmimaulanapada

Idul Fitri berarti kembali kepada naluri kemanusiaan yang murni, kembali kepada keberagamaan yang lurus, dan kembali dari segala kepentingan duniawi yang tidak Islami, Inilah makna Idul Fitri yang asli dan Idul Fitri seharusnya dimaknai sebagai ‘Kepulangan seseorang kepada fitrah asalnya yang suci‘ sebagaimana ia baru saja dilahirkan dari rahim ibu. Secara metafor, kelahiran kembali ini berarti seorang muslim selama sebulan melewati Ramadhan dengan puasa, qiyam,shalat tarawih dan segala ragam ibadahnya harus mampu kembali berislam seutuhnya, tanpa benci, iri, dengki, serta bersih dari segala dosa dan kemaksiatan.

Rendy_Chavez_Lesmana (@Rendy_Chavez)pada

Idul fitri merupakan momentum terbaik bagi setiap manusia untuk kembali ke fitrahnya sebagai makhluk yang suci dan terampuni dosanya.

Idul Fitri berarti kembali kepada naluri kemanusiaan yang murni, kembali kepada keberagamaan yang lurus, dan kembali dari segala kepentingan duniawi yang tidak Islami.

Idul Fitri bermakna dari sebuah hasil perjuangan, entah itu karena keharusan atau memang upaya ikhlas untuk memperbaiki kualitas hidup yang jelas setiap orang berhak merayakanya biarkan Allah yang mengukur amal Ramadhan kita.

Fitriah annisa aytapada

aRTI Idul fitri menurut saya yaitu kembali kesucian diri, bagaikan baju putih yang terkena noda, disaat bulan ramadhan dibersihkanlah noda tersebut, dan dengan Idul fitri itu pula bagaikan baju kita bersih dari penyakit hati yang membuat sesama muslimin dan mu’minat disekitar kita.

Rio Pratamapada

Idul Fitri punya Paralelisme makna. Idul Fitri artinya kembali pada Fitrah. Saatnya merayakan kemenangan kita setelah puasa sebulan. Kita rayakan rediscovery. Sebuah inner journey. Dalam Kehidupan sehari-hari, orientasi kita itu adalah outer journey sehingga acap kali kita lupa untuk berdialog pada diri sendiri. nah, Idul Fitri itu merupakan wahana dialog dalam diri kita untuk bertanya seberapa jauh kefitrian jiwa kita. serta bagi saya Idul Fitri adalah momen dimana kita mengungkapkan suatu kegembiraan setelah kurang lebih satu bulan kita yang beragama Islam berpuasa di siang hari dan kembali seperti biasa makan dan minum…

Irwanpada

Hari Raya Idul Fitri menurut saya :
– Moment kemenangan bagi semua umat muslim di dunia.
– Moment penuh berkah, berkah melimpah yang diberikan oleh ALLAH SWTberupa kesehatan dan rejeki THR dari atasan.
– Moment berbagi, berbagi berkah kepada sesama, baik lewat zakat, kepada orang tua yang telah membesarkan kita lewat cucuran keringat dan salam tempel kepada anak2 kecil.
– Moment Silahturami, saling maaf memaafkan tanpa memandang bulu, kaya atau miskin, teman atau musuh.

Enny Widyaningrumpada

Arti Hari Raya Idul Fitri bagi saya adalah:
– hari dimana kita kembali kepada kesucian, baik kepada Allah SWT maupun kepada sesama manusia yang hidup berdampingan dengannya (laksana bayi yg baru lahir),
– hari kemenangan setelah menjalankan ibadah puasa Ramadhan yang merupakan medan ujian yang diberikan dan dinilai langsung oleh Allah SWT kepada orang-orang yang beriman.
– hari dimana kita bisa berkumpul dengan keluarga & bersilahturahim untuk saling bermaaf-maafan.
– hari dimana kita bisa berbagi kebahagiaan kepada sanak saudara/ handetaulan dan kepada orang yg membutuhkan.

anindita dewi kusumaningrumpada

hari raya idul fitri itu berarti hari yang suci dan penuh berkah. Saat kita harus berkaca dan melihat ke belakang tentang semua perbuatan kita, berusaha memperbaiki diri sekaligus menentukan niat baik ke depan yang sesuai dengan jalan Nya.

Winda Imoyati Manikpada

Idul Fitri» KEMENANGAN. Bersih, suci tnpa dosa

Ade Pungkypada

Idul Fitri bagiku merupakan hari raya dimana aku bisa lahir kembali menjadi manusia yg lebih FITRI,menjalankan F)itrah I)man T)aqwa R)asa cinta pd Allah dan sesama dgn I)badah sesempurna mungkin utk meraih kemenangan bersama-sama org2 yg kucintai (keluarga & teman2) serta umat muslim lainnya.

irta desita kustiar (@idekaisetha)pada

hari raya idul fitri bagi saya adalah moment dimana kita kumpul bersama keluarga, memaafkan semua kesalahan, menjadi pribadi yang lebih baik untuk memulai hari yang baru.

joni pramanapada

indahnya kehangatan sangat terasa bahkan dapat disimpulkan kehidupan ini akan lebih indah saat kita semua saling bermaafan , kita bagai terlahir kembali bagai bayi kecil tak berdosa.

joni pramanapada

indahnya kehangatan sangat terasa bahkan dapat disimpulkan kehidupan ini akan lebih indah saat kita semua saling bermaafan , kita bagai terlahir kembali bagai bayi kecil tak berdosa.a

albert oktavianopada

Hari raya idul fitri buat saya merupakan hari yang sakral dan harii yang penuh pengampunan bagi semua umatnya

Ruthadaning Inayatipada

Idul fitri buatku adalah KEMENANGAN dan KESUCIAN.
MENANG dari apa?
Hawa nafsu.
Sebulan penuh kita digodok dalam 1 ibadah bernama puasa. Menahan lapar, haus, iri, dengki, juga amarah yg tergolong hawa nafsu. Jika kita bisa melewati tes tersebut, bisa dibilang kita sudah MENANG.

Trus apa artinya KESUCIAN?
Idul fitri adalah kembali pada fitrah. Fitrah manusia bagai bayi yg SUCI. Jika kita sudah MENANG, sebagai hadiah dr Allah SWT dosa2 kita diampuni. Maka boleh dikata kita kembali tak berdosa.
Namun, dosa2 kita akan diampuni bila kita juga mengampuni orang lain. Jadi tidak hanya hablumminallah tapi juga hablumminannas.
Makanya, di hari Idul Fitri kita harus meminta maaf & saling memaafkan demi mencapai fitrah itu sendiri.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life