DCSIMG

How To Be Wealthy

Tips Mengubah Hobi Jadi Bisnis Menguntungkan!

Oleh BrighterLife.co.id

Komentar (8)

 “Choose a job you love, and you will never have to work a day in your life,” Confucius

Menikmati hobi setelah beraktivitas memang menjadi waktu yang ditunggu-tunggu. Melukis pada akhir pekan atau melakukan hobi fotografi pada waktu senggang menjadi kegiatan yang dapat menghilangkan penat setelah bekerja.

Kadang terlintas di pikiran jikalau hobi Anda bisa menjadi pekerjaan sehari-hari, tentunya akan sangat menyenangkan.Namun sayang, tak semua orang beruntung mendapatkan kesempatan itu. Ada saja aral melintang untuk dapatkan pekerjaan yang sesuai dengan hobi atau passion.

Lantas, bukan berarti Anda harus menyerah! Di Kanada contohnya, banyak pensiunan yang mulai menjadikan hobi menjadi pekerjaan baru.

Menurut British Columbia Women’s Enterprise Centre (BCWEC), pada usia pensiun (di atas 45 tahun), banyak para perempuan yang kembali menekuni hobi, seperti menjahit atau membuat kue, lalu mulai menjadikannya bisnis kecil-kecilan. Malah, tidak jarang, banyak di antara mereka yang menjadikan hobi tersebut sebagai mata pencaharian.

Well, memang tidak ada kata terlambat untuk mencoba berbisnis. Apalagi, jika memiliki waktu senggang dan modal yang cukup.

Mari Mulai Berbisnis!

Nah, siapapun Anda, baik pensiunan hingga fresh graduate, sebelum memutuskan untuk memulai bisnis dari hobi, ada baiknya simak terlebih dahulu tips di bawah ini;

1.      Kenali pasar Anda

Sebelum memulai bisnis baru, ada baiknya Anda mencari tahu seperti apa target pasar bisnis yang akan dijalankan. Apakah pasar sasaran tersebut ada? Jika Anda tidak melakukannya, modal bisnis yang telah dikeluarkan bisa jadi akan sia-sia.

Karenanya, menurut Sandra Altner, CEO dari Women’s Enterprise Centre of Manitoba,  mulailah riset Anda dengan melakukan hal berikut:

  • Sekecil atau sebesar apapun bisnis Anda, membuat rencana bisnis sangatlah penting. Selain bisa mengenal pasar sasaran, Anda pun jadi  tahu siapakah yang menjadi kompetitor bisnis dan akhirnya dapat menentukan harga jual yang cocok serta bersaing.
  • Walaupun Anda sudah tahu skill mengolah hobi Anda, belum tentu Anda tahu tentang mengelola sebuah bisnis. Nah, jika Anda belum punya dasar mengelolanya, ada baiknya Anda mengikuti kursus singkat tentang bisnis atau berkonsultasi dengan pebisnis yang sudah sukses.


2.      Peka dan cermat melihat peluang!

Bersiaplah untuk bertemu dengan pasang surut dunia bisnis. Apa yang terjadi di sekeliling seperti harga BBM dan sembako yang naik atau turun, bisa memberikan efek terhadap bisnis yang sedang Anda jalankan. Karenanya, Anda harus sadar akan hal itu!

Apalagi, kondisi keuangan bisnis akan sangat dipengaruhi oleh beberapa hal tersebut.

Brian Dougherty, seorang pensiunan yang memulai bisnis fotografi menyarankan para pebisnis untuk selalu membuat investasi kecil di luar bisnis yang menjadi fokus utama, sehingga bisa saling menopang kelancaran dari bisnis yang dijalankan.

3.      Jangan Terburu-buru!

Karena pada awalnya Andalah yang akan menjalankan bisnis, cermatilah perihal waktu. Jangan langsung paksakan diri untuk mencari keutungan sebanyak-banyaknya dengan mengambil order pekerjaan yang akan sangat menyita waktu pada saat bisnis Anda baru saja dimulai.

Altner menambahkan,  sebagai permulaan, pilihlah pekerjaan atau orderan yang ringan-ringan saja. Janganlah membuat bisnis baru sesibuk pekerjaan lama Anda. Apalagi masih banyak hal-hal yang harus Anda pelajari terlebih dahulu.

Bagaimana Bright Friends, apakah Anda berencana untuk memulai bisnis yang merupakan hobi? Atau malah sudah ada yang memulai? Jika Anda sudah memulai dan memiliki tips dan trik untuk berbisnis dari hobi, jangan sungkan untuk berbagi pada kolom komentar ya di bawah ya!

Nina Agustinapada

Tips dan trik dalam memulai bisnis dari hobi kita adalah cermat melihat peluang yang ada dan memaksimalkan hobi yang dimiliki dengan modal yang ada serta berpikir kreatif. Contohnya: Saya hobi menulis dan modal saya hanya laptop saja, tetapi dengan laptop saya, saya dapat memaksimalkan hobi menulis saya dengan membuat jasa pengetikan. Walaupun bisnis yang akan kita jalankan mengalami banyak kendala,tetapi tetap berusaha dan jangan menyerah.

Rendy_Chavez_Lesmana (@Rendy_Chavez)pada

hal pertama yang Anda perlu lakukan adalah riset pasar untuk melihat apakah orang akan tertarik membeli produk atau layanan Anda. Periksa untuk melihat apakah ada permintaan di pasar untuk jenis bisnis yang Anda ciptakan. Setelah memeriksa permintaan, verifikasi untuk melihat apakah sudah ada bisnis yang sukses di ceruk itu dan jika demikian, luangkan waktu untuk penelitian mereka.Anda juga dapat meminta keluarga dan teman-teman jika mereka akan tertarik pada jenis bisnis Anda dan meminta mereka untuk masukan. Internet memiliki banyak informasi di daerah ini, jadi pastikan untuk mengambil keuntungan dari itu.

Mengidentifikasi Dream, Visi, Tujuan, dan Misi
Sering kali, ini 4 kriteria yang paling diabaikan. Namun, mereka yang paling penting karena mereka adalah jantung dan jiwa dari setiap perusahaan yang dibuat. Benar mengidentifikasi ini 4 kriteria dan tidak hanya akan bisnis Anda berarti dunia bagi Anda, tetapi akan berdampak positif dan membantu karyawan Anda, vendor, dan dunia mengerti bahwa perusahaan Anda diciptakan bukan hanya untuk membuat keuntungan, tetapi untuk manfaat duniadengan cara yang positif.

Reagy Sukmanapada

Dalam membangun bisnis berdasarkan hobi hal yang harus kita lakukan adalah :
1.Hal pertama yang harus kita lakukan adalah cermat untuk melihat peluang bisnis menguntungkan yang ada dalam hobi kita.
2.Yang tidak kalah penting adalah faktor kepercayaan diri, disinilah faktor yang membuat kita tidak pernah terjun dalam dunia bisnis dan membangun bisnis sendiri karena ketidakpercayaan diri, maka faktor kepercayaan adalah hal penting bagi diri kita untuk mulai membangun bisnis.
3.Jika masih belum ada kepercayaan diri dalam diri anda, maka solusinya mungkin mengajak teman yang punya hobby sama. Karena anda dapat bekerja secara tim dan sukses bersama akan menambah wawasan
4.Sebelum memulai ada baiknya berkonsultasilah kepada pebisnis sukses untuk menambah semangat kita dalam membangun bisnis, ceritakan tentang hobi anda dan mintalah sedikit masukan.
5.Setelah itu mulailai membuat perencanaan bisnis yang akan kita bangun, mulai dari menciptakan visi bisnis, strategi pasar yang kita tuju karena targernya kebanyakan adalah penggunan hobi yang sama, strategi marketing mulai dari internet dengan membuka website, promisi melalui media cetak,media elektronik (Televisi,Radio) dll.
6.Dan Mulailah membangun bisnis anda, action dan focus diperlukan untuk kesuksesan bisnis.
Semoga Tips ini bermanfaat untuk kita semua yang ingin membangun bisnis berdasarkan hobi.

Iwan Tauruspada

Berbisnislah sesuai dengan kemampuan dan bisnis hal2 yg kita sukai dan belum banyak dikerjakan orang lain, jadi ketika menjalankan usaha tersebut akan sepenuh hati dan tidak mudah putus asa,

Rudy Tan (@rudytpi)pada

Memulai bisnis berdasarkan hobi adalah suatu anugerah yg tak ternilai. Dimulai dgn perhitungan yg matang akan resiko yg harus diambil kita bisa mengawali bisnis hobi ini dgn dana yg minim. Jgn pernah menganggap sepele terhadap segala hal yg berkaitan dgn bisnis hobi ini karena bisnis itu bisnis, kalau sudah memutuskan memulai hobi menjadi bisnis maka kita harus “all out” utk mengerjakannya dgn serius.

Dimana bukan tak mungkin bisnis hobi ini malah menjadi tulang punggung penghasilan kita. Memulai bisnis hobi ini kita bisa membentuk komunitas dari hobi tersebut lewat internet. Karena internet market yg besar serta tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan biaya utk mengalang komunitas itu sendiri. Diskusikan dan dapatkan masukan berharga akan bisnis hobi yg akan kita rintis dari komunitas yg kita bentuk sebagai langkah awal menuju kesuksesan.

Berani berinovasi serta merekrut anggota komunitas yg kreatif utk bergabung merintis bisnis hobi bersama, pasti usaha kita jadi berkembang lebih cepat dari yg diperkirakan.

Ervina Setiantipada

Hoby mjd peluang bisnis, itulah yg skrg sy lakoni, sy hobi bikin pernak pernik dr monte,dr batik jg dr kerang.. Saya biasanya bikin gantungan kunci, tas atw bingkai foto,melihat di online skrg bnyk yg menjual aneka ragam brg,sayapun ikut memulai, yg ptg adlh melihat peluang di luar sna, bs dpasarkan dg media online.. Hasilnya sangat diluar dugaan bnyk pesanan dtg untk dbwtkan cinderamata, memang lbh menyenangkan berbisnis krn hoby.. Tipsny adl pintar mcri peluang usaha, media pemasaran dan pantang menyerah..

Hermanpada

selamat pagi,
saya ingin menyanyakan tentang berbisnis, apakah kita juga harus menentukan tempat yang strategis dalam melakukan sebuah bisnis…?

    Brighter Life Indonesiapada

    Halo Pak Herman,

    tentu saja tempat strategis juga sangat penting. Pilihlah tempat yang sesuai target market bisnis yang Anda jalankan.

    Terima kasih 🙂

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life