DCSIMG

How To Be Happy

Ingin Bebas dari Stres? Yuk Konsumsi 10 Makanan Sehat ini!

Oleh BrighterLife.co.id

Stres bisa datang kapan saja, dan di mana saja. Apalagi, sebuah studi dari Carneigh Mellon University menyebutkan bahwa stres dapat menurunkan sistem imun tubuh, dan akhirnya menimbulkan penyakit. Akibatnya, aktivitas kita pun jadi terganggu.

Berikut adalah cara menghilangkan stres yang menyenangkan dan menyehatkan. Tidak perlu repot-repot liburan ke Eropa atau malah shopping barang-barang branded, tapi cukup dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan yang dapat mengurangi stres berikut ini.

1.      Ikan

Bukan rahasia umum bila ikan adalah makanan yang baik untuk kesehatan dan kepintaran otak manusia. Selain itu, ternyata ikan juga dapat membantu mengurangi dan menghilangkan stres. Menurut buku The Anxiety Book dari Jonathan Davidson and Henry Dreher, Omega-3 yang terkandung di dalam ikan tidak hanya membantu perkembangan otak tapi juga menenangkan otak dari hal-hal yang membuat stres. Karenanya, mengonsumsi sushi dan tuna salad bisa jadi menu pilihan makan siang Bright Friends!

2.      Teh Hijau

Jika stres menyerang, pilihlah untuk meminum teh hijau dibanding soft drink apalagi minuman yang mengandung alkohol. Banyak sekali kandungan di dalam teh hijau yang sangat baik untuk kesehatan seperti catechin yang dapat mencegah radikal bebas dan menyehatkan mata.

Ada juga asam amino thenine yang dipercaya dapat menenangkan otak. Dr. Kaijun Niu dari Tohoku University Graduate School of Biomedical Engineering Jepang menemukan fakta bahwa kakek nenek yang mengonsumsi 4 gelas teh hijau sehari jarang mengalami depresi, sekalipun mereka hanya tinggal sendirian jauh dari kerabat dan teman.

3.      Brokoli

Menyantap sop brokoli sehabis meeting ternyata dapat meredakan stres, Bright Friends! Alasannya sederhana. Menurut seorang ahli gizi asal India yang bernama Maithili Kelkar,brokoli adalah sayuran yang banyak mengandung antioksidan sehingga dapat mengurangi stres. Selain itu ,Vitamin B, terutama Folic Acid yang terkandung di dalamnya juga terbukti tidak hanya dapat meredakan stres, tapi juga sindrom panik, gelisah, hingga depresi.

4.      Susu

Siapa bilang khasiat susu hanya cocok bagi anak kecil? Meskipun kita sudah dewasa, mengonsumsi susu niscaya bisa mengurangi stres yang hinggap. Hal ini sendiri didasari oleh penelitian Mary Dallman, PhD, profesor fisiologi di University of California, San Fransisco, yang menghasilkan kesimpulan bahwa kandungan kalsium sangat baik untuk menenangkan hati karena dapat mengurangi ketegangan otot dan menenangkan saraf. Namun, mengingat usia sudah tidak lagi muda, pilihlah susu jenis low-fat agar lemaknya tidak menumpuk di dalam tubuh.

5.      Bluberry

Memenuhi pancake Anda dengan topping blueberry adalah langkah yang tepat. Selain baik untuk diet karena rendah kalori, keluarga buah berry ini salah satu stress-soother lho. Menurut data dari Nurses’ Health Study, buah yang banyak tumbuh di Amerika Serikat ini memiliki antioksidan dan flavonoid yang dapat mencegah penuaan otak yang disebabkan oleh stres berat. Namun, jika Anda kesulitan mencari buah ini, menggantinya dengan buah strawberry bisa jadi pilihan.

6.      Ice Cream

Ice cream memang stress relieve yang paling manjur, Bright Friends! Jika kepala panas karena terlalu banyak berpikir, dinginnya ice cream dinilai mampu mendinginkannya. Hal tersebut disetujui oleh para peneliti dari University of Califronia. Susu dan krim yang banyak terkandung dalam ice cream diyakini memiliki banyak asam amino tryptophan yang dapat menenangkan otak kita. Namun, (lagi-lagi) pilihan ice cream berjenis low fat adalah solusi terbaik agar lemak di tubuh tidak bertambah.

7.      Kedelai

Tempe, tahu, atau susu kedelai juga bisa menjadi pilihan Anda untuk meredakan stres. Bukan hanya karena harganya yang tidak terlalu mahal dan mengenyangkan, namun menurut Prevention Magazine’s Nutrition Advisor, kadar protein, Vitamin B, kalsium, dan magnesium yang terkandung di dalam kedelai mampu menghilangkan stres dan menyehatkan. Stres hilang, kesehatan Anda pun juga terjaga.

8.      Dark Chocolate

Apakah Anda termasuk orang yang tidak suka mengonsumsi cokelat karena takut gemuk? Jika iya, mungkin kini saatnya menghilangkan stereotype tersebut dan cobalah mengonsumsi dark chocolate saat stres datang. Menurut penelitian yang dilakukan ACS’ Journal of Proteome Research, memakan 1 ons dark chocolate sehari selama 2 minggu dapat meredakan stres Anda. Hal ini karena kandungan polyphenol yang terdapat di dalamnya. Karenanya, jika weekend ini kadar stres Anda meningkat, sepertinya mengonsumsi lelehan dark chocolate dengan buah strawberry bisa jadi solusi.

9.      Gandum

Coba gantilah sarapan pagi Anda dengan menu all about whole grain. Hal tersebut disarankan oleh Elisa Zied, penulis buku Nutrition at Your Fingertips, yang menemukan fakta bahwa kandungan vitamin B pada gandum dapat menstimulasi produksi hormon serotonin sehingga bisa menenangkan otak. Makanan satu ini sendiri termasuk dalam kategori low-fat, yang tentunya tidak akan menambah lemak dan gula di tubuh.

10.  Almon

Menurut Carolyn Chambers Clark dalam bukunya Holistic Assertiveness Skills for Nurses, almon adalah kacang dengan kandungan yang menyehatkan. Selain memiliki kandungan Vitamin B yang sangat baik sebagai obat stress relieve, almon juga memiliki kandungan zat besi dan Vitamin E yang ampuh melawan stres sekaligus radikal bebas di dalam tubuh.

Siap memenuhi menu makanan Anda dengan bahan makanan di atas Bright Friends? Atau Anda punya informasi mengenai jenis-jenis makanan lain yang juga bisa bantu menghilangkan stres? Jangan sungkan untuk berbagi informasi tersebut pada comment boks di bawah ya!

Menurut pengalaman Bright Friends cara apalagi yang dapat mengatasi stres? Share jawaban di dalamcomment box ya!

Iwan Tauruspada

Cara mengatasi stress adalah melakukan kegiatan favorite /hobbies diluar pekerjaan rutin seperti berkebun, berternak, bersepeda atau kegiatan lain sesuai dengan kesukaan masing2

Teresia Ratna Dharmawatipada

Jawaban: cara lain mengatasi stress mencari kegiatan yang membuat anda rileks (tergantung orangnya) bisa dengan belanja, makan, nonton bioskop, baca buku, mendengarkan musik, dll. Atau curhat dengan teman/keluarga terdekatnya untuk share hal; yang membuatnya stress,

maulanipada

Cara mengatasi stress salah satunya bisa dengan mendengarkan musik yang kita sukai.

Λrend (@areend)pada

Berkumpul bersama teman-teman maupun keluarga merupakan salah satu hal yang dapat mengatasi stres dan penat, selain itu hal yang biasa saya lakukan adalah dengan menonton film/serial favorit dan menjadikan hari tersebut sebagai “me day” hari untuk memanjakan diri sendiri.

sri maryatipada

cara mengatasi stress yaitu dengan menghibur diri seperti pergi ke tempat yang menyenangkan misal:jalan-jalan di sekitar taman lalu tiduran sambil memandang awan” betapa indahnya hidup jika kita tidak terlalu mendalami masalah”.
atau bisa juga dengan mendengarakan musik kesayangan.

Rahmat Hidayatullah (@ozhee_narra)pada

Beberapa cara menghilangkan Stress atau depresi ala owmet adalah :
1. Minum jus, jus jeruk atau alpukat bisa menjadi pilihan untuk menenangkan pikiran. Aroma jeruk atau rasa dari alpukat mampu mengurangi tingkat depresi anda. Atau mungkin anda punya jus favorit? Itu jauh lebih bisa membantung mengurangi stress.

2. Teman, teman bisa menjadi obat penghilang stress, sekedar berkumpul, bercanda, mengenang masa lalu, itu akan sangat menyenangkan dan mampu menghilangkan stress anda.

3. Cari kegiatan yang menyenangkan ala anda sendiri, bisa melakukan hobi anda, seperti, bermain bola, bermain bulu tangkis ato bermain game yang membuat anda senang. Tapi ingat, jangan bermain cewek karna dampak’y berbahaya 😀

Maria Nataliapada

Cara mengatasi stress menurut pengalaman saya yaitu dengan rileks dan tidur. Karena ketika tidur, anda bisa mendapat ilham dari Tuhan, yaitu solusi untuk memecahkan masalah yang membuat anda stress.

Fathor Rasyidpada

Sy biasa mengatasi stres dg cara:
– BERSYUKUR
Mensyukuri apa yg diberikan oleh Tuhan, baik itu pahit maupun manis
– BEROLAH RAGA
Berolah raga secara teratur bs membuat fikiran mnjd Fress, dan bebas stres
– BERSILATURRAHMI
Sering berkumpul bersama saudara, teman, bhkn orang-orang yg tdk dikenal sekalipun. Apalg di isi dg candaan yg santai.

EFENDYpada

Banyak cara untuk mengatasi stres. Akan tetapi cara yang paling jitu untuk saya pribadi adalah langsung pergi ke tempat fitness di mana saya ber-member. Olah raga adalah hobbi saya sekaligus menjaga kesehatan dan menghilangkan segala stres.

ihtiar khalimatul anjar (@anzknockknock)pada

hal yang bisa mengatasi stres yg sangat mudah dan tentunya tanpa mengeluarkan uang yaitu berkumpul bersama keluarga atau orang-orang yang kita sayangi. itulah kebahagiaan kecil yang sangat bermanfaat. 🙂

Yanthi Tjhinpada

Cara mengatasi stres yaitu dengan istIrahat yang cukup,Menjaga pola makan,Olahraga yang teratur,berpikir positif,mandi air hangat,Melakukan spa dan mencari hiburan dan Liburan .

Paulina Silviapada

Cara mengatasi stress adalah mendengarkan musik klasik yang menenangkan lalu menonton film komedi bareng teman-teman, jadi jauh-jauh dari kesepian deh 🙂

Ayu Noorma Dianapada

liburan! cara ini efektif bgt menghilangkan stres. bau pantai, sinar matahari, bau embun pedesaan akan merefresh kembali otak kita. kalaupun tidak ada waktu untuk berlibur, lakukan kegiatan-kegiatan kecil sepert bernyanyi, atau sekedar berkebun di halaman. lantunan nadan dan hijaunya rerumputan pasti akan membuat kepala kita bisa bernafas lagi

Resty Dian Safitri (@rezzdee)pada

Salah satu cara ampuh saya buat mengusir stress adalah menghabiskan waktu berkumpul bersama keluarga. Tidak perlu berlibur ke tmpt2 mahal atau keluar kota, cukup dgn makan bareng di restoran favorit atau melakukan aktivitas favorit bersama spt bersepeda, berenang dan memancing

Salwa Novikapada

Cara mengatasi stres, yaitu mendekatkan diri pada Allah SWT. Stres hanya bunga hidup, spy kita bisa menikmati hidup lebih indah. Kita tidak akan mati karena beratnya masalah. Tapi, Allah akan memberikan petunjuk spy kita bisa mengatasi masalah, jika kita dekat pada-Nya.

Asep Ruswandipada

1. Tanamkan Jiwa sabar
Dengan sabar hati menjadi tenang & tentram.

2.Mensyukuri Nikmat
Setelah jiwa dipenuhi dgn sifat sabar tentunya secara tidak langsung akan timbul rasa syukur. Selalu mensyukuri nikmat yg telah Tuhan berikan.

3.Selalu optimis
Dengan sikap optimis segala sesuatu akan terasa mampu untuk kita kerjakan. Tanamkan pada diri kita bahwa kita mampu mengerjakan dgn baik sesuatu yg terlihat mustahil.

4.Selalu berdoa
Memperbanyak doa, sesungguhnya doa adalah senjata yang sangat ampuh serta sangat dahsyat kekuatannya dalam mengatasi stres .
Mungkin itu pengalaman saya dlm menghadapi stres, karena dgn kita dekat sama Tuhan. Hidup menjadi tentram dan damai.

Asep Ruswandipada

Selalu bersabar,bersyukur,optimis serta memperbanyak doa.
Dgn sabar akan menentramkan jiwa,dgn syukur akan memberikan rasa bahwa kita selalu diberi nikmat yg cukup oleh Tuhan. Sikap optimis akan sesuatu hal, akan memotivasi kita akan keyakinan bahwa kita mampu. Lalu memperbanyak doa, sesungguhnya doa merupakan senjata yg Maha Dahsyat kekuatannya. Curhatlah dgn Tuhan, maka Tuhan pun akan merespon curhatan kita. Sehingga stres tak akan mampu masuk dalam diri kita.

agus martuapada

menurut saya cara mengatasi stres adalah olahraga. Melakukan olahraga secara teratur untuk kebugaran merupakan salah satu cara terbaik untuk mengatasi stres. Selain dapat mengatasi stress, olahraga juga dapat membuat kita tahan akan depresi serta dapat mengurangi ketegangan pada otot-otot kita sperti sakit kepala, sakit punggung, kaku leher, beberapa macam arthritis, dan gejala komplikasi lainnya. Banyak jenis olahraga yang bermanfaat untuk mencegah atau merendam stres, tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam di pusat kebugaran, kita bisa melakukan latihan aerobik yang murah dan efektif, seperti jalan kaki, jogging, lompat tali, bersepeda, berenang, dan lainnya.. Selamat mencoba Bright Friends..

rizky fadillahpada

dekat dengan Tuhan, katakan “HAI MASALAH, AKU PUNYA TUHAN YANG LEBIH BESAR DARIPADA KAMU”

Afifatun Nafisahpada

Olahraga secara rutin, dengan melakukan olahraga dapat membantu meregangkan tubuh. Olahraga identik dengan gerakan fisik. Dengan adanya gerakan fisik akan mengeluarkan hormon endorfin. Endorfin dikenal sebagai “hormon bahagia” karena dapat menyebabkan perasaan bahagia. Olahraga secara rutin akan menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat mengatasi stres.

Andi Saputrapada

Caranya dgn melakukan hal yg kita senangin, lebih banyak beribadah, olahraga, jalan2 bareng teman, dan kalo bisa teriak sekencang-kencangnya di alam bebas.

ILHAM BUCHORIpada

1. Perbanyaklah berdzikir dan berdoa, memohonlah kepada-Nya agar diberikan jalan keluar terbaik dari masalah yang kita hadapi. Memintalah kepada-Nya dengan segala kerendahan hati karena Tuhanlah sebaik-baiknya pemberi jalan keluar
2. Isitirahat yang cukup disertai dengan aktivitas olahraga
3. Cobalah untuk relaksasi dengan melakukan hobby yang kita gemari
4. Cobalah untuk berbagi pemikiran dengan orang-orang yang anda percayai atau istilah kerennya sharing
5. Selalu berpikir positif

Zakiapada

1. Banyak-banyak bersyukur kepada TUHAN
2. Berdoa dan memohon dilindungi dari segala bencana dan penyakit, baik penyakit
jasmani maupun penyakit rohani
3. melakukan meditasi. Karena meditasi dapat mengendurkan otot dan membantu dalam menurunkan tekanan
darah.
4.. Mendengarkan musik sesuai kesukaan kita.
5. Lakukan olahraga secara rutin

oksan kumis (@oksan_mamen)pada

saya biasanya mengatasi stress dengan mengatasi masalah yang membuat kita setress JANGAN LARI DARI MASALAH itu hanya akan menjadi beban pikiran dan membuat kita stress

Dimas Aryo perdhanapada

Mendengarkan musik, bercanda dengan anak kecil, berwisata/liburan ke alam

Afifatun Nafisahpada

Olahraga secara rutin, dengan melakukan olahraga dapat membantu meregangkan tubuh. Olahraga identik dengan gerakan fisik. Dengan adanya gerakan fisik akan mengeluarkan hormon endorfin. Endorfin dikenal sebagai “hormon bahagia” karena dapat menyebabkan perasaan bahagia. Olahraga secara rutin akan menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat mengatasi stres.
Selain itu, meluangkan waktu minimal 5 menit untuk diri sendiri. Merilekskan pikiran, tidak memikirkan apapun. Hal ini akan merefresh pikiran menjadi tenang.

Fajar Rhenzy Elazapada

Dengan liburan dengan atau tanpa teman. ataupun bertemu dengan teman. dua-duanya sangat manjur, karena menghilangkan stres adalah hal lumrah yang harus selalu dilakukan. dengan bertemu teman, maka stigma dalam otak kita pasti adalah “MENYENANGKAN PASTI KALAU BERSAMA SAHABAT/TEMAN!!” itu wajib jadinya! 😀

Adelia Herminawatypada

Jawaban:
Mengurus anak/bayi. Benar merepotkan dan melelahkan, namun semuanya itu sirna ketika melihat senyum dan polahnya.

Ikmal Qoyyumpada

Mendengarkan musik yang kita sukai, apalagi dengan lagu tersebut kita punya kenangan yang indah di masa lalu yang bisa membuat semangat dan mengenang masa-masa indah tsb, seperti itulah stress bisa hilang. berlibur atau jalan-jalan dengan keluarga juga waktru yang sangat menghibur sehingga pekerjaan yang membuat stress hilang

F. Budi Wibowopada

Jawaban:
Di tengah kesibukan, memonton televisi adalah solusi yang tepat, namun harus pandai-pandai memilih channel yang hendak ditonton.

Denni Ayu Sulistiyawatipada

Mengatasi Stres tdk perlu yg mahal2..kl keluar duit bnyk nanti mlh tmbh stres.. mengatasi stres yg murah dan mudah :
1.Mendengarkan Musik yg bs bkn happy,bs slowly bs jg yg Jedug2.hehe..
2.Melihat Ikan yg dikolam/aquarium.atw Terapy ikan..bs jg lho..coba aja..
3.Makan apa yg kita suka.. ga ush mikir gemuk..
4.Bermain dgn anak kecil/bayi.pasti ikut happy..
5.OnLine ikutan Kuis2..nti kalo menang pasti stresnya jd ilang..bwt Fun aja..”_”

Stres jgn Lama2 nanti bs GiLa

Esvandiari Santpada

Selalu berserah padanya krn apa pun yg terjadi insya allah ada jawaban dan solusinya…

Rio Wijayapada

Menurutku Dengan makan makanan yang pedas, itu bisa menghilangkan stres yg kualami setelah itu ngemil camilan yang manis-manis

Sriyonopada

Yang pertama: Berserah kepada Allah, karena hanya dengan ridho dan kekuatanNYA yang membuat kita bisa memikul beban yang menyebabkan stres
Yang kedua: refresing ke tempat yang udaranya sejuk seperti puncak, tawangmangu, batu malang.
Yang ketiga: melakukan aktivitas kecil yang menyenangkan dengan orang2 tersayang

@HekmatyarOssapada

lakukan hal yang disukai, hilangkan kegiatan yang membuat penat sejenak, liburan ke tempat yang disukai, kalo ingin murah ya makan dark chocolate, minum susu, ice cream, gandum, almon, kedelai, ikan, teh hijau, brokoli, bluberry.

Lisia Indra Saripada

Di bulan yang penuh rahmat ini, salah satu hal positif yang dapat dilakukan untuk melepas stres adalah dengan cara berbagi/memberi, karena dengan memberi kita juga akan menerima.

Gunawan Candrapada

cara yg paling efektif menghilangkan stress,dengan menghibur diri caranya menonton film yang lucu seperti film kartun,lawak,dll dan ditemanin secangkir susu coklat, setelah itu tidur malam. Dijamin bsk pagi kita akan cerah kembali untuk menghadapi tantangan baru dan melupakan semua masalah yg terjadi kemarin.

Nurji Afwanpada

> Mendengarkan Musik Clasik / musik yg kita suka bisa mengurangi stres jg karna dengan mendengarkan musik yg kita suka hati kita kadang mengikuti alunan musik yg sedang kita dengar 🙂
> berwudhu & ngaji, wudhu bukan hanya mencuci muka semata klo kita khusu / bener2 dalam berwudhu dan membaca niat dalam tiap2 basuhan bikin seger badan dan tenang hati juga loh, apalagi setelah wudhu kita mendekatkan kepada ALLAH dgn cara membaca ayat suci AL-QUR’AN bukan hanya stres utang pun bisa lupa deh hehe

Ritawatipada

Cara mengatasi stress dengan melakukan kegiatan yang disukai diluar pekerjaan rutin

Resty Dian Safitri (@rezzdee)pada

Setiap orang punya cara yang berbeda untuk menghilangkan stres. Cara saya menghilangkan stres adalah mencari tahu dahulu hal apa yang membuat saya stres. Setelah tahu penyebabnya, maka saya akan berusaha mencara cara untuk menghilangkan rasa stres tsb dan mencari cara utk mencegah supaya tidak mengalami stres yg sama dikemudian hari. Misalnya, saat saya stres dengan pekerjaan kantor yg menumpuk, maka saya akan menghabiskan waktu diluar kantor utk bersantai tanpa harus memikirkan urusan kantor.

Santoso Wijayapada

menghabiskan waktu dengan keluarga di akhir pekan untuk keluar dari kota jakarta seperti ke daerah puncak agar kami bisa merasakan ketentraman dibandingkan dengan tetap berada di jakarta. selain itu cara simple lainnya untuk menghilangkan stress adalah melakukan outbound baik itu bersama teman ataupun dengan keluarga

Tri Budiantopada

menurut saya cara yang paling ampun untuk menghilangkan stress itu mudah sekali coba lah untuk berani senyum kepada siapa pun, mungkin dengan senyuman rasa stress yang ada dipikiran kita akan berkurang mungkin malah hilang, karena mulai dari hal terkecil seperti senyum yang sangat mudah untuk dilakukan akan memberikan efek yang begitu positif. kepada kehidupan kita.

Tri Budianto (@antnprakarsa)pada

menurut saya cara yang paling ampun untuk menghilangkan stress itu mudah sekali coba lah untuk berani senyum kepada siapa pun, mungkin dengan senyuman rasa stress yang ada dipikiran kita akan berkurang mungkin malah hilang, karena mulai dari hal terkecil seperti senyum yang sangat mudah untuk dilakukan akan memberikan efek yang begitu positif. kepada kehidupan kita.

dwiartantipada

cara menghilangkan stress : selalu positive thinking dan berusaha melakukan hal positif lainnya yang disukai, misalkan membaca atau menonton dvd.

Vania Christabella Katopada

Menurut sy cara untuk mengatasi stress ada 10 yaitu :

1. Berpikir Positif
Optimisme dapat menangkal dampak negatif stres, ketegangan dan kecemasan telah di sistem kekebalan tubuh Anda dan kesejahteraan. Sangat penting untuk mengelilingi diri dengan orang-orang positif. Getaran negatif dari teman-teman dan rekan kerja dapat menyebar, sehingga sulit bagi Anda untuk bersantai. Lihatlah situasi tertentu berbeda. Mungkin cara Anda mencari mungkin menyebabkan tekanan yang banyak.
2. Tidur
Aktivitas ini bisa dibilang efektif. Mendapatkan tidur nyenyak yang cukup memiliki dampak besar pada tingkat stres Anda. Fungsi kekebalan dan ketahanan terhadap penyakit pun bangkit.
Tidur tidak hanya mengurangi tingkat pemulihan Anda. Tapi ingat, ini bsia juga meningkatkan tingkat stres dalam tubuh Anda jika kadarnya berlebih. Jadi, jangan kesiangan karena ini akan membuat Anda bertambah lesu.
3. Tertawa
Tawa luka stres dan mempromosikan relaksasi. Itu, pada gilirannya, membantu sel-sel kekebalan tubuh berfungsi lebih baik. Temukan humor dalam hal-hal dan terlibat dalam aktivitas yang membuat Anda tertawa untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan ketahanan terhadap penyakit.

4. Olahraga
Latihan akan merevitalisasi tubuh dan pikiran Anda dan Anda akan siap untuk menghadapi apa pun. Olahraga teratur dan aktivitas fisik tidak hanya memperkuat sistem kekebalan tubuh, sistem kardiovaskular, jantung, otot dan tulang, tetapi juga membantu dalam manajemen stres dengan menyediakan gangguan dari situasi stres dan meningkatkan endorfin (merasa-baik tubuh kimia).
Penelitian menunjukkan bahwa 20 menit setiap hari adalah semua yang diperlukan untuk pengalaman manfaat. Jadi mendapatkan beberapa memompa darah dan melepaskan beberapa endorfin.

5. Meditasi
Meditasi sangat bagus tidak hanya untuk menghilangkan stres, tetapi juga untuk relaksasi otot. Penelitian telah menunjukkan bahwa meditasi dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah.
Cobalah mulai sekarang renungkan untuk memanggil energi positif. Caranya mudah, cukup hanya mengambil nafas panjang dan mengosongkan pikiran Anda. Lakukan meditasi10 menit saja dan reguk manfaatnya.

6. Dengarkan Musik
Apakah Anda terjebak dalam kemacetan lalu lintas atau bersiap untuk hari yang berat di tempat kerja, mendengarkan musik favorit Anda merupakan metode yang bagus untuk mengurangi stres dan menghilangkan kecemasan.
Musik yang menenangkan dapat memiliki efek relaksasi pada gelisah, tegang pikiran. Hal ini juga dapat menurunkan tekanan darah, memperlambat pernapasan dan detak jantung. Cari tahu apa jenis musik yang bisa membantu Anda bekerja yang terbaik dan kemudian membuat koleksi musik untuk membantu Anda rileks dan merasa baik.

7. Pandai-pandailah bersyukur
Bersyukur merupakan cara yang paling ampuh dalam mengatasi stress, bagaimana tidak. karena pada umumnya orang mengalami stress karena tidak kuat dengan apa yang telah terjadi atau keadaan yang menimpanya. Dengan bersyukur kita akan senantiasa ingat bahwa segala sesuatu yang kita peroleh merupakan pemberian dari ALLAH SWT dan seyogyanya kita terima dan kita kerjakan dengan rasa ikhlas.

8. Libatkan indera Anda
Aroma tertentu dapat memiliki efek, menenangkan relaksasi pada keadaan pikiran Anda. Anda dapat mencoba menempatkan lilin lavender, lemon atau chamomile beraroma di sekitar rumah atau kantor Anda. Anda juga dapat menggunakan salah satu dari aroma di kamar mandi Anda.

9. Minum teh hijau
Teh hijau mengandung asam amino, Theanine, yang membantu dalam produksi dan pelepasan bahan kimia yang disebut Dopamin. Kedua Dopamin dan Theanine merangsang perasaan kesejahteraan di dalam tubuh. Namun, kafein dapat memperburuk respon stres, jadi hindari minuman berkafein.

10. Pijat
Pijat seluruh tubuh membantu untuk melepaskan ketegangan dan rasa sakit dari stres otot tegang. Jika Anda tidak pernah mengalami pijat, Anda akan kehilangan salah satu hal paling indah dalam hidup. Semoga bermanfaat bagi kita semua 🙂

Erna Setiawatipada

Selalu berfikir positif terhadap sesuatu hal, biasanya kita stress krn terlalu memikirkan sesuatu hal.. Dengan berfikir positif dan rileks maka stress akan berkurang,
Memandang keindahan alam, tdk perlu jauh jauh, kita memandang ke langit luas dan coba rasakan betapa indahnya langit,. berwarna biru dan luas.. begitu jg hidup, hidup itu luas tdk terhalang suatu apapun kalau kita bs memaknai hidup itu sendiri..

Dimas Aryo Perdhanapada

Berkumpul, bercengkrama dan bercanda bersama keluarga, berlibur di akhir pekan untuk menghilangkan rutinitas yang monoton dan berolahraga

Lisia Indra Saripada

Di bulan yang penuh rahmat ini, salah satu hal positif yang dapat dilakukan untuk melepas stres adalah dengan cara berbagi/memberi, terlebih bagi mereka yang membutuhkan. Hidup adalah memberi dan dengan saling memberi kita dapat hidup. Dengan memberi kita juga akan menerima. Berupa sukacita hasil turut berbagi kebahagian dengan mereka yang membutuhkan.

Wati Bagaspada

Menurut saya tips mengatasi stres yaitu:
Perbanyak dzikir dan berdoa kepada Tuhan YME.
Meluangkan waktu untuk berekreasi dengan teman atau keluarga.
Berceritalah masalah yang terjadi kepada teman dekat anda agar hati anda tenang.
Beri waktu untuk beristirahat agar diri anda tenang

Davinapada

Cara mengatasi strees antara lain dengan mendengar musik favorit atau nonton film yang kocak, atau berkumpul dengan teman-teman hanya untuk ngobrol ngalor ngidul atau kalau mau curhat tentang permasalahan stress yg dialami

Alfianpada

Jangan mencampuri urusan orang, karena akan memperbanyak masalah anda.
Relaksasikan diri anda sejenak, seperti mendengarkan musik dan sebagainya.
Rendah hati, jujur, dan jauhkanlah sifat iri dan dengki dari anda.

Paulina SIlviapada

Cara mengatasi stress bisa dengan mendengarkan musik klasik yang menenangkan lalu menonton film komedi bareng teman-teman, jadi jauh-jauh dari kesepian deh 🙂

anggasihombingpada

Tertawa merupakan salah satu relaksasi, dimana tertawa dapat membantu sel-sel kekebalan tubuh berfungsi lebih baik. Temukan humor dalam hal-hal seperti bercanda bersama teman atau menonton film komedi untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan ketahanan terhadap penyakit.

Nicko Akbarpada

Bermain game di tempat zona bermain / karaoke bersama teman-teman.

adi soelistiyopada

istirahat dan tidur yang cukup, menjaga pola makan sehari-hari, berolahraga ringan.

desi faliantipada

biasa nya saya klo ngilangin stress hiking bareng temen”

Deny Rizky Kurniawanpada

Menghilangkan stress itu dengan duduk di taman samping rumah sambil minum teh hangat dan sedikit cemilan ditemani majalah favorit dan musik-musik yang easy listening. Apalagi kalau pas hujan gerimis, wuih makin tenang ajah rasanya pikiran ini. Semua kejenuhan dan stress perlahan hilang. Semangat Mencoba 😀
ID Twitter: @d3rka
Facebook: http://www.facebook.com/denyrizkykurniawan

Dwi putranto miryadipada

Belajar mencintai hidup dan brfikir positif thd suatu mslh. Dg kedua hal itu maka stres akan brkurang. . Kalau qt bs mcintai hdup pasti qt akan syg membuang wkt d hdup qt untk stres. .pdhl wkt akn lbh brharga dgunakan untk mlakukan hal lain yg positif.. Jgn lupa jg beribadah krn dg dkat kpd Yang Kuasa maka hati qt akan lebih adem bebas stres

Rio Pratamapada

untuk saya cara menghilangkan stress yg pertama adalah dengan mendengarkan musik yang saya sukai, hal tersebut langsung mengurangi tingkat stress yang saya miliki, selanjutnya misalnya dengan berkumpul dgn teman-teman untuk seru-seruan bareng…. ataupun hangout bersama teman-teman.

Ghitha Afifahpada

Berbagai macam cara dapat digunakan untuk menghilangkan stress seperti melakukan hobi, berolahraga, dan berpositif thingking. Setiap orang pasti memiliki kesukaan untuk melakukan kegiatan tertentu atau hobi. Luangkanlah waktu beberapa jam dalam seminggu untuk melakukan hobi yang disukai misalnya traveling, melukis, membaca, blogging, dan sebagainya. Bagi orang-orang yang menyukai olahraga, hal itu sangatlah bermanfaat untuk kesehatan jasmani dan mental. Bila kurang bersemangat untuk berolahraga, bergabung di klub olahraga seperti di pusat kebugaran tubuh tertentu juga ide yang patut dicoba karena akan menambah motivasi kita dalam berolahraga. Lebih dari itu, membiasakan diri agar selalu berpikiran positif merupakan hal paling simple dan paling signifikan pengaruhnya bagi kesehatan kita. Mari kita jauhkan Stres dari hidup kita !

Neri Ainipada

cara lainnya yaitu berkomunikasi dgn teman lama yg jarang kita temui. Berbicara mengingat masa lalu lumayan bisa menghilangkan stres

boyubayatpada

menurut saya langkah lain untuk mengatasi stress adalah dengan berfikir positif. Dan selalu bersyukur sama Tuhan utk segala keadaan. Karena dgn hati yg selalu bersyukur, hati pun akan terasa tentram dan damai.
Selain itu bisa dgn menonton film komedi atau komik humor agar bisa tertawa. karena tertawa itu sangat efektif dlm mengatasi stress..
Berkumpul bersama keluarga juga bisa jadi alternatif. Bercanda, tertawa bersama keluarga sangat bisa membuat kita lupa terhadap masalah yg menyebabkan stress..
dan alternatif lain yg bisa dipilih adalah menuangkan isi hati anda kepada Tuhan melalui Doa. Di dunia ini tidak ada sahabat yg lebih setia dari Tuhan. cuma Tuhan sahabat yg benar2 setia kepada kita dan tidak pernah menyakiti kita. So cobalah menceritakan masalahmu kepadaNYA. Menangislah jika memang harus menangis, karena menangis itu tak selalu berarti cengeng dan lemah. Saya yakin setelah mencurahkan isi hati kita kepada Tuhan , semuanya akan terasa lebih ringan dan hati lebih terasa plong.
Semoga bermanfaat ^-^

Nurji Afwanpada

kumpul2 bareng temen / keluarga sambil ngopii dan bersenda gurau bisa menghilangkan stress juga.

Kezia Lanitapada

Cara menghilangkan stress selain mendekatkan diri pada Tuhan, juga dengan mencari berbagai kegiatan/kesibukan bersama orang-orang sekitar. Misalnya berkumpul bersama keluarga, teman, kerabat, dan lainnya. Karena jika hanya berdiam diri di rumah, kita hanya akan teringat masalah-masalah lalu yang terjadi. Dan satu cara lagi untuk menghilangkan stress adalah dengan mendengarkan lagu-lagu semangat yang liriknya memotivasi, bukan dengan lagu galau yang membuat kita semakin terpuruk. 🙂

Dede Semiawanpada

Jawaban:
Ada beberapa cara lain yang dapat dilakukan untuk menghilangkan stress. Secara pribadi, yang saya lakukan apabila dalam kondisi mendekati stress adalah:
1. Meditasi
Saya adalah seorang muslin, karena itu kegiatan ini saya awali dengan Shalat Sunnah 2 rakaat. Setela itu kegiatan dilanjutkan dengan meditasi sampai pikiran saya tenang, biasanya sekitar 10-20 menit sambil berdzikir. Hal ini sering saya lakukan apabila stress datang dari berbagai kegiatan di kampus
2. Melakukan Hobi
Saya tergolong orang yang punya hobi memelihara tanaman dan beberapa hewan. Apabila stress datang pada saat saya berada di rumah, maka yang saya lakukan biasanya adalah dengan berkeliling di halaman depan rumah memperhatikan tanaman koleksi saya sambil bermain dengan hewan peliharaan.
3. Tuning
Sebenarnya ini adalah sebutan saya sendiri untuk kegiatan menjalin komunikasi dan melakukan kegiatan bersama dengan sahabat atau pasangan lawan jenis. Sesuai dengan namanya, kegiatan ini pada dasarnya adalah untuk menjadikan kondisi jiwa kita yang dalam keadaan stress (out of tune) menjadi normal kembali (tuned). Kerap kali kegiatan ini saya lakukan dengan lawan jenis, karena efeknya akan jauh lebih cepat dibandingkan dengan teman sejenis.

Sekian pengalaman saya
semoga bermanfaat Bright Friends
(^_^)

suhartono kasnopada

menenangkan diri dengan meditasi

eva putry amalliapada

Kata aku sih makan coklat karena kalo lagi pas stres…rasanya ilang semua…tp namanya stres harus dilewati mau gak mau..coba meski kita melupakan semua hal yg sulit sejenak tp setelah itu kita juga berfikir kembali.seperti halnya aku..tp lebih baik lewati ajah daripada kita nanti malah lebih sulit melewati permasalahan itu.

    Brighter Life Indonesiapada

    Benar sekali Eva. Stres memang harus dilewati & jangan dilupakan agar stres tidak menumpuk dan makin membuat Anda semakin stres. Makanan diatas adalah salah satu cara agar Anda dapat berpikir relax dan jernih untuk melewati hal tersebut. Terima kasih sudah membaca ya 🙂

Retnopada

setuju dengan semua pendapat di atas. Bagi saya pribadi, salah satu obat stress saya selain yang disebut di atas, adalah dengan pijat .. yes massage….. apakah itu pijat tradisional, creambath ataupun pijat refleksi, bisa ditambah juga dengan facial, totok wajah. Agar hasilnya maksimal, sebaiknya sih sudah punya list pemijat favorit, karena kalau kurang cocok, stress tidak hilang, badan/wajah malah sakit. Biasanya sehabis pijat, tidur akan lebih relaks dan tenang, sehingga jiwa dan raga segar pada saat bangun tidur.

fiona fitripada

真的假的?

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life