Inspiring Story

Tips Beraktivitas untuk Menjalani Bulan Ramadan dengan Penuh Semangat

Oleh Satrio Wicaksono untuk Brighter Life Indonesia,

Bermalas-malasan tidak dianjurkan selama bulan suci yang penuh berkah dan pengampunan, Ramadan. Tetaplah aktif melakukan kegiatan sehari-hari, termasuk amalan-amalan yang mendatangkan pahala serta olah raga ringan. Berolah raga bisa dilakukan pagi hari, misalnya jalan, lari di tempat, bersepeda atau yang lainnya.

Aktivitas pada saat puasa justru dapat merangsang pengeluaran hormon-hormon anti insulin yang berfungsi melepas gula darah dari simpanan energi, sehingga kadar gula darah tidak menurun dan pada akhirnya tubuh tetap segar bugar sepanjang hari. Apabila rasa kantuk menyerang di pagi hari, segera saja berolahraga secukupnya untuk membakar simpanan makanan supaya menjadi energi, kemudian lanjutkan aktivitas Anda seperti biasanya. Lakukanlah aktivitas penjualan seperti biasa dengan tidak mengurangi semangat di hari-hari selain bulan puasa.

Tips Perencanaan Keuangan Rumah Tangga

Berikut merupakan tips perencanaan keuangan rumah tangga untuk Anda yang menjalankan ibadah puasa. Anda juga dapat membagikan tips ini kepada calon nasabah Anda untuk mencairkan suasana ketika melakukan penjualan.

Masyarakat muslim di Indonesia selalu menyambut Ramadan dengan penuh sukacita. Namun yang terjadi pada bulan puasa Ramadan yang mestinya menahan nafsu di mana salah satunya adalah nafsu makan dan minum, pada kenyataannya pengeluaran rumah tangga malah lebih banyak untuk kebutuhan makanan. Contohnya, yang biasanya pada sehari-hari tidak ada menu kolak, untuk bulan puasa menjadi seperti suatu keharusan bahwa mesti ada menu tersebut. Ditambah lagi cemilan kue-kue basah, kurma, serta menu masakan yang lebih spesial dari hari-hari biasanya.

Hal ini dapat dikatakan sebagai tradisi sebagai ungkapan kegembiraan menyambut bulan suci Ramadan. Ada rasa ingin merayakan keistimewaan Ramadan. Setelah menjalankan ibadah puasa seharian tentunya ada keinginan mendapatkan atau memberikan semacam reward atas ibadah ini.  Di satu sisi, hal ini merupakan kewajiban umat muslim menjalankan ibadah puasa. Namun sebaiknya jangan sampai terlalu mengada-adakan sehingga menjadi besar pasak daripada tiang.

Bagi mereka yang memiliki kebiasaan menjalankan ibadah di bulan Ramadan dengan sedikit memberikan menu istimewa dari hari-hari biasa, tentunya harus dipersiapkan dengan benar anggarannya. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan:

1. Pengaturan Anggaran Belanja Rumah Tangga

Anggaran bulan Juli sampai dengan Agustus ini disesuaikan dengan keperluan yang bisa jadi bakal lebih besar di belanja makanan. Jika biasanya belanja kebutuhan makanan Rp 300.000 per minggu, maka untuk bulan ini disesuaikan menjadi Rp 400.000 per minggu. Supaya pengeluaran masih tetap dalam anggaran belanja , sungguh bijaksana apabila terdapat pos lain yang anggarannya dikurangi. Misalnya anggaran untuk makan di luar di akhir pekan dikurangi. Jika setiap akhir pekan dianggarkan Rp 150.000 per minggu maka hilangkan saja anggaran ini dan masukkan Rp 100.000 per minggu untuk belanja makanan. Sementara sisanya Rp 50.000 x 4 = Rp 200.000 dapat digunakan sebagai belanja untuk sumbangan ta’jil ke tempat ibadah di lingkungan sekitar kita.

2. Persiapan Belanja Bahan Makanan

Harga bahan makanan selama bulan puasa biasanya akan naik, terutama ketika mendekati Lebaran. Hal ini tidak dapat dihindari ketika kenyataannya bahan-bahan tersebut memang selalu harus ada, seperti gula pasir, gula merah, tepung terigu, beras, telur, mentega, dan sebagainya. Baik sekali apabila kita mulai mencicil untuk belanja bahan-bahan tersebut. Siapkan tempat penyimpanan yang baik agar kualitas bahan tetap bagus, terhindar dari binatang seperti tikus, semut atau  kecoa serta diletakan dengan rapi.

Siapkan lauk kering seperti kering tempe, kering kentang, abon sapi, abon ayam dan lain sebagainya. Selain praktis, juga bisa menghemat sebagai cadangan di saat kita tidak sempat menyiapkan lauk untuk sahur atau sebagai variasi menu berbuka. Jenis lauk tersebut jika pengolahannya baik bisa tahan sampai 2 minggu atau bahkan lebih. Dengan sudah tersedianya lauk kering, bagi ibu-ibu yang punya bisnis tambahan selama Ramadan bisa sedikit terbantu untuk tidak selalu memasak setiap saat, sehingga dalam mengelola bisnisnya lebih lancar.

3. Zakat Fitrah dan Zakat Maal

Tidak ada salahnya melebihkan pemberian dana zakat fitrah, kemudian segera dibayarkan ketika menginjak bulan Ramadan pada saat belanja beras bulan Juli ini. Ada sebagian orang yang mengeluarkan zakat Maal-nya pada saat Ramadan. Bagi Anda yang mempunyai anggaran rutin untuk zakat maal, Anda dapat segera membayarkannya ke Badan Amil Zakat. Dengan begitu, zakat Anda dapat disalurkan dengan segera kepada yang berhak menerima.

4. Bingkisan Lebaran

Sebagian dari kita mungkin ada juga yang setiap Lebaran memberikan bingkisan kepada orang tua, kerabat, atau teman-teman. Belanjalah barang-barang bingkisan tersebut sebelum Ramadan. Selain lebih  murah dan leluasa, membeli bingkisan saat berpuasa mungkin akan lebih melelahkan karena pusat perbelanjaan belum sepenuh di saat bulan Ramadan atau menjelang Lebaran. Jangan lupa juga belanja bingkisan untuk tim kita apabila Anda adalah seorang leader. Anggaran untuk kebutuhan ini dapat diambil dari dana yang sudah disisihkan beberapa bulan lalu atau bisa dari akumulasi sisa dana cadangan bulan-bulan sebelumnya.

5. Persiapan Dana Hari Raya yang bukan THR

Sungguh bijaksana apabila sudah menyisihkan sebagian pendapatan sebagai dana Hari Raya yang dipersiapkan sejak dari beberapa bulan yang lalu. Kini saatnya melihat seberapa banyak dana yang telah terakumulasi. Dengan mengetahui besaran dana hari raya, maka akan lebih mudah dalam merancang acara selama libur Lebaran nanti. Menyusun rencana sebaiknya disesuaikan dengan budget yang tersedia karena kita mesti bijak menyikapi dalam membuat rencana menghadapi Lebara. Namun yang terpenting adalah kekhusyukan dan keikhlasan dalam menjalankan ibadah selama bulan Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.

Bright Friends, menurut Anda bagaimanakah cara agar menjalankan bulan ramadan ini dengan semangat dan ceria?

Ria Puspitapada

Cara menjalankan bulan Ramadhan ini dengan semangat dan ceria, adalah tetap aktif menjalankan rutinitas sehari hari tanpa terbebani pikiran bahwa kita sedang menjalani puasa yang sangat berat dan melelahkan dan berusaha untuk selalu berbuat baik kepada sesama umat manusia. Dengan mindset yang positif , Insya Allah di bulan Ramadhan ini kita akan mendapatkan keceriaan dan pahala yang berlimpah. Amin

Ikmal Qoyyumpada

beraktifitas seperti biasa dan banyak beribadah

yuliatipada

- Niatkan hati, ikhlaskan diri
– Jaga stamina agar ibadah dan kerja berjalan lancar
– Berdzikir kapanpun teringat pada-Nya
– Sirami hati dengan membaca/mendengar Al-Quran
– Jaga lisan, hindari bergosip
– maksimalkan ibadah antar manusia ini untuk menambah pundi-pundi amalan puasa sekaligus menjadi ajang latihan ketahanan dan kesabaran dalam melawan hawa nafsu sehingga ibadah Ramadhan yang dijalani pun terasa semakin bermakna

yuliatipada

- Niatkan hati, ikhlaskan diri
– Jaga stamina agar ibadah dan kerja berjalan lancar
– Berdzikir kapanpun teringat pada-Nya
– Sirami hati dengan membaca/mendengar Al-Quran
– Jagalah lisan, hindari bergosip
– maksimalkan ibadah antar manusia ini untuk menambah pundi-pundi amalan puasa sekaligus menjadi ajang latihan ketahanan dan kesabaran dalam melawan hawa nafsu sehingga ibadah Ramadhan yang jalani pun terasa semakin bermakna

maulanipada

menjalani aktivitas dan rutinitas dengan semangat dan ikhlas serta tetap berolah raga, positive thinking dan melakukan hobi yang kita sukai.

Λrend (@areend)pada

Tetap menjalankan sahur dan buka puasa sebagaimana mestinya sehingga dapat terus mendapat energi positif, dan ada cara simpel yaitu dengan sering mengikuti buka bersama baik dengan keluarga maupun rekan-rekan kantor dan juga teman lama, niscaya dapat meningkatkan semangat didalam menjalankan ibadah puasa

Iwan Tauruspada

Cara menjalankan bulan ramadan dengan semangat dan ceria adalah hadapi setiap aktivitas pekerjaan dengan senang hati, biasakan makan sahur sehingga tubuh mendapatkan asupan energi dan nutrisi sehingga dapat melaksanakan kegiatan dengan bugar, Berbukalah dengan makanan yang manis dan tidak berlebihan, Jangan tidur setelah sahur karena tubuh memerlukan waktu untuk melakukan pencernaan makanan. , selain itu tidur kembali setelah sahur cenderung membuat kita menjadi malas dan ngantuk saat harus beraktivitas.

lutfita dwi s.pada

Cara menjalankan bulan ramadhan agar semangat dan ceria
Niat tulus ikhlas berpuasa . Memperkuat niat dan bertawakal kepada Allah agar kesibukan pada pekerjaan tidak menjadikan alasan untuk lalai dalam beribadah yaitu sholat dan puasa yang dapat dijalani secara berdampingan.
Menjaga stamina dengan memaksimalkan makan sahur yaitu mengkonsumsi makanan kaya energi dan sehat. Selain itu konsumsi cukup air untuk menghindari dehidrasi, minum multivitamin, istirahat yang cukup sebelum sahur serta olahraga ringan misal jogging.
Membaca Al-Quran dan mendengarkan siraman rohani.
Berbuat baik dan beramal kepada rekan kerja atau antar manusia untuk memaksimalkan ibadah, insyaallah ibadah kita diterima Allah. Amien :)

Paulina Silviapada

Tetap menjaga hati dan pikiran agar tetap positif, mengawali aktifitas dengan berdoa dan mengucap syukur sehingga segala aktifitas tetap dapat terlaksana dengan penuh semangat dan ceria… :)

Ayu Noorma Dianapada

Lakukan kegiatan kita seperti biasanya, untuk kegiatan berat, kurangi porsinya agar tidak mengganggu ibadah kita. jangan lupa sikat gigi setelah sahur, karena sedikit banyaknya bau mulut dapat mempengaruhi mood kita

Salwa Novikapada

Jalani rutinitas spt biasa. Tingkatkan kegiatan ibadah karena kita telah diberi waktu 11 bulan utk mengejar kehidupan duniawi. Banyaknya ibadah dpt membuat saya lebih semangat dan optimis dalam menjalani hidup. Hanya Allah SWT yg bisa membolak-balikkan mood hati kita semudah membalikkan telapak tangan.

Hari mardionopada

gunakan waktu menjelang berbuka puasa untuk ngabuburit atw kegiatan sosial yang fun. jadi kita tetap beribadah namun dngn perasaan yang riang dalam menjalani puasa. atw jalan jalan ke mal untuk melepas penat dr kekosongan waktu saat bulan puasa. namun jangan lupakan untuk beribadah juga ya brightfriends

rizky fadillahpada

jangan melakukan kegiatan yang monoton dan menjalankan sunnah-sunnah selama bulan Ramadhan, contohnya Tadarus Al-Qur’an

Afifatun Nafisahpada

Pada saat sahur sebaiknya konsumsi makanan yang bergizi, pilih makanan dari jenis karbohidrat kompleks (umbi-umbian, kentang) dan mempunyai kandungan serat yang tinggi (sayuran dan buah). Karena dengan konsumsi jenis makanan tersebut maka akan memperlambat laju pengosongan lambung, sehingga dapat memperlama rasa kenyang. Dan jangan lupa untuk cukup minum air putih pada saat berbuka dan selama sahur. Hal ini akan membuat fit hingga siang hari, sehingga semangat tetap terjaga dan selalu ceria.

Zakiapada

cara menjalankan bulan ramadan ini dengan semangat dan ceria adalah memperhatikan pola makan saat sahur dan berbuka. Pilih makanan dan minuman yang mengandung nutrisi tinggi. Hindari banyak makan dan minum yang dingin karena dapat menyebabkan kaki jadi lemas. Jangan banyak tidur. Karena dengan tidur, justru badan kita semakin lesu. Jika rasa kantuk terus menyerang, obatilah dengan berwudhu.

Santoso Wijayapada

dengan melakukan aktivitas-aktivitas seperti biasa dan juga ketika sahur jangan lah makan secara berlebihan karena akan menyebabkan kantuk dan membuat diri jadi malas. jadi cukup makan dengan porsi yang pas dan tidak berlebihan akan membuat puasa kita menjadi lancar dan tidak berlebihan

oksan kumis (@oksan_mamen)pada

jalankan ibadah puasa dengan senanghati pilihlah menu sahurdan buka yang sehat dan makanlah tidak berlebihan. lakukan kegiatan puasa yang bermanfaat jalankan dengan senang hati, ikhlas dan anggaplah pekerjaan yang anda kerjakan mendapat ridlo dari Allah SWT

Dwi Putranto Miryadipada

1. Belajar memaknai dan mencinta bulan Ramadhan
dengan kita memaknai arti Ramadhan dan mencintai bulan suci maka kita tdk akan merasakan berat melakukan hal yg diwajibkan saat Ramadhan datang yaitu PUASA
2. Bikin enjoy hari hari
hal ini bs dilakukan dengan berbagai cara contohnya adalah melakukan aktivitas spt biasa ( kerja ) krn justru dg aktivitas maka puasa tdk akan terasa berat ataupun lama
3. Banyak beribadah
dengan beribadah hati akan merasa tenang,apalagi ramadhan adalah bulan yang banyak bonus bagi kita yg beribadah. bayangkan saja dg kita beribadah maka kita sudah mencicil membangun rumah di surga sesuai janji Allah, apa kita tidak senang kalau kita membangun rumah indah kita sendiri di surga.
4. Makan makanan yg bergizi
Dengan kita mengkonsumsi makanan bergizi saat puasa dan minum multivitamin daya tahan tubuh maka kita tdk akan merasa lemas, kita akan tetap fit sepanjang puasa dan dg tubuh yg fit maka kita akan selalu ceria pula,,

Dimas Aryo perdhanapada

Menu makan tetap 4 sehat 5 sempurna plus vitamin, tetap berolahraga dengan penyesuaian jadwal, lakukan hal2 yg disukai yg tidak menggangu puasa

F. Budi Wibowopada

Jawaban:
Dengan memperlakukan bulan Ramadhan seperti bulan-bulan biasa lainnya, niscaya puasa akan terasa lebih ringan.

Renita Andrianipada

Cara menjalankan Bulan Ramadhan dengan Semangat dan Ceria itu sederhana Bisa berbuka dan sahur bersama keluarga tercinta di rumah, walaupun dengan sederhana : )

Nurji Afwanpada

perbanyak makan makanan yg sehat spt sayur2 an, buah2 an dsb & konsumsi mengkonsumsi vitamin dgn di barengi dengan niat yang tulus karna allah. insyallah kita selalu semangat menjalankan ibadah puasanya … amiin :)

Dwi Putranto Miryadipada

Tips dari saya :
Tetap menjalankan aktivitas seperti biasa krn Puasa bukan menjadi alasan untuk kita bermalas malasan
Justru puasa adalah ajang untuk kita mengendalikan diri dan Puasa melatih diri kita untuk rendah hati, Ramadhan akan tetap semangat dan ceria kalau kita bisa menjadikan Ramadhan sbg bulan yg indah dan menjalaninya tanpa beban..

lutfita dwi s.pada

Cara menjalankan bulan ramadhan agar semangat dan ceria
Niat tulus ikhlas berpuasa . Memperkuat niat dan bertawakal kepada Allah agar kesibukan pada pekerjaan tidak menjadikan alasan untuk lalai dalam beribadah yaitu sholat dan puasa yang dapat dijalani secara berdampingan.
Menjaga stamina dengan memaksimalkan makan sahur yaitu mengkonsumsi makanan kaya energi dan sehat. Selain itu konsumsi cukup air untuk menghindari dehidrasi, minum multivitamin, istirahat yang cukup sebelum sahur serta olahraga ringan misal jogging.
Membaca Al-Quran dan mendengarkan siraman rohani.
Berbuat baik dan beramal kepada rekan kerja atau antar manusia untuk memaksimalkan ibadah, insyaallah ibadah kita diterima Allah. Amien 0:)

lutfita dwi s.pada

Cara menjalankan bulan ramadhan agar semangat dan ceria
Niat tulus ikhlas berpuasa . Memperkuat niat dan bertawakal kepada Allah agar kesibukan pada pekerjaan tidak menjadikan alasan untuk lalai dalam beribadah yaitu sholat dan puasa yang dapat dijalani secara berdampingan.
Menjaga stamina dengan memaksimalkan makan sahur yaitu mengkonsumsi makanan kaya energi dan sehat. Selain itu konsumsi cukup air untuk menghindari dehidrasi, minum multivitamin, istirahat yang cukup sebelum sahur serta olahraga ringan misal jogging.
Membaca Al-Quran dan mendengarkan siraman rohani.
Berbuat baik dan beramal kepada rekan kerja atau antar manusia untuk memaksimalkan ibadah, insyaallah ibadah kita diterima Allah. Amien

Davinapada

Cara menjalankan bulan ramadhan dengan tetap semangat dan ceria dengan cara tidak ngoyo dan sudah diniatkan di dalam hati utk menjalankan puasa secara penuh. Selain itu olahraga ringan seperti peregangan boleh tetap dijalankan, konsumsi air putih dan jus saat berbuka puasa, saat berbuka disarankan mengkonsumsi kurma dan makanan yang nmengandung glaukosa, sedangkan saat sahur disarankan mengkonsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks serta hindari fast food

Lisia Indra Saripada

Menjaga hati dan pikiran. Keputusan untuk menjadi semangat dan ceria selama bulan Ramadhan kembali ke diri kita masing-masing. Mungkin banyak ganggungan yang kadang menyinggung perasaan kita, namun kembali ke kita bagaimana cara menanggapinya secara positif.

@joni_pramanapada

Banyak cara yang bisa kita lakukan agar kita selalu ceria dan semangat saat menjalankan ibadah puasa, dan solusi yang tepat bagi kalian yang ingin selalu semangat dalam berpuasa yaitu menjalankan hobi yang kita sudah retas sejak dulu seperti budidaya tanaman, ternak ayam, bisnis, buat blog , menulis, fotografer dll. Jalani hobi di bulan ramadhan mungkin tepat sekali bagi kalian selain bisa meretas hobi anda menjadi usaha yang besar, anda juga akan lebih semangat dalam menjalani Ramadhan kali ini.

Resty Dian Safitri (@rezzdee)pada

Menurut aku cara menjalankan puasa dengan semangat yaitu menjalankan bersama orang yang aku sayang, yaitu pacar. Saling mengingatkan utk sahur, solat, tadarus dan buka puasa bikin puasa aku terus ceria dan semangat. Hehehehehehehe

Dwi putranto miryadipada

Caranya adlh dg “PUASA”

P: Perhatikan asupan makanan saat sahur&buka agar qt tdk mrasa lemas pd saat puasa.

U: Usahakn minum multivitamin agar slama ramadhan daya tahan tubuh qt ttp trjaga

A: Aktivitas ttp brjalan,jgn smp saat ramadhan qt brhenti beraktivitas dg alasan puasa.

S: Sempatkan untk tidur siang wlp sbentar untk menormalkan lg energi qt yg trbuang saat braktivitas.

A: Anjuran utama adlh beribadah, krn dg ibadah aplg di bln ramadhan akan mmbwt ramadhan anda smakin indah. .

Dengan PUASA maka ramadhan qt ttp semangat dan ceria. .

Rio Pratamapada

jalani dengan ikhlas ibadah kita, selalu beribadah sesuai dengan apa yang telah ditentukan, saling berbagi antar sesama umat Muslim terutama bulan Ramadhan, bersedekah, beramal, jalani bulan puasa dengan membaca ayat-ayat Al-Quran

Asep Ruswandipada

Yang pasti yang paling utama tanamkan pada diri sendiri untuk selalu ceria. Lalu lakukan aktifitas seperti biasa cuma hanya dikurangi jamnya. Olahraga kecil sangat membantu, tebarkan selalu senyum karena bukan hanya ibadah senyum juga bisa melenturkan kulit wajah sehingga tampak lebih muda. Selalu berfikir bahwa kehidupan di dunia ini bukan untuk di sesali, optimislah bahwa hidup kita akan selalu ceria. Karena dgn begitu respon ke otak akan ceria pula. Kalau diibaratkan kata Sule ” Smile you don’t cry “

Rio Wijayapada

Cara untuk menjalankan bulan Ramadhan agar tetap semangat menurutku:
1. Menjalankan sgla sesuatu dg ikhlas dan Lillahita’alah, krn dg bgtu kita akn trmotivasi untuk melakukan yg terbaik
2. Sahur dan buka dg menu yg sehat dan tidak berlebihan
3. Melakukan hal-hal atau hoby yang kita sukai dan menyempatkan wktu untk brkumpul dg keluarga atau kerabat dan sahabat dekat kita
4. Mendengarkan atau membaca kata2 bijak dan motivasi dr tokoh agama atau tokoh dunia melalui browsing atau media lainnya

Lisia Indra Saripada

Menjaga hati dan pikiran. Keputusan untuk menjadi semangat dan ceria selama bulan Ramadhan kembali ke diri kita masing-masing. Mungkin banyak ganggungan yang kadang menyinggung perasaan kita, namun kembali ke kita bagaimana cara menanggapinya secara positif. Keputusan untuk menjadi semangat dan ceria ada di tangan kita. Pergunakan hal ini sebaik-baiknya.

Iwan Tauruspada

Cara menjalankan bulan ramadan dengan semangat dan ceria adalah hadapi setiap aktivitas pekerjaan dengan senang hati, biasakan makan sahur sehingga tubuh mendapatkan asupan energi dan nutrisi sehingga dapat melaksanakan kegiatan dengan bugar, Berbukalah dengan makanan yang manis dan tidak berlebihan, Jangan tidur setelah sahur karena tubuh memerlukan waktu untuk melakukan pencernaan makanan. , selain itu tidur kembali setelah sahur cenderung membuat kita menjadi malas dan ngantuk saat harus beraktivitas.

Afifatun Nafisahpada

Cara agar menjalankan bulan ramadan ini dengan semangat dan ceria

Menjalankan puasa dengan niat yang kuat dan ikhlas, karena sudah merupakan kewajiban dan ibadah.

Pada saat sahur dan berbuka, konsumsi makanan yang bergizi, serta perhatikan jumlah air putih yang dikonsumsi, harus cukup.

Gunakan waktu saat berpuasa dengan hal-hal yang menurut anda menyenangkan, misalnya bekerja sambil mendengarkan musik, sehingga pikiran menjadi rileks.

Perbanyak ibadah pada bulan Ramadhan, misalnya sholat tepat waktu, membaca Al-Qur’an dan jangan lupa untuk bersedekah.

Jangan lupa untuk meluangkan waktu untuk beristirahat secukupnya.

Ritawatipada

Jalani bulan Ramadhan dengan Senang Hati dan selalu mnsyukuri segalanya

@HekmatyarOssapada

saat sahur jangan lupa makan kurma agar badan fit selama berpuasa, hindari sesuatu yang negatif agar puasa menjadi barokah, Syukuri saja apa yang ada dalam hidup.

Dwi putranto miryadipada

Intinya cm 1 yaitu belajar mencintai bulan ramadhan, bln yg hanya dtg sekali dlm setahun, bln yg penuh berkah dmn qt saling berlomba untk mdptkan nikmat dan pahala. Kalau qt sdh bs mencintai bulan ramadhan, insyaallah qt akn ttp smangat dan ceria selama ramadhan. .

Zull☆_Abw★_Iqb☆l (@zouall)pada

Selalu yakin bahwa Ramadhan adalah bulan yang sangat penuh akan berkah dan raja dari semua bulan yang ada dalam setahun, serta selalu bersyukur bahwa kita masih di beri kesempatan oleh Allah bertemu dengan bulan Ramadhan. Belum tentu kita akan dapat menjumpai bulan Ramadhan tahun depan, karena itu manfaatkanlah bulan yang penuh berkah ini sebagai dengan sebaik-baiknya, perbanyak amalan ibadah dan tetap melakukan akitivitas sehari-hari seperti biasa. Dan jangan lupa untuk mengkosumsi makanan yang bergizi saat sahur dan berbuka sabagai pengganti energi saat berpuasa di siang hari, tapi jangan terlalu berlebihan, itu tidak baik pula.

Rudy Tan (@rudytpi)pada

Jalankan secara tulus dan sepenuh hati seperti hari-hari biasa kerja, maka kita bakal tidak terbebani dgn pikiran dlm menjalankan ibadah puasa serta selalu berdoa semoga diberi kekuatan lebih utk menghadapi tantangan di depan. Selalu berpikiran positif maka hidup kita pasti lebih enjoy mengarungi brighter days…

Ervina Setiantipada

Lakukan aktivitas positif yg ramadhan, misalnya beribadah. Dg mdkatkn diri dg Allah maka hati qt akn trasa nyaman dan tdk trbebani saat puasa. Contoh lain adl mlakukan kegiatan sosial spt mengadakan buka brsama d masjid,mengajar TPA, atw Takjil. Dg bgtu qt akn mrasa lbh smangat dan ceria krn qt bs brbagi ilmu dan kemampuan kpd orlin.. Jgn sia siakan bln ramadhan hanya dg brmalas malasan ya bright friends. .

Nicko Akbarpada

- Membuat menu untuk berbuka puasa bersama pasangan.
– Melakukan kegiatan menyenangkan sebelum berbuka bersama keluarga seperti bermain games, atau bermain di taman.

Deny Rizky Kurniawanpada

Semuanya berawal dari niat, apabila niat kita ikhlas berburu pahala di Bulan Ramadhan maka Insya Allah puasa lancar begitu juga aktifitas sehari-hari akan tetap lancar dan dapat dijalani dengan semangat dan senyuman. Ingant Niat yah:
N: Nafsu harus diatur dan ditahan dari semua godaan yang ada
I: Iman harus dipertebal dengan ibadah
A: Akal digunakan dengan baik agar dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan tepat sehingga ada waktu untuk beribadah
T: Tawakal akan semua usaha yang telah lakukan

Joni Pramanapada

Menjalani aktivitas di bulan ramadhan kedengaran nya bikin males, tapi anda harus tahu bulan ramadhan adalah bulan penuh berkah jika kalian bersungguh-sungguh dalam melakukan aktivitas apapun tidak tertutup kemungkinan kalian akan mendapat banyak barokah bahkan pahala. Dan harus kita ketahui , ikhlas dan sungguh-sungguh adalah lintasan yang harus kita ikuti bahkan kita jadikan pedoman dalam menjalani aktivitas kerja ataupun sekolah. Dan Agar kita tetap semangat kita harus memiliki suatu tujuan yang membuat kita ceria nantinya. Maka dapat diambil kesimpulan, agar kita selalu semangat dan ceria di bulan ramadhan yaitu selalu bisa mengontrol rasa ikhlas dan sungguh-sungguh untuk menjemput masa depan ( Ingat jangka panjang nanti ).
” hadapilah diri sendiri, sebelum kamu di hadapkan dengan masalah yang ada “

Iyang Bahtiar (@iyangbahtiar)pada

Menjalani puasa agar tetap ceria kalo menurut saya sih yang penting kita jangan males-malesan dan justru malah berdiam diri di rumah, harusnya kita punya kegiatan yang bisa dilakukan, terutama kegiatan bareng temen atau teman kerja, soalnya dengan adanya kegiatan itu waktu dibulan puasa ini bisa berjalan lebih cepet dan ga kerasa, dan kita bisa bersosialisasi dengan orang-orang nantinya. jadi waktu kita pun ga menjenuhkan dibanding kita ga ada kegiatan sama sekali. Kegiatan itu contohnya bisa sekolah, kerja, belajar, berkumpul bareng teman atau keluarga, bisa ngaji bareng dan lain-lain kalo bisa yang kegiatannya ga sendirian, biar kita ga bosan :)

Wati Sunartipada

Berniat dalam hati, bahwa Saya ini muslim. Seorang muslim harus taat kepada perintah Tuhannya. Dengan begitu, Anda pasti bersemangat menjalani puasa. Setelah Anda mempunyai semangat, Anda jalani puasa dengan kegiatan2 yang membuat Anda ceria. Seperti Ngabuburit bersama keluarga, mengaji bersama keluarga, dan sebagainya. Enjoy your fast!

Reagy Sukmanapada

Menjalankan ibadah ramadhan dengan niat yang ikhlas dan penuh semangat, menjalankan kegiatan positif yang bermanfaat juga menyenangkan seperti berbagi kepada mereka yang tidak mampu, mengontrol diri dengan lebih banyak berfikiran positif agar hati juga terasa tentram, tidak berlebih-lebihan dalam melakukan sesuatu seperti berbuka dan sahur yang cukup dengan nutrisi makanan yang sehat, ngabuburit ataupun beribadan bersama dengan keluarga atau teman-teman. Jadi Nikmatilah bulan ramadhan ini dengan hal positif yang dapat membuat badan kita sehat dan hati kita tenang !.

Ervina Setiantipada

Tips dr aq adl semua berawal dari cinta..
cintailah bulan ramadhan dan cintailah aktivitasmu selama ramadhan. Apapun itu. Kalau kamu seorang pekerja maka cintailah pkrjaanmu, kalau kmu hari2mu diisi dg mengajar di masjid untuk TPA,Takjil&tarawih maka cintailah. Kalau kmu bs mencintai aktvitasmu pasti rasa semangat akn timbul dg sendirinya,sbg contoh nyata:
kamu bs mencintai pacarmu, wlp dia ngajakin kmu panas terik siang hari jalan2 muterin mall untuk belanja,pasti kmu tetap semangatkan..
Nah begitu jg ramadhan ini,cintailah ramadhan dan aktivitasmu selama ramadhan maka kmu akan tetap semangat. .percaya deh. .

irta desita kustiar (@idekaisetha)pada

dengan melakukan kegiatan2 positif bersama teman lebih terasa bersemangat dan berfikiran positif serta tentunya dengan menu sahur dan buka yang cukup bergizi dan berenergi

maulanipada

menjalani aktivitas dan rutinitas dengan semangat dan ikhlas serta tetap berolah raga, positive thinking dan melakukan hobi yang kita sukai dan tetap semangat.

Setia Riyantopada

Lakukan semua ibadah di Bulan Ramadhan ini karena Allah. Karena perintahnya dan semua dilakukan dengan ikhlas agar dapat pahalanya..

@Ariiv_vcpada

Banyak banyak lah berkumpul dengan tman dan bercanda ria aga r menghilangkan sejenak pikiran yg banyak di kepala anda ENJOY YOUR LIFE

Moh Heru Choeruddinpada

- niat dalam diri agar ikhlas dalam menjalankan ibadah puasa ramadhan
– usahakan menumbuhkan rasa cinta trhdp ramadhan, krna bila tlah tumbuh rasa cinta, maka apapun yg dikerjakan akan membuat kita lbh enjoy, malah ketagihan.
– jalani puasa dengan tidak bermalas-malasan, lakukan aktivitas rutinitas seperti hari-hari biasa
– selingi puasamu dengan bermain, bercanda bersama teman-temanmu
– agar lebih ceria, tidak lesu, alangkah baiknya mengatur asupan makanan saat sahur dan berbuka
– istirahat yang cukup

Zaenal Ma'arif (Twitter : @jenalmaarif )pada

Mindset orang-orang Indonesia terhadap wejangan ‘tidur di bulan puasa adalah ibadah’ sepertinya disalah-artikan menjadi tidur adalah benar-benar sebuah ibadah. Padahal dari pengalaman saya pribadi, meski tetap melelahkan, puasa yang diisi dengan berbagai aktifitas lebih membuat waktu berpuasa menjadi lebih cepat. maka dari itu, akan lebih menyenangkan bila dalam berpuasa, kita terlebih dahulu merubah mindset kita untuk takut kehabisan tenaga dan sebagainya, dan diganti dengan mindset ‘bilatidur saja mendapat pahala, maka beraktifitas lebih banyak mendapatkan pahala’

domdompada

great tips. jangan malu kita untuk sedekah pada intinya :D

Tambahkan komentar baru:

Catatan: Mohon pastikan membacakebijakan berkomentar dan syarat dan ketentuan untuk situs ini. Kami berhak untuk menghapus komentar yang melanggar kebijakan kami. Nama yang Anda berikan akan muncul setelah komentar Anda. Terima kasih!

Alamat email Anda tidak akan dimunculkan. Kolom yang dibutuhkan mempunyai tanda*

Memberikan Respons

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Terhubung dengan Brighter Life

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 48 other followers