DCSIMG

How To Be Healthy

Puasa serta Manfaatnya bagi Kesehatan

Oleh Satrio Wicaksono untuk Brighter Life Indonesia,

Komentar (40)

Kesehatan merupakan kekayaan yang sangat berharga karena itu mesti dijaga. Untuk menjaga kesehatan, tubuh manusia perlu beristirahat, salah satunya dengan berpuasa. Selain rohani, ternyata puasa sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jasmani. Puasa dapat mencegah penyakit yang timbul karena pola makan yang berlebihan.

Konsumsi makanan yang berlebihan dapat mengakibatkan kegemukan sehingga muncul penyakit degeneratif seperti kolesterol dan trigliserida tinggi, jantung koroner, kencing manis (diabetes mellitus), dan lain-lain.

Manfaat puasa untuk kesehatan jasmani meliputi antara lain:

  • Merupakan Memberikan kesempatan bagi alat pencernaan untuk beristirahat.
  • Membersihkan tubuh dari racun, kotoran, dan ampas yang merusak kesehatan serta sebagai filter makanan agar terbebas dari bakteri, virus, dan sel kanker sehingga kuman-kuman tersebut tidak bisa bertahan hidup.
  • Menambah produksi jumlah sel darah putih serta meningkatkan daya tahan tubuh. Pada minggu pertama puasa belum ditemukan pertumbuhan sel darah putih. Namun, mulai hari ketujuh atau minggu kedua, penambahan sel darah putih pesat sekali. Darah putih sangat berperan bagi sistem pertahanan tubuh.
  • Menyeimbangkan kadar asam dan basa dalam tubuh serta memperbaiki fungsi hormon yang diperlukan dalam berbagai proses fisiologis dan biokimia tubuh. Hormon dikeluarkan oleh kelenjar endokrin dan hipofisis sebagai reaksi tubuh terhadap berbagai tekanan dan stres lingkungan. Kekurangan atau kelebihan produksi hormon tertentu akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Misal ketika mengalami stres, hormon insulin dan adrenalin yang mengatur waktu lapar terganggu sehingga nafsu makan hilang atau bahkan datang lebih cepat. Kekurangan produksi hormon insulin berakibat munculnya penyakit diabetes, sedangkan bila berlebihan tubuh akan menderita hiperglikemia. Pada saat puasa orang akan bersabar dan berusaha menahan amarah dan senantiasa pasrah pada Tuhan. Hal itu akan membuat fungsi hormon berjalan normal sehingga irama hidup menjadi lebih harmonis.
  • Meremajakan sel-sel tubuh serta meningkatkan fungsi organ tubuh. Puasa akan memberikan rangsangan terhadap seluruh sel, jaringan, dan organ tubuh. Efek rangsangan ini akan menghasilkan, memulihkan, dan meningkatkan fungsi organ sesuai fungsi fisiologisnya, misalnya panca indra menjadi lebih tajam.
  • Puasa meningkatkan fungsi organ reproduksi. Hal ini terkait dengan peremajaan sel-sel yang berpengaruh pada sel-sel urogenitalis dan alat-alat reproduksi lainnya. Hormon yang berkaitan dengan masalah perilaku seksual tidak hanya dihasilkan oleh organ indung telur (estrogen) dan testis (testosteron), tetapi juga oleh kelenjar hipofisis.

Bagi mereka yang berpuasa dianjurkan agar berbuka puasa diawali dengan makan buah kurma, atau dengan buah-buahan dan minuman yang manis seperti madu. Ajaran ini mengandung makna kesehatan karena buah-buahan dan minuman yang manis merupakan bahan bakar siap pakai yang dapat segera diserap oleh tubuh untuk memulihkan tenaga setelah seharian tubuh tidak disuplai oleh makanan dan minuman. Glukosa yang terkandung di dalam buah-buahan dan minuman yang manis merupakan sumber energi utama untuk sel-sel tubuh. Glukosa efektif diperlukan ketika tubuh memerlukan masukan energi yang diperlukannya.

Pada beberapa orang, pada saat puasa mempunyai keluhan seperti merasa lemas dan lesu atau stamina menurun, juga gangguan pencernaan seperti perut kembung dan gangguan lambung. Beberapa bahan pangan tertentu seperti madu, jahe, kencur, temu lawak, dan bahan-bahan lainnya dapat digunakan untuk mengatasi stamina menurun, kembung, dan gangguan lambung pada saat puasa. Bagi yang ingin sehat, kini puasa tidak hanya bagi milik mereka yang muslim, mereka yang non-muslim pun telah banyak yang mencoba turut berpuasa.

Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi kita semua. Tetap semangat dalam menjalani aktivitas, sukses selalu untuk Anda!

Bright Friends, menurut pengalaman Anda bagaimankah agar tetap sehat dan bugar saat puasa?

maysiella sabrina (@siella_)pada

saat sahur minum susu karena mengandung kalsium yang membuat kita tetap fit. Untuk hari biasa tetap beraktivitas seperti biasanya.

Titik M Krisnadipada

Pengalaman saya pribadi untuk tetap sehat & bugar disaat puasa yang terpenting adalah mengatur pola makan yang tepat dan memilih menu yang diperlukan untuk tubuh agar puasanya lancar seharian. Di waktu buka, usahakan menu yang ringan terlebih dahulu,agar perut tidak kaget dgn asupan pertama di saat makan, kmdn di saat sahur saya akhiri dgn minum air putih makan buah kurma dan tak lupa Vitamin agar tetap fit dan tdk lemes seharian berpuasa.

Annisa Fadyahpada

menurut pengalaman saya, agar tetap sehat dan bugar saat puasa adalah ketika sahur, kita harus makan-makanan yg ada seratnya seperti sayur, minum susu atau madu, jika perlu kita minum vitamin. setelah sahur jgn langsung tidur, tp langsung shalat shubuh, tadarusan, olahraga ringan, baru deh pas siangan tidur sebentar biar ga pusing.

ILHAM BUCHORIpada

Agar tetap sehat dan bugar saat puasa berdasarkan pengalaman saya;
1. Bangunlah sahur mendekati waktu imsak atau sekitar jam 4 dini hari. Mengapa? Karena jika kita bangun di waktu tersebut, kita tidak akan merasa kantuk di pagi hari.
2. Perhatikan pola makan. Hindarkan minum es dg jumlah yang banyak dan makan makanan yang mengandung lemak dalam jumlah yang banyak. Berdasarkan pengalaman saya, ketika saya banyak memakan daging, kantuk kerap menyerang saya dan bawaannya mau tidur terus. Begitu pula ketika kita sering mengonsumsi minuman ber-es dg jumlah yang banyak. Berdasarkan pengalaman saya, saya seringkali berludah dan mengeluarkan dahak yang kental. Tetapi setelah menghilangi kebiasaan tsb, alhamdulillah semuanya menjadi lancar dan bawaannya ceria melulu
3. Banyak mengonsumsi buah berair, seperti semangka, pepaya, atau melon. Berdasarkan pengalaman, dengan saya mengonsumsi buah2 tersebut, pencernaan kita tidak ada masalah. Buang air pun menjadi lancar. Selain itu, dengan mengonsumsi buah tersebut, bisa mengurangi tingkat dehidrasi di siang hari.
4. Mandi sebelum shubuh. Berdasarkan pengalaman, mandi sebelum shubuh, membuat kita bertenaga sampai sore hari. Mungkin, banyak orang beranggapan dingin mandi di shubuh hari. Tetapi ketika sering melakukannya, dingin pun tak menjadi masalah.
5. Tetap lakukan olahraga. Banyak orang beranggapan begini, “buat apa olahraga di bulan puasa, buat kita tambah haus dan capek” Sebenarnya mindset seperti itu salah. Justru dengan berolahraga, kita semakin sehat. Tetapi dengan catatan, kita melakukannya di pagi hari atau menjelang waktu berbuka dan olahraga yang dilakukan olahraga-olahraga ringan, seperti sit up, push up, angkat barbel, dll.
dan terakhir atau point ke-6, agar tetap sehat dan di bulan Ramadhan ini tetap aktif menjalankan rutinitas sehari hari tanpa banyak memikirkan sesuatu hal dan selalu berbagi kepada sesama. Percayalah dg begitu, puasa yg kita kerjakan akan tetap lancar tanpa merasa berat.

Sri Lestaripada

1.Sahur dengan makanan yg bergizi lengkap,banyak makan buah dan sayur, hindari junkfood.
2. Minum air putih yg cukup
3.Minum vitamin bila perlu
4. Berolahraga ringan agar tubuh tetap fit

Dewi K. Rahmayanti (@dewikr)pada

Puasa bisa juga diartikan sebagai mengatur metabolisme tubuh, diawali dengan konusmsi makanan yang benar. Agar tubuh tetap sehat & bugar selasa puasa bisa lakukan hal berikut :
1. kurangi konsumsi kafein , baik itu dalam kopi maupun teh. Minum teh hangat ketika sahur memang menyenangkan, tapi teh mengandung zat diuretik, menghalangi penyerapan zat2 gizi ke dalam tubuh , sehingga zat2 tsb terbuang melalui urine.
2. sahur dengan makanan yg berbahan dasar karbohidrat kompleks spt berat merah, gandum dlm jumlah yg cukup. zat ini akan terurai lebih lama sehingga tubuh tidak cepat lapar.
3. Konsumsi buah & sayuran dalam porsi yg besar, karena 2 jenis makanan ini mengandung banyak serat dan air yg lebih lama tersimpan dlm tubuh, sehingga metabolisme tubuh kita lancar.
4. Tidur siang secukupnya (power nap) sekitar 15 – 20 menit. Power nap ini berfungsi untuk mengembalikan kebugaran kita sekaligus mengistirahatkan tubuh.
5. Melakukan olahraga ringan 10 -15 menit misal dg berjalan kaki atau yoga, agar tdk terlalu lelah lakukan sore hari menjelang berbuka.
6. Berbuka dg air hangat , dan makanan manis setelahnya. Gorengan memang enak, tp mengkonsumsi gorengan bisa membuat lemak menghalangi jalannya oksigen dlm darah sehingga membuat tubuh lebih lemas.

Nah, selamat mencoba!

Reagy Sukmanapada

Agar tetap sehat dan bugar pada saat puasa adalah Istirahat dan tidur yang cukup, makan dengan makanan yang cukup pada saat sahur dan berbuka, menu makanan yang sehat dan seimbang untuk badan ( hindari makan berlebihan dan makanan cepat saji ). Pada saat berberbuka diajanjurkan minum minuman yang manis untuk menambah energi, akan tetapi jangan lupa untuk minum air putih yang cukup karena dalam berpuasa kita tetap harus meminum air 8 gelas sehari atau sekitar 2 liter seharinya untuk menghindari dehidrasi. Mengkonsumsi multivitamin pada saat sahur dan berbuka puasa untuk menambah vitalitas. Olahraga ringan pada saat menjelang berbuka puasa agar sirkulasi darah agar sirkulasi darah lancar dan metabolisme tubuh bisa berjalan dengan baik. Dianjurkan agar tidak melakukan olahraga yang terlalu berat agar tubuh tidak terlalu terbebani, dan kurangi kegiatan langsung dibawah terik matahari karena akan sangat menguras energi kita. Semoga tips dan pengalaman saya ini bermanfaat untuk kita semua, Tetap semangat dalam menjalani puasa, puasa bukan menjadi alasan untuk tidak beraktivitas dan malas-malasan.

siti nur s mahfiahpada

polaa yang saya lakukan setiap menjalankan puasa agar badan tetap fit dan bugar tidak terlihat lesu dan lemas ini.lah beberapa diantarnya:
1.sahur mendekati imsak setidaknya 15 mnit mendekati imsak
2.makan makanan yg berkuahh tetapi tidak berlemak seperti sup jagung
3.tidak makan makanan yg manis” karena rasa manis bisa membuat pd siang harinya terasa haus
4.hindari makanan yg pedas karena masih keadaan pagi buta ditakutkan akan mulas nantinya
5.minum air putihh yg banyak satu gelas teh tawar
6.minum vitamin biasanya bnyak yg konsumsi vitamin C
7.sehabis shalat subuh lebih baik lakukan olahraga dengan lari” bagi yg kerja dn sekolah dijamin rasa kantuk pada saat puasa sdikit berkurang

Esvandiaripada

Selalu ingat pesan Nabi Muhammad saw, antara lain:
1. Makan setelah lapar, berhenti sblm kenyang. Alias kita nggak boleh kalap saat sahur atau berbuka. Makanlah sesuai yang dibutuhkan tubuh.
2. Makan kurma saat berbuka dan sahur, insya Allah akan membuat tubuh tetap bugar krn kurma memiliki banyak kebaikan.
3. Menyegerakan berbuka dan melambatkan sahur.
Salah satu hal lain yg selalu saya ingat: masih banyak org lain yg tdk bs berbuka, tp tetap semangat berpuasa. Bahkan mereka tetap ‘berpuasa’ di luar Ramadhan krn situasi dan kondisi yg mengharuskan begitu. Insya Allah, dg banyak bersyukur, saya lebih semangat dan bugar menjalani puasa saya.

Yanthi Tjhinpada

Pengalaman saya Agar Tetap Sehat dan bugar saat puasa adalah dengan
1.Berbuka dan sahur Dgn makan buah,sayuran dan Minum yg banyak
2.Olahraga,misalnya dgn jalan Santai di sore dan pagi hari
3.Tidur yg cukup,sempatkan tidur siang Agar bs menyegarkan tubuh Kita sehingga kita Bisa menikmati malam hari
4.Pada saat sahur,Menghindari makanan berminyak dan tdk berlebihan makan pada saat sahur
5.saat sahur Makan makanan yg mengandung karbohidrat Seperti nasi

Theresia Lerianapada

agar tetap sehat dan bugar saat puasa sebaiknya mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat, hindari junk food dan kurangi mengkonsumsi kopi dan minuman bersoda. memilih makanan yang sehat dan pastikan tubuh tetap terhidrasi dengan mengkonsumsi air mineral sebanyak 8-10 gelas setiap harinya baik saat berbuka maupun sahur. berolahraga dan tidur yang cukup juga sangat penting untuk kondisi tubuh kita sehingga bisa membantu sirkulasi oksigen dalam tubuh tetap lancar yang dapat membuat kita terlihat sehat dan bugar setiap hari.

Iman sulaemanpada

Agar bugar saat berpuasa di sarankan untuk makan sayuran, buah-buahan dan daging secara seimbang. Selain itu dianjurkan untuk beristirahat secara teratur dan selalu menjaga kebugaran dengan berolahraga.

ismupada

1. sahur dan buka dengan makanan yang bergizi (nasi beras merah+sayur+lauk+buah)
2. minum air putih minimal 4 gelas saat sahur dan 4 gelas saat buka
3. rutin olahraga
4. tidur secukupnya

    ismupada

    wah saya salah memasukkan alamat fb. bisa dihapus gak ya? terimakasih

gusti roozanipada

jawaban nya sangat Singkat bawa Berolahraga Dan jangan Bermalas malasan 🙂

Yuyun Kusmayantipada

Tips Menjaga tetap sehat dan bugar di Bulan Puasa :

1.Buat Perencanaan Makanan
Buatlah perencanaan daftar makanan yang akan anda konsumsi sekeluarga secara rapi. Gunakan menu makanan yang sehat dan seimbang

2.Kurangi Konsumsi Teh,Kopi, dan Minuman Bersoda
Hal ini penting untuk meminimalkan datangnya sakit kepala saat anda sedang berpuasa.

3. Kebiasaan Makan Sehat
Jangan lupakan menu buah dan sayuran sebagai penyeimbang. Hindari Junk Food karena efeknya tidak baik untuk kesehatan anda.

4. Konsultasi ke Dokter
Jika anda punya masalah kesehatan, anda bisa mengkonsultasikannya kepada dokter..

5. Cukup Waktu Tidur
Tidur dalam porsi yang cukup diperlukan untuk bisa memastikan keseimbangan tubuh anda untuk aktivitas di hari berikutnya.

6. Berolahraga
Olahraga yang dilakukkan tidak perlu terlalu berat, minimal jalan santai yang biasanya banyak dilakukkan orang setelah sahur.

Yulia Sugihartipada

Tips Sehat dan Bugar Selama Menjalani Ibadah Puasa
1. Segerakan ketika waktunya berbuka puasa. Dahulukan ketika berbuka minum/makan yg manis2 seperti makan kurma, Kolak, dll
2. Minum air putih yang cukup. Untuk menjaga dehidrasi karena selama berpuasa tubuh kekurangan cairan dan harus di penuhi sekitar 1,5 liter per harinya
3. Makan dgn menu sehat dan gizi berimbang baik ketika berbuka ataupun makan sahur (Sayuran yg mengandung serat, buah-buahan yg banyak mengandung air dan serat, lauk pauk)
4. Porsi makan Jangan berlebihan. Buka puasa seharusnya tidak identik dengan makan berlebihan. Makan berlebihan tidak hanya mengganggu tubuh, tetapi juga membuat ngantuk saat shalat tarawih
5. Olahraga ringan setiap pagi seperti jogging, bersepeda, senam relaksasi , dll.
6. Tidur adalah ibadah, karenanya usahakan istirahatkan tubuh anda di siang hari jika memungkinkan dengan tidur siang sekitar 2-3 jam.
Semoga Tipsnya bermanfaat. ^_^

Lindaeni Mas'amahpada

puasa bukan suatu alasan untuk kita bermalas malasan, justru di bulan puasa inilah saat yang tepat untuk banyak berbuat kebaikan dan melakukan kegiatan positif. untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar ada beberapa langkah yang bisa di lakukan :
1. banyak makan makanan yang mengandung serat dan gizi seimbang seperti : Nasi, sayur, lauk pauk,buah dan susu, khusus sahur bisa di tambah mengkonsumsi madu.
2. perbanyak minum air putih ketika bangun tidur, 1 jam sebelum makan dan sebelum tidur.
3. jangan terlalu banyak tidur siang terlalu. tidur siang secukupnya saja .

Esvandiari Santpada

Selalu ingat pesan Nabi Muhammad saw, antara lain:
1. Makan setelah lapar, berhenti sblm kenyang. Alias kita nggak boleh kalap saat sahur atau berbuka. Makanlah sesuai yang dibutuhkan tubuh.
2. Makan kurma saat berbuka dan sahur, insya Allah akan membuat tubuh tetap bugar krn kurma memiliki banyak kebaikan.
3. Menyegerakan berbuka dan melambatkan sahur.
Salah satu hal lain yg selalu saya ingat: masih banyak org lain yg tdk bs berbuka, tp tetap semangat berpuasa. Bahkan mereka tetap ‘berpuasa’ di luar Ramadhan krn situasi dan kondisi yg mengharuskan begitu. Insya Allah, dg banyak bersyukur, saya lebih semangat dan bugar menjalani puasa saya.
Komentar Anda sedang diproses.

Noviana Indah Mustikaningtyaspada

Tetap sehat dan bugar saat puasa? Bisa dong. Gini nih
1. Saat sahur makan dan minum yang bijak, jangan kalap. Jangan lupa konsumsi multivitamin atau habattus sauda atau madu. Plus sahurnya mendekati waktu imsak
2. Berbukalah dengan yang manis. Benar sekali. Kenapa harus manis, krn makanan yg manis (manis asli ya bukan buatan) mengandung energi untuk mengganti energi yg hilang setelah kita beraktivitas seharian. Plus segerakan waktu berbuka. Cukup dengan kurma, air putih atau teh hangat. Setelah shalat maghrib baru deh makan yg “berat”. Tapi jangan kalap (teteuup). Seperti di surat Al Araf:31 “Dan makan dan minumlah kamu, dan jangan berlebih-lebihan.Sesunggguhnya Allah tidak suka orang yg berlebih-lebihan”
3. Tetap beraktivitas dan berolahraga seperti hari2 biasa. Saya ga kenal tuh dengan istilah “mager” (malas gerak). Tetap lakukan aktivitas dengan semangat. untuk olahraga,bisa melakukan fun sport seperti jogging, bersepeda, atau menari, ya gerakan tari juga termasuk olahraga kan.maklum wanita, saya tidak terlalu suka dengan olahraga tim atau olahraga keras, hehehe 😉
4. Sempatkan tidur siang. Kalau di kantor sudah terasa lemas dan mengantuk, biasanya saya menyempatkan diri tuk tidur sekitar 20 menit. Untuk menyegarkan pikiran dan tubuh tentunya. Tapi tidur di waktu senggang ya, jangan di saat lagi hectic sama kerjaan atau rapat.

Ervina Setiantipada

1. Konsumsi makanan yg cukup gizi saat sahur & buka jgn lupa minum air putih .

2. Tambahi dg multivitamin atw bs juga minuman penambah stamina tradisional spt madu/jahe.

3. Selama puasa jgn bnyak tidur krn malah akan membuat tubuh lemas. Jd braktivitaslah spt biasa.

4. Isi wkt dg olahraga ringan agar badan tetap bugar.

Ervina Setiantipada

1. Konsumsi makanan yg cukup gizi saat sahur & buka jgn lupa minum air putih .

2. Tambahi dg multivitamin atw bs juga minuman penambah stamina tradisional spt madu/jahe.

3. Selama puasa jgn bnyak tidur krn malah akan membuat tubuh lemas. Jd braktivitaslah spt biasa.

4. Isi wkt dg olahraga ringan agar badan tetap bugar.

bowo soedadipada

Agar tetap sehat dan bugar saat berpuasa sangat perlu melakukan hal-hal berikut ini yang telah kubuktikan sendiri kebenarannya. Dan memang setelah melakukan langkah-langkah berikut, puasa bukan menjadi suatu halangan untuk tetap sehat dan bugar jiwa raga kita.
1. Sebisa mungkin mengatur pola makan dari mulai berbuka hingga saat sahur tiba. Usahakan jangan terlalu banyak, dalam artian secukupnya saja sesuai dengan perkataan Nabi Muhammad SAW “Makanlah sebelum kamu lapar dan berhentilah makan sebelum kamu kenyang.”
2. Saat berbuka puasa hingga sahur tiba, usahakan untuk minum air putih yang banyak. Sesuai dengan kebiasaan/kebutuhan kawan saat tidak berpuasa dari pagi hingga malam, yaitu 8-10 gelas perhari. Karena saat pagi hingga sore hari berpuasa, maka minumlah air putih saat berbuka sampai saat sahur tiba sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing.
3. Shalat maghrib, isya, dan taraweh seuai waktunya dan kalau bisa berjamaah. Seperti yang kita ketahui bersama shalat adalah juga merupakan olahraga yang bisa membuat tubuh kita sehat. Itu telah dibuktikan dalam penelitian ilmiah yang dilakukan oleh banyak peneliti. Selain membuat tubuh kita sehat, shalat tepat waktu dan berjamaah juga akan memperbanyak pahala kita di bulan ramadhan.
4. Jangan lupa untuk menyeimbangkan asupan makanan dengan kolaborasi antara sayur-sayuran, daging, buah-buahan dan yang termasuk 7 sehat 5 sempurna. Agar tubuh kita tak kekurangan satupun asupan gizi. Sehingga dengan hal ini, tubuh kita akan tetap sehat dan bugar ketika esok berpuasa.
5. Lakukan olahraga ringan, karena itu akan membuat tubuh semakin sehat dan bugar. Jika olahraga pagi hari akan membuat kawan lelah dan haus, dan jika olahraga sore hari tidak bisa kawan lakukan karena tubuh kawan lemas. Maka solusi satu-satunya, lakukan olahraga saat setelah berbuka dan shalat maghrib. Jika ada uang yang berlebih, kawan bisa lakukan olahraga ringan di gym. Biasanya setelah kita berolahraga, maka makan pun akan terasa nikmat.
Demikian yang bisa aku sampaikan, semoga ceritaku ini bisa bermanfaat.
Salam.

agus martuapada

menurut pengalaman saya cara agar tetap sehat dan bugar saat puasa adalah ikhlas dan menikmati puasa yang dilakukan, itu hal yang paling utama. Karena jika kita tidak ikhlas dan menikmatinya maka kita akan cepat mengeluh sehingga membuata kita jadi cepat lelah. Untuk selanjutnya sebaiknya kita berolahraga dulu sebelum puasa, karna dapat membugarkan badan kita. Sehingga nanti seharian pun kita tetap bugar sebab badannya sudah dibugarkan sejak awal. Setelah itu jangan lupa makan-makanan yg bergizi serta minum vitamin agar bada tetap sehat. Karena asupan gizi yang baik akan memberikan kesehatan yang maksimal buat tubuh kita walaupun kita berpuasa.

Eny Christiningsih (@EnyC_)pada

bagaimanakah agar tetap sehat dan bugar saat puasa? Tentu saja, makan yang sehat, pola tidur dan olahraga dong.
Pada saat berpuasa sebisa mungkin makanan yang dikonsumsi saat berpuasa sama seperti saat kita sedang tidak berpuasa (secara kualitas dan kuantitas tentunya), puasa bukan berarti alasan untuk mengkonsumsi makan-makanan yang manis secara terus menerus dan berlebihan apalagi makan banyak/’balas dendam’ saat berbuka its a big no, jangan jadi emotional eater yah. Plus saya tidak menyarankan untuk tidur dalam perut masih terisi penuh (hayo yang biasanya setelah sahur tidur lagi), yang ada nanti bangun dengan perut terasa sebah. Jadi pola tidur juga diatur.

Puasa juga bukan berarti juga kita tidak bisa berolahraga, kita bisa kok olahraga. Kalau takut haus atau lelah diatur saja waktunya 1-2 jam sebelum berbuka puasa. Kenali diri sendiri juga ya saat olahraga, selama tidak berlebihan pasti bisa.

Salah satu makna puasa bagi saya adalah pengendalian diri. Bukan membatasi diri. Jadi semangat ya teman2, puasa bukan halangan kita hidup sehat dan bugar .

Angga doronthpada

1. Mengkonsumsi makanan yang bergizi meski dengan menu sederhana, yang penting mengandung unsur gizi lengkap seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral.

2. Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung serat seperti sayur dan buah. Tubuh memerlukan waktu lebih lama untuk mencerna makanan yang banyak mengandung serat, sehingga bisa menunda lapar.

3. Banyak minum air putih di malam hari untuk menghindari terjadinya dehidrasi di siang hari, karena pada siang hari tubuh banyak mengeluarkan keringat.

4. Untuk asupan tambahan, sebaiknya mengkonsumsi vitamin A, B dan C. Tetapi jika sudah mengkonsumsi buah berwarna kuning atau merah, dan sayur berwarna hijau tua dan kacang-kacangan, maka tak perlu khawatir kekurangan vitamin tersebut.

5. Setelah makan sahur usahakan jangan langsung tidur, karena tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan.

ruby brinnapada

Pertama,
Kurangi teh, kopi dan minuman bersoda.
Sebisa mungkin, hindari minuman yg bersoda dan mengandung kafein.

Kedua,
Konsumsi air putih minimal 8-10 gelas perhari yg dpt di minum saat sahur dan berbuka.

Ketiga,
Pertahankan kebiasaan makan yg baik dgn menu seimbang yaitu buah dan sayuran. Perbanyak minum jus buah segar juga bisa menjaga tubuh tetap fit selama puasa.

Keempat,
Jgn lupa olahraga, tdk perlu yg berat-berat, misalnya melakukan aktivitas berjalan santai setelah berbuka.

Kelima,
Istirahatlah yg cukup pd malam hari, agar keesokan hari keseimbangan tubuh ttp terjaga. Tidur siang jg boleh tp secukupnya saja.

Keenam,
Konsumsi makanan bernutrisi yg tepat saat sahur, bila perlu juga bisa mengkonsumsi suplemen/ vitamin.

anggasihombingpada

1. Mengkonsumsi makanan yang bergizi meski dengan menu sederhana, yang penting mengandung unsur gizi lengkap seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral.

2. Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung serat seperti sayur dan buah. Tubuh memerlukan waktu lebih lama untuk mencerna makanan yang banyak mengandung serat, sehingga bisa menunda lapar.

3. Banyak minum air putih di malam hari untuk menghindari terjadinya dehidrasi di siang hari, karena pada siang hari tubuh banyak mengeluarkan keringat.

4. Untuk asupan tambahan, sebaiknya mengkonsumsi vitamin A, B dan C. Tetapi jika sudah mengkonsumsi buah berwarna kuning atau merah, dan sayur berwarna hijau tua dan kacang-kacangan, maka tak perlu khawatir kekurangan vitamin tersebut.

5. Setelah makan sahur usahakan jangan langsung tidur, karena tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan.

Rudy Tan (@rudytpi)pada

Dgn niat dan doa yg tulus disertai dgn olahraga ringan yg rutin dan selalu berpikiran positif terhadap kejadian disekitar kita. Menjauhi diri dari bergosip ria dan hal-hal lain yg tidak perlu, maka ibadah puasa akan terlaksana dgn baik serta mulus hingga akhir.

Hqeempada

1. Makan yang bergizi – 4 sehat lima sempurna.
2. Banyak makan makanan berserat,
3. Banyak minum air putih
4. Banyak makana buah yang mengandung vitamin A, B dan C.
5. Jangan banyak tidur.

Rio Pratamapada

agar tetap bugar dan sehat saat puasa, berikut ini adalah tips menurut saya…

– minum yg cukup saat sahur dan buka, kurang lebih 1,5 liter air putih per hari
– pada saat sahur, disarankan untuk makan buah-buahan serta konsumsi vitamin.
– pada saat berbuka, jangan langsung mengkonsumsi makanan secara berlebihan. sebaiknya makan secukupnya untuk menghindari kagetnya lambung
– disarankan makan malam diantara saat berbuka dan saat sahur.

rizky fadillahpada

pertama, yang penting niatnya.
kedua, pilih makanan yang 4sehat 5sempurna
ketiga, cari-cari tips agar puasa sehat di google

maulanipada

Untuk dapat menyerap semaksimal mungkin hikmah serta manfaat yang tersimpan dalam puasa, berikut kiat-kiat yang dianjurkan untuk dilaksanakan saat berpuasa selama bulan puasa:

• Mantapkan niat

Segala sesuatu tergantung niatnya. Jika kita niatkan puasa hanya untuk Allah, maka hukum semesta akan berlaku.

• Makan sahur dan segerakan berbuka

Secara medis, tubuh mempunyai batas maksimal menahan lapar dan haus. Saat azan magrib tiba, segerakanlah berbuka puasa agar terhindar dari meningkatnya asam lambung. Sahur juga mampu menjaga ketahanan tubuh saat siang hari.

• Perbanyak makan buah dan sayur saat sahur

Makanan berserat, seperti sayur dan buah, mudah dicerna tubuh dan dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama saat puasa karena gula dalam serat tidak mudah terurai.

• Berbuka dengan kurma dan air putih

Kurma memiliki kandungan gizi hampir lengkap dengan komposisi seimbang. Serat tinggi pada kurma mampu mengikat kolesterol dan asam lambung. Adapun air putih membantu proses pelarutan racun dan pengeluarannya dari dalam tubuh melalui urine.

• Hindari kopi dan minuman manis

Kopi menstimulasi tubuh untuk sering buang air kecil sehingga air dalam tubuh berkurang. Akibatnya, kita akan kekurangan cairan dan lemas. Sementara itu, minuman manis akan dicerna lebih cepat se-hingga kita akan cepat merasa lapar.

• Porsi yang cukup untuk nasi

Jangan terlalu banyak makan nasi karena membuat kita lemas. Juga jangan terlalu sedikit sehingga kita kekurangan tenaga untuk beraktivitas pada siang hari.

• Hindari tidur setelah sahur

Tidur setelah sahur akan menye-babkan perut kembung karena produksi asam lambung yang me-ningkat. Setelah sahur, tubuh mulai mencerna makanan. Aktivitas ini akan berat dilakukan tubuh jika kondisi tubuh tidur. Jika ingin tidur, tunggulah dua sampai tiga jam setelah sahur.

• Olahraga ringan secara teratur

Makanan yang masuk dalam tubuh setelah sahur bisa menghasilkan ener­gi optimal jika tubuh dilatih dengan olahraga. Teraturlah berjalan kaki 30 menit atau naik sepeda agar tubuh tetap bugar. Hindari olahraga berat, kecuali pada malam hari.

Dengan menjaga kebugaran, insya Allah kita akan sukses melewati Ramadhan dengan gemilang

Mutia Soraya Karimapada

Aku kalo selama puasa, rutin minum vitamin saat sahur dan tidak dibiasakan untuk langsung tidur Karena bisa melemaskan badan, tapi aku coba untuk sholat subuh – ngaji – dan sedikit stretching dan dpt meregang kan otot otot. Tidak dibiasakan tidur terlalu lama krn dpt menyebabkan pusing. Saat buka puasa aku selalu makan sayur sayur an dan buah buah an dan tidak makan terlalu kenyang atau kebanyakan untuk mencegah kenaikan berat badan 😉

Ayu Noorma Dianapada

1. mensegerakan berbuka jika sudah terdengar azan
2. sahur di saat menjelang imsak.
3. tetap berolahraga dg porsi yang disesuaikan dg keadaan
4. konsumsi sayur dan buah untuk menjaga daya tahan tumbuh, tambahkan vitamin jika perlu
5. perbanyak ibadah mengaji, tarawih, dzikir dan sedekah

Vania Christabella Katopada

Menurut Sy agar tetap sehat n bugar dalam berpuasa yaitu :
SAAT SAHUR

Usahakan untuk tidak melewatkan makan sahur karena sangat penting untuk memberikan nutrisi yang cukup selama berpuasa.
Sahur mendekati imsak lebih baik karena membuat energi sahur lebih tahan lama
Selalu mengkonsumsi makanan bergizi baik saat sahur. Tidak perlu berlebihan, walau dengan menu sederhana yang penting mengandung lima unsur gizi lengkap seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral.
Makanlah karbohidrat kompleks. Karbohidrat memiliki angka indeks glikemi tertentu. Semakin tinggi IG, makin mudah menaikkan gula darah dan lebih mudah turun sehingga jadi cepat lapar. Untuk sahur, santaplah karbohidrat ber IG rendah agar gula darah naik perlahan dan kenyang lebih lama, seperti beras merah, oatmeal dan roti gandum..
Jangan lupa sertakan protein yang mengandung satiety factor atau faktor pengenyang untuk menjaga supaya tidak gampang lapar. Misalnya lauk pauk atau susu. Contoh pilihan menu sahur sehat dan praktis: oatmeal dan susu rendah kalori. Bisa juga nasi merah, ikan bakar dan sup sayuran.
Agar mampu menahan rasa lapar, perbanyaklah mengkonsumsi jenis makanan berserat yang banyak terdapat dalam sayur dan buah. Tubuh kita memerlukan waktu lebih lama untuk mencerna makanan yang banyak mengandung serat sehingga tidak mudah lapar.
Hindari makanan yang manis karena membuat lebih cepat lapar di siang hari.
Banyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi. Hal ini penting dilakukan, karena pada siang hari aktivitas kita cenderung banyak mengeluarkan keringat baik di luar ruangan atau ruang ber-AC.
Bagi penderita sakit lambung makanan yang sebaiknya dihindari adalah ketan, mie, daging berlemak, ikan dan daging yang diawetkan, sayuran mentah, sayuran berserat, minuman yang mengandung soda, dan bumbu yang tajam (cuka, cabai, asam). Jenis makanan tersebut bisa menimbulkan gas yang berpengaruh meningkatkan produksi asam lambung.
Hindari makanan junk food dan yang banyak mengandung lemak, karena tubuh akan bekerja keras untuk mengolah lemak. Hasilnya, tubuh menjadi cepat kehilangan energi.
Hindari teh dan kopi saat sahur karena memiliki efek diuretik yang membuat seseorang menjadi lebih sering buang air kecil
Setelah makan sahur jangan langsung tidur karena tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan.
SAAT BERBUKA

Hal yang paling diperlukan pada saat berbuka adalah memulihkan tenaga atau energi. Untuk itu makanlah sumber karbohidrat sederhana (simpleks) yang terdapat dalam makanan manis, kolak, sirup dan lain-lain yang mudah dicerna.
Jangan langsung minum air dingin atau es, sebaliknya biasakanlah berbuka dengan minuman yang hangat. Perut yang kosong bisa menjadi kembung, bila langsung berbuka puasa dengan air dingin, karena asam lambung dalam tubuh kita akan terbentuk semakin banyak.
Berbuka puasa hendaknya dilakukan secara bertahap dan tidak terburu-buru agar lambung tidak kaget. Untuk meringankan kerja pencernaan, kunyah makanan dengan baik. Tujuannya untuk memberikan keseimbangan terlebih dahulu pada pencernaan kita. Ingat untuk tidak mengkonsumsi makanan berlebihan
Setelah salat dan beristirahat sejenak, dapat dilanjutkan dengan makan makanan pokok seperti nasi dan lauk-pauk tapi dalam porsi sedang. Cemilan atau minuman ringan dapat dilanjutkan setelah tarawih dalam porsi kecil
Hindari terlalu banyak makanan digoreng atau bersantan.
Konsumsi sayur dan buah-buahan yang kaya akan vitamin
Banyak minum air putih pada saat berbuka sangat dianjurkan untuk mencegah terjadinya dehidrasi pada tubuh, terutama di siang hari. Selain itu dapat mencegah sembelit
Jangan tinggalkan olahraga, karena dapat membantu sirkulasi oksigen dalam tubuh tetap lancar. Sebaiknya dilakukan beberapa saat sebelum berbuka atau setelah berbuka, minimal melakukan aktivitas berjalan santai sekitar 30 menit
Bagi mereka yang berusia lanjut, aturlah pola makan saat berbuka puasa juga secara bertahap. Makanlah jumlah yang lebih sedikit, namun dilakukan beberapa kali.
Setelah berbuka puasa jangan langsung tidur. Tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan.
Beberapa tips lainnya :

Minumlah kurang lebih 10 gelas air dalam sehari. Bagilah antara asupan air saat sahur dan buka puasa, termasuk air minum, juice buah dan sup atau kaldu. Sup, kaldu dan juice mengandung elektrolit yang dibutuhkan tubuh dan bersifat menahan air lebih lama. Perbanyak jus buah segar
Tidur cukup, tidur malam yang baik diperlukan untuk memastikan keseimbangan tubuh di hari berikutnya terutama bagi mereka yang pergi bekerja atau belajar. Kurang tidur dapat menyebabkan gelisah, sakit kepala dan masalah pencernaan yang buruk. Sempatkan diri tidur siang karena ini akan memberikan energi dan menyegarkan.Para ahli menyatakan bahwa tidur siang tak harus dalam waktu yang lama. Sekitar 15 menit tidur siang sudah cukup untuk membuat tubuh terasa segar kembali. Carilah tempat yang tenang dan sempatkan diri untuk tidur siang. Ini baik untuk mengganti jam tidur yang kurang di malam hari.
Kendalikan Emosi. Hati yang tenang karena nafsu yang terkendali akan menurunkan konsumsi energi atau laju metabolisme sehingga menghemat pemakaian tenaga.

Wish me luck 🙂

Yanti Yunuspada

Makan makanan yg bergizi
Minum Air Putih
Tetap Berolahraga
Setelah makan sahur jangan langsung tidur

Winda Imoyati Manikpada

Makananlah makanan yg kaya protein dan gizi, Tidur cukup, Olahraga pagi,gerak badan ringan, jaga kbersihan mulut dan yang paling penting SAHUR. Thankyou

Joni Pramanapada

1. Perbanyak Konsumsi air putih di saat berbuka dan sahur
2. pilihlah makanan yang 4 sehat 5 sempurna
3 . Lakukan olahraga ringan, rutin tiap pagi
4. jangan terlalu sering konsumsi suplemen atau obat yang bisa membuat tubuh mudah lelah
5.Seringlah berwudhu dan membaca Alquran

Ahmad Hakimpada

Sesuai pengalaman Saya,agar tetap sehat dan bugar adalah :
Berbukalah dengan air putih terlebih dahulu,dan sunahnya adalah minum yang manis seperti teh manis hangat.
Saat berbuka makanlah makan yang ringan dulu nanti setelah sholat tarawih baru makan makanan yang berat seperti nasi.
Saat sahur makanlah makanan yang mengandung kabohidrat agar ada tenaga saat berpuasa.
Makan makanan berserat seperti buah2an agar pencernaan tetap sehat dan tidak mengalami sembelit.
Saat sahur jgn makan m kanan yg berbau menyengat seperti bawang putih,jengkol dan petai yg akan membuat bau mulut dan nafas.
Jika diperlukan minulah suplemen dan multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh.
Jangan terlalu banyak tidur karena bisa membuat badan mudah lemas.
Carilah aktivitas yang bermanfaat seperti tadarus al quran dan kegiatan lainnya.
Lakukanlah olahraga ringan yang tidak terlalu berat agar badan tetap sehat dan tidak kaku.
Dan yang terakhir adalah niat yang kuat dan tulus.
Itulah pengalaman saya selama puasa agar tetap sehat dan bugar.
Semoga bermanfaat buat yang lain.

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life